Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
55Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Jean Piaget

Makalah Jean Piaget

Ratings:

4.5

(2)
|Views: 10,286|Likes:
Published by Eka Dharma
putu eka dharma putra
putu eka dharma putra

More info:

Published by: Eka Dharma on Dec 18, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2013

pdf

text

original

 
1 |
fase-fase perkembangan
BAB IPENDAHULUAN
1.1.Latar belakangPerkembangan itu memang menghasilkan bentuk-bentuk dan ciri-ciri kemampuanbaru yang berlangsung dari tahap aktivitas yang sederhana ke tahap yang lebih tinggi.Namun dalam prosesnya tentulah mesti berkesinambungan, kontinyu, dan bertahapsesuai kemapuan atau level kemampuan itu. Inilah yang kemudian berkembanganmenjadi fase-fase, atau tahapan-tahapan perkembangan.Pemahaman fase-fase perkembangan anak bagi seorang pendidik adalah pentingdan wajib hukumnya. Sebab, lewat pemahaman mengenai fase-fase perkembangananak, kita sebagai pendidik akan memperoleh sebuah acuan penting dalam mengajar,mendidik ataupun pemilihan bahan ajar yang kemudian bisa dikomunikasikan kepadaanak ataupun peserta didik agar kemudian tau, paham dan mampu merepresentasikanoleh sang anak saat bersosialisasi pada level yang lebih tinggi atau turun kelapangan.Memahami fase-fase perkembangan adalah sama artinya memahami dunia anak.
Dalam memahami dunia mereka secara aktif, anak-anak menggunakan skema(kerangka kognitif atau kerangka referensi). Sebuah skema (schema) adalah konsep ataukerangka yang eksis di dalam pikiran individu yang dipakai untuk mengorganisasikandan menginterpretasikan informasi. Skema bisa merentang mulai dari skema sederhana(seperti skema sebuah mobil) sampai skema kompleks (seperti skema tentang apa yangmembentuk alam semesta). Anak usia enam tahun yang mengetahui bahwa limamainan kecil dapat disimpan di dalam kotak kecil berukuran sama berarti ia sudahmemanfaatkan skema angka atau jumlah. Minat Piaget terhadap skema difokuskan pada bagaimana anak mengorganisasikan dan memahami pengalaman mereka.
( perkembangan dan pendidikan, jamri dafrizal,S.Ag.S.S,M.Hum, scribd.com, 27 nov, 12:28 2009).
 
2 |
fase-fase perkembangan
Lewat skema-skema anak dapat diambil sebuah acuan untuk kemudian dievaluasi.Dengan kata lain memahami perkembang anak ialah melibatkan skema ini. Pemahamanyang benar terhadap fase-fase perkembangan itu, tentu memberikan sebuah acuan. Dansemuanya itu, sudah pasti melewati sebuah evaluasi atau pengkajian. Ini mengartikanbetapa pentingnya pemahaman terhadap fase-fase perkembangan dari anak untukmendapat sebuah acuan dalam implementasi pengajaran terhadap anak.Pentingnya pemahaman terhadap fase-fase perkembangan anak menurut jeanpiaget ini tak serta merta sebagai acuan dalam evaluasi untuk pengajaran terhadappeserta didik. Tapi hal ini juga penting mengingat sebagai calon pendidik atau sudahmerupakan pendidik yang ideal dan professional, teori ini dianggap ideal dan lebihmudah dipahami untuk implementasi ilmu ajar ataupun kependidikan bagi para calonpeserta didik ataupun peserta didik. Sehingga dirasa perlu adanya pemahaman agar adarealisasi nyata ke lapangan.1.2.Rumusan MasalahSebagai seorang pendidik yang ideal sudah sewajarnya memahami fase-faseperkembangan sebelum memberikan suatu rangsang atau pemberian bahan ajaratau materi dari pserta didiknya. Evaluasi atau pengkajian atas fase-fase itu adalahsolusinya. Namun, sebagai seorang pendidik yang ideal, yang mampu mengertikankeadaan peserta didik, mestilah memahami beberapa hal, seperti apakah pengertianperkembangan dari seorang individu…..? dan bagaimanakah tahapan-tahapan ataufase-fase dari perkembangan individu itu sendiri…? Disinilah perlu ada evaluasi awalatau pengkajian.1.3.TujuanAdapun tujuan dari pengkajian terhadap fase-fase perkembangan individu iniadalah :a.Mencari gambaran umum untuk pendidik agar bisa menyesuaikan diri dalammengajar atau mendidik peserta didik.
 
3 |
fase-fase perkembangan
b.Mengetahui karakteristik peserta didik agar nantinya ada kesesuaian antaragaya mengajar atau mendidik dengan gaya belajar dari pserta didik.1.4.ManfaatAdapun manfaat yang bisa diambil dari hasil evaluasi terhadap fase-faseperkembangan adalah :a.Mendapatkan gambaran umum mengenai peserta didik agar bisa menyesuaikandiri dalam mengajar atau mendidik sehingga apa yang diberikan bisa diterimadengan baik.b.Memperoleh pengetahuan mengenai karakteristik peserta didik agar nantinyaada kesesuaian antara gaya mengajar atau mendidik dengan gaya belajar daripeserta didik sehingga peserta didik bisa tau, paham dan mampumerepresentasikan apa yang ia dapat dari pendidik.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->