Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA

Ratings: (0)|Views: 1,522 |Likes:
Published by teddynakbali

More info:

Published by: teddynakbali on Dec 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/13/2013

pdf

text

original

 
Bentuk-bentuk perubahan sosial
1.
 
Perubahan secara lambat dan Perubahan secara cepat (dilihat dari waktu)Perubahan secara lambat = evolusi, yaitu prubahan yang memerlukan waktu lama.Cirinya : memerlukan waktu lama, perubahannya kecil, perubahan tidak disadari olehmasyarakat, tidak diikuti oleh konflik atau tidak menimbulkan kekerasan. Ex: perubahan mata pencaharian masyarakatPerubahan secara cepat = revolusi, yaitu perubahan yang terjadi dalam waktu yangsangat cepat. Ciri-cirinya membutuhkan waktu singkat, perubahannya besar karenamenyangkut sendi-sendi pokok kehidupan, perubahan disadari/direncanakan,seringkali diikuti oleh kekerasan atau menimbulkan konflik. Ex: revolusi Indonesiatahun 1945, reformasi Indonesia tahun 1998, revolusi industri Perancis dan Inggris. 2.
 
Perubahan yang pengaruhnya kecil dan pengaruhnya besar.Perubahan yang pengaruhnya kecil adalah perubahan yang tidak membawa pengaruhlangsung bagi kehidupan masyarakat. Ex; perubahan mode pakaian, gaya potonganrambut, dsb.Perubahan yang membawa pengaruh besar adalah perubahan yang membawa pengaruh langsung terhadap kehidupan masyarakat karena perubahan yang terjadi pada unsure-unsur social budaya masyarakat. Ex: Industrialisasi membawa pengaruh pada hubungan kerja, lembaga kemasyarakatan, system pemilikan tanah, pelapisansocial, hubungan kekerabatan, dll. 3.
 
Perubahan yang dikehendaki/direncanakan dan perubahan yang tidadikehendaki/tidak direncanakanPerubahan yang dikehendaki/direncanakan= pembangunan adalah perubahan yangsudah diperkirakan sebelumnya oleh pihak-pihak tertentu yang ada dalammasyarakat. Perubahan yang tidak dikehendaki/tidak direncanakan adalah perubahanyang tidak diperkirakan sebelumnya. Biasanya perubahan tidak dihendaki munculsebagai dampak dari perubahan yang direncanakan. Secara garis besar perubahan social menyangkut perubahan dalam:a.kelompok social b.stratifikasi socialc.lembaga-lembaga sociald.interaksi social
 
Faktor Pendorong Perubahan Sosiala.Menurut Alvin Betrand: awal dari proses perubahan social adalah komunikasiyaitu penyampaian ide, gagasan, nilai, kepercayaan, keyakinan dsb, dari satu pihak ke pihak lainnya sehingga dicapai kata kesepahaman. b.Menurut David Mc Clelland: dorongan untuk perubahan adalah adanya hasratmeraih prestasi ( need for achievement) yang melanda masyarakatc.Prof. Soerjono Soekanto: Perubahan social disebabkan oleh factor intern dalammasyarakat itu dan factor ekstern.
 
Faktor Intern antara lain:1)
 
Bertambah dan berkurangnya penduduk (kelahiran, kematian, migrasi)2)
 
Adanya Penemuan Baru:-
 
Discovery: penemuan ide atau alat baru yang sebelumnya belum pernah ada-
 
Invention : penyempurnaan penemuan baru-
 
Innovation /Inovasi: pembaruan atau penemuan baru yangditerapkan dalam kehidupan masyarakat sehingga menambah,melengkapi atau mengganti yang telah ada.Penemuan baru didorong oleh : kesadaran masyarakat akan kekuranganunsure dalam kehidupannya, kualitas ahli atau anggota masyarakat3)
 
Konflik yang terjadii dalam masyarakat4)
 
Pemberontakan atau revolusi Faktor ekstern antara lain:1)
 
 perubahan alam2)
 
 peperangan3)
 
 pengaruh kebudayaan lain melalui difusi(penyebaran kebudayaan), akulturasi( pembauran antar budaya yang masih terlihat masing-masing sifat khasnya),asimilasi (pembauran antar budaya yang menghasilkan budaya yang samasekali baru batas budaya lama tidak tampak lagi) Jadi menurut Soerjono Soekanto factor pendorong perubahan social adalah:1)
 
sikap menghargai hasil karya orang lain2)
 
keinginan untuk maju3)
 
system pendidikan yang maju4)
 
toleransi terhadap perubahan5)
 
system pelapisan yang terbuka6)
 
 penduduk yang heterogen7)
 
ketidak puasan masyarakat terhadap bidang kehidupan tertentu8)
 
orientasi ke masa depan9)
 
sikap mudah menerima hal baru. Ciri perubahan social adalah :1)
 
setiap masyarakat pasti mengalami perubahan, baik lambat maupun cepat2)
 
 perubahan yang terjadi pada suatu lembaga kemasyarakatan akan diikutidengan perubahan pada lembaga-lembaga social lainnya3)
 
 perubahan social yang cepat biasanya menimbulkan disintegrasi yang bersifatsementara karena berada dalam proses penyesuaian diri.
 Faktor Penghambat Perubahan Sosial Budaya
a)
 
kurangnya hubungan terhadap masyarakat lainex; suku-suku bangsa yang masih di pedalaman b)
 
 pendidikan yang terbelakang
 
c)
 
masyarakat yang bersikap tradisional ; mempertahankan tradisi, penguasa yangkonservatif d)
 
adanya kepentingan yang tertanam dengan kuat sekali pada sekelompok orang(Vested Interest)Ex: kelompok yang sudah mapan biasanya tidak menghendaki terjadi perubahankarena takut posisinya terancam, takut hidup susahe)
 
ketakutan akan terjadi disintegrasif)
 
 prasangka buruk terhadap unsure budaya asingg)
 
hambatan ideologis, Ex : adanya anggapan bahwa suatu perubahan bertentangandengan suatu ajaran agama tertentu dll Macam-macam Proses Perubahan Sosial Budaya:a)
 
Akulturasi b)
 
Asimilasic)
 
Difusid)
 
Discoverye)
 
Inventionf)
 
Inovasig)
 
Modernisasi: adalah proses perubahan tradisi, sikap, dan system nilai dalamrangka menyesuaikan diri dengan kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa lain,sehingga suatu bangsa dapat bertahan secara wajar di tengah-tengah tekanan berbagai masalah hidup di dunia dewasa inih)
 
Globalisasi: adalah suatu system atau tatanan yang menyebabkan seseorang atau Negara tidak mungkin untuk mengisolasikan diri sebagai akibat dari kemajuanteknologi dan komunikasi dunia. Atau suatu kondisi dimana tidak ada lagi batas- batas antara satu Negara dengan Negara lain dalam hal teknologi komunikasi. Dampak perubahan social budaya :
 
Dampak Negatif Modernisasia.
 
sikap materialistic : orang lebih mengejar kekayaan materi dibanding dengankualitas diri b.
 
sikap individualistic: memperjuangkan kepentingan dirinya sendiri dibandingmenolong orang lainc.
 
sikap konsumerisme: sikap hidup yang boros / konsumtif d.
 
kesenjangan social ekonomi : timbulnya pelapisan social yang kuat ant yangkaya dengan yang miskine.
 
 pencemaran / kerusakan lingkungan alamf.
 
kriminalitasg.
 
kenakalan remaja
 
Dampak Negatif Globalisasia.
 
Unsur-unsur budaya asing yang masuk Indonesia terutama teknologikomunikasi berakibat pada munculnya perilaku kekerasan di masyarakat,semakin berkembangnya gaya hidup free sex, semakin maraknya pornoaksi.

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rahmani Rama liked this
Himni Adinu liked this
Eka Satriani liked this
Liky Y. Ledoh liked this
Noerr Nyaik liked this
khot_axe liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->