Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
105Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Usaha Telur Asin

Proposal Usaha Telur Asin

Ratings: (0)|Views: 27,735|Likes:
Published by youland88

More info:

Published by: youland88 on Dec 16, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/15/2013

pdf

text

original

 
USAHA TELUR ASIN
NAMA KELOMPOK :PUTRI FEBRIANTANIA M (0610963043)R. YISKA DEVIARANI S (0610963045)SHANTY MESURINGTYAS (0610963059)WIDIA NUR D (0610963067)YOLANDA KUMALASARI (0610963071)
PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTERFAKULTAS MIPAUNIVERSITAS BRAWIJAYAMALANG2009
 
 
PENDAHULUAN
Pengasinan telur merupakan salah satu cara penambahan umur simpan telur. Telur asin merupakansalah satu sumber protein yang mudah didapat dan berharga relatif murah. Telur asin sebagai bahanmakanan yang telah diawetkan mempunyai daya tahan terhadap kerusakan yang lebih tinggidibandingkan telur mentah. Telur umumnya mengandung protein 13%, lemak 12%, mineral dan vitamin.Selain lebih awet telur asin juga digemari karena rasanya yang relatif lebih lezat dibandingkan telurtawar biasa.Konsumen terbesar produk telur asin adalah masyarakat menengah ke bawah, karena telur asin dapatdijadikan sumber protein hewani yang murah. Disamping untuk konsumen rumah tangga, konsumenlainnya yang sangat potensial adalah restoran, rumah makan, kapal-kapal laut, rumah sakit, asrama-asrama, perusahaan jasa boga dan sebagainya.Perkembangan industri telur asin akan mendorong perkembangan peternakan itik akan berdampakkepada peningkatan pendapatan para peternak itik yang umumnya merupakan masyarakat pedesaan.Industri telur asin juga dapat mengurangi ketergantungan terhadap sumber protein mahal sepertidaging.
PROFIL USAHA
Usaha pembuatan telur asin adalah salah satu jenis industri makanan yang umumnya berskala mikro dankecil. Bahan baku utama yang akan dijadikan telur asin adalah telur itik, sedangkan jenis telur lainnyatidak lazim dilakukan karena kebiasaan dari masyarakat kita yang menganggap telur asin berasal daritelur itik. Teknologi yang diperlukan untuk memproduksi telur asin secara umum merupakan teknologiyang sederhana. Oleh karena itu perbedaan proses produksi dan kualitas produk telur asin ditentukanberdasarkan cara pengolahannya.
POLA PEMBIAYAAN
Pola pembiayaan usaha produksi telur asin berasal dari biaya sendiri.
PERSAINGAN DAN PELUANG
Upaya yang harus dilakukan adalah menjaga mutu sehingga pelanggan puas dan tidak pindah kepengusaha lain. Persaingan yang mungkin akan terjadi adalah persaingan untuk mendapatkan bahanbaku yang murah, dimana petani itik petelur dapat saja memilih untuk menetaskan telur dibandingkanmenjual telur tawar kepada produsen telur asin.Perluasan pasar dilakukan dengan pencarian pelanggan baru. Untuk mencapai tujuan ini akanmemperkerjakan beberapa orang agen pemasaran. Telur asin yang memiliki rasa lezat umumnyamemiliki keunggulan pemasaran yang jauh lebih baik dibandingkan dengan telur asin dengan rasa biasa.Faktor rasa bagi pembeli menjadi hal yang sangat penting, oleh karena itu harus mampu memproduksitelur asin dengan rasa yang lezat agar dapat melakukan penjualan ke luar daerah.
 
HARGA
 
Harga bahan baku utama industri ini adalah telur itik tawar yang dibeli dengan harga Rp 550 - Rp650 per butir.
 
Harga telur asin yang dijual kepada konsumen berkisar antara Rp 750 – Rp 1.000 per butir.
 
Perbedaan harga ditentukan berdasarkan ukuran telur asin, harga telur asin dengan ukuran lebihbesar dapat mencapai Rp 100 lebih mahal dibandingkan dengan telur yang berukuran lebih kecil.
 
Daerah penjualan turut mempengaruhi perbedaan harga, harga telur asin di kota-kota besar relatif lebih mahal dibandingkan harga telur asin di kota-kota kecil atau daerah pedesaan.
JALUR PEMASARAN
Pola pemasaran produk telur asin ini terbagi tiga, yaitu :1.
 
Menjual langsung produk ke pasar-pasar setempat. Daerah pemasaran hanya berkisar padapasar-pasar yang terdapat pada kabupaten yang sama dengan daerah produsen telur asin yangbersangkutan.2.
 
Memperkerjakan tenaga-tenaga pemasaran di kota-kota besar untuk mendapatkan pesanandalam jumlah yang besar dan harga yang cukup baik. Para tenaga pemasaran tersebut akanmenjual telur asin ke rumah-rumah makan atau konsumen secara langsung. Kota yang menjadidaerah pemasaran utama untuk produksi telur asin dari wilayah ini adalah DKI Jakarta dansekitarnya.3.
 
Pemesanan langsung dari agen-agen penjual telur asin yang berada dari luar daerah produsentelur asin, dimana para agen tersebut akan memasok telur asin ke restoran, kapal danperkantoran.Dari ketiga jenis pemasaran di atas, untuk pemesanan yang hanya memerlukan angkutan darat semuaproduk diangkut dengan kendaraan, sedangkan untuk pemesanan lintas pulau menggunakan saranaangkutan udara.Gb. Skema jalur pemasaran telur asin

Activity (105)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
apihanas liked this
syambadar liked this
Kazukie Alexis liked this
Abdullah Zaki liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->