Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
38Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ortodontik

ortodontik

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 4,454|Likes:
Published by Yupa

More info:

Published by: Yupa on Dec 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
 Materi Kuliah
ORTODONSIA I
Prosedur PemeriksaanOrtodontik 
Oleh :Wayan ArdhanaBagian Ortodonsia
Fakultas Kedokteran GigiUniversitas Gadjah Mada2009
 
2
PROSEDUR PEMERIKSAAN ORTODONTIK
A. PENDAHULUAN
 
Sebelum melakukan tindakan perawatan ortodontik terhadap kasus maloklusi,diperlukan seperangkat data yang lengkap tentang keadaan penderita dari hasilpemeriksaan. Terhadap data yang diperoleh dari hasil pemeriksaan tersebut kemudiandilakukan analisis dengan berbagai macam metoda. Setelah itu baru dapat ditetapkandiagnosis, etiologi maloklusi, perencanaan perawatan , macam dan desain alat yang akandipergunakan selama perawatan serta memperkirakan prognosis pasien akibat perawatanyang dilakukan .
 
Untuk dapat melakukan perawatan ortodontik dengan baik dan benar, adabeberapa langkah perdahuluan yang harus diambil , antara lain :1. Memberi penjelasan mengenai beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pasien.2. Identifikasi pasien3. Anamnesis4. Pemeriksaan klinis, baik umum (
general)
maupun khusus (
local)
 
5. Pembuatan studi model.6. Analisis foto Rontgen.7. Analisis foto profil dan foto muka (wajah).8. Dilakukan tes-tes tertentu untuk kasus-kasus tertentu.9. Dilakukan perhitungan-perhitungan berdasarkan metoda :a.
 
Metode Nanceb.
 
Metoda Moyers (a, dan b untuk gigi-geligi bercampur/ 
mixed dentition
)c.
 
Metoda Pontd.
 
Metoda Korkhaus (c, d dan e untuk gigi-geligi tetap/ 
 permanent dentition)
 e. Metoda Howes
 
10. Determinasi lengkung11. Penentuan diagnosis12. Analisis etiologi maloklusi13. Perencanaan perawatan14. Pelaksanaan perawatan
 
315. Penentuan jenis dan desain alat ortodontik 16. Prognosis
B. PENERANGAN PADA PASIEN
Perawatan ortodontik adalah perawatan yang dilakukan untuk mengoreksimaloklusi membutuhkan waktu perawatan yang cukup lama (1 - 2 tahun), oleh karena itusangat diperlukan kerja sama yang baik antara operator (dokter gigi) yang merawatdengan pasien yang dirawat.agar perawatan yang akan dilakukan dapat berhasil denganbaik. Pasien akan mau melaksanakan instruksi - instruksi yang diberikan apabila mengertidan memahami perlakuan apa yang akan dikenakan terhadap dirinya selama perawatandan hasil apa akan dia dapatkan setelah tindakan perawatan dilakukan. Oleh karena itubeberapa penjelasan tentang persyaratan yang harus dipenuhi oleh pasien harus diberikansebelum prosedur pemeriksaan dimulai :
 
Pasien sanggup kontrol secara rutin dalam jangka waktu yang telah ditetapkan selamaperawatan, (misalnya seminggu sekali sesuai dengan hari dan jam praktikumortodonsia). Tidak pindah domisili ke luar kota selama perawatan sehingga tidak bisamelanjutkan kontrol, tidak ada jadwal sekolah/kerja yang bersamaan sehingga tidak bisa kontrol pada waktu yang ditentukan secara terus menerus dan lain-lain.
 
 
Jika dalam perhitungan nanti perawatan membutuhkan pencabutan gigi, pasien telahmenyatakan kesanggupannya untuk dicabut giginya sebelum pemeriksaan dimulai.Tanpa adanya kesanggupan pasien untuk dicabut giginya, apabila harus dilakukanpencabutan perawatan tidak mungkin dikerjakan.
 
 
Pasien bersedia memakai alat ortodontik sesuai dengan aturan pemakaiannya selamaperawatan, (misalnya
 
alat ortodontik 
 
harus dipakai siang dan malam hari, kesekolah/bekerja, dirumah, keluar rumah, tidur harus dipakai, hanya pada waktumakan dan sikat gigi boleh dilepas, bahkan ada pula pada waktu makanpun harusdipakai, pemakaian minimal 20 jam sehari).
 
 
Pasien harus lebih rajin dan teliti melakukan pembersihan dan penyikatan gigi danalat ortodontiknya selama perawatan, karena adanya alat ortodontik didalam mulut

Activity (38)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Andres Tandean liked this
Evy Carrera liked this
Rihatul Jannah liked this
Rihatul Jannah liked this
Novi Desesia liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->