Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
290Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HARDWARE JARINGAN KOMPUTER

HARDWARE JARINGAN KOMPUTER

Ratings:

4.71

(52)
|Views: 113,204|Likes:
Published by fajar purnama

More info:

Published by: fajar purnama on Apr 02, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

04/30/2013

pdf

text

original

 
Fajar Purnama2005/ 655663ED1HARDWAREJARINGANKOMPUTERA.Pendahuluan
Jaringan adalah hubungan antara suatu kompunen dengankomponen lainnya dengan menggunakan suatu media penghubung danbeberapa komponen penunjang lainnya dalam suatu kawasan tertentu.Jadi, jaringan komputer adalah hubungan antarasebuah komputer dengansatu atau beberapa komputer lainnya sehingga terjadi suatu hubungankomunikasi. Sebuah jaringan komputer terdiri dari hardware, softwaredanprotokol. Hardwarepada jaringan secara garisbesar terdiri ataskomputerbeserta peripheral dan penghubung antar komputer. Software pada jaringan yaitu sistem operasi yang ada pada komputer. Protokol yaitusuatu aturan yang memberikan ketetapan pada data yang akandimasukkan kedalam jaringan.Jaringan komputer memiliki 3 macam topologi yang utama yaitutopologi Bus, Ring, dan Star. Topologi Busyaitu sebuah topologi jaringanyang menghubungkan beberapa komputer dengan menggunakan sebuahkabel inti yang menjadi PorosUtama (Backbone) dimana komputer clientdapat melakukan akses kedalam jaringan melalui backnone tersebut.Topologi Ring adalah topologi jaringan komputer yang menghubungkankomputer dengan sebuah kabel tunggal yang mana ujung dari kabeltunggal tersebut dihubungkan kembali kepangkal kembali melewatikomputer-komputer lain. Dalam topologi ini, komunikasi dapat dilakukandalam dua arah (kekanan dan kekiri). Topologi Star adalah topologi jaringan komputer yang menghubungkan beberapa komputer dengansebuah komputer yang menjadi pusat dari semua operasi. Masing-masingkomputer client memiliki hubungan sendiri dengan komputer client tanpamengganggu jaringan komputer lalin. Apabila sebuah komputer akanmelakukan hubungan dengan komputer lain, maka komputer yangmenjadi pusat operasi lah yangakan menghubungkannya.Jaringan komputer berdasarkan luasareanya terbagi menjadi 3 yaitu
Local Area Network
LAN
 ), Metropolis Area Network (MAN), dan WidArea Network (WAN).
Pengembangan jaringan dalam kawasan kecilhingga kawasan yang luaspada dasarnya memiliki konfigurasi yang samaterutama pada bagian hardware. Konfigurasi tersebut biasanya dimulaidari server, pembagi jaringan, penghubung dan berakhir pada client.Hardware yang digunakan untuk membangun suatu jaringan komputerdimanapun tempatnya pada umumnya menggunakan komponen yangsama, hanya saja yang sedikit membedakan adalah spesifikasinya.Spesifikasi pada komponen hardware lah yang menentukan dimanakomponen tersebut layak untuk dipakai atau diterapkan.
B.Pembahasan
Hardwarepadajaringan komputer terdiri dari beberapamacam jenis.Adapun pembahasan dari hardware pada jaringan komputer itu sendiriadalah sebagai berikut:
 
Fajar Purnama2005/ 655663ED1
1. Personal KomputerPersonal komputer atau PCmerupakan perangkat utama dalam suatu jaringan komputer. PC ini lah yang akan bekerja mengirim danmengakses data dalam jaringan. Kemampuan suatu PC sangatmenentukan sekali unjuk kerja dari jaringan. Semakin tinggikemampuan suatu PC maka akses yang dilakukan pun akan semakincepat.2. Network Internet Card (NIC)NICmerupakan port yangmenghubungkan komputer dengan jaringan.Port atau Card ini bergabung didalam Personal Computer yangmenempel pada Main Board. Berdasarkan tipebus, ada beberapa tipeNetwork InterfaceCard (NIC) atau Network Card, yaitu ISA dan PCI.Saat ini jenisNetwork Card yangbanyak digunakan adalah PCI karenaPCI memiliki kemampuan transfer data didalam komputer lebih tinggidari padaISA.
NICjenisISA NICjenisPCI
3. PengkabelanJaringan komputer pada dasarnya adalah jaringan kabel yangmenghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain, namun bukan berartikurva tertutup, bisa jadi merupakan kurva terbuka dengan sebuahterminator diujungnya. Seiring dengan perkembangan teknologi,penghubungantar komputer pun mengalami perkembangan, mulai dariteknologi telegraf yang memanfaatkan gelombang radio hinggateknologi serat optik dan laser.Pemilihan jeniskabel sangat terkait erat dengan topologi jaringan yangdigunakan. Sebagai contoh untuk jenis topologi Ring umumnyamenggunakan kabel Fiber Optik (walaupun ada juga yangmenggunakan twisted pair). Topologi Busbanyak menggunakan kabelCoaxial. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalahsulituntuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-
 
Fajar Purnama2005/ 655663ED1
benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguhdiukur secara benar akan merusak NIC(Network InterfaceCard) yangdipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapaikemampuan maksimalnya. Topologi jaringan Star banyakmenggunakanjeniskabel UTP.Ada tiga jenis kabel yang pada umumnya digunakan dalam jaringan,yaitu:· Coaxial cable· Fiber Optik· Twisted paira. Kabel CoaxialKabel ini terbagi menjadi dua jenis yaitu thick coaxial cable(mempunyai diameter lumayan besar) dan thin coaxial cable(mempunyai diameter lebih kecil).1) Thick coaxial cableKabel coaxial jenis ini dispesifikasikan berdasarkan standarIEEE 802.3 10BASE5, dimana kabel ini mempunyai diameterrata-rata 12mm, dan biasanya diberi warna kuning. Kabel jenisini biasa disebut sebagai Standard Ethernet atau ThickEthernet, atau hanyadisingkat ThickNet. Kabel Coaxial ini jikadigunakan dalam jaringan mempunyai spesifikasi dan aturansebagai berikut:
Setiap ujung harus diterminasi dengan terminator 50-ohm(dianjurkan menggunakan terminator yang sudah dirakit,bukan menggunakan satu buah resistor 50-ohm 1 watt,sebab resistor mempunyai disipasi tegangan yang cukuplebar).
Maksimum 3segment dengan peralatan terhubung(attacheddevices) atau berupapopulated segments.
Setiap Card Jaringan mempunyai pemancar tambahan(External Transceiver).
Setiap segment maksimum berisi 100 perangkat jaringan,termasuk dalam hal ini Repeaters.
Maksimum panjang kabel per segment adalah 1.640 feet(atau sekitar 500meter).
Maksimum jarak antar segment adalah 4.920 feet (atausekitar 1500meter).
Setiap segment harusdiberi ground.
Jarak maksimum antara pencabang dari kabel utamakeperangkat (device) adalah 16feet (sekitar 5meter).
Jarak minimum antar tap adalah 8feet (sekitar 2,5meter)

Activity (290)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred thousand reads
budi2906 liked this
Diian Noviita added this note|
akhir nha dapet jga , mksih ya ,,
Umar Jak liked this
Rusdha Aulia liked this
rugunfirni liked this
harishanafi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->