Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KL AGAMA

KL AGAMA

Ratings: (0)|Views: 1,349 |Likes:
Published by theatantia

More info:

Categories:Types, Research, Law
Published by: theatantia on Dec 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2010

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Indonesia adlah negara hukum. Yaitu Negara yang berdasarkan atauberlandaskan pada hukum, dimana tidak berlandaskan pada kekuasaan belaka.Dimana segal aspek dalam penyelanggaran kehidupan dalam masyarakat,berbangsa bernegara haruslah didasrakan atas aturan hukum baik tertulis maupuntidak tertulis.Dalam era sekarang ini, banyak sekali terjadi masalah hukum denganberbagai faktor yang melatar belakanginya. Sengketa – sengketa di bidang hukumdapt diselesaikan dalam dua cara. Yaitu melalui jalur litigasi atau peradialn dan jalur perdamaian. Contoh misal kasus yang sekarng ini marak terjadi yaitu perceraian.Biasanya perceraian memang diselesaikan melalui jalur litigasi, walaupun memangdari pihak pebgadilan akan memberikan opsi bagi pihak yang berperkara tersebuuntuk melakukan perdamaian satu sama lain.Pengertian perceraian:
Perceraian
ialah berakhirnya suatupernikahan. Saatkedua pasangan tak ingin melanjutkan kehidupan pernikahannya, mereka bisameminta pemerintahuntuk dipisahkan. Selama perceraian, pasangan tersebut harus memutuskan bagaimana membagi harta benda masing-masing yang diperolehselama pernikahan (sepertirumah,mobil,perabotanataukontrak), dan bagaimana mereka menerima biaya dan kewajiban merawatanak-anak mereka. Banyak negarayang memiliki hukum dan aturan tentang perceraian, dan pasangan itu dapat dimintamaju ke pengadilan.Sebenarnya ada beberapa orang yang mempertanyakan apa beda talakdengan cerai. Disini saya coba mengaitkan dengan pengertin dalam aga Islam, dacerai dengan talak adalah kalau cerai itu bahasa Indonesia, sedangkan talak itubahasa arab. Namun dari segi pengertian, hukum dan konsekuensi, antarakeduanya tidak ada bedanya. Talak dan cerai memang satu hal yang sama, kecualihanya masalah bahasa. Jatuhnya talak atau cerai cukup dengan sebuah pernyataanyang dikeluarkan oleh suami. Tidak perlu ada yang mendengarkannya, saksi atau
 
pengakuan dari pemerintah, bahkan isteri tidak dengar sekalipun, bila suami sudahmengatakan untuk mencerai isterinya, maka jatuhlah cerai kepada isterinya. Dankalau syarat sahnya talak itu bukan dalam keadaan emosi, maka nyaris semua talakitu selalu jatuh dalam keadaan emosi. Berbeda dengan hasil kompilasi hukum Islamdi negeri ini, di mana cerai itu membutuhkan keputusan pengadilan agama. Selamapalu pak hakim belum diketukkan dan surat keputusan cerai belum keluar, makahubungan suami isteri dianggap masih berlangsung oleh hukum buatan manusia ini.Padahal boleh jadi suami sudah mengucapkan lafadz cerai sehari tiga kali, persisorang minum obat. Sedangkan di mata Allah SWT, begitu seorang suamimengucapkan lafadz cerai, talaq, firaq dan padanannya dalam semua bahasa, makasaat itu juga terjadilah hukum baru, yaitu suami telah menjatuhkan satu talaq padaisterinya. Namun selepas dari mengucapkan lafadz talak ini, bukan berarti pasanganitu langsung terputus hubungannya. Sebab masih ada rujuk yang juga bisadilakukan saat itu juga. Jadi baik talak atau rujuk, keduanya bisa dilakukan secarasingkat, langsung dan berlaku saat itu juga. Seperti yang berlaku pada talak, makadi dalam rujuk pun tidak dibutuhkan saksi, pengakuan dari orang lain atau bahkansurat dari pengadilan agama. Ketika seorang suami menyesal telah mengucapkanlafadz talak kepada isterinya, saat itu juga dia bisa melakukan rujuk. Bahkan paraulama mengatakan bahwa rujuk itu tidak membutuhkan lafadz khusus, cukup suamimendatangi isterinya di ‘dalam kamar’, maka rujuk sudah terjadi. Namun rujuk yangseperti ini hanya boleh dilakukan di dalam masa ‘iddah. Bila masa ‘iddah itu sudahberlalu, rujuk hanya boleh dilakukan dengan cara menikah ulang dari semula. Tentudengan ijab qabul, mahar, wali yang sah serta tidak lupa dengan 2 orang saksi yangmemenuhi syarat.Negara Republik Indonesia sejak tanggal 2 Januari 1974 telah memiliki UUPerkawinan Nasional yang berlaku bagi semua warga Indonesia. ContohPembuatan Kronologis Perkara Cerai Susan :
 
*
PROSEDUR PENGAJUAN GUGATAN CERAI DI PENGADILAN AGAMA
Bila Anda (pihak Istri)merasa bahwa perkawinan Anda tidak dapatdipertahankan lagi dan memutuskan untuk bercerai, langkah pertama yang dapatdilakukan adalah mengajukan Gugatan Perceraian. Bagi yang beragama Islam,gugatan ini dapat diajukan di Pengadilan Agama (Pasal 1 Bab I Ketentuan UmumPP No 9/1975 tentang Pelaksanaan UU No 1 tahun 1974 tentang Perkawinan). Bilaanda yang mengajukan gugatan perceraian, berarti anda adalah pihak Penggugatdan suami adalah Tergugat. Untuk mengajukan gugatan perceraian, anda ataukuasa hukum anda (bila anda menggunakan kuasa hukum) mendatangi PengadilanAgama (PA) di wilayah tempat tinggal anda. Bila anda tinggal di Luar Negeri,gugatan diajukan di PA wilayah tempat tinggal suami. Bila anda dan suami andatinggal di luar negeri, maka gugatan diajukan kepada Pengadilan Agama di wilayahtempat anda berdua menikah dulu, atau kepada Pengadilan Agama Jakarta Pusat(Pasal 73 UU No 7/89 tentang Peradilan Agama)

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
chriscivil12 liked this
mediailmiah liked this
mediailmiah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->