Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
17Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Hikmah Shalat

Hikmah Shalat

Ratings: (0)|Views: 2,241|Likes:

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: H Masoed Abidin bin Zainal Abidin Jabbar on Dec 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/18/2012

pdf

text

original

 
H
IKMAH
S
HALAT
B
AGI
ESEHATAN
ن ِ عَىه َ  ْ تَةَل َ ص ّ ا ّإِةَل َ ص ّ ا م ِ قِأَ وَبِ َ ك ِ ْا ن َ ِ َ ي ْ َإِ َ حِ وأُَ ُ تْاَ  ُ  َ ص ْ تََم ُ  َ  ْ َ ُ  ّ اوَر ُ  َ ْأَ ِ  ّ ا ر ُ ْذ ِ َ وَر ِ ك َ  ْ  ُ ْاوَءِش َ  ْ ف َ ْا
“Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur’an) dan dirikanlah shalat. Seungguhnyashalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji danmunkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat)adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadah-ibadahyang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamukerjakan. ”(Q.S. Al ‘Ankabut : 45)
Dalam rangka membina kesehatan manusia. Islammembuat pedoman-pedoman secukupnya. Salah satunyaadalah shalat lima waktu. Mungkin selama ini kita belummenyadari apa sesungguhnya hikmah dibalik gerakanshalat itu. Mengapa kita harus berdiri tegak dan lurus(bagi yang mampu), ruku’, i’tidal, sujud dan dudu(tahuyat) di dalam shalat? Tidakkah kita menyadaribahwa setiap gerakan itu mengandung unsur olah raga? Yang ternyata dapat menyehatkan jasmaniyah (tubuh)serta berefek positif terhadap kesehatan rohani(mental/jiwa) bagi yang melaksanakannya.Demikian menurut ahli. Prof. DR. H.A. Saboe dalambukunya
Hikamh Kesehatan dalam Shalat,
1986.Sedangkan ahli lain, Syekh Hakim Abu Abdullah GhulamHoiruddin dalam bukunya
The Book of Sufi Healding
(Kitab
 Al Timn Al Rauhii As Suuf
), juga dalam versiIndonesia mengatakan bahwa shalat dikerjakan dalamdelapan posisi yang masing-masing dapat memberikanefek positif terhadap siri seseorang. Dan ahli lain adayang menyebutkan ada 12 atau lebih posisi dalam shalat.
Posisi 1:
Berdiri tegak, pandangan ke arah tempatsujud dan menghadap kiblat. Dengan posisi ini, tubuhmerasa bebas dari beban, karena pembagian beban yangsama pada kedua kaki. Punggung lurus sehingga akanmemperbaiki postur tubuh. Pandangan dipertajam
 
dengan memfokuskan pada tempat sujud. Otot-ototpunggung bagian atas dan bawah dilemaskan, pusat otak bagian atas dan bawah dipadukan membentuk satukesatuan tujuan.
Posisi 2:
Berdiri tegak dengan kedua tanganbersedekap di dada. Dengan posisi ini dapatdiperpanjang konsentrasi pengendoran kaki danpunggung. Membaca ayat-ayat Al Qur’an atau doa dapatmerangsang penyebaran 99 Nama Tuhan (Asmaul Husna)ke seluruh tubuh, pikiran dan jiwa. Suara vokalnya akanmerangsang jantung, kelenjer gondok (tyroid), kelenjerpineal, kelenjer bawah otak, kelenjer adrenal dan paru-paru serta akan membersihkan dan mengeringkan semuaorgan tersebut. Juga dapat menciptakan sirkulasi darah,terutama aliran darah kembali ke jantung, serta produksigetah bening dan jaringan yang terkumpul dalamkantong-kantong kedua persendian itu menjadi lebihbaik, gerakannya menjadi lancar dan dapatmenghindarkan diri dari penyakit di persendian, misalnyareumatik.
Posisi 3 :
Ruku’Posisi ini dapat melonggarkan otot-otot punggung bawah, paha dan betis. Darah dipompa kebatang tubuh bagian atas. Juga dapat melonggarkan otot-otot perut, abdomen dan ginjal. Dengan ruku’ ternyatatulang punggung (vertebrae) dapat tetap berada dalamkeadaan baik, karena persendian diantara badan-badanruas tulang belakang (corpus vertebrae) tetap lembutdan lentur. Dapat memudahkan persalinan bagi wanitayang melahirkan. Selain itu, ruku’ dapat menciptakankonsentrasi secara serentak antara otot-otot pinggang,sehingga penyakit pembungkukan tulang punggung(scloise) yang sering dialami terutama oleh anak-anakarena sikap duduk yang salah saat menulis ataumembaca dapat dihindarkan.
Posisi 4:
Bangkit dari ruku’ (I’tidal) Gerakan ini me-nyebabkan darah segar yang bergerak naik ke batangtubuh saat rukuakan kembali ke keadaan semula
 
dengan membawa toksin. Tubuh menjadi santai kembalidan melepaskan ketegangan.
Posisi 5:
Sujud Secara ilmiah sujud dapat menye-babkan otot-otot menjadi besar dan kuat terutama otot-otot dada, sehingga terhindar dari penyakit yangdisebabkan oleh dada tidak kuat. Lutut yang membentuk sudut yang tepat memungkinkan otot perut berkembangdan dapat mencegah pembesaran di bagian tengah perut.Sujud juga menyebabkan 20 % oksigen yang ada padatubuh akan mengalir ke otak, sehingga aliran darahdalam otak semakin lancar. Sujud dapat pulamemperlancar aliran darah ke bagian atas tubuhterutama kepala (mata, hidung, dan telinga) serta paru-paru yang memungkinkan toksin-toksin dibersihkan olehdarah. Ternyata sujud dapat mengurangi tekanan darahtinggi dan menambah elastisitas tulang. Pada saat sujud,semua otak akan berkontraksi, bukan saja otot menjadibesar dan kuat, tapi urat-urat darah sebagai pembuluhnadi (arteria), pembuluh darah balik (venae), serta urat-urat getah bening akan terpijat atau terurut. Sehinggaperedaran darah dan lympa akan lancar. Disamping itumembantu kelancaran kerja jantung dan menghindarkanpengerutan dinding-dinding pembuluh darah (arterio-scelerosis). Gerakan sujud juga dapat mengahasilkanenergi panas yang dibutuhkan oleh proses pencernaanmakanan oleh tubuh. Satu hal lagi, bahwa adalahmerupakan esensi dari ibadah shalat.
Posisi 6:
Duduk diantara dua sujud (tasyahudAwwal/Duduk iftirasy) Sikap ini dapat membantu meng-hilangkan efek racun pada hati dan merangsang gerakanparistaltik usus besar, serta akan membantu prosespencernaan dengan mendesak turun isi perut.
Posisi 7:
Sujud ke dua setelah duduk IftirasyPengulangan sujud yang lama dalam beberapa detidapat membersihkan sistem pernafasan, peredaran darahdan saraf, juga penyebaran oksigen ke seluruh tubuhakan lebih lancar dan menciptakan keseimbangan sistemsaraf simpatik dan para simpatik.

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Sherena Ft Nadie liked this
Achmad Rasyidi liked this
harzam liked this
Achmad Rasyidi liked this
Camlekum Onta liked this
fahmi888 liked this
Nurdin Dhin-dhin liked this
Ana Udah Laku liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->