Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
44Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KARBOHIDRAT_Musrin

KARBOHIDRAT_Musrin

Ratings: (0)|Views: 2,410 |Likes:
Published by musrinsalila
Bahan Ajar BIOKIMIA.
Bahan Ajar BIOKIMIA.

More info:

Published by: musrinsalila on Dec 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

 
BAB IIKARBOHIDRAT
2.1
 
PENDAHULUAN
 2.1.1
Deskripsi Singkat 
Bab ini akan menjelaskan tentang pengertian kabohidrat danperanannya bagi kehidupan manusia, struktur, tata nama dankonfigurasi karbohidrat, penggolongan karbohidrat dan derivatnya,ikatan glikosidik, serta reaksi-reaksi khas dalam analisa karbohidrat
2.1.2 Relevansi 
Pembahasan materi dalam bab ini sangat berhubungandengan materi pada bab-bab selanjutnya. Mahasiswa akanmengetahui batasan-batasan tentang struktur, tata nama,konfigurasi dan penggolongan karbohidrat. Pemahaman tentangbagaimana ikatan glikosidik terbentuk oleh dua monosakarida, sertasenyawa-senyawa yang terbentuk sebagai derivat karbohidrat dananalisisnya serta keterkaitannya dengan bidang lain seperti kimiaorganik, kimia analitik dan senyawa biomolekul lainnya.
2.1.3 Tujuan
Setelah mempelajari bab ini mahasiswa diharapkan dapat :1.Memahami pengertian tentang karbohidrat dan kaitannyadengan kehidupan manusia.2.Menganalisa struktur dan konfigurasi molekul karbohidrat.3.Menjelaskan penggolongan karbohidrat berdasarkan strukturdan sifatnya4.Menerangkan beberapa sifat kimia karbohidrat (ikatanglikosidik.)5.Menjelaskan struktur dan sifat penting beberapa senyawaderivat karbohidrat6.Menjelaskan reaksi-reaksi penting pada analisa karbohidrat.
 Bahan Ajar Biokimia Karbohidrat 
18
 
2.2PENYAJIAN2.2.1
Uraian dan Contoh
Karbohidrat adalah senyawa-senyawa aldehida atau ketondengan mempunyai gugus hidroksil. Senyawa-senyawa inimenyusun sebagian besar bahan organik didunia karena peranmultipelnya pada semua bentuk kehidupan. P
ertama,
karbohidratbertindak sebagai sumber energi, bahan bakar, dan zat antarametabolisme. Contohnya pati pada tumbuh-tumbuhan dan glikogenpada hewan adalah polisakarida yang dapat dimobilisasi untukmenghasilkan glukosa, bahan bakar utama untuk pembentukanenergi. ATP, sebagai alat tukar energi bebas yang universal adalahmerupakan derivat gula terfosforilasi.
Kedua
gula ribosa dandeoksiribosa pembentuk sebagian kerangka struktur RNA dan DNA.Fleksibilitas cincin kedua gula ini penting pada penyimpanan danekspresi informasi genetik.
Ketiga
, polisakarida adalah elemenstruktur dinding sel bakteri dan tumbuh-tumbuhan. Contohnyaadalah selulosa suatu komponen utama dinding sel tumbuh-tumbuhan yang merupakan satu senyawa organik yang melimpahruah pada biosfer.
Keempat,
karbohidrat berikatan dengan banyaksenyawa protein dan lipida. Misalnya, unit-unit gula glikofirin, suatuprotein tunggal integral membran, memberi sel-sel darah merahsatu lapisan anion yang sangat polar. Beberapa penelitianmengungkapkan bahwa unit-unit karbohidrat pada permukaan selmemainkan peranan kunci pada proses pengenalan antarsel.
 
Karbohidrat yang berasal dari makanan, dalam tubuhmengalami perubahan atau metabolisme. Hasil metabolismekarbohidrat antara lain adalah glukosa yang terdapat dalam darah,sedangkan glikogen adalah karbohidrat yang disintesis dalam hatidan digunakan oleh sel-sel pada jaringan otot sebagai sumberenergi. Contoh karbohidrat yang terdapat pada bahan makananadalah amilum atau pati dan sukrosa (gula tebu).
 Bahan Ajar Biokimia Karbohidrat 
19
 
Energi yang terkandung dalam karbohidrat pada dasarnyaberasal dari energi matahari. Karbohidrat dalam hal ini glukosadibentuk dari karbon dioksida dan air dengan bantuan cahayamatahari dan klorofil dalam daun. Selanjutnya glukosa yang terjadidiubah menjadi amilum dan disimpan pada bagian lain seperti padabuah atau umbi. Proses pembentukan glukosa dari karbon dioksidadan air disebut reaksi atau proses fotosintesis:
Cahaya matahari/klorofil
6CO
2 
+ 6 H
2
OC
6
H
12
O
6
+ 6O
2
glukosaKarbohidrat atau sakarida terdapat gugus hidroksil (-OH),gugus aldehida atau gugus keton. Berdasarkan gugus-gugus fungsiyang ada tersebut maka karbohidrat dapat didefinisikan sebagaisenyawa
 polihidroksialdehida atau polihidroksiketon,
atau senyawayang dihidrolisis dari keduanya.Sir Walter Norman Haworth (1883-1950), seorang ahli kimiaberkebangsaan Inggris pada tahun 1937 memperoleh hadiah Nobelberpendapat bahwa pada molekul glukosa kelima atom karbon yangpertama dengan atom oksigen dapat membentuk cincin segi enam.Oleh karena itu diusulkan penulisan rumus struktur karbohidratsebagai bentuk cincin furan atau piran.Berdasarkan hal tersebut maka struktur dan konfigurasikarbohidrat dapat dituliskan berdasarkan bentuk cincin sikliknya,yaitu golongan furanosa bila karbohidrat tersebut mempunyai cincinberanggota 5, dan golongan piranosa, bila karbohidrat mempunyaicincin beranggota 6. Bentuk cincin puranosa dan piranosa dapatdilihat pada gambar berikut:
 Bahan Ajar Biokimia Karbohidrat 
20
 
2.2.1.1 Struktur dan Konfigurasi Karbohidrat

Activity (44)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dian Fatma liked this
Dian Fatma liked this
Medhi Arhiansyah liked this
Sutrimo Trimo liked this
Nuri Augustini liked this
Lila Dalila liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->