Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
517Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Gizi Tentang Anemia Pada Ibu Hamil

Makalah Gizi Tentang Anemia Pada Ibu Hamil

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 40,998 |Likes:
Published by Lala Adhayana

More info:

Published by: Lala Adhayana on Dec 19, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/02/2013

pdf

text

original

 
Anemia Pada Ibu Hamil
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
LATAR BELAKANG
Anemia atau kurang darah sering dikaitkan dengan kondisi lemah, letih, danlesu akibat kurangnya kandungan zat besi di dalam darah. Tak hanya pada orangdewasa, anak-anak bahkan balita pun bisa terkena anemia. Indonesia jumlah penderitaanemia yang berasal dari kelompok anak usia sekolah (6–18 tahun) mencapai 65 juta jiwa. Bahkan, jika digabung dengan penderita anemia usia balita,remaja putri,ibuhamil, wanita usia subur, dan lansia, jumlah total mencapai 100 juta jiwa! ”Artinya,secara kasar bisa dikatakan bahwa satu di antara dua penduduk Indonesia menderitaanemia.Dalam survei KRT juga terlihat angka kejadian anemia lebih tinggi pada perempuan dibandingkan laki-laki. Jika anemia terjadi pada anak perempuan,dampaknya tidak hanya bagi anak tersebut melainkan juga generasi selanjutnya. Inimengingat anak perempuan tersebut kelak akan mengandung dan melahirkan.Anemia bisa disebabkan kondisi tubuh memerlukan zat besi dalam jumlahtinggi, seperti saat hamil,menyusui, masa pertumbuhan anak dan balita, serta masa puber. Atau ketika tubuh banyak kehilangan darah seperti saat menstruasi dan pada penderita wasir dan cacing tambang. Mereka yang menjalankan diet miskin zat besiatau pola makan yang kurang baik juga rentan anemia. Sebab lainnya adalahterjadinya gangguan penyerapan zat besi dalam tubuh.Sebenarnya, anemia dapat dicegah dengan mudah. Namun karena masyarakatterlalu menggampangkan, dan menganggap hal itu hanya lemah, letih, dan lesu saja.Padahal, dampak dari anemia ini sangat fatal bahkan menyebabkan kematian bagi ibuhamil
B.
 
RUMUSAN MASALAH
Anemia merupakan suatu keadaan dimana terjadi penurunan jumlah sel darahmerah. Menurut WHO, anemia didefinisikan sebagai Hb (hemoglobin) kurang 13 g/dluntuk laki-laki dan kurang 12 g/dl untuk wanita. Definisi sangat tergantung pada usiadan jenis kelamin. Definisi yang paling sering dipakai adalah definisi anemia menurutWHO dan CDC (Centers for Disease Control and Prevention).
Akbid Bhakti Husada Mulia Madiun
1
 
Anemia Pada Ibu Hamil
Anemia dapat memperburuk kondisi wanita dalam masa kehamilan, persalinan, nifas dan masa selanjutnya. Pengaruhnya bisa menyebabkan abortus(keguguran), kelahiran prematur (lahir sebelum waktu-nya), persalinan yang lamakarena rahim tidak berkontraksi, perdarahan pasca melahirkan, syok serta infeksi padasaat persalinan atau setelahnya.Perdarahan antepartum (perdarahan dalam kehamilan) yang disebabkan karenalokasi implantasi plasenta (ari-ari) yang abnormal atau lepasnya plasenta dari tempatimplantasinya yang dapat disertai gangguan pembekuan darah (DIC : DisseminatedIntravascular Coagulation) dapat memperberat kondisi anemia saat kehamilan. Danefeknya akan memberi pengaruh buruk pada bayi, seperti lahir dengan berat lahir rendah sampai kematian perinatal.Selain itu, anemia juga dapat menyebabkan gagal jantung.Gagal jantung baru akan terjadi pada seorang wanita jika Hbnya berada padaukuran kurang dari 4 gr/dl. Hal ini menyebabkan angka kematian ibu masih sangat besar. Diperkirakan dalam 1 jam, 2 ibu meninggal akibat perdarahan, preeklampsia(penyakit pada wanita hamil dimana terjadi bengkak pada kaki, hipertensi dan adanya protein dalam air seni), infeksi, abortus dan persalinan yang macet.
C.
 
TUJUAN
1.Ingin mengetahui definisi anemia pada ibu hamil secara jelas.2.Ingin mengetahui penyebab anemia pada ibu hamil.3.Ingin mengetahui gejala anemia pada ibu hamil.4.Ingin mengetahui dampak anemia pada ibu hamil.5.Ingin mengetahui cara pencegahan anemia pada ibu hamil.
Akbid Bhakti Husada Mulia Madiun
2
 
Anemia Pada Ibu Hamil
BAB IIPEMBAHASAN
A. DEFINISI ANEMIA
Anemia pada wanita tidak hamil didefinisikan sebagai konsentrasi hemoglobinyang kurang dari 12 g/dl dan kurang dari 10 g/dl selama kehamilan atau masa nifas.Konsentrasi hemoglobin lebih rendah pada pertengahan kehamilan, pada awalkehamilan dan kembali menjelang aterm, kadar hemoglobin pada sebagian besar wanita sehat yang memiliki cadangan besi adalah 11g/dl atau lebih. Atas alasantersebut, Centers for disease control (1990) mendefinisikan anemia sebagai kadar hemoglobin kurang dari 11 g/dl pada trimester pertama dan ketiga, dan kurang dari10,5 g/dl pada trimester kedua (Suheimi, 2007).Anemia defisiensi besi adalah anemia yang disebabkan oleh kurangnya zat besi dalam tubuh, sehingga kebutuhan zat besi (Fe) untuk eritropoesis tidak cukup,yang ditandai dengan gambaran sel darah merah hipokrom-mikrositer, kadar besiserum (Serum Iron = SI) dan jenuh transferin menurun, kapasitas ikat besi total (TotalIron Binding Capacity/TIBC) meninggi dan cadangan besi dalam sumsum tulang sertaditempat yang lain sangat kurang atau tidak ada sama sekali.Banyak faktor yang dapat menyebabkan timbulnya anemia defisiensi besi,antara lain, kurangnya asupan zat besi dan protein dari makanan, adanya gangguanabsorbsi diusus, perdarahan akut maupun kronis, dan meningkatnya kebutuhan zat besi seperti pada wanita hamil, masa pertumbuhan, dan masa penyembuhan dari penyakit.
Pembagian anemia dalam kehamilan
1.Anemia defisiensi besiTerjadi sekitar 62,3 % pada kehamilan. Merupakan anemia yang paling seringdijumpaipada kehamilan. Hal ini disebabkan oleh kurang masuknya unsure besi danmakanan, karena gangguan resorpsi, ganguan penggunaan atau karena terlampaui banyaknya besi keluar dari badan, misalnya pada perdarahan. Keperluan besi bertambah dalam kehamilan terutama pada trimester terakhir. Keperluan zat besiuntuk wanita tidak hamil 12 mg, wanita hamil 17 mg dan wanita menyusui 17 mg.
Akbid Bhakti Husada Mulia Madiun
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->