Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
121Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH POLITIK BANGSA

MAKALAH POLITIK BANGSA

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 12,133 |Likes:
Published by yusrijal

More info:

Published by: yusrijal on Dec 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/12/2013

pdf

text

original

 
KATA PENGANTAR
  Assalamualaikum wr wb.³Aku bersaksi tiada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi Muhammad adalahutusan Allah´. ³tiada suatu penderitaan apapun kecuali bagi orang yang tidakpandai mensyukuri nikmat´. Manusia yang merasa bahwa dirinya adalahmanusia yang ada Penciptanya, ada yang memerhatikannya, ada yangmenghidupkan dan mematikannya, ada yang memberi nimkat kepadanya, makakarena kita semua merasa sebagai seorang manusia, maka kita selalu harusberupaya untuk selamanya memuji syukur kekhadirat Allah yang telahmenjadikan kita ada, kita hidup, kita berjuang untuk kehidupan abadi setelahhidup ini.penulis juga bersyukur karena berkat rahmat dan limpahan karunia-Nyaakhirnya kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah ini.Salawat dan salam semoga selamanya senantiasa terlimpah dan tercurahkepada pemimpin umat diseluruh dunia, yang telah membawa penerangan bagiperadaban umat manusia, Nabi akhir jaman yang sangat mulya yakni nabiMuhammad saw.Makalah yang kami susun ini berjudul ³POLITIK BANGSA MASA KINI´, sebuahkajian mengenai keberadaan perpolitikan negeri tercita Indonesia. Penulismenyadari makalah ini masih sarat dengan kekurangan dan kekurangan dalampenyusunannya, baik itu dari segi sistematika maupun isi materi yang belummaksimal. Demikian pengantar isi makalah yang kami susun, terimakasih bagisemua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyusunannya.Wassalamualaikum wr wb.Sigli , 18 November 2009Penyusun
 
B
A
B
I
PENDAHULUAN
 
1.1
 
Latar 
Bel
akang
 Politik adalah kajian ilmu social, yang tidak bisa lepas dari aktivitaskehidupan manusia. Mengapa demikian? Karena manusia adalah makhluksocial. Sehingga bagaimanapun orang memandang politik, selama manusiaada dan berupaya untuk melanjutkan peradabannya, maka selama itu pulapolitik aka nada bersama berdampingan dengan manusia. Sekalipun saat inipolitik telah mengalami berbagai pergeseran, namun rasanya kita tidak harusdan tidak bisa begitu saja dalam menilai baik tidak politik, karena padadasarnya poltik tu dikendalikan oleh manusia, maka wajar kalu suatu ketikapolitik mengalami sedikit perubahan makna Karena manusia sendiri apdadasarnya selalu berupaya untuk berubah. Hanya tingal kita bisa tidak melihatsisi baik dari politik itu.
1.2
 
Rumusan Masa
l
ah
 Yang menjadi sorotan utama dalam makalah ini ialah:1. Hakikat politik, arti dan sejarah perkembangannya?2. Konsep-konsep perpolitikan?3. Pola dan bentuk-bentuk politik?4. Politik modernisasi serta integritasnya?5. Dan kajian istimewa tentang partai politik?
 
B
A
B
II
 
KAJIAN TENTANG POLITIK INDONESIADILIHAT DARI SUDUT PANDANG NASIONALISME
B
ANGSA
Sebuah kajian yang perlu pemahaman dan pengkajian materi mendalam. Tidakmudah bagi kami untuk menjelaskan secara gamblang mengenai materi politikini, tapi kendati demikian kami telah dan akan selalu berusaha semaksimalmungkin sesuai dengan kemampuan kami untuk menguraikannya dalam ragamdan bentuk serta pola yang lebih mudah dimengerti oleh pembaca semua.Di bawah ini materi yang berhasil kami kutif dan kami kembangkanmenjadi sebuah karya baru semoga bermanfaat.
2.1 P
e
ng
e
rtian Po
l
itik
 
Secara etimologi 
politik berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata
 polistaia.
 
olis
diartikan negara, kota yakni suatu masyarakat yang mampumengurus diri sendiri atau mandiri, sementara
taia
berarti urusan. Secarasederhana dari tata bahasanya politik dapat diartikan urusan yang mengurusimasalah negara kota.
Menurut para pakar dan ahli politik.
 1.
 
Thomas M. Magstadt dan Peter M. Schotten (1988:7), politik adalahsegala sesuatu mengenai bagaimana manusia diperintah, yangberkaitan dengan tatanan, kekuasaan, dan keadilan.2.
 
Cecep Darmawan (2009), politik ialah segala sesuatu yang berkenaandengan negara, termasuk didalamnya kekuasaan, pengambilankeputusan, kebijakan, maupun pembagian dan pengalokasian nilai-nilai didalam masyarakat yang bersangkutan.

Activity (121)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Llida Song added this note
kapan kita memiliki kesadaran,, untuk melakukan politik dengan benar dan secara sehat,?
Deffrizal St liked this
adambitor1713 liked this
aal liked this
hmmmm
adambitor1713 liked this
Djef Nd liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->