Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
65Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ManajemenPersediaan

ManajemenPersediaan

Ratings: (0)|Views: 2,788 |Likes:
Published by thesatryo

More info:

Published by: thesatryo on Dec 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/27/2013

pdf

text

original

 
KODE MK    / STEKPI / BAB 
1.23
MANAJEMEN PERSEDIAAN
Oleh :
Nurhidayati Dwiningsih, SE, MM
 BAB
9
PENDAHULUAN
Anamejem persediaan merupakan suatu cara mengendalikan persediaanagar dapat melakukan pemesanan yang tepat yaitu dengan biaya yangoptimal. Olek karena itu konsep mengelola sangat penting diterapkanoleh perusahaan agar tujuan efektifitas maupun efisiensi tercapai.Semua organisasi mempunyai beberapa jenis system perencanaan danpengendalian persediaan. Contohnya di Bank ada metode untuk mengendalikan uangtunai, di rumah sakit ada metode mengendalikan persediaan akan obat-obatan. Dikantor, sekolah, pada usaha ritel seperti super market dan di semua organisasi bisnisterutama berkepentingan untuk mengelola persediaa.
M
Dengan demikian dapat dikatakan bahwa sangat perlu untuk mempelajaribagaimana mengelola persediaan di suatu perusahaan. Oleh karena itu paba bab ini akandibahas mengenai konsep dasar manajemen persediaan yang dilengkapi dengan contohperhitungan sederhana agar penjelasan mengenai model persediaan yang independentdapat dipahami dengan mudah.Modul ini akan membahas mengenai persediaan yang bersifat independen yangakan dibagi menjadi 2 (dua) kegiatan belajar, yang terdiri atas:
 
KODE MK    / STEKPI / BAB 
1.231)
 
Topik ketujuh belas yang membahas tentang Konsep Manajemen Persediaan.2)
 
Topik kedelapanbelas membahas Model Persediaan untuk PersediaanIndependenDengan mempelajari modul ini dengan baik dan benar, diharapkan Anda dapatmemahami konsep Manajemen Persediaan yang cukup penting khususnya untuk kegiatan operasional yang menghasilkan produk barang.Setelah mempelajari modul ini diharapkan anda dapat:a.
 
Mengerti dan memahami tentang pengertian Persediaan, fungsinya, tipenyaserta kelemahannya.b.
 
Mengerti dan memahami konsep Manajemen Persediaan.c.
 
Mengerti dan memahami Model Persediaan.d.
 
Mengerti dan memahami tentang Fixed Order Quantity Models.e.
 
Mengerti dan memahami tentang Model Probabilitas dengan Leadtime yangKonstanf.
 
Mengerti dan memahami Fixed Period (P) System
 
KODE MK    / STEKPI / BAB 
1.23
 Konsep Manajemen Persediaan
TOPIK17
 
A. PERSEDIAAN (INVENTORY)
Manajemen persediaan yang baik merupakan hal yang sangat penting bagi suatuperusahaan. Pada satu sisi, pengurangan biaya persediaan dengan cara menurunkantingkat persediaan dapat dilakukan peruahaan, tetapi pada sisi lainnya, konsumen akantidakpuas apabila suatu produk stocknya habis. Oleh karena itu keseimbangan antarainvestasi persediaan dan tingkat pelayanan kepada konsumen harus dapat dicapai.
1. Tipe Persediaan
 Persediaan yang ada di perusahaan biasanya terdiri dari empat tipe yaitu:a. Persediaan Bahan Mentah yang telah dibeli, tetapi belum diproses. Pendekatanyang lebih banyak diterapkan adalah dengan menghapus variabilitas pemasok dalam mutu, jumlah atau waktu pengiriman sehingga tidak perlu pemisahan.b.
 
Persediaan Barang Dalam Proses yang telah mengalami beberapa perubahantetapi belum selesai. Persediaan ini ada karena untuk membuat produk diperlukan waktu yang disebur waktu siklus. Pengurangan waktu siklusmenyebabkan persediaan ini berkurang.c.
 
Persediaan MRO merupakan persediaan yang dikhususkan untuk perlengkapanpemeliharaan, perbaikan, operasi. Persediaan ini ada karenakebutuhan akan adanya pemeliharaan dan perbaikan dari beberapa peralatanyang tidak diketahui. Sehingga persediaan ini merupakan fungsi jadwalpemeliharaan dan perbaikan.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->