Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
59Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
coca cola

coca cola

Ratings: (0)|Views: 4,405 |Likes:
Published by putricomel

More info:

Published by: putricomel on Dec 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/21/2013

pdf

text

original

 
Just another Blog Civitas UPI weblog«artikel pariwisata
SISTEM INFORMASI PROSES DISTRIBUSI PT COCA COLACOMPANY INDONESIA
KATA PENGANTAR 
Assalamualikum Wr.WbPuji dan syukur penyusun panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat serta bimbinganyang telah diberikan sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini.Secara umum, makalah ini merupakan upaya untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Sistem InformasiManajemen Pariwisata.Oleh karena itu, pada kesempatan ini penyusun hendak mengucapkan banyak terima kasih kepada :
1.Allah S.W.T, pencipta dan pengatur semesta alam. Hanyakarena limpahan berkah, rahmat, dan karunia-Nya sehinggasetelah melewati segala ujian, tantangan, dan perjuangan yangcukup panjang penulis mampu menyelesaikan makalah inidengan baik.
2.
Bapak Saripudinselaku dosen dari mata kuliah ini.
Dalam penyusunan makalah yang jauh dari sempurna ini, penyusun menyadari bahwa masih banyak terdapatkekurangan. Penyusun memohon maaf atas segala kekurangan yang terdapat dalam makalah ini. Oleh karenaitu, penyusun sangat mengharapkan segala kritik dan saran yang seyogianya akan menjadi sebuah masukkan berharga yang dapat membangun serta menambah wawasan, pengetahuan serta pengalaman penyusun.Akhir kata semoga laporan ini dapat berguna khususnya bagi penyusun dan umumnya semua orang yangmembaca makalah ini.Terima kasih.Bandung,Ap
 
ril2009Penyusun
Abstraksi
Semua organisasi ataupun perusahaan mempunyai aliran informasi. Aliran informasi ini diatur dan diarahkandalam suatu sistem informasi. Sistem informasi berperan dalam proses pengambilan keputusan operasionalharian sampai perencanaan jangka panjang.Sistem informasi mempunyai ragam jenisnya masing masing. Namun, dalam makalah ini saya akanmembahas mengenai Sistem Informasi Distribusi dalam makalah ini dijelaskan bagaimana sistem PT. CocaCola mendistribusikan produknya sehingga sampai di tangan masyarakat dan masyarakat sangat mengenal produk ini dan berhasil membuat atau menciptakan loyalitas pelanggan yang baik.Sebagian besar produk-produk Coca Cola didistribusikan melalui lebih dari 120 pusat penjualan yangtersebar di seluruh Indonesia. Produk-produk tersebut diangkut ke pusat-pusat penjualan tersebut oleharmada truk berukuran besar dan kemudian didistribusikan ke pedagang-pedagang eceran oleh kendaraandistribusi yang lebih kecil. Apabila truk-truk penjualan kami ditempatkan berderet, maka akan bisasepanjang lebih kurang 17 km. Hal inilah yang membuat perusahaan Coca Cola sebagai salah satu perusahaan distribusi terbesar di Indonesia.
Diperkirakan lebih dari 80% produk-produk Coca Cola dijual melalui para pengecerdan grosir dimana 90% diantaranya termasuk dalam kategori pengusaha usaha kecil,dan mereka mempekerjakan kurang dari lima karyawan dengan omset penjualan pertahun kurang dari Rp. 1 milyar.Tim penjualan Coca Cola yang sangat besar tidak saja menjual produk-produk kamikepada para pelanggan, tetapi mereka juga memberikan saran bagaimana sebaiknyamereka menjual produk-produk Coca-Cola. Supervisor penjualan kami juga teraturmengunjungi para pelanggan dan memberikan bimbingan, serta menampungmasukan yang disampaikan para pelanggan.Sekian pembahasan secara ringkas dari makalah yang akan saya bahas. Semogaabstrak yang saya ajukan ini dapat bermanfaat untuk pihak yang membaca nya.
 
BAB IPendahuluan
1.1 Latar Belakang
Era globalisasi ini sangat erat kaitannya dengan persaingan. Berbagai macam perusahaan di dunia khususnyaIndonesia sangat bersaing dalam dunia bisnis. Era globalisasi ini sangat erat kaitannya juga dengankecanggihan dalam hal mengolah segala hal menggunakan teknologi yang jauh lebih canggih dibandingkanera- era sebelumnya.Perusahaan yang bersaing itu pasti mempunyai sistem informasi yang dapat mereka gunakan untuk membantu mengolah input mereka menjadi output. Sistem informasi ini mencakup berbagai macam bidanggsalah satunya secara khusus akan dibahas dalam makalah ini yakni sistem informasi proses distribusi.Distribusi memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat. Distribusi adalah proses penyampaian suatu produk dari tangan produsen yang notabene nya merupakan penghasil produk tersebut untuk menyampaikannya ke tangan konsumen untuk dikonsumsi. Dengan adanya saluran distribusiyang baik dapat menjamin ketersediaan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tanpa ada distribusi produsen akan kesulitan untuk memasarkan produknya dan konsumen pun harus bersusah payah mengejar  produsen untuk dapat menikmati produknya. Banyak cara yang dilakukan oleh berbagai perusahaan untuk menyampaikan produknya ke tangan konsumen. Dari mulai menggunakan cara yang konvensional, sampaidengan menggunakan cara pendistribusian yang berbasis teknologi dan sistem informasi.Dalam era globalisasi ini sudah banyak perusahaan yang mempertimbangkan keefektifan dan keefisienanwaktu dalam proses pendistribusiannya. Persaingan dalam dunia bisnis sangat mulai terasa dan sistem pengendalian proses distribusi produk inilah yang menjadi salah satu aspek yang dapat dijadikan persaingandalam dunia bisnis. Tidak jarang perusahaan yang penjualannya tidak maksimal hanya dikarenakan proses pendistribusiannya yang dinilai tidak pernah efisien dalam masalah waktu.
Keefisienan dan keefektifan dalam pendistribusian suatu produk mendorong paradistributor perusahaan melirik untuk mengimplementasikan Teknologi Informasi (TI)dalam proses distribusi produknya. Tantangan utama bisnis distribusi adalahinventory dan sales order processing. Mengelola puluhan produsen dengan ratusanmerek atau item produk yang harus didistribusikan ke berbagai wilayah di Indonesiamemang bukan urusan yang mudah.

Activity (59)

You've already reviewed this. Edit your review.
Eva Rita Sari liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Niez Anieza liked this
Rendy Pranatha liked this
Irman Ansari liked this
bambangmps liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->