Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sejarah Mouse

Sejarah Mouse

Ratings: (0)|Views: 1,626|Likes:
Published by yusrijal

More info:

Published by: yusrijal on Dec 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

11/30/2012

pdf

text

original

 
Monday, December 21, 2009
di6:21 PM. Monday, December 21, 2009Label:Teknologi Mouse, atau yang dalam bahasa Indonesianya disebut tetikus, sering kita gunakan sehari-hari. Ternyata, banyak perkembangan mouse dari awal mulanya dibuat hingga mousecanggih yang sangat populer saat ini.Mouse pertama ditemukan oleh Douglas Engelbart dari Stanford Research Institute padatahun 1963.Mouse adalah satu dari beberapa alat penunjuk (pointing device) yangdikembangkan untuk oN Line System (NLS) milik Engelbard. Selain mouse, yang padamulanya disebut “bug”, juga dikembangkan beberapa alat pendeteksi gerakan tubuh yanglain, misalnya alat yang diletakkan di kepala untuk mendeteksi gerakan dagu. Karenakenyamanan dan kepraktisannya, mouse-lah yang dipilih. Mouse pertama berukuran besar, dan menggunakan dua buah roda yang saling tegak lurus untuk mendeteksigerakan ke sumbu X dan sumbu Y. Engelbart kemudian mematenkannya pada 17 November 1970, dengan nama Penunjuk posisi X-Y untuk sistem tampilan grafis (X-YPosition Indicator For A Display System). Pada waktu itu, sebetulnya Engelbart bermaksud pengguna memakai mouse dengan satu tangan secara terus-menerus,sementara tangan lainnya mengoperasikan alat seperti keyboard dengan lima tombol.
MOUSE BOLA
Perkembangan selanjutnya dilakukan oleh Bill English di Xerox PARC pada awal tahun1970. Ia menggunakan bola yang dapat berputar kesegala arah, kemudian putaran bolatersebut dideteksi oleh roda-roda sensor didalam mouse tersebut. Pengembangan tipe inikemudian melahirkan mouse tipe Trackball, yaitu jenis mouse terbalik dimana penggunamenggerakkan bola dengan jari, yang populer antara tahun 1980 sampai 1990. XeroxPARC juga mempopulerkan penggunaan keyboard QWERTY dengan dua tangan danmenggunakan mouse pada saat dibutuhkan saja.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->