Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
13Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
SEJARAH KOMPUTER

SEJARAH KOMPUTER

Ratings: (0)|Views: 2,179|Likes:
Published by vina martha

More info:

Published by: vina martha on Dec 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/09/2012

pdf

text

original

 
SEJARAH KOMPUTER 
Generasi Pertama : Tabung Hampa Udara
ENIAC
Electronic Numerical Integrator And Computer ( ENIAC ), dirancang dandikembangkan dibawah pengawasan John Mauchly dan John PrespeEckert di Universitas Pensylvania, merupakan computer digital eleektronik untuk kebutuhan umum pertama didunia.
Mesin ENIAC sangat besar, beratnya 30 ton, volume 1500 kaki persegi,dan berisi lebih dari 18.000 tabung hampa udara.
Ketika dioperasikan, ENIAC membutuhkan daya listrik sebesar 140kilowat, serta lebih cepat disbanding semua computer mekanik lainnya,yaitu mampu untuk melakukan 5000 operasi penambahan per detik.
Kelemahan utama dari ENIAC adalah bahwa mesin ini harus diprogramsecara manual dengan cara menyetel tombol-tombol dan memasang sertamencabut kabel.
Mesin VON NEUMANN
Tugas pemasukan dann pengubahan program untuk ENIAC sangatmembosankan. Oleh karena itu, muncul gagasan untuk mempermudah proses pemrograman, yaitu dengan merepresentasikan program kedalamsuatu format yang cocok untuk penyimpanan didalam memori untuk semua data. Lalu, komputer dapat mengambil instruksi-instruksinyadengan membacanya dari memori, dan sebuah program dapat disetel ataudiubah dengan penyetelan nilai-nilai bagian memori. Gagasan ini dikenalsebagai konsep program tersimpan.1
 
Publikasi pertama tentang gagasan ini dibuat pada proposal 1945 oleh Von Neumann pada sebuah komputer jenis baru, yaitu Electronic DiscreteVariable Computer ( EDVAC ).
Pada tahun 1946, Von Neumann dan para rekan kerjanya mulai melakukanrancangan komputer program tersimpan yang baru, dikenal dengankomputer IAS, di Institut Studi Lanjutan Princeton.
Walaupun tidak berhasil diselesaikan sampai tahun 1952, komputer IASmenjadi prototype bagi semua komputer-komputer kebutuhan umumselanjutnya.
IAS computer
Struktur dari komputer IAS terdiri dari :
Memori utama, menyimpan data maupun instruksi-instruksi
Unit Aritmatika dan logika ( ALU ), memiliki kemampuanmengoperasikan data biner.
Unit kontrol, menginterpretasikan instruksi-instruksi didalam memoridan mengeksekusikan instruksi-instruksi itu.
Peralatan input dan output, yang dioperasikan oleh unit kontrol
Gambar dari struktur komputer IAS adalah sebagai berikut ;2
 
Memori IAS terdiri dari 1000 lokasi penyimpan yang disebut word.Masing-masing word terdiri dari 40 digit biner ( bit ). Sebuah word dapat juga berisi 20 bit, dengan masing-masing instruksi terdiri dari 8 bit kodeoperasi ( opcode ) yang menspesifikasikan operasi untuk dilakukan dansebuah 12 bit alamat yang menandai salah satu word didalam memori.
Unit control mengoperadikan IAS dengan pengambilan instruksi-instruksidari memori dan mengeksekusinya sekaligus satu per satu. Hal inidijelaskan secara lebih rinci pada gambar struktur IAS yang telahdiperluas, sebagai berikut ;
Gambar ini mengungkapkan bahwa baik unit kontrol maupun ALU berisi lokasi-lokasi penyimpan, yang disebut register, yang didefinisikansebagai berikut ;3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->