Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
86Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Gugus Kendali Mutu

Gugus Kendali Mutu

Ratings: (0)|Views: 4,312 |Likes:
Published by widianto

More info:

Published by: widianto on Dec 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/01/2013

pdf

text

original

 
GUGUS KENDALI MUTU (GKM)
 
MAKSUD
 GKM adalah suatu sistim dalam manajemen usaha yang ditujukan untuk meningkatkan efisiensi,produktivitas dan mutu produksi, dalam rangka meningkatkan daya-saing produk yang dihasilkan.Sistim ini dilaksanakan melalui pemasyarakatan cara pandang, cara analisa dan diagnosa dansolusi sesuatu masalah (inefisiensi, produktivitas rendah dan rendahnya mutu pekerjaan/produk)di lingkungan kerja seluruh jajaran SDM perusahaan, sehingga dapat membentuk kebiasaan(habit) yang diterapkan dalam etos kerja dan budaya produksi kompetitif.
 
Fungsi dan kegunaan GKM adalah (1) Penerapan/pentradisian GKM di lingkungan perusahaanIKM akan ikut mempercepat sosialisasi budaya produksi kompetitif melalui praktek nyata dalamkehidupan perusahaan sehari-hari, sehingga hasilnya akan jauh lebih efektif daripada sistimceramah teori yang sering terkendala oleh daya-serap peserta dari kalangan IKM dan (2) Apabilapemasyarakatan GKM dapat diterapkan semakin meluas di kalangan IKM, hal ini akanberdampak positif bagi kemajuan dan pertumbuhan IKM terutama oleh faktor pendorongknowledge-based.
 
Maksud pelatihan GKM adalah untuk menghasilkan suatu konsep baru untuk meningkatkanmutu dan dan produktivitas kerja industri/jasa.
 
Pengertian GKM di dalam perusahaan adalah sekelompok kecil karyawan yang terdiri 3 - 8 orangdari unit kerja yang sama dengan sukarela secara berkala dan berkesinambungan mengadakanpertemuan untuk melakukan alat kendali mutu dan proses pemecahan masalah.
 
GKM ini adalah untuk mendaya gunakan seluruh asset yang dimiliki perusahaan/instansiterutama sumber daya manusianya secara lebih baik, guna meningkatkan mutu danproduktivitas, nilai tambah serta meningkatkan keuntungan semua pihak termasuk produsen,karyawan, konsumen maupun pemerintah.
 
TUJUAN
 Tujuan GKM adalah untuk mendayagunakan seluruh aset yang dimiliki perusahaan/instansiterutama sumber daya manusianya secara lebih baik, guna meningkatkan mutu dalam arti luas.
 
Tujuan penerapan GKM, antara lain untuk :1. Peningkatan mutu dan peningkatan nilai tambah.2. Peningkatan produktivitas sekaligus penurunan biaya3. Peningkatan kemampuan penyelesaian pekerjaan sesuai target4. Peningkatan moral kerja dengan mengubah tingkah laku5. Peningkatan hubungan yang secara antara atasan dan bawahan.6. Peningkatan ketrampilan dan keselamatan kerja7. Peningkatan kepuasan kerja.8. Pengembangan tim (Gugus Kendali Mutu)
 
 
DIREKTORAT JENDERAL INDUSTRI KECIL MENENGAHDEPARTEMEN PERINDUSTRIANJakarta, 2007
PENGERTIAN GKM
 
 
PENGERTIAN GKMDirektorat Jenderal Industri Kecil MenengahDepartemen Perindustrian
2
 
PENGERTIAN GKM
 
Upaya untuk meningkatkan mutu dan produktivitas serta kinerja suatusatuan kerja baik dunia usaha maupun birokrasi perlu dilaksanakanterus menerus sedemikian sehingga dapat berfungsi dan mencapaitujuannya secara optimal.Sejak dahulu, terutama di Eropa dan Amerika Serikat dikembangkankonsep manajemen dan organisasi yang bertujuan meningkatkankinerja organisasi. Antara lain dapat dikemukakan adalah konsep MaxWeber tentang Birokrasi, Konsep Taylor tentang Manajemen ilmiah,Fayol dengan 14 prinsip-prinsip, serta konsep perilaku manusia yangmengutamakan motivasi dan pendekatan demokrasi.Konsep serta prinsip organisasi dan manajemen ini, telah mampumeningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi baik padaperusahaan, pemerintahan dan organisasi social.Total Quality Control (Pengendalian Mutu Terpadu) diprakarsai oleh Dr.J.M. Juran dan Dr. E.W. deming dan dikembangkan di Jepang olehKaoru Ishitawa dengan menerapkan Quality Control Circle (QCC) ataugugus Kendali Mutu (GKM). GKM adalah salah satu konsep baru untukmeningkatkan mutu dan produktivitas kerja industri/jasa. Terbuktibahwa salah satu factor keberhasilan industrialisasi di Jepang adalahpenerapan GKM secara efektif. Karena keberhasilan ini, sejumlahnegara industri maju dan sedang berkembang termasuk Indonesia,menerapkan GKM diperusahaan-perusahaan industri gunameningkatkan mutu, produktivitas dan daya saing.GKM adalah sekelompok kecil karyawan yang terdiri dar 3 – 8 orangdari unit kerja yang sama, yang dengan sukarela secara berkala danberkesinambungan mengadakan pertemuan untuk melakukan kegiatanpengendalian mutu di tempat kerjanya dengan menggunakan alatkendali mutu dan proses pemecahan masalah. GKM merupakan bagianintegral dari PMT dalam suatu organisasi.Tujuan GKM ini adalah untuk mendayagunakan seluruh asset yangdimiliki perusahaan / instansi terutama sumber daya manusianyasecara lebih baik, guna meningkatkan mutu dalam arti luas.

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
fandhira liked this
Zaterti Azril liked this
Ferdi Septianda liked this
Dhewy X-Friendz Frustasi added this note
syg nda bisa di copy
Hedar Zag added this note
menarik sekali..
Asep Sutisna liked this
Eksi Utari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->