Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
49Activity
×
P. 1
manajemen-produksi

manajemen-produksi

Ratings: (0)|Views: 15,483|Likes:
Published by Agung_Wahyudi_4792
manajemen produksi
manajemen produksi

More info:

Published by: Agung_Wahyudi_4792 on Dec 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

09/17/2013

pdf

text

original

 
MANAJEMEN PRODUKSI
1
PENDAHULUANA. TUJUAN
1. Memberikan pengenalan dan wawasan tentang sistem produksi danmanajemen produksi serta ukuran kinerjanya.2. Memberikan pengetahuan tentang keputusan yang perlu dilakukan didalam manajemen produksi serta ruang lingkupnya.3. Memberikan pengetahuan tentang kaitan antara strategi bisnis / korporasidengan strategi operasi
B. PENGANTAR
Didalam suatu unit usaha dikenal adanya berbagai macam fungsi yang salingberkaitan antara yang satu dengan lainnya, diantaranya terdapat tiga fungsipokok yang selalu dijumpai yaitu :1. Pemasaran (marketing) yang merupakan ujung tombak dari unit usaha,sebab bagian ini langsung berkaitan dengan konsumen.Keterkaitan ini dimulai dari identifikasi kebutuhan konsumen (jenis dan jumlahnya) maupun pelayanan dan pengantaran produk ketangan konsumen.2. Keuangan (finance) yang bertanggung jawab atas perolehan dana gunapembiayaan aktivitas unit usaha serta pengelolaan dana secara ekonomissehingga kelangsungan dan perkembangan unit usaha dapat dipertahankan.3. Produksi (operasi) yang merupakan penghasil dari produk atau jasa yangakan dipasarkan kepada konsumen. Mata kuliah ini mencoba membahas
 
tentang manajemen produksi. Pada sesi pembuka ini akan dibahas tentangpengertian sistem produksi, karakteristiknya begitu juga tentang manajemenproduksi dan pengukuran kinerja. Selain itu akan dibahas pula tentang ruanglingkup keputusan yang perlu diambil serta strategi operasi yang merupakanpenjabaran dari strategi bisnis / korporasi.
I. SISTEM PRODUKSI
Pada masa lalu pengertian produksi hanya dikaitkan dengan unit usahafabrikasi yaitu yang menghasilkan barang barang nyata seperti mobil,perabot, semen dsb, namun pengertian produksi pada saat ini menjadisemakin meluas. Produksi sering diartikan sebagai aktivitas yang ditujukanuntuk meningkatkan nilai masukan (input) menjadi keluaran (output). Dengandemikian maka kegiatan usaha jasa seperti dijumpai pada perusahaanangkutan, asuransi, bank, pos, telekomunikasi, dsb menjalankan jugakegiatan produksi. Secara skematis sistem produksi dapat digambarkan sbb:
Gambar 1.: Skema Sistem Produksi
Ada sekurang – kurangnya 4 perbedaan pokok antara usaha jasa dan usahapabrikasi, yaitu :
 
a. Dalam unit usaha pabrikasi keluarannya merupakan barang real sehinggaproduktovitasnya akan lebih mudah diukur bila dibandingkan dengan unitusaha jasa yang keluarannya berupa pelayananb. Kualitas produk yang dihasilkan dari usaha pabrikasi lebih mudahditentukan standarnyac. Kontak langsung dengan konsumen tidak selalu terjadi pada usahapabrikasi sedangkan pada usaha jasa kontak langsung dengankonsumen merupakan suatu yang tidak dapat dielakkand. Tidak akan dijumpai adanya persediaan akhir di dalam usaha jasa sedangdalam usaha pabrikasi adanya persediaan sesuatu yang sulit dihindarkan.Secara garis besar transformasi produksi dapat diklasifikasikan :
o
Transformasi pabrikasi yaitu suatu transformasi yang bersifatdiskrit dan menghasilkan produk nyata. Suatu transformasidikatakan bersifat diskrit bila antara suatu operasi dan operasiyang lain dapat dibedakandengan jelas seperti dijumpai padapabrik mobil, misalnya.
o
Transformasi proses yaitu suatu transformasi yang bersifatcontinue dimana diantara operasi yang satu dengan operasiyang lain kurang dapat dibedakan secara nyata, seperti dijumpaipada pabrik pupuk dan semen, misalnya.
o
Transformasi jasa yaitu suatu transformasi yang tidakmengubah secara fisik masukan menjadi keluaran; dalam hal ini

Activity (49)

You've already reviewed this. Edit your review.
Noor Syarief liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
Wawan Ridwan liked this
Putry NieBerbeda liked this
Sri Putri Ayu liked this
Crisanta Sinaga liked this
Nadya Rishelin liked this
Bernard Wijaya liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->