Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
46Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
laporan bengkel beton

laporan bengkel beton

Ratings: (0)|Views: 1,986 |Likes:
Published by Jparagosho

More info:

Published by: Jparagosho on Dec 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/28/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Beton adalah campuran dari agregat (kasar dan halus), semen, air, dan bahanadmixture (jika diperlukan). Setelah mengeras, beton mempunyai sifat menahan gayatekan sampai batas yang ditentukan dan tidak mampu menahan gaya tarik. Sehinggadiperlukan tulangan di dalam beton agar beton mampu menahan gaya tekan sekaligusgaya tarik.Beton yang digunakan sebagai struktur dalam konstruksi teknik sipil, dapatdimanfaatkan untuk banyak hal. Dalam teknik sipil struktur beton digunakan untuk  bangunan pondasi, kolom, balok, pelat ataupun pelat cangkang.Dalam teknik sipil hidro, beton digunakan untuk bangunan air seperti bendung, bendungan, saluran, dan drainase perkotaan. Beton juga digunakan dalam teknik sipiltransportasi untuk pekerjaan rigid pavement (lapis keras permukaan kaku), saluransamping, gorong-gorong, dan lainnya.Dalam pembuatan beton bertulang ini kita harus mempunyai perencanaan agar hasilnya nanti sesuai dengan apa yang kita harapkan dan terlebih dahulu mengetahuisifat-sifat dari beton tersebut sebelum kita membuatnya dengan cara menguji betontersebut di laboratorium maupun dilapangan, agar dalam pemakaiannya mempunyaidaya tahan yang kuat dan bias bertahan lama sesuai dengan fungsinya.Pada praktek beton kali ini para mahasiswa diajarkan bagaimana merencanakan,membuat, dan mengaplikasikan beton maupun tulangannya dalam kerja lapangansehingga diharapkan para mahasiswa akan menjadi tenaga profesional dalam bidangsipil untuk pengerjaan–pengerjaan bangunan dalam jenis apa pun.
1.2.Maksud dan Tujuan
1
 
Pelaksanaan praktek kerja beton ini mempunyai peranan yang cukup besar bagimahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Malang yaitu agar mahasiswa dapatmemahami dan menerapkan :
Dasar teori tentang konsruksi beton dan aplikasinya di lapangan yang meliputi penulangan dan pengecoran.
Perencanaan dan analisa perhitungan dalam praktek kerja.
Keselamatan kerja, efisiensi waktu, kebutuhan bahan, dan peralatan serta kedisiplinandalam bekerja.
Cara-cara pengamanan dan pengawetan beton precast.
Cara-cara pengecoran yang tepat.
Pemecahan permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan praktek.
1.1.Ruang Lingkup Pekerjaan
Pelaksanaan praktek kerja beton ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu pembuatantulangan dan pengecoran ( Pembetonan ). Untuk pembuatan tulangan meliputi :
Latihan dasar ( pembengkokan dan pembuatan beugel )
Penulangn balok 
Penulangan kolom
Penulangan pondasi telapak 
Penulangan plat lantai
Penulangan penutup drainase
Pengecoran (pembetonan)
Finishing
BAB IIDASAR TEORI
2
 
2.1 Pengertian
Beton
 
adalah material yang kuat dalam kondisi tekan, tetapi lemah dalam kondisitarik, kuat tariknya bervariasi dari 8 sampai 14 persen dari kuat tekannnya. Karena rendahnyakapasitas tarik tersebut, maka retak lentur terjadi pada taraf pembebanan yang masih rendah.Untuk mengurangi atau mencegah berkembangnya retak tersebut, maka dipasang tulangan.Beton merupakan fungsi dari bahan penyusunnya yang terdiri dari bahan semenhidrolik (portland cement), agregat kasar, agregat halus, air dan bahan tambah (admixtureatau additive).
2.2 Karakteristik beton yang baik 
• KepadatanSepadat mungkin terisi oleh agregat dan pasta semen.• KekuatanBeton harus mempunyai kekuatan dan daya tahan internal terhadap berbagai jeniskegagalan.• Faktor Air SemenFaktor air harus terkontrol sehingga memenuhi persyaratan kekuatan beton yangdirencanakan.• Tekstur Permukaan beton ekspos harus mempunyai krapatan dan kekerasan tekstur yang tahansegala cuaca.
2.3 Parameter-parameter yang mempengaruhi kualitas beton
1. kualitas semen2. proporsi semen terhadap air dalam campurannya3. kekuatan dan kebersihan agregat4. interaksi atau adesi antara pasta semen dan agrerat5. pencampuran yang cukup dari bahan-bahan pembentuk beton6. penempatan yang benar, penyelesaian dan kompaksi beton segar 7.perawatan pada temperature yang tidak lebih rendah dari 50° F pada saat betonhendak mencapi kekuataannya
2.4 Bahan Pembentuk Beton
1.Semen, merupakan bagian terpenting dalam pembuatan beton. Semenmempersatukan pasir, koral, air menjadi satu kesatuan. Yang kita kenal dengannama semen sebenarnya adalah Porland Cemen (PC).1

Activity (46)

You've already reviewed this. Edit your review.
Tawakkal Johar liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Ebby Sigasare liked this
Adhi Purnomo liked this
Trie Hermawan liked this
TeguhSantoso liked this
Fauzi Alaydrus liked this
azzam03 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->