Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
56Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ringkasan materi kuliah SPM kompensasi manajemen

ringkasan materi kuliah SPM kompensasi manajemen

Ratings: (0)|Views: 3,431 |Likes:
Published by prahen

More info:

Published by: prahen on Dec 22, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
KOMPENSASI MANAJEMEN
1.
AanAndika Hasri (110520216)
2.
Norbertus Gandhi W. (110620826)
3.
Chandra Adi N. (110620850)
4.
Dwi Endika T. (110620868)
SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMIYAYASAN KELUARGA PAHLAWAN NEGARA2009
KOMPENSASI MANAJEMEN
Temuan Riset Atas Insentif Organisasi
 
1
 
Kunci untuk memotivasi orang untuk berperilaku dalam sikap yang memajukan tujuanorganisasi terletak pada cara insentif organisasi yang menghubungkan dengan tujuanindividu.
 
Insentif dapat digolongkan menjadi
i
nsentif positif atau “imbalan(reward)” 
merupakan hasil yang menambah kepuasan dari kebutuhan individu, dan (2) i
nsentif negatif atau “hukuman” 
adalah hasil yang mengurangi kepuasan dari kebutuhan individu. Imbalan berupa insentif adalah daya tarik untuk memuaskan kebutuhan mereka yang setiap individutidak dapat memperolehnya tanpa menjadi anggota organisasi tersebut.Hasil riset terhadap insentif cenderung mendukung hal-hal sebagai berikut:1.Individu cenderung lebih termotivasi oleh potensi imbalan yang diperoleh daripadaoleh ketakutan hukuman, sehingga sistem pengendalian manajemen harus berorientasiterhadap imbalan.2.Imbalan pribadi bersifat relatif atau situasional. Kompensasi moneter adalah alat yang penting untuk memuaskan kebutuhan.3.Jika manajemen senior memberikan sinyal dengan tindakan-tindakannya bahwamereka menghargai pentingnya sistem pengendalian manajemen, maka para manajer akanmenjalankan perusahaan dengan menghargai pentingnya imbalan tersebut.4.Setiap individu akan lebih termotivasi tinggi apabila menerima laporan atau umpan balik kinerja mereka.5.Insentif menjadi kurang efektif apabila periode antara tindakan dan umpan balisemakin lama6.Motivasi akan melemah apabila insentif tidak akan tercapai atau terlalu mudahtercapai7.Insentif yang didasarkan anggaran atau laporan tujuan lain akan menghasilkan yangterbaik apabila para manajer bekerja secara maksimum untuk mencapai jumlah yangdianggarkan.
Karakteristik Rencana Kompensasi Insentif 
Total paket kompensasi untuk manajer terdiri dari tiga komponen yaitu: (1) gaji, (2)tunjangan (pensiun, kesehatan dan lainnya), dan (3) kompensasi insentif. Tiga komponen itu bersifat independen, tetapi yang ketiga berhubungan secara spesifik dengan fungsi pengendalian manajemen..Rencana kompensasi insentif dapat dibagi menjadi rencana insentif  jangka pendek dan rencana insentif jangka panjang.
Rencana Insentif Jangka Pendek (Short-Term Incentive Plans)
 Kantong Total Bonus (The Total Bonus Pool)
”Kantong Bonus” adalah jumlah bonus yang dapat dibayarkan kepada kelompok karyawanyabg mempunyai kualifikasi dalam tahun tertentu. Ada beberapa cara untuk membentuk kantong bonus:1.Bonus sama dengan persentase dari laba (metode yang paling sederhana). Banya perusahaan tidak menyukainya, karena berarti perusahaan harus membayar bonus,meskipun ketika laba rendah.2.Bonus didasarkan kepada persentase laba per lembar saham3.Bonus didasarkan laba dari modal yang diinvestasikan4.Bonus didasarkan pada pertambahan laba dibandingkan laba tahun lalu.
Carryovers
Pada metode ini, pembayaran bonus ditetapkan pada kebijakan manajemen (komite dewandireksi) setiap tahun. Metode ini lebih fleksibel, karena pembayaran tidak ditentukan secara2
 
otomatis oleh formula.dan dewan direksi dapat melakukan penilaian, namun kekurangannyaadalah bonus kurang berhubungan langsung dengan prestasi sekarang ini.
 Kompensasi Ditunda (Deferred Compensation)
Bonus dihitung secara tahunan, tetapi pembayaran dibagi ke dalam beberapa tahun (biasanyalima tahun). Pada metode ini, pembayarannya sebagian didasarkan kinerja beberapa periodeyang lalu. Keuntungan dari metode ini terutama adalah mendorong para pembuat keputusanuntuk berpikir jangka panjang. Kelemahannya, dalam keadaan tertentu manajer tidak akanmenerima bonus yang ditunda, jika dia meninggalkan perusahaan sebelum bonus tersebutdibayarkan.
Rencana Insentif Jangka Panjang (Long-Term Incentive Plans)
Premis dasar dari rencana ini adalah pertumbuhan nilai saham biasa perusahaan yangmerefleksikan kinerja jangka panjang.
 Stock Option (Pilihan Saham)
Opsi saham adalah hak untuk membeli sejumlah saham, pada atau sesudah tanggal tertentudikemudian hari. Metode ini, mernberikan hak kepada pemegangnya untuk membelisejumlah saharn pada periode tertentu di masa depan dan dengan harga tertentu
 Saham Pantom (Phantom Shares)
Saham pantom memberikan sejumlah saham kepada para manajer, tetapi hanya untuk tujuan pembukuan. Pada metode ini, perusahaan memberikan hak kepada karyawan untuk menerimauang sejumlah kenaikan nilai saham sampai tanggal tertentu. di masa depan
 Hak Apresiasi Saham (Stock Appreciation Rights)
Hak apresiasi saham adalah hak untuk menerima pembayaran tunai berdasarkan kenaikannilai saham dari saat diberi penghargaan sampai dengan tanggal di kemudian hari yang telahditentukan.
 Kinerja saham (Performance Shares)
Rencana imbalan kinerja saham adalah memberikan sejumlah lembar saham kepada manajer ketika tujuan jangka panjang tertentu telah dicapai. Biasanya tujuan adalah untuk mencapai pertumbuhan persentase pada laba per lembar saham.
 Kinerja Unit (Performance unit)
Pada rencana kinerja unit, bonus tunai dibayarkan ketika target-target jangka panjang tertentutercapai. Metode ini merupakan penggabungan hak apresiasi saham dengan kinerja saham.
Insentif Untuk Manajer Korporat
Total bonus pool dibagi untuk manajer korporat dan manajer unit bisnis. Setiap manajer korporat, kecuali CEO, bertanggung jawab atas sebagian kinerja perusahaan secarakeseluruhan, sehingga atas bonus (biasanya bersifat subyektif, karena sulit mengukur).
Kompensasi untuk CEO
 biasanya didiskusikan oleh dewan direksi berupa komitekompensasi
Insentif Bagi Manajer Unit Bisnis
Jenis-jenis insentif 
3

Activity (56)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Aak Aakay liked this
Alit Anto liked this
Agustina Dwi liked this
Endi Nugroho liked this
Wiryatun Atun liked this
Yoshita Elsyanti liked this
Yoshita Elsyanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->