Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
108Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan petrologi batuan beku

laporan petrologi batuan beku

Ratings: (0)|Views: 9,839|Likes:
Published by Arief Hidayat
batuan beku
batuan beku

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Arief Hidayat on Dec 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/25/2013

pdf

text

original

 
BAB IPETROLOGI BATUAN BEKU
Petrologi adalah bidang geologi yang berfokus pada studi mengenai batuan dan kondisi pembentukannya. Ada tiga cabang petrologi, berkaitan dengantiga tipe batuan: beku, metamorf, dan sedimen. Kata petrologi itu sendiri berasaldari kata Bahasa Yunani petra, yang berarti "batu".
Petrologi batuan beku berfokus pada komposisi dan tekstur dari batuan beku (batuan seperti granit atau basalt yang telah mengkristal dari batulebur atau magma). Batuan beku mencakup batuan volkanik dan plutonik.
Petrologi batuan sedimen berfokus pada komposisi dan tekstur dari batuansedimen (batuan seperti batu pasir atau batu gamping yang mengandung partikel-partikel sedimen terikat dengan matrik atau material lebih halus).
Petrologi batuan metamorf berfokus pada komposisi dan tekstur dari batuan metamorf (batuan seperti batu sabak atau batu marmer yang bermula dari batuan sedimen atau beku tetapi telah melalui perubahankimia, mineralogi atau tekstur dikarenakan kondisi ekstrim dari tekanan,suhu, atau keduanya).Petrologi memanfaatkan bidang klasik mineralogi, petrografi mikroskopis, dananalisa kimia untuk menggambarkan komposisi dan tekstur batuan. Ahli petrologimodern juga menyertakan prinsip geokimia dan geofisika dalam penelitankecenderungan dan siklus geokimia dan penggunaan data termodinamika daneksperimen untuk lebih mengerti asal batuan. Petrologi eksperimentalmenggunakan perlengkapan tekanan tinggi, suhu tinggi untuk menyelidikigeokimia dan hubungan fasa dari material alami dan sintetis pada tekanan dansuhu yang ditinggikan. Percobaan tersebut khususnya berguna utuk menyelidiki batuan pada kerak bagian atas dan mantel bagian atas yang jarang bertahan dalam perjalanan kepermukaan pada kondisi asli.
1.Pengertian Batuan Beku
1
 
Batuan beku merupakan batuan yang terjadi dai pembekuan larutansilica cair dan pijar, yang kita kenal dengan nama magma. Karena tidak adanya kesepakatan dari para ahli petrologi dalam mengklasifikasikan batuan beku mengakibatkan sebagian klasifikasi dibuat atas dasar yang berbeda- beda. Perbedaan ini sangat berpengaruh dalam menggunakan klasifikasi pada berbagai lapangan pekerjaan dan menurut kegunaannya masing-masing. Bilakita dapat menggunakan klasifikasi yang tepat, maka kita akan mendapatkanhasil yang memuaskan.
2.
Penggolongan Batuan Beku
Penggolongan batuan beku dapat didasarkan pada tiga patokanutama yaitu berdasarkan genetic batuan, berdasarkan senyawa kimia yangterkadung, dan berdasarkan susunan mineraloginya.
2.1 Berdasarkan Genetik 
Batuan beku terdiri atas kristal-kristal mineral dan kadang-kadangmengandung gelas, berdasarkan tempat kejadiannya (genesa) batuan beku terbagi menjadi 3 kelompok yaitu:a.Batuan beku dalam (pluktonik), terbentuk jauh di bawah permukaan bumi. Proses pendinginan sangat lambat sehingga batuan seluruhnya terdiri atas kristal-kristal (struktur holohialin).contoh :Granit, Granodiorit, dan Gabro.
b.
Batuan beku korok (hypabisal), terbentuk pada celah-celah atau pipa gunung api. Proses pendinginannya berlangsung relatif cepat sehingga batuannya terdiri atas kristal-kristal yang tidak sempurna dan bercampur dengan massa dasar sehinggamembentuk struktur porfiritik. Contoh batuan ini dalah Granit porfir dan Diorit porfir.
c.
Batuan beku luar (efusif) terbentuk di dekat permukaan bumi.Proses pendinginan sangat cepat sehingga tidak sempatmembentuk kristal. Struktur batuan ini dinamakan amorf.Contohnya Obsidian, Riolit dan Batuapung.
2.2 Berdasarkan Senyawa kimia
2
 
Berdasarkan komposisi kimianya batuan beku dapat dibedakanmenjadi:a.Batuan beku ultra basa memiliki kandungan silika kurang dari45%. Contohnya Dunit dan Peridotit. b.Batuan beku basa memiliki kandungan silika antara 45% - 52%. Contohnya Gabro, Basalt.
c.
Batuan beku intermediet memiliki kandungan silika antara52%-66 %. Contohnya Andesit dan Syenit.
d.
Batuan beku asam memiliki kandungan silika lebih dari 66%.Contohnya Granit, Riolit.Dari segi warna, batuan yang komposisinya semakin basaakan lebih gelap dibanding yang komposisinya asam.
2.3. Berdasarkan susunan mineralogi
Klasifikasi yang didasarkan atas mineralogi dantekstur akan dapat mencrminkan sejarah pembentukan battuan dari pada atas dasar kimia. Tekstur batuan beku menggambarkankeadaan yang mempengaruhi pembentukan batuan itu sendiri.Seperti tekstur granular member arti akan keadaan yang serba sama,sedangkan tekstur porfiritik memberikan arti bahwa terjadi duagenerasi pembentukan mineral. Dan tekstur afanitimenggambarkan pembkuan yang cepat.Dalam klasifikasi batuan beku yang dibuat olehRussel B. Travis, tekstur batuan beku yang didasarkan pada ukuran butir mineralnya dapat dibagi menjadi :
a.
Batuan dalamBertekstur faneritik yang berarti mineral-mineral yang menyusun batuan tersebut dapat dilihat tanpa bantuan alat pembesar.
3

Activity (108)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aiydah Luthfiah liked this
Acher Acher liked this
Isnan Fauzy liked this
Arief Hidayat added this note
iya sama-sama,,,
Riduan Mulyadi liked this
SubanaSolahudin liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->