Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
24Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
kerupuk kulit

kerupuk kulit

Ratings: (0)|Views: 9,315|Likes:
Published by Khoemaini Rullah

More info:

Published by: Khoemaini Rullah on Dec 15, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/28/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang
Kerupuk merupakan sajian yang hampir selalu hadir dalam hidanganmasyarakat Indonesia sehari-hari baik pada acara perayaan kecilmaupun besar. Makanan ini dibuat dan bahan dasar berbagai macambahan mulai dari tepung terutama terigu dan tapioka hingga kulit sapi,bumbu-bumbu, bahan tambahan penyedap dan bahan pewarna. Bahandasar dan bahan tambahan tersebut di atas diaduk rata dan dibuatadonan, kemudian dimasak, selanjutnya adonan dibentuk menurut selerapembuat, dikeringkan di bawah panas matahari atau lemari panas, dansiap untuk dipasarkan. Komoditi yang sudah kering kemudian digorenguntuk dikonsumsi.Krupuk umumnya diproduksi industri rumahan (
home industry 
),industri skala kecil formal dan non-formal, dalam bentuk dan jenis yangberaneka ragam .Hasil penelitian komposisi zat gizi krupuk yang terbuat dari bahantepung utamanya tepung terigu dan tapioka, diperoleh umumnyamenunjukkan kandungan hidrat arang per 100 gram yang tinggi
 
dibandingkan dengan kandungan protein per l00 gram yang sangatrendah yakni antara 85,81 g sampai 74,46 g untuk hidrat arang dan 0,03g–8,90 g untuk protein. Sebaliknya pada krupuk yang terbuat dari olahankulit sapi didapatkan pada kerupuk kulit yang mengandung protein antara80,0 1g – 82,91 g per 100 g. Satu hal menarik mengenai nilai gizi kerupukdapat dikemukakan tentang kadar lemaknya setelah digoreng yangmeningkat sampai 20–30 kali. ini penting artinya, karena denganmengkonsumsi kerupuk maka konsumen tertentu akan memperolehmasukan minyak dalam jumlah relatif tinggi secara tidak sengaja yangbesar manfaatnya bagi kebutuhan mereka. Dari aspek ekonomi produksikerupuk kulit meningkatkan nilai tambah kulit, setelah menjadi kerupuk.
Di samping diolah para pengusaha sepatu atau tas maupun jaket, kulit sapi jugadiolah menjadi makanan ringan seperti kerupuk kulit . Meningkatnya permintaanmasyarakat, keadaan perekonomian yang serba sulit serta pengusaha yang tak maurugi mendorong para penjual memanfaatkan situasi dengan melakukan berbagai penyimpangan yang salah satunya yaitu dengan mengolah kembali kulit sapi yangawalnya di pergunakan sebagai bahan baku pembuatan sepatu atau tas maupun jaket menjadi bahan olahan makanan ringan, khususnya kerupuk. Hal ini tentunyaakan memberi dampak terhadap kesehatan masyarakat yang mengkonsumsikerupuk yang berbahan baku limbah kulit pembuatan sepatu atau tas maupun jaket .
 
Oleh karena itu penulis membuat makalah dengan judul “ kerupuk limbah kulitsapi”.
B.
 
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah yangakan di bahas dalam makalah tersebut adalah sebagai berikut :
1. Bagaimana kandungan zat yang terdapat pada kerupuk dari kulit sapi .2. Apa saja dampak yang dapat di timbulkan bila mengkonsumsi kerupuk darikulit sapi.3. Bagaimana upaya yang di lakukan pemerintah dalam menanggulangi masalahkerupuk dari limbah kulit sapi.
C.
 
Tujuan
Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah :
1. Untuk mengetahui kandungan zat yang terdapat pada kerupuk dari kulit sapi2. Untuk mengetahui dampak yang di timbulkan bila mengkonsumsi kerupuk kulit dari limbah kulit .3. Untuk mengetahui upaya yang di lakukan pemerintah dalam menanggulangimasalah kerupuk kulit yang terbuat dari limbah kulit .
D.
 
Manfaat
Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah :

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rydon Maihamdi liked this
Tohe Alqhatani added this note|
salam cuuuuyyyyy........
Luqmanul Hakim liked this
Dwinda Mandasari liked this
Abu Naim liked this
baytiearis liked this
Ayu May Zuhro liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->