Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
34Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH PKL KENDARI BEACH

MAKALAH PKL KENDARI BEACH

Ratings: (0)|Views: 5,491|Likes:
Published by subran77

More info:

Published by: subran77 on Dec 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/14/2013

pdf

text

original

 
Halaman 1
PENINGKATAN PENDAPATAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KENDARI BEACHKOTA KENDARIOleh : SubranNim : 086601043Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 KENDARIAbstrak
Pedagang kaki lima yang berada didalam Kawasan Kendari Beach termasuk binaanPemerintah Kota. Adapun pembinaan yang sudah dilakukan terhadap PKL antara lainpenyediaan Tenda-tenda berjualan yang lebih rapiDalam penelitian ini para PKL tersebut dapat mendatangkan penghasilan dimana rata-ratapenghasilannya melebihi dari standard Upah Minimum Regional (UMR)
 
Dari hasil penelitian ini belum kelihatan adanya sumber pemasukan atau merupakanpendapatan bagi daerah, karena PKL yang ada di Kota Kendari khususnya Pedagang Makanandan minuman tidak/belum di pusatkan di Kawasan Kendari Beach.
 
1.
 
Pendahuluan
1.1.
 
Latar BelakangPertambahan penduduk kota dengan adanya urbanisasi, migrasi menjadi semakinmeningkat pesat karena itu, dapat dikemukakan bahwa kota-kota besar yang jumlahpenduduknya sangat tinggi akan bertambah banyak dan kota-kota yang mempunyai jumlahpenduduknya kecil akan berubah menjadi kota dengan kepadatan penduduk yang sangattinggi. Hal ini menyebabkan penduduk Kota Kendari meningkat dengan pesat. Akibatpenduduk bertambah dengan sangat cepat, kebutuhan akan ruang tempat tinggal atauperumahan semakin banyak.Hal ini diperkuat oleh pendapat Watt (1973) yang dikutip Dahlan (1992) yaitu bahwapeningkatan jumlah penduduk akan menuntut penambahan lahan pemukiman, jaringan jalan, pusat perbelanjaan, perdagangan dan hiburan. Kegiatan ekonomi sector informalpedagang kaki lima di kawasan Jalan Raya Kota Kendari berkembang sangat pesat tetapihal ini ini Ironi dengan para PKL di Kawasan Kendari Beach dimana sekitar tahun 90-anPKL terpusat di Kawasan tersebut akan tetapi dengan kondisi sekarang dimana tempat-tempat hiburan semakin berkembang dan tidak di pusatkan di satu kawasan tertentusehingga para PKL yang tadinya berjualan di Kawasan Kendari Beach banyak yangberpindah tempat hal ini berdampak semakin tidak teraturnya penempatan para PKL dikotaKendari.Beberapa permasalahan lingkungan yang timbul akibat keberadaan Pedagang KakiLima (PKL) yang menempati kawasan yang bukan diperuntukannya. Pengertian PKL yangdimaksudkan disini adalah pedagang kecil yang berjualan dipinggir jalan raya seperti :taman-taman, trotoar atau emperan took, pekarangan/rumah penduduk, tanpa izin usahadari pemerintah. Keadaan ini tentu sangat mengganggu kebersihan atau keindahanpemandangan jalan. Disamping itu pedagang kaki lima juga sulit untuk diatur ataupun direalokasikan.
 
Halaman 2
Menurut Ramli (1992) bahwa sektor informal selain sebagai penyedia lapanganpekerjaan juga keberadaan kemampuan sektor informal ini bertahan di perkotaan tanpabantuan dari pemerintah adalah karena adanya kebutuhan akan berbagai macam produk dan jasa yang dihasilkan oleh sektor informal ini.Beberapa ahli beranggapan bahwa sektor formalpun membutuhkan keberadaansektor informal, sehingga tepat sekali bila dikatakan bahwa sektor formal dan informaldianggap berkaitan dan saling melengkapi dalam kegiatan perekonomian perkotaan. Salahsatu bentuk perdagangan sektor informal yang begitu penting adalah pedagang kaki lima.Bahkan begitu penting dank has dalam sektor informal, istilah informal seringdiidentifikasikan dengan jenis pekerjaan yang dilakukan oleh pedagang kaki lima.Dilain pihak kegiatan pedagang kaki lima tersebut ternyata memberikan kontribusiyang besar dalam aktivitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat terutama dalamgolongan ekonomi lemah.Selain itu, kegiatan sektor informal ini merupakan ciri ekonomi kerakyatan yangbersifat mandiri dan menyangkut hajat hidup orang banyak. Mempertimbangkan keadaandan potensi tersebut, selayaknya pola penanganan dan pembinaan kegiatan pedagang kakilima harus didasarkan pada konsep perilaku dan karakteristik berwawasan lingkungan agarisi pengaturannya tepat.Sebagian besar pedagang kaki lima dikawasan perkotaan dan sekitarnya adalahbukan penduduk asli (pendatang dari desa atau luar provinsi) dan bukan merupakan pilihanpertama sebagai mata pencahariannya. Dengan adanya proses urbanisasi dan migrasidengan mengacu kepada permasalahan tersebut akan timbul masalah demografi.Cara kerja pedagang kaki lima ternyata juga berbeda-beda baik menyangkut jamkerja, jumlah hari kerja, jenis produk maupun permodalannya. Dengan demikian,permasalahan yang akan timbul akan berkaitan dengan masalah pola kerja.Selain permasalahan demografi dan pola kerja yang dapat timbul, ternyata denganadanya pedagang kaki lima juga berdampak terhadap lingkungan, aspek lingkungan ini juga harus disertakan dalam penataan pedagang kaki lima lebih lanjut yang nantinyaberdampak pada peningkatan pendapatan pedagang kaki lima1.2.
 
Rumusan Masalah1.2.1.
 
Dengan bertambahnya penduduk, sejauh manakah pengaruhnya terhadapPendapatan PKL Kendari Beach Kota Kendari?1.2.2.
 
Sejauh mana upaya Pemerintah Kota dalam membina PKL Kendari Beach di KotaKendari.1.2.3.
 
Bagaimana pengaruh pedagang kaki lima terhadap aspek lingkungan dalam rangkapenataan pedagang kaki lima selanjutnya.1.3.
 
Tujuan dan Manfaat Penelitian1.3.1.
 
Untuk mengetahui urbanisasi penduduk, masyarakat pendatang serta perhatianpihak Pemerintah terutama Pemerintah Kota terhadap pembinaan sertaPeningkatan Pendapatan para pedagang kaki lima Kendari Beach.1.3.2.
 
Untuk mengetahui kontribusi apa yang dapat diberikan oleh pedagang kaki limaKendari Beach terhadap aktifitas ekonomi dan kesejahteraan masyarakat terutamagolongan ekonomi lemah1.3.3.
 
Mengidentivikasi pedagang kaki lima terhadap pola kerja dan kepedulianterhadap lingkungan perkotaan.
 
Halaman 3
Manfaat PenelitianHasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap kebijaksanaanPemerintah Kota serta pembinaan dan penataan terhadap pedagang kaki lima yang ada diKota Kendari Khususnya di Kawasan Kendari Beach.1.4.
 
Lokasi Penelitian dan Pengambilan SampelPenelitian ini dilakukan dibagian Kendari Beach atau dibagian badan jalan dan tempatkepentingan umum yang bukan diperuntukkan tempat usaha, serta tempat lain yang bukanmiliknya.1.5.
 
Keadaan Pasar dan Pedagang Kaki Lima1.5.1
 
Keadaan PasarPasar yang ada di Kota Kendari dikelola oleh Perusahaan Daerah Pasar KotaKendari yaitu pasar Kota Lama, pasar Punggolaka, pasar Wua-wua, pasarAnduonohu, pasar Lepo-lepo. Sedangkan pasar yang dikelola oleh pihak Investoradalah Mall Mandonga, Brylian Plaza (matahari).Berdasarkan jenis pasar yang ada di Kota Kendari terdapat 7 unit dengan rinciansebagai berikut :Di Kota Kendari terdapat 2 unit pasar modern yaitu Mall Mandonga, Brylian Plaza(matahari) serta 5 pasar tradisional. Kelima pasar tradisional ini dikelola olehPemerintah Kota Kendari yaitu PD. Pasar Kota Kendari, sedangkan yang lainnyadikelola oleh pihak Investor.Disamping pasar tersebut di atas masih ada pasar tradisional milik masyarakat yaitu; Pasar Lawata. Pasar ini langsung dikelola oleh masyarakat yang memiliki lahansebagai tempat berjualan.1.5.2.
 
Keadaan Pedagang Kaki LimaPada awalnya pedagang kaki lima merupakan istilah sejak dari dahulu sampaisekarang belum ditemui definisi PKL secara jelas. Namun berdasarkan wawancarapeneliti dengan Kepala PD. Pasar Kota Kendari bahwa Pedagang Kaki Lima adalahorang yang melakukan usaha dagang atau jasa ditempat umum denganmempergunakan emperan toko atau kaki lima pertokoan atau dipinggir jalan yangtidak ada izin dari pemerintah serta mengganggu ketertiban, keamanan dankebersihan serta keindahan kota.Dalam penelitian ini penulis memberi batasan pedagang kaki lima yaitu PKL yangberjualan di Kawasan Kendari Beach,2.
 
Hasil Penelitian dan Pembahasan
 A.
 
Hasil Penelitian2.A.1. Identitas RespondenDiperoleh data PKL bahwa jumlah responden laki-laki yaitu 15 orangsedangkan yang perempuan adalah 6 orang. Keadaan ini ada kaitannya dengankarakter pekerjaannya yaitu semua responden menganggap bahwa pekerjaan

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
'Muhamad Iqsan' liked this
Adri Anto liked this
Hendro Omnivora liked this
Jefri Cindra liked this
Jack Ulum liked this
Yusuf Devenpark liked this
Ovitia Lope Lope liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->