Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
31Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Program Kurikulum

Program Kurikulum

Ratings: (0)|Views: 1,019 |Likes:
Published by Indri Puri

More info:

Published by: Indri Puri on Dec 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/14/2013

pdf

text

original

 
PROGRAM KERJA TAHUNANBIDANG KURIKULUM SMPN 4 MALANGTAHUN 2007/2008
 A.
 
 ANALISIS LINGKUNGAN OPERASIONAL SEKOLAH 
Malang sebagai kota pendidikan mempunyai banyak lembaga pendidikan mulaidari tingkat taman kanak kanak sampai perguruan tinggi yang bervariasi bentuk maupuntingkat kemajuannya, sehingga banyak pelajar maupun mahasiswa yang berasal dari luarkota datang kemalang untuk menuntut ilmu pengetahuan di kota ini terutama di tingkatperguruan tiunggi negeri maupun swasta, begitu juga di tingkat sekolah menengahtingkat atas maupun tingkat pertama.Sebagai kota pariwisata Kota malang mempunyai banyak tempat pariwisata yangmenarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dalam negeri maupun luar negeri untuk menikmati keindahan pemandangan maupun sejuknya udara daerah pegunungan yangsegar dan nyaman disamping untuk berbelanja produk unggulan kota malang yang berupakerajinan industri keramik maupun produk unggulan yang berbentuk hasil hasil pertanianatau agri business seperti apel maupun sayur mayur lainnya sehngga mengakibatkanperkembangan ekonomi kota malang maju dengan pesat, hal ini dibuktikan dengansemakin banyaknya dibangun tempat tempat perbelanjaan maupun pusat pusat industribaru seperti Malang Town Square yang berlokasi tepat di depan sekolah SMP Negeri 4Malang, disadari atau tidak hal ini akan banyak berdampak terhadap perkembanganpendidikan di kota malang.SMP Negeri 4 Malang sebagai salah satu lembaga pendidikan tingkat menengahpertama yang yang beralamat di Jalan Veteran 37 Malang terletak diantara tiga perguruantinggi negeri yaitu Unibraw, Universitas Negeri Malang dan Universitas Islam NegeriMalang. Kondisi ini membuat sekolah dituntut untuk selalu mengembangkan diri baik dari segi mutu lulusan maupun sarana prasarananya. Salah satu faktor yangmempengaruhi peningkatan mutu pendidikan adalah proses pembelajaran teori maupunpraktek yang membutuhkan alat bantu/media pembelajaran dan bahan –bahan yanagtidak terlepas dari dana.Pada saat ini dana dari pemerintah terbatas. Dipihak lain masyarakatmenghendaki beaya pendidikan murah bahkan gratis. Karena itu upaya-upaya untuk peningkatan mutu pendidikan sesuai dengan standar pendidikan nasional masihmengalami kendala.
 
B.
 
ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SAAT INI
Pada saat ini SMP Negeri 4 Malang mempunyai siswa yang memiliki dayakompetitif tinggi. Hal ini dibuktikan dengan hasil-lomba-lomba akademik maupunakademik ditingkat Kota bahkan ditingkat Propinsi senantiasa memperoleh sekurang-kurangnya kelompok tiga besar.Dari segi out put, siswa yang yang belajar di sekolah ini juga tidak mengecewakan karena dari tahun ketahun lulusan yang dihasilkan selalu mengalamikecenderungan untuk berprestasi yng lebih baik dilihat dari kwantitas kelulusan maupunkwalitas lulusan nya, begitu juga dengan perkembangan sarana prasarananya, kompetensitengaga kependidikannya maupun proses pembelajarannya, sekolah terus melakukaninovasi inovasi untuk merubah menjadi lebih baik dan lebih memfokuskan diri padakwalitas layanan yang semakin memuaskan bagi semua pihak yang menjadikan sekolahsebagai tempat belajar. Hal ini dilakukan semata mata untuk kepentingan anak didik maupun untuk masyarakat sekitarnya.
C.
 
ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH 2007/2008
Dengan ditetapkannya Undang-Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang sistemPedndidikan Nasional, Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, Peraturan PemerintahNomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan peraturan-peraturanPemerintah yang lain yang semuanya bermuara pada peningkatan mutu pendidikannasional. Hal yang tidak boleh dilupakan adalah proses kegiatan belajar mengajar sebagaicara untuk meningkatkan mutu pendidikan.Bila mutu proses kegiatan belajar mengajar telah meningkat maka dapat diharapkanmutu pendidikan akan meningkat pula secara bertahap. Dan yang dicanangkan olehBadan Standar Nasional Pendidikan khususnya tentang output dari setiap tingkatanpendidikan akan tercapai. Karena itu kompetensi guru, alat bantu pembelajaran sangatperlu mendapat perhatian dalam meningkatan mutu proses pembelajaran agar terjadiperubahan yang signifikan dalam dunia pendidikan dimasa yang akan datang.Dalam jangka waktu satu tahun kedepan diupayakan ada peningkatan kemampuansiswa dibidang akademik dan non akademik sesuai standar nasional pendidikan. Begitu juga dengan peningkatan mutu guru-gurunya dalam hal kompetensinya maupun kualitasproses belajar mengajarnya serta peningkatan kualitas sarana prasana dan mutulayanannya yang diharapkan semakin baik ditahun yang akan datang. Dengan demikiandiharapkan SMP Negeri 4 Malang mampu berkompetisi dengan sekolah lain dibidangakademik maupun non akademik di tingkat kota maupun tingkat propinsi jawa timur.
 
D.
 
IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA 2007/2008
Mengingat perubahan dalam segala bidang kehidupan berlangsung begitu cepat,maka kesenjangan dalam bidang pendidikan juga pasti terjadi dari waktu kewaktu. Olehkarena itu perlu adanya strategi yang antisipatif untuk mengatasi kesenjangan-kesenjangan yang terjadi antara lain partisipasi masyarakat, efisiensi pendidikan,akuntabilitas dan transparansi pengelola pendidikan serta kompetensi pelaksanaanpendidikanDalam bidang kurikulum tantangan nyata yang dihadapi satu tahun kedepan dapatdigambarkan sebagai berikuta.
 
pencapaian standar isikurikulum 70 % belum memenuhi standar nasional pendidikan (perangkat pembelajaranbaru diadopsi belum diadaptasi untuk kelas 7s/d 9 semua mapel)b.
 
pencapaian standar proses pembelajaran belum memenuhi standar nasional pendidikan,yaitu baru 50 % guru melaksanakan CTLc.
 
pencapaian standar kelulusanprestasi akademik lulusan belum memenuhi standar nasional pendidikan (KKM di bawah75 %dan NUN 4,50)d.
 
pencapaian standar pendidikan dan tenaga kependidikan Pendidik dan tenagakependidikan terdapat 90 % memenuhi standar nasional pendidikane.
 
Pencapaian standar penilaian Guru dan sekolah 70 % melaksanakan sistem penilaiansesuai dengan tuntutan kurikulum atau standar nasional pendidikan
E.
 
VISI SEKOLAH“Unggul dalam IPTEKS, berlandaskan IMTAQ dan berbudi pekerti yangLUHUR”.F.
 
MISI SEKOLAH
Untuk mewujudkan visi yang telah dirumuskan, maka yang harus dilakukan oleh sekolahadalah:1.
 
Terwujudnya penyelenggaraan pendidikan yang profesional, adil dan merata di lingkungansekolah2.
 
Terwujudnya keluaran pendidikan yang bermutu dan menghasilkan prestasi akademik dannon akademik 3.
 
Terwujudnya sikap siswa mandiri, disiplin dan bertanggungjawab, meraih prestasi terbaik serta budi pekerti yang luhur didasari iman dan taqwa4.
 
Terwujudnya sistem pengelolaan pendidikan yang partisipatif, transparan, efektif danakuntabel

Activity (31)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ristanto Boogie liked this
jangumay liked this
Dahlia Tambajong liked this
Budi liked this
ankholish6830 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->