Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rumah Yang Sehat Dan Nyaman Ala Holcim

Rumah Yang Sehat Dan Nyaman Ala Holcim

Ratings: (0)|Views: 730 |Likes:
Published by singlecrew

More info:

Published by: singlecrew on Dec 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/17/2011

pdf

text

original

 
OptimalisasiRuang dan Efektivitas PerabotDalam Menciptakan Hunian Nyaman dan Sehat
Katasiapa untuk menata rumah supayakian terlihat apik, terasa nyaman dan menyehatkan perlu dana besar?Yang kita butuhkan adalah berpikir kritis guna mengoptimasi segala hal yang ada di sekitar rumah dalammencarititik optimal dari penggunaannya, baik pemakaian ruang ataupun efektivitas perabotan yang dipakai. Kesalahandalam menentukan posisi perabot sudah barang tentu menjadikan rumah terkesan “Kapal Pecah” yang bisaberimbas ketidakstabilan EQ (Emotional Quotient) bahkan cenderung menimbulkan Stress. Belum lagi bilakesalahan itu juga dibarengi dengan ketidaktahuan kita akan teknik Layout yang benar buat perabot-perabotkesayangan kita, rumah pun dijamin terasa sempitdan tidak nyaman. Kalau sudah begini, bagaimanapunmodernnya gadget yang tersedia di rumah Anda, tidak bakalan mampu mengusir stressataumembawakesejukan dan kenyamanan buat anda dan keluarga.Lantas apa saja yang bisa kita optimasi demi menciptakantatanan rumah yang apik, bersih, nyaman, sehat, tenang, bersahaja dan segala kebaikan yang tiap keluargadamba-dambakan?Tidak itu saja, di akhir tulisan ini juga dibeberkan bagaimana mensiasati berbagaipermasalahan rumah mulai dari Layout/Design, Estimasi rumah yang paling wajar, Teknik menciptakan rumahyang Asri, Nyaman, Aman, dan Hemat tanpa kita harus pusing-pusing memikirkannya! Mantap nggak tuh..Setidaknya ada 15poin penting lagi sederhana yang bisa dipakai, yakni :1.
Menerapkan sistem pendam untuk mengatur layout perabotan
. Maksudnya, beberapa perabot yangdinilai memiliki ukuran besar dan memakan ruang dipendam di dalam dinding rumah. Sehingga, ia tetapbisa difungsikan tanpa harus mempersempit ruangan rumah yang mungkin saja memang sudah takmemadai lagi. Dengan sistem seperti ini pula, rumah anda kian terasa lapang dan tidak sesak, sehinggaanda satu langkah berhasil menciptakan suasana rumah yang nyaman.2.
Lesehan tidak selamanya buruk
. Teknik lesehan bisa diterapkan di ruangan keluarga dan bisa jugaruangan tamu. Anda tak perlu mempersempitnya dengan mengisinya Kursi Ukir-ukiran mahal atau sofaempuk, cukup dengan menggelar Ambal yang empuk dan mudah dibersihkan plus Meja panjang sebagaipenggantinya. Dijamin, selain mampu mendatangkan suasana kekeluargaan dan kesahajaan, anda jugatak kehilangan Style buat rumah Anda.3.
Penggunaan AC (Pendingin ruangan), sangatlah tidak efektif bahkan bisa dibilang pemborosan
.Kisaran harga belinya yang cukup tinggi serta dampak buruk darinya, sudah cukup meyakinkan andabahwa penggunaan AC memang tidak perlu. Anda bisa menciptakan suasana sejuk di dalam rumah lewatpengoptimalan sistem ventilasi rumah, seperti menempatkan jendela di sudut kanan dan kiri ruang tamuatau ruang penting lainnya, tentunya dilengkapi pula dengan sistem ventilasi berupa celah bukaan di ataskedua jendela tersebut. Untuk menghasilkan sirkulasi udara yang optimal, Tanami pula bagian luar jendela atau di sisi rumah dengan berbagai jenis pohonatau tanamanyang berkemampuanmenghasilkan sirkulasi udara yang sehat dan menyejukkan, seperti pohon pinang, kelapa atau pandanmisalnya.4.
Untuk menghidupkan suasana dalam rumah, anda pun bisa mewarnai dinding rumah Anda sesuaiwarna kesukaan anda dan keluarga
. Tidak hanya warna putih yang mampu menciptakan suasanadamai, warna-warna Ngejreng lainnya bisa juga anda pakai seperti :
 
5.
Teknik One Stop Keeping bisa jadi akan sangat berguna bila dipakai
. Teknik ini tidak lain berartimenyediakan tempat khusus sebagai penyimpanan barang-barang penting dan dipakai berulang-ulangseperti Kunci rumah, kunci dapur, kunci Garasi, Kacamata dan barang-barang yang anda anggap tidaksemestinya lupa meletakkkannya. Teknik ini akan sangat berguna sekali buat anda yang seringmengalami masalah “Kelupaan”.Terbayangkan kalo seandainya anda menerapkan teknik ini di rumahAnda, barang-barang akan tertata rapi dan aman serta mudah ditemukan!6.Nah, cara yang satu ini diperkirakan butuh kreatifitas dan sedikit dana lebih bagi Anda. Meski terbilangbaru (maklum hasil dari perenungan dan Mind Hacking), saya rasa ide ini bisa diterapkan yaknibagaimana menciptakan suatu sistem pencahayaan yang hemat secara berkesinambungan tanpa harusmenerapkan sistem rumit segala. Cukup mengganti beberapa deret atap rumah dengan bahan elastisdan tembus pandang seperti bahan fiber atau bahan-bahan lainnya. Terpenting, bahan atap tersebutpunya sifattidak menghalangi masuknya sinar matahari. Karena bagaimanapun juga, pencahayaanalami di kala siang hari di rumah punya kesan dan manfaat tak ternilai, kecuali bila Anda Drakula yangtak peroleh manfaat darinya…hiiks.Bila hasilnya ternyata menjadikan rumah Anda berhawa panas(biasanya terjadi di waktu sore), serongkan bagian barat elemen fiber yang kita pakai 45 derajat, dijaminpanas yang dibawa oleh cahaya matahari tidak bakalan masuk ke ruangan rumah anda atau setidaknyatidak terlalu menyengat.7.
Amati lingkungan Anda
. Bila ternyata sudah hijau, yang anda lakukan mungkin hanya melestarikandanmenambah variannya. Namun, bila ternyata kering kelontang padahal potensi tingkat kesuburan tanahmemadai, jangan ragu menjadi prakarsa penghijauan lingkungan, dimulai dari lingkungan rumah andasendiri. Status kritis yang kini menghinggapi nasib bumi memerlukan upaya-upaya pencegahan yangkongkret. Upaya termudah, yamenjadikan lingkungan luar dan dalam rumah Anda sebagai habitatberagam tanaman hias maupun obat. Jangan ragu untuk menjadikan rumah Anda sebagai kandidatsaingan taman gantung Babilonia yang hijau nan sejuk!8.
Titik penting lain yang tak kalah sering menimbulkan masalah ialah kondisi saluran air danpenampungan air/selokan
. Banyak rumah yang rawan penyakit lantaran kurang memperhatikankebersihan selokan ini. Alasannya, sangat krusial seperti “Kan udah ada Petugas Kebersihan, ngapainsusah-susah harus turuntangan langsung sich, mereka kan dibayar memang buat ngebersihin hal-halginian?” atau ada juga yang beralasan “waduh, ngebersihin selokan? Ngangkatin kotoran-kotoran yangmenjijikkan? Ngebersihin lumut-lumut berlendir dan mengundang mual-mual dan pusing?Kayaknya gaklah deh!!!!!” meski tak sepenuhnya benar, namun inilah alasan-alasan yang sering saya dengar. Makasolusinya, manfaatkan pecahan keramik yang anda kira tak berguna!! Gunakan pecahan keramik inisebagai pinggiran atau dasar selokan, dengan begitu sampah bisa dengan mudah dibersihkan. Kalaupunnantinya masih berlumut, dengan menggunakan lap serta cairan kimia pembasmi lumut semuanya punterselesaikan. Tak ada lagi kesan jijik pada selokan, bahkan kini selokan terlihat rapi dan bersih! Solusisederhana namun bermanfaat dasyatt!Berbicara tentang selokan berarti juga berbicara tentangSampah. Nah, cara terbaik yang bisa dilakukan ialah menyediakan tong sampah yang mampu melakukan
 
proses pembakaran langsung di tempat buat tipe sampah kering dan pemisahan secara langsung airpada tipe sampah basah. Mekanisme sistem kerja tong sampah yang dimaksud diulas lebih mendalampada akhir tulisan. Yuk disimak juga……9.
Jarak rumah dengan pagar atau jalan juga perlu dipertimbangkan
. Bila seandainya terlalu dekat,rumahnya jangan digeser (Hiik..hiksss…), tapi buat batasan yang tersusun dari jenis tanaman penyaringdebu sehingga debu jalanan yang terbawa angin terfilter oleh tanaman ini. Anda dan keluarga pun takperlu lagi cemas tentang kadar kebersihan cuaca yang anda hirup.10.
Membangun penampungan sekaligus penyaluran air hujan
. Tampungan air hujan ini nantinya bisadimanfaatkan untuk menyirami tanaman, cuci kendaraan dan lain sebagainya. Dengan begitu,persediaan air bersih untuk cuci, mandi, minum, yang berasal dariPDAM tidak berkurang.11.
Gunakan kusen dengan bahan yang bersifat tahan lama bahkan jika perlu untuk jendela dan pintu juga.
Karena biasanya, karena seringnya bersentuhan dengan cairan basah menjadikan bagian yang takkalah penting dari sebuah rumah ini menjadi cepat rapuh dan rusak. Ingat, elemen kayu amat rentanakan serangan rayap dan jenis kerusakan lainnya!!!12.
Kurangi beban atap rumah anda dengan penggunaan genting yang ringan dan bersusun
. Denganbegitu, anda pun dapat mengurangi penggunaan elemen kayu untuk penyangga rumah. Dampaknya,rumah menjadi bertambah nyaman, anda pun bisa lebih berhemat.13.
Bila anda termasuk golongan keluarga
Tech Societ
, yang bisa dilihat dari keterkaitan anda dankeluarga dengan ICT
, atas dasar efisiensi-jangan sungkan-sungkan membangun jaringan local sendiridirumah Anda, atau seandainya anda bisa, membangun server sendiri serta signal Hotspot di dalamrumah juga bakal membuat suasana rumah anda menjadi lebih ekslusif. Anda bisa memanfaatkan jasa ITCorporate untuk keperluan iniatau ANDA SENDIRI!!14.
Sediakan ruangan khusus sebagai mediasi perenungan diri tuk raih ketenangan jiwa
. Tak cukupdengan kenyamanan dan kebersihan yang kini ada, anda pun bisa menciptakan kedamaian terutamaketenangan jiwa dengan menyediakan satu ruang khusus dimana anda dan anggota keluarga anda bisamelakukan perenungan diri dan mencari kedamaian hati. Cara seperti ini sangat efektif mengusir rasastress dan frustasi dari berbagai probelema hidup yang muncul. Disamping itu, dengan menjadikanperenungan diri secara rutin, kemampuan EQ pun kian terasah. Menyediakan sebuah ruangan khusus didalam rumah, tentunya tidaklah sulit asalkan saja anda mau!15.
Konsultasikan permasalahan seputar harapan anda terhadap rumah anda dengan para pakar yangmengerti dan mau membantu anda
. Jangan kaku, anda tidak cuma bisa bertanya mengenai layoutterbaik buat rumah anda, bagi anda yang kebetulan memang berencana ingin memperluas ataumeningkatkan lantai rumah Anda, mereka juga bisa membantu anda memberikan informasi berupaestimasi anggaran dana yang diperlukan seakurat mungkin.Demikianlah gambaran singkat tentang rumah impian yang mengangkat konsep sederhana, NYAMAN danSEHAT. Tanpa perlu menghambur-hamburkan uang dalam jumlah yang besar, tak perlu melakukan renovasibesar-besaran pada tampilan rumah, cukup lakukan hal-hal sederhana di atas, maka lihatlah hasilnya!Ada satu hal yang mau saya perjelas, langkah-langkah penciptaan rumah yang sehat dan nyaman di atas mungkinpaling tepat ditujukan buat mereka yang sudah punya rumah. Buat anda yang hingga kini masih dipusingkan olehbelum punya rumah (biasanya pengantin baru, nich! Sehingga terpaksa harus masih tinggal dengan orangtua/mertua), malah informasi yang tertulis dalam artikel ini akan membantu anda. Bagaimana bisa? Pasti bisa,karena memang sekarang telah tersedia layanan Solusi Rumahyang tak lain sebuah rencana besar HOLCIM untukmendedikasikan seluruh perhatian bisnisnya demi membantu jutaan rakyat Indonesia untuk mewujudkanimpiannya memiliki rumah sendiri. Melalui Gerai SolusiRumah ini anda bisa mendapatkan segala informasi yang

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Millati Nurul liked this
iransh liked this
Djati Widodo liked this
Didik Suharmanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->