Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
7Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
si digital - 27122009-ok

si digital - 27122009-ok

Ratings: (0)|Views: 1,770 |Likes:
Published by sheva_jsc3219

More info:

Published by: sheva_jsc3219 on Dec 27, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/01/2013

pdf

text

original

BEIJING(SI) \u2013 Jalur rel kereta api

tercepat China yang melayani rute Wuhan\u2013Guangzhou, kemarin, resmi dioperasikan. Kereta api yang me- layani rute tersebut memiliki kece- patan maksimum 394,2km/jam dan memiliki waktu tempuh hanya tiga jam saja.Sebelumnya,Kota Wuhan\u2013 Guangzhou yang berjarak 1.068 km ditempuh dalam waktu 10,5 jam.

\u201cKami telah lama menantikan penyelesaian sekaligus pengope- rasian awal kereta ini,\u201dungkap Ma- najer Hotel Yaochi di Xianning, Zheng Zengjin.

Zengjin adalah salah satu dari 600 delegasi Kota Xianning yang menjadi penumpang pertama ke- reta Wuhan\u2013Guangzhou.Mereka be- rangkat dari Stasiun Xianning Utara pukul 10 pagi waktu setempat. Dua jam kemudian, mereka akhirnya tiba di Kota Guangzhou yang saat itu bersuhu 20 derajat Celsius.

Dia mengaku lega karena akhirnya China mampu menyele- saikan proyek kereta api tercepat ini. \u201dSaya tidak akan kelelahan se-

perti dulu lagi ketika harus duduk di dalam kereta api selama 10 jam,\u201d imbuhnya.

Jalur kereta api Wuhan\u2013 Guangzhou dikerjakan selama em- pat tahun membentang ribuan ki-

lometer dengan 9 stasiun perhenti- an kereta. Para pelaku bisnis tentu sangat antusias lewat hadirnya ke- reta api terbaru China ini. Harga tiket yang tergolong murah (hanya 260 yuan atau sekitar USD38) dan

waktu tempuh yang cepat, tentu, akan sedikit melegakan para pe- numpang kereta yang diburu oleh berbagai urusan penting.

Guangzhou yang terletak di
Provinsi Guangdong merupakan

salah satu kawasan bisnis yang ra- mai. Letaknya yang berdekatan dengan Hong Kong turut me- nguatkan nadi perdagangan di Guangzhou.

Institusi politik tersebut tidak mau repot mempersiapkan kader mau- pun infrastruktur politik untuk memenangi persaingan politik, mereka hanya mau memanfaatkan popularitas sang artis.

\u201cSaat itu, banyak parpol yang menggandeng artis agar meraup suara yang maksimal. Namun fak- tanya,mereka (artis yang masuk ke DPR) juga nggak bisa apa-apa,\u201d ujar guru besar ilmu politik Uni- versitas Indonesia Maswadi Rauf saat dihubungi harianSe putar In-

donesia(SI) tadi malam.

Pendapat ini ia sampaikan ter- kait majunya Ayu Azhari dalam Pil- kada Kabupaten Sukabumi seba- gai calon wakil bupati serta marak- nya fenomena artis terjun dalam politik seperti pada Pemilu 2009. Selain Ayu, pilkada yang akan ba- nyak digelar pada 2010 nanti juga akan diwarnai tampilnya artis se- perti Helmy Yahya yang dika- barkan akan maju dalam Pilkada Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, pada Juni 2010.

Sebelumnya, sejumlah artis berhasil tampil sebagai kepala daerah seperti Rano Karno yang menjadi Wakil Bupati Tangerang, aktor laga Dede Yusuf yang menja- di Wakil Gubernur Jawa Barat, dan bintang sinetron Dicky Chandra yang menjadi Wakil Bupati Garut. Namun,selain yang sukses,banyak juga artis yang kandas, di antara- nya Primus Yustisio yang gagal da- lam Pilkada Subang dan Marissa Haque yang tidak berhasil meme- nangi Pilkada Provinsi Banten.

Menurut Maswadi, ketimbang

mengambil artis yang masih buta dengan dunia politik, parpol seha- rusnya lebih mengedepankan ka- dernya. Dengan menunjuk kader yang sudah dididik dan dilatih, ka- der tersebut dapat maksimal me- mainkan perannya ketika terpilih menjadi kepala daerah atau peran politik lain.

Sebaliknya, jika parpol me- maksakan artis,dikhawatirkan jus- tru akan menimbulkan kerugian bagi bangsa.Apalagi jika artis yang diambil adalah mereka yang tidak pernah mengalami pembelajaran di parpol.\u201cJika artis tersebut nanti terpilih, hal itu akan menyulitkan bagi daerahnya karena mereka ti- dak mengerti persoalan,\u201d jelasnya.

Maswadi mengakui tidak ada larangan artis mencalonkan diri menjadi kepala daerah. Namun pencalonan harus melalui proses kaderisasi yang matang. Dia men- contohkan Nurul Arifin adalah salah satu artis yang memang di- didik di Golkar sebelum menjadi anggota DPR. \u201dHanya sajakanti- dak semua artis seperti dia (Nurul Arifin). Lebih banyak yang nggak bisa apa-apa,\u201d jelasnya.

Senada dengan Maswadi, ana- lis politik Lembaga Survey Indone- sia (LSI) Burhanudin Muhtadi me- nilai keputusan parpol merekrut artis dalam pemilihan legislatif hingga pilkada menunjukkan cara berpikir yang instan untuk meraih suara, selain juga menunjukkan kegagalan parpol melakukan ka- derisasi dari bawah.

Diakuinya, popularitas artis
kerap menutupi aspek kualitas

yang seharusnya menjadi pertim- bangan utama dalam memilih. Pa- da masyarakat dengan taraf pendi- dikan tergolong rendah, ada ke- cenderungan akan memilih orang berdasarkan popularitas, bukan kualitas.Namun, jika perilaku ini dibiarkan, masa depan parpol se- cara perlahan akan hancur dan ti- dak dipercaya pemilihnya lagi.

\u201cSudah seharusnya parpol tidak memakai cara-cara potong kompas. Jangan juga mengorbankan jen- jang kaderisasi parpol hanya untuk menang di pilkada. Kalau cara se- perti itu yang dipakai,parpol berpo- tensi besar retak dan pecah,\u201d kata Burhan saat dihubungi SI kemarin.

Burhanudin menilai, umum- nya artis yang maju pilkada dila- tarbelakangi dua hal, yaitu karena memang artis itu sendiri tahu diri akan kualitas yang dimilikinya atau sekadar mengandalkan popu- laritas dan menjual tubuhnya.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens mem- beri penilaian lebih keras.Menurut- nya,parpol yang menggandeng artis dalam pilkada menunjukkan bah- wa paprol tersebut sedang kebi- ngungan mencari kader yang layak. Karena itu kemudian parpol meng- ambil jalan pintas dengan merekrut artis untuk meraih suara rakyat.

\u201dHarus diakui saat ini tingkat kepercayaan masyarakat terhadap parpol memang sangat rendah.Wa- jar saja jika parpol ramai-ramai merekrut artis. Namun, harus di- ingat,kalau parpol salah pilih artis, itu sama saja dengan menggali ku- buran sendiri,\u201d katanya.

Direktur Indobarometer M Qo- dari menilai banyaknya artis yang ikut pilkada merupakan konseku- ensi logis dari pilkada yang diada- kan secara langsung.

JAKARTA(SI) - Tampilnya artis dalam politik seperti

pada pemilihan kepala daerah (pilkada) maupun
pemilihan anggota legislatif dinilai sebagai bentuk
pragmatisme partai politik (parpol).

DETROIT(SI) \u2013Teror kembali meng-

hantui penerbangan Amerika Seri- kat (AS). Jumat (25/12/2009), se- orang penumpang Northwest Airl- ines (NWA) yang mendarat di De- troit, AS, berusaha meledakkan pesawat itu. Untung saja, rencana peledakan itu digagalkan penum- pang dan kru pesawat.

Upaya peledakanterjadi20me- nit sebelum pesawat NWA dengan nomor penerbangan 253 mendarat di Detroit.PesawatAirbus 330 yang membawa 278 penumpang itu tiba di Detroit dari Amsterdam.

Pelaku teror diidentifikasi se- orang warga negara Nigeria dan terbang dari Schiphol Airport Amsterdam. Pria yang diduga ber- nama Umar Farouk Abdul Mutal- lab itu dicurigai memiliki hubung- an dengan Al-Qaeda.

Menurut keterangan beberapa media Inggris, pria berusia 23 ta- hun itu pernah mengenyam pen- didikan ilmu teknik di University College London.

Mutallab yang menderita luka bakar saat ini sudah ditahan dan dirawat di sebuah rumah sakit di Ann Arbor, Michigan. Walaupun insiden ini tidak sampai memakan korban jiwa, dua penumpang dila- porkan harus dilarikan ke rumah sakit karena menderita cedera.

Tim penyelidik belum mengeta- hui pasti apa motifdibalikupayape- ledakan di tengah perayaan Natal tersebut serta sejauhmanakerusak- an yang ditimbulkan oleh pelaku?

SUMBER REFERENSI TERPERCAYA
21

\u201cMemori masa kecil saya yang paling mengesankan
adalah mendapatkan kebebasan memutuskan untuk
memilih menjadi apa dalam hidup dan mendapatkan
dukungan sepenuhnya dari orang tua.\u201d

Michael Schumacher, juara F1 tujuh kali asal Jerman
NO. 1628/TAHUN KE 5
QUOTE OF THE DAY
Aturan Online Trading
Harus Jelashal. 2

PENERAPANonline trading
yang semakin marak
dilakukan oleh sekuritas
harus memiliki aturan
yang jelas untuk
melindungi investor.

Wisman dari
China-Australia
Meningkathal. 4

PERTUMBUHAN positif
kunjungan wisatawan
mancanegara (wisman)
dari China dan Australia
menempati posisi pertama
dan kedua pada
Januari\u2013Oktober 2009.

Pertumbuhan Sektor
Pariwisata Makin
Kinclonghal. 3

PERTUMBUHAN sektor pari-
wisata Indonesia terus me-
ningkat. Tahun ini saja di-
perkirakan kunjungan
wisatawan asing/mancane-
gara (wisman) mencapai 6,4
juta dengan devisa sebesar
USD7,3 miliar, sedangkan
wisatawan domestik
mencapai 211 juta dengan
devisa sebesar Rp120 triliun.

Koalisi Diminta Jaga
Etika Politikhal. 5

PRESIDEN Susilo Bambang
Yudhoyono (SBY)
meminta partai mitra
koalisi yang duduk
dalam panitia khusus
angket Century untuk
memperhatikan etika
politik dalam menyikapi
kasus Bank Century.

Indonesia Masuk
Wilayahnya?hal. 6

KEBERADAAN Kota Atlantis
yang diperkirakan tenggelam
11.600 tahun lalu masih
menjadi misteri. Namun,
ada satu dokumen yang
menyebut Indonesia
merupakan wilayah Atlantis
yang sebenarnya. Benarkah?

Sistem Keamanan
Vatikan Lemahhal. 7

MENJELANG memasuki pergantian tahun,
tren model rambut
yang akan diusung
adalahsimple

beautiful. Model

rambut ini
hadir dengan
potongan
yang mudah
dan ringan.

MINGGU 27 DESEMBER 2009
Simple Beautiful
Siaga Penuh

ARSENAL menyambut Aston Villa
di Emirates dengan siaga penuh.
Bukan karena banyaknya bintang

The Gunnersyang absen, melainkan
karena performaon fire The Villans
pada paruh pertama musim ini.
Hal. 13
Pesawat AS
Nyaris
Diledakkan
BIRMINGHAM(SI) \u2013 Penguasa

takhta sementara Liga Primer Chel- sea gagal mencetak gol untuk kali pertama dalam 34 pertandingan saat tandang ke St Andrew\u2019s Stadi- um, markas Birmingham City, pada

Boxing Daytadi malam.Tampil de-
ngan performa mengecewakan,
Chelsea harus frustrasi ditahan 0-0.

Hasil imbang ini memang tak melengserkanThe Bluesdari sing- gasana sementaradenganraihan42 poin, unggul lima angka dari Man- chester United (MU) yang mengun- tit di posisi kedua. Namun, dengan kehilangan dua nilai, klub London Barat itu terancam terkejar MU menjadi hanya berselisih dua poin jika timSetan Merahitu bisa meli- bas tuan rumahHullCitymalamini.

Absennya Nicolas Anelka yang mengalami cederahamstringsela- ma tiga pekan sangat terasa buat Chelsea.Ini membuatDidierDrogba bak kehilangan tandem sejatinya. Kehadiran Malouda dan Salomon Kalou di sayap pun gagal memecah kebuntuan pasukanCarloAncelotti.

Kedisiplinan anak-anak Bir- mingham plus aksi penyelamatan gemilang kiper Joe Hart menjadi kunci sukses tuan rumah memben- dung gempuran JohnTerry dkk.

Tertahan,
Takhta
The Blues
Terancam

SEJUMLAH media massa
menilai bahwa serangan
terhadap Paus Benediktus
XVI pada perayaan Misa
Natal di Basilika St Petrus
menunjukkan lemahnya
sistem keamanan kepausan.

Formosa Tersandung
One Chinahal. 8

TAIWAN ingin berbenah
setelah hampir delapan tahun
lebih memilih mengurung
diri dari dunia internasional.
Setelah membidik China,
kini negara-negara ASEAN
coba dirangkulnya.

Menag Dukung
Seruan NUhal. 12

MENTERI Agama (Menag)
Suryadharma Ali mendukung
seruan Pengurus Besar
Nahdlatul Ulama (PBNU)
yang meminta agar
tayangan infotainment
ghibah atau mengobral
gosip segera dihentikan.

China
Luncurkan
KA Tercepat
di Dunia

Penumpang menaiki kereta api tercepat dunia di stasiun Wuhan di Provinsi Hubei untuk menuju Guangzhou, kemarin.
Kereta api menempuh kedua kota tersebut dengan kecepatan 350 km/jam.
bersambung ke hal 11
bersambung ke hal 11
TERCEPAT
DI DUNIA
REUTERS/STR
INGER
Gandeng Artis,Parpol Pragmatis
bersambung ke hal 11
bersambung ke hal 11
SI/WISHNUAN
GGORO
Hal01-11-27-Desember 12/27/09 12:32 AM Page 1
APAKAH anda pernah ditawari

sesuatu produk oleh seseorang na- mun anda kecewa dengan cara penjualnya, kemudian anda tidak jadi membeli produk tersebut?

Banyak terjadi suatu produk atau jasa yang sebenarnya me- miliki kualitas yang bagus atau bahkan sangat bagus, namun ka- rena si penjual tidak mampu men- jual dengan baik akhirnya calon pembeli tidak mau membeli apa yang ia tawarkan.

Demikian juga jika si penjual
tidak mampu untuk
menjual dengan
sepenuh hati,
bisa jadi calon
konsumen yang

sebenarnya poten- sial akhirnya me- mutuskan untuk tidak melaku-

kan pembelian
dan
memilih
membeli di tem-
pat/penjual yang
lain.
Dan sering pula ter-
jadi, meski produknya terlihat

biasa saja, namun karena cara menjualnya yang dahsyat maka seseorang bisa tertarik dan me- lakukan pembelian. Apalagi jika produk dan jasa yang ditawarkan

memiliki kualitas yang dahsyat ditambah dengan cara penjualan yang dahsyat, tentu saja akan menghasilkan angka penjualan yang luar biasa.

Untuk meningkatkan penjual- an, sangat perlu kita melatih para tenaga penjual kita untuk bisa menjual dengan sepenuh hati, dan prudent. Maksudnya, seorang te- naga penjual juga harus me- ngetahui karakter seorang calon konsumen, dan bagaimana me- mahami suatu bentuk level per-

caya. Setidaknya ada 3 level Percaya dalam penjualan :

Level pertama adalah percaya 100 % mutlak, hal ini bisa

berdampak seseorang
menjadi na\u00eff, hingga

tidak jarang terjadi masalah yang tidak diinginkan.

Level ke dua ada-
lah Tidak Percaya
sama sekali : jika ini

yang terjadi, maka sulit bagi seseorang penjual untuk me- lakukan penjualan, ia hanya selalu penuh kecurigaan kepada se- seorang

Level ke tiga adalahP r u d e n t:
maksudnya adalah bijaksana,

kehati-hatian. Kita tetap memberi- kan kepercayaan kepada sese- orang, namun juga disertai prinsip kehati-hatian.

Ada cerita nyata yang menarik berkaitan dengan hal tersebut. Pada suatu hari ada seorang wira- niaga yang menjual rumah mewah di Dallas, kemudian datang se- pasang suami istri yang sudah ber- usia lanjut, dengan menggunakan sebuah mobil tua, dan penampilan yang tidak rapi, lalu mereka masuk ke ruang pameran rumah tersebut. Jika melihat secara keseluruhan mungkin banyak orang akan tidak percaya dengan pasangan usia lanjut itu, bahkan mungkin tidak percaya sama sekali kepada me- reka. Dan ternyata memang ada seseorang yang memberikan isya- rat supaya wiraniaga tersebut tidak usah melayani pasangan tua itu,

karena dianggap hanya mem-
buang waktu saja.

Namun begitu, wiraniaga ter- sebut tetap berlaku sopan,prudent, dengan etikat baik melayani de- ngan sepenuh hati pasangan usia lanjut itu, dan mengajak mereka untuk melihat-lihat rumah yang dipamerkan. Setelah melihat-lihat rumah, pasangan tersebut nampak terkagum-kagum melihat keindah- an rumah terebut. Dan wiraniaga tersebut tetap memberikan ke- ramahan, pelayanan serta ber- bagai informasi dengan baik. Selanjutnya pria usia lanjut itu menghampiri wiraniaga tersebut dan menanyakan berapa harga rumah mewah tersebut.\u201dHarganya USD100.000\u201d. Kejadian tersebut berlangsung di tahun 1950-an, tentunya jumlah uang yang sangat besar di saat itu. Pastilah hanya

orang-orang kaya yang sanggup
membelinya.

Kemudian tampak pria tua tersebut mulai mengambil sebuah amplop, dan mulai menghitung jumlah uang yang ada di dalamnya. Ternyata jumlahnya USD100.000, uang tunai yang tertumpuk rapi ! Pasangan tua tersebut ternyata telah bertahun-tahun lamanya hi- dup berhemat danselalumenabung meskipun dulunya hanya sebagai pelayan salah satu restoran hotel di Dallas. Maka, saat itu yang dimana menurut orang lain tidak akan terjadi penjualan, namun akhirnya terjadi suatu penjualan, karena wiraniaga tersebut tetapprudent dan menjual dengan sepenuh hati. Dan wiraniaga itu adalah Ebby H, yang sekarang memiliki perusaha- an real estate salah satu terbesar di Amerika. Dahsyat!.... (*)

JAKARTA (SI) \u2013 Industri mebel diprediksikan akan tumbuh sebesar
10% tahun depan. Untuk mencapai pertumbuhan tersebut, banyak
hambatan yang harus dihadapi. Sehingga peran pemerintah dan
pengusaha sangat penting dalam menggenjot pertumbuhan
industri mebel. Ketua Asosiasi Pengusaha Mebel Indonesia (Asmin-
do) Ambar Tjahyono mengatakan, pihaknya tetap optimis walaupun
harus bekerja lebih keras. \u201dAsmindo terus berjuang dan optimistis.
Potensi pertumbuhan bisa mencapai 10% pada tahun depan. Saya
belajar banyak dari Vietnam, mereka bisa naik 30% hingga 40%.
Asmindo harus bekerja keras,\u201d kata Ambar di Jakarta, kemarin.

Selain China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA) yang akan
diimplementasikan pada awal tahun depan, kata Ambar, masih
ada beberapa masalah yang akan menghambat.

\u201dDaya beli dari seluruh dunia mengalami penurunan. Indonesia
juga lamban dalam mengatasi dampak krisis global. Kita terlalu
banyak diskusi atau seminar yangaction plan-nya tidak ada. Yang
dibilang pasar baru Afrika, pasar baru Timur Tengah hanyangomong
saja,action plan-nya tidak terjadi,\u201d ujar dia. (sandra karina)

Industri Mebel Diprediksi
Tumbuh 10%Tahun Depan
JAKARTA (SI)-PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) meraih
Best Sustainability Reporting Awarduntuk kategori Jasa
Keuangan, Infrastruktur dan transportasi, perdagangan, jasa dan
investasi dari National Center for Sustainability Reporting (NCSR).

Vice President Public and Marketing Communication Telkom,
Eddy Kurnia mengatakan, Telkom telah memasuki tahun ketiga
penerbitan laporan keberlanjutan (Sustainability Reporting).
\u201dLaporan ini merupakan laporan pertanggungjawaban
manajemen terhadap kinerja keberlanjutan (sustainability) Telkom,
yang tercermin dari pelaksanaan program Corporate Social
Responsibility sepanjang tahun 2008,\u201d ujar Eddy dalam siaran
persnya, kemarin.

Menurut Eddy, Telkom telah tiga kali meraih penghargaan
Sustainability Reporting Award(ISRA). Pada 2007 Telkom keluar

sebagaiThe Best CSR Reporting in Annual Reportdan pada 2008
meraihBest CSR Awad in Annual Report danCSR Award.(rakhmat
baihaqi)

Telkom Raih Penghargaan
Sustainability Reporting Award
MARKETING REVOLUTION
Dear Pak Safir

Saya ingin menanyakan tentang masalah keuangan saya. Saat ini saya sedang ada utang dua kartu kredi sekitar Rp32 juta. Tiap bulan minimum yang harus dibayar yaitu Rp4,5 juta. Penghasilan per bulan dengan suami yaitu sekitar Rp8,5 juta. Saya ingin menyelesaikan utang kartu kredit ini,apakah saya juga masih boleh untuk mengajukan kredit KPR rumah dengan uang muka Rp40 juta dan angsuran Rp2,9 juta per bulan selama 8 tahun.Oh iya saat ini saya sedang hamil 7 bulan, apakah baik langkah yang saya lakukan. Mohon sarannya.

Terima kasih
Dwi
Jawab:

Pada dasarnya,utang adalah suatu kewajiban yang sifatnya bisa mengurangi harta dan investasi Anda. Apalagi kalau hutang tersebut dalam bentuk barang konsumtif. Lalu memakai kartu Kredit yang jelas bunganya paling besar diantara semua jenis hutang yang dimiliki oleh Bank.

Oke, coba kita lihat: Dengan utang pokok Rp32 juta, Anda ternyata perlu membayar minimumpaymentRp4,5 juta atau total tagihan Rp45 juta. Artinya utang Rp32 juta Anda sekarang sudah membengkak dengan tambahan bunga sebesar Rp13 juta atau hampir 30% dari utang pokok. Kaget? Jangan ya. Anda cukup beruntung karena Anda tahu hari ini juga sehingga - harapannya sih- Anda masih sempat untuk berubah.

Oke lah, sekarang nasi sudah jadi bubur. Terus apa yang bisa Anda lakukan? Pertama, lunasi segera utang kartu kredit Anda. Kalau memang Anda mampu membayar lebih dari 4,5 juta (tanpa berutang lagi), maka bayarlah lebih banyak. Syukur-syukur kalau Anda bisa bayar lunas. Ingat, jangan pernah bayar hanya minimum payment tagihan Anda. Dan utamakan untuk menutup utang yang memiliki bunga paling tinggi. Kalau yang satu sudah selesai, alokasikan kemampuan pembayaran Anda seluruhnya untuk menutup utang yang tersisa.

Perlu diingat juga, selama proses pembayaran ini Anda TIDAK BOLEH menambah utang kartu kredit lagi, apapun alasannya. Bahkan utang biasa pun tidak boleh. Kalau terdesak, silakan Anda gunakan dana cadangan terlebih dulu,atau menjual aset-aset Anda yang ada di rumah. Nah, kalau proses pembayaran ini berjalan lancar, dan Anda terus membayar minimal 4,5 juta perbulan maka utang Anda bisa selesai dalam kurun waktu kurang dari 10 bulan.

Setelahnya, ingatlah akan pengalaman ini dan kembangkan gaya hidup untuk membayar lunas setiiiiiap tagihan kartu kredit Anda. Karena kartu kredit adalah utang yang harus dibayar, dan sama sekali bukan penghasilan tambahan.

Tentang Rencana KPR, selama utang kartu kredit Anda belum lunas,saya sarankan Anda tidak mencoba KPR dulu.Kenapa? Ingat gak bahwa saya pernah bilang kalau sebaiknya batas maksimal total cicilan utang perbulannya sebaiknya tidak lebih dari 30% penghasilan bulanan. Padahal, cicilan kartu kredit Anda saat ini saja sudah lebih dari 50% penghasilan. Kondisi ini jelas nggak sehat. Jadi nggak mungkin beban keuangan Anda ditambah lagi.

Sekarang, coba lihat keuangan Anda kalau Anda ambil KPR dengan cicilan Rp2,9 juta per bulan. Dengan beban kartu kredit, artinya biaya hidup per bulan hanya 1,1 juta per bulannya. Apa itu cukup? Saya pikir kok nggak ya.Bisa-bisa nanti Anda akan terjebak dalam utang yang jauh lebih besar. Kalaupun Anda nantinya mau mengambil KPR (setelah utang kartu kredit selesai),saya sarankan cicilan perbulannya jangan lebih dari Rp2,55 juta.

Itu saja dari saya, Semoga cukup membantu.(*)
Keluar dari Jerat
Utang Kartu Kredit
2
MINGGU 27 DESEMBER 2009
SEPUTAR INDONESIA
Pengasuh
www.perencana keuangan.com
KLINIK INVESTASI
KILAS
EKONOMI & BISNIS

KLINIK INVESTASI adalah rubrik tanya jawab
seputar investasi. Redaksi menerima pertanyaan
yang berkaitan dengan dunia investasi.
Pertanyaan dialamatkan pada
redaksi Seputar Indonesia, e-mail:

redaksi@seputar-indonesia.com,
faks:(021) 392-7721.
Menjual dengan
Sepenuh Hati
SAFIR SENDUK
TUNG DESEM WARINGIN

Pelatih Sukses No 1 di Indonesia The most Powerful People and Ideas in Business 2005

Jika tidak, dikhawatirkan terjadi kejahatan yang memanfaatkan kemudahaan teknologi tersebut. \u201dOnline trading memberb a nya k kemudahan,tetapi di lain sisi tentu juga memiliki resiko.Ini yang harus mendapat perhatian dari otoritas. Sebab, perdagangan secaraonline di tahun-tahun mendatang bakal- an marak,\u201d ujar Pengamat Pasar Modal, Haryajid Ramelan, di Ja- karta, kemarin.

Menurut Haryajid, pihak oto- ritas dalam hal ini Badan Pengawas Pasar Modal-Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) harus menyiapkan aturan yang memadai. Pihak regu- lator, harus melakukan pengawas- an transaksi dengan prosesonline. Sebab, tingginya frekuensi yang terjadi dengan menggunakan sis- temonline,memiliki potensi besar dimanfaatkan pihak-pihak ter- tentu untuk mempermaikan harga saham di pasar bursa.

Selain itu kemungkinan ada- nyah a ck i n gjuga harus menjadi perhatian. Sebab, jangan sampai nantinya investor dirugikan akibat transaksi yang tidak dilakukan bersangkutan, namun mengguna- kana c c o u n tmilik investor ter-

sebut.\u201dKemungkinan-kemungkin- an itu bisa terjadi. Sehingga harus ada pengawasan yang jelas,\u201d te- rang Haryajid, yang juga ketua Asosiasi Analis Efek Indonesia itu.

Menanggapi hal itu, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Ang- gota Bursa BEI, Wan Wei Yiong mengatakan, pihaknya tengah me- nyusun aturan yang akan menjadi acuan perdaganganonline. Acuan tersebut akan diterapkan setelah Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam- LK) mengesahkan aturan per- dagangan BEI.

\u201dAcuan tersebut akan meng- atur hubungan antara anggota bursa (AB) dan nasabah. Misalnya, bagaimana cara nasabah memesan (order) saat jaringan putus,\u201d ungkapnya belum lama ini.

Acuan tersebut merupakan petunjuk pelaksanaan aturan perdagangan. Dimana itu hanya merupakan penjelasan tambahan dari aturan induk yang nantinya disahkan oleh Bapepam-LK. \u201dIni akan menjadi penjelasan tam- bahan,\u201d terangnya.

Selain itu, BEI juga memper-
ketat standar know your clients
(KYC) untuk anggota bursa yang
mengimplementasikanonline trad-
ing.Salah satu yang akan diatur kon-

trak perjanjian perusahaan efek de- ngan nasabah yang menggunakan fasilitas online trading.

\u201dDalam kontrak nasabah yang menggunakanonline tradingharus dicantumkan penyelesaian jika terjadi kesalahan penggunaan. Sehingga tidak menimbulkan kon- flik antara nasabah dengan per- usahaaan efek. Harus adadis-

claimer-nya,\u201d jelas Wei Yiong.
Sebelumnya, Bapepam-LK me-
ngatakan, tengah melakukan kaji-

an khusus untuk aturan per- dagangan secaraonline.Pengaturan tersebut akan dituangkan dalam peraturan perdagangan bursa yang saat sedang dibahas Bapepam-LK.

\u201dKita memang berencana akan mengatur soalonline trading. Na- mun kita memerlukan waktu untuk melakukan kajian terlebih dahulu dari negaralain,sepertiapa mereka mengaturnya. Apakah da- lam peraturan perdangangan atau peraturan tersendiri,\u201d ujar Kepala Biro Lembaga Transaksi Efek Bapepam-LK Nurhaida,.

(juni triyanto)
Aturan Online Trading Harus Jelas
JAKARTA(SI) \u2013
Penerapanonline trading

yang semakin marak
dilakukan oleh sekuritas
harus memiliki aturan
yang jelas untuk
melindungi investor.

2010, Pelanggan Seluler Naik 9%
JAKARTA(SI)\u2014Anggota Badan

Regulasi Telekomunikasi Indo- nesia (BRTI) Heru Sutadi mem- prediksi pertumbuhan jumlah pelanggan operator seluler pada 2010 akan meningkat variatif an- tara 8-9%. \u201dPertumbuhannya va- riatif tiap operator,\u201d kata dia kepada Seputar Indonesiabelum lama ini.

Kendati demikian, menurut Heru pertumbuhan jumlah pelang- gan masing-masing operator itu, tergantung tingkat kepercayaan pelanggan dan layanan yang di- berikan masing-masing operator kepada pengguna lama dan baru.

Heru mengatakan, potensi pasar telekomunikasi yang paling besar untuk digarap adalah kawas- an Indonesia bagian timur. Pasal- nya, selama ini, operator cen- derung fokus di kawasan Indonesia bagian barat.

Menurut dia, untuk bersaing mendapatkan pangsa pasar yang lebih luas diperlukan strategi dari operator untuk menciptakan layanan di jejaring sosial dan

layanan yang bersifat lokal. \u201dPer- saingan di 2010 masih ramai antar operator karena itu diperlukan strategi jitu untuk menjadileader,\u201d tukasnya.

Kendati demikian, kata Heru,
Telkom masih akan menjadi
leading(pemimpin) operator di

Indonesia. Sementara, posisi ke- dua dan ketiga masih diperebut- kan Indosat dan XL.

Dia juga memperkirakan, pada 2010 akan terjadi akuisisi dan mer- ger antar operator. \u201dSekarang ini mereka berkonsolidasi. Mungkin, tahun depan akan terjadi merger dan akusisi untuk menjadi pemain yang kuat karena adagap(selisih) waktu, investasi dan budaya yang kuat,\u201d tutur dia.

Pengamat telematika Onno W. Purbo menambahkan,telekomuni- kasi Indonesia masih akan tumbuh dan menjadi salah satu sektor yang mendorong pertumbuhan eko- nomi di Tanah Air pada 2010. Na- mun,ada bebarapa tantangan yang dihadapi Kementerian Komu- nikasi dan Informatika ke depan.

\u201dSalah satunya, yang paling besar adalah alokasi nomor telepon un- tuk NGN (next generation network) rakyat,\u201d tukasnya.

Menurut dia, jika pemerintah bisa mengalokasikan nomor tele- pon untuk NGN berbasis internet itu, maka sektor telekomunikasi Indonesia akan terus tumbuh. Pa- salnya, nomor telepon NGN ber- basis internet tersebut mulai di- adopsi masyarakat. Namun, jika pemerintah tidak bisa memberi- kan alokasi nomor itu, maka per- kembangan telekomunikasi akan melambat. \u201dUntuk NGN sendiri akan stagnan,\u201d imbuh dia.

Semenatara itu, Direktur Utama PT XL Axiata Tbk (XL) Has- nul Suhaimi menargetkan dapat meningkatkan jumlah pelanggan antara 3-4 juta di 2010 atau menjadi 33-34 juta pelanggan. Untuk men- capai target tersebut, kata Hasnul pihaknya telah mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/ capex) tahun depan sebesar Rp3,5-4 triliun untuk investasi di 2010.

(j erna)

JAKARTA (SI)\u2014Produsen pupuk mengajukan perpanjangan izin ekspor pupuk ke Departemen Per- dagangan (Depdag) hingga Feb- ruari 2010. Pasalnya, stok pupuk yang tersedia di dalam negeri ma- sih cukup banyak.

Direktur Utama Pupuk Sri- wijaya (Pusri) Holding Dadang Kodri mengatakan, izin ekspor pupuk yang diberikan Depdag akan berakhir pada 31 Desember 2009. Namun, hingga saat ini stok pupuk yang tersedia masih di atas 500.000 ton. \u201dKarena itu, kami me- minta perpanjangan ekspor pupuk hingga Februari 2010,\u201d kata dia di Jakarta, belum lama ini.

Menurut dia, perpanjangan izin ekspor pupuk itu tidak akan memengaruhi pemenuhan ke- butuhan pupuk bersubsidi di Tanah Air. Pasalnya, stok pupuk di lini tiga, yang dialokasikan untuk pupuk bersubsidi sudah terpenuhi.

Direktur PKT Hidayat Nyak-

man menuturkan, pihaknya sudah bisa menyelasaikan ekspor pupuk ke sejumlah negara Asia sebelum tutup tahun. Pasalnya, pengapalan pupuk terakhir akan dilakukan pada 28 Desember 2009.

Pupuk urea sebanyak 88.000 ton itu diekspor ke India, Bang- ladesh,Pakistan,VietnamdanThai- land dengan hargaUSD300perton. Jika dikalkulasi, pendapatan ekspor pupuk PKT tahap ketiga ini mencapai USD26,4 juta.

Sementara itu, pendapatan yang berhasil dikumpulkan PKT pada tender ekspor pupuk tahap pertama sebanyak 50.000 ton mencapai USD12,5 juta dengan harga pupuk per ton senilai USD250. Sedangkan, pendapatan pada tender ekspor tahap kedua sebanyak 70.000 ton meningkat menjadi USD18,07 juta dengan harga pupuk per ton sebesar USD258,25.

(j erna)
Produsen Pupuk Minta
Perpanjangan Izin Ekspor
WASPADA:Seorang investor sedang mengamati pergerakan saham melalui layananonline trading perusahaan sekuritas di Jakarta belum lama
ini. Makin maraknya perkembanganonline tradingmembuat BEI dituntut segera menerbitkan aturan yang jelas tentang online trading.
SI/TAHYUDIN
SI/ASTRABON
ARDO
hal02 oke 12/26/09 9:52 PM Page 2
KETUA Perhimpunan Hotel dan

Restoran Indonesia (PHRI) Wir- yanti Sukamdani punya pandang- an tersendiri terkait akan diber- lakukannya perdagangan bebas ASEAN-China mulai tahun depan.

Menurutnya, kesepakatan per- dagangan bebas tersebut tidak di- lihatnya akan memberikan pe- ngaruh buruk di industri pari- wisata. Dia berpendapat, yang pa- ling berat menanggung risiko ke- bijakan itu adalah sektor manu- faktur seperti automotif dan tekstil.

\u201dPariwisata mungkin positif
karena orang dari luar akant ra -
velingke sini,\u201d ujar ibu satu orang

putra yang juga Wakil Presiden Komisaris PT Sahid International Hotel & Management & Consultant (Sahid Grup) itu.

Wiryanti yang akrab dipanggil Yanti menambahkan, sektor pari- wisata juga merupakan pembuka jalan bagi sektor lain selama si- tuasi ekonomi masih kondusif. Ini sesuai dengan konsep pemba- ngunan ekonomi pariwisata, yakni TTI (tourism, trade, investment).

Hanya saja, menurut putri sulung pendiri Grup Sahid,Sukam- dani Sahid, dalam pengembangan pariwisata diperlukan sejumlah inovasi dan kreativitas agar terus bisa bersaing. Dia mencontohkan Hotel Sahid Jakarta yang di- kelolanya, dalam beberapa tahun terakhir terus bersolek agar tampil lebih menarik.

Meski demikian, dia mengakui
dalam pengembangan pariwisata

dan bisnis perhotelannya, masih ditemukan sejumlah kendala mulai dari infrastruktur jalan, pe- labuhan udara maupun laut, ter- utama di daerah pelosok.

Tetap Eksis

Di usianya yang lebih dari se- tengah abad, eksistensi Grup Sahid di industri perhotelan kian diakui. Bisnis keluarga yang kini dijalankan oleh generasi kedua itu terus melakukan ekspansi, tidak saja di Pulau Jawa, tapi juga di luar Jawa.

Menurut Yanti, keberhasilan Grup Sahid bertahan di tengah per- saingan bisnis perhotelan adalah karena adanya keseimbangan da- lam menjalankan bisnis. Kese-

imbangan yang dimaksud adalah kegiatan di luar bisnis dengan tuju- an pemberdayaan yang dikemas dalam bentuk tanggung jawab sosial perusahaan ataucorporate

social responsibility(CSR).

Dalam kegiatan CSR-nya, Sahid menjalankan secara lang- sung kemitraan dengan penduduk di daerah pertanian di kawasan Bogor,Jawa Barat dan Sragen,Jawa Tengah. Khusus di daerah Bogor, Sahid mengembangkan pertanian organik dengan pupuk yang di- hasilkan dari limbah makanan dari salah satu jaringan Hotel Sahid di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

\u201dHotel kami yang di sana me- miliki mesin pengolah limbah ma- kanan menjadi pupuk. Hasilnya luar biasa, buah atau sayur yang di- hasilkan dipasok ke hotel,\u201d kata pe- rempuan berusia 55 tahun yang namanya masuk dalam urutan ke- tujuh Wanita Paling Berpengaruh Indonesia 2009 versi majalahGlobe

Asiaitu.

Adapun di Sragen yang juga melakukan pemberdayaan ter- hadap petani,Yanti mengklaim te- lah berhasil menciptakan lapang- an pekerjaan untuk sekitar 10.000 pengangguran. Dia menggunakan pola kemitraan dan dana bergulir sehingga hasil dari satu wilayah dipakai untuk mengembangkan daerah lain.Produk pertanian yang dihasilkan pun beragam, mulai dari buah pepaya, buah naga hingga pare dan semangka.

Ketika ditanya prospek Grup

Sahid ke depan, dia berujar, sebagai perusahaan Sahid akan tetap padacorebisnisnya di bidang perhotelan. Menurutnya, untuk mencapai target di bidang bisnis, dia berpegang pada prinsip,

pertama,bisa menentukan posisi
pasar yang akan dibidik.

\u201dSelain itu harus loyal dan jangan pernah berpikir kecil. Mulai dari kecil tidak apa-apa, tapi harus tetap berpikir besar,\u201d katanya.

Saat ini Grup Sahid men- jalankan bisnis properti (hotel dan apartemen), pendidikan, kesehat- an, dan sosial. Khusus untuk hotel, Sahid memiliki 19 hotel di seluruh Indonesia.

Terkait target pertumbuhan perusahaan, Yanti menyatakan bahwa setiap tahunnya selalu menargetkan pertumbuhan lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional. \u201dKita hitung inflasi baik rupiah maupun mata uang asing. Saya tekankan bahwa kita harus tumbuh sekian. Itu terserah mana- jemen jika Anda tidak mau tumbuh maka orang lain yang akan tumbuh,\u201d katanya.

Memasuki 2010 yang tinggal beberapa hari lagi, Sahid juga be- rencana menambah jaringan se- kitar 10 hotel di seluruh Indonesia. Selain di Jakarta, pengembangan bisnis hotel juga membidik daerah lain seperti Pekalongan, Banyu- wangi,Mamuju(SulawesiSelatan), Bontang dan lainnya.

(ahmad senoadi/
yanto kusdiantono)
STRATEGI
3
MINGGU 27 DESEMBER 2009
SEPUTAR INDONESIA
KETUA PERHIMPUNAN HOTEL DAN RESTORAN INDONESIA (PHRI) WIRYANTI SUKAMDANI
TAHUNdepan, Ketua Perhimpun-

an Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Wiryanti Sukamdani opti- mistis sektor pariwisata nasional akan lebih maju lagi. Hal ini dipicu oleh banyaknya maskapai dari luar negeri yang masuk ke Indonesia dan ada juga yang menambah jadwal penerbangannya.

\u201dPesawat-pesawat ini tidak mungkin terbang kosong, pasti ada penumpangnya. Dan ini tambahan wisatawan dalam negeri. Kebijak- an baru pemerintah yaitu pe- layanan imigrasi diatas pesawat un- tuk wisatawan Jepang akan me- narik bagi kunjungan dari Je- pang,\u201d ujar Wiryanti yang ditemui

Seputar Indonesia (SI) di ruang
kerjanya, di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Wiryanti,dengan peng- hasilannya saat ini, sektor pariwi- sata merupakan penyumbang pajak terbesar nomor dua setelah migas. Lalu bagaimana PHRI akan me- ngembangkan potensi pariwisata Indonesia tahun depan dan bagai- mana pula strategi untuk bisa me- nang dibandingkan dengan negara lain. Berikut petikan wawancara SI dengan wanita yang juga menjabat Wakil Presiden Komisaris PT Sahid International Hotel & Management & Consultant (Sahid Grup).

Bagaimana kondisi pariwisata
2009 ini?

Tahun ini dunia mengalami krisis keuangan.Krisis saat ini lebih buruk dibandingkan pada 1997, semua negara kena dampaknya. Di Asia hanya pariwisata China dan Indonesia yang positif, sementara yang lain negatif.Yang paling parah Jepang, Korea, Malaysia, Singa- pura, dan Thailand. Indonesia tum-

buh 3% dan China 11%. Berdasar- kan pantauan saya,Bali sudah pulih 100%, Yogyakarta 80%, dan Ban- dung 90%. Sementara Sulawesi Se- latan,Bintan,Medan,Surabaya,dan kota-kota lain sudah membaik dan pariwisatanya mulai sibuk. Ini tidak lepas dari kerja sama peme- rintah dan industri.

Kontribusi pariwisata na-
sional?

Saya perkirakan, kunjungan wisman 6,4 juta jiwa dengan devisa USD7,3 miliar dan domestik 211 juta jiwa dengan devisa Rp120 triliun. Kalau ditotal sekitar Rp200 triliun. Kontribusi pajak hotel dan restoran saja Rp50 triliun. Penyumbang pajak kita nomor dua setelah migas.

Bagaimana kondisi pariwisata
2010?

Saya optimistis tahun depan naik karena banyak tambahan ka- pasitas tempat duduk pener- bangan. Di antaranya masuknya Turkish Airline, Qatar Airline, KLM yang menambah penerbang- an ke Bali, Air Asia, tambah fre- kuensi, dan Garuda akan terbang ke Amsterdam per 1 Juni. Pesawat- pesawat ini tidak mungkin terbang kosong, pasti ada penumpangnya dan ini tambahan wisatawan dalam negeri. Kebijakan baru pemerin- tah, yaitu pelayanan imigrasi di atas pesawat untuk wisatawan Je- pang, akan menarik bagi kunjung- an dari Jepang.

Berikutnya, Menteri Kebu- dayaan dan Pariwisata (Menbud- par) Jero Wacik baru-baru ini me- nyatakan pemerintah setuju mem- berikan insentif pengembalian pajak pertambahan nilai (PPN) yang dibayar wisman waktu ber- belanja di Indonesia. Kebijakan

baru ini, khususnya PPN, akan me- ningkatkan daya saing pariwisata Indonesia. Turis-turis dari Aus- tralia dan negara lain akan senang. Kebijakan seperti ini juga diterap- kan beberapa negara. Saya senang, kerja sama antara kita dengan Menbudpar yang saat ini sudah erat membuahkan hasil yang positif. Dengan faktor-faktor ini saya yakin tahun depan wisatawan dalam negeri 230 juta dan wisman 7 juta. Tambahan dari mana Timur Tengah, Eropa, dan India. Wiswan Eropa itu paling bagus, tinggalnya minimal 10 hari dan belanjanya lebih besar.

Secara potensi bagaimana pari-
wisata Indonesia?

Kita memiliki obyek wisata yang luar biasa. Raja empat,Waka- tobi, Bunaken, Derawan, dan Mentawai adalah pantai yang tiada tandingannya.Bali,Lombok,Pulau komodo, dan Borobudur. Kebu- dayaan kita juga mengagumkan. Kita pintar membangun dan me- miliki, tapi tidak bisa mengemas. Komodo misalnya, di sana tidak ada toilet dan tempat nyaman untuk berwisata makan. Ada warung-warung, tapi jorok sekali. Makanya kami berharap agar BPPI segera terbentuk dan berkiprah.

Kapan sih BPPI akan di-
bentuk?

UU No 10/2009 tentang Kepa- riwisataan mengamanatkan pem- bentukan BPPI, tapi menunggu se- lesai PP-nya yang ditenggat dua tahun.Kita ingin ini masuk program 100 hari Jero Wacik. Pak Jero Wacik mengatakan segera dibentuk.

Siapa yang nantinya duduk di
BPPI?

BPPI harus independen, tidak boleh ada campur tangan peme- rintah, karena sudah murni bisnis. BPPI harus tahu wismannya da- tang dari mana saja sehingga pro- mosinya efektif menjaring turis. Misalnya dari Malaysia, kita bisa promosi diT V 3dan media setem- pat. Sebagaimana Singapore Tou- rism Board (STB), dia muncul di

media kita, dia jual wisata pen-
didikan, argro, dan lainnya.
Bagaimana peran Kementeri-
an Budpar nantinya?

Tugas kementerian adalah memperkuat industri dengan mem- bentuk citra negara. Sebab, 50% orang asing berpendapat Indonesia tempat yang tidak perlu dikunjungi karena banyak bom, kerusuhan, bencana alam, penyakit, dan seba- gainya. Namun 50% lainnya me- ngatakan Indonesia itu indah,buda- yanya oke, pemandangannya oke, dan harganya murah. Usaha peme- rintah adalah membuat yang 50% ini percaya. Ini peran pemerintah untuk meyakinkan bahwa Indo- nesia bagus. Jadi,tugasnya hanya

marketingkebijakan dan diplomasi
kebudayaan,misalnya antarnegara.

Berikutnya, saya telah meng- hitung, ada 17 sektor di mana ke- menterian tidak memiliki wewe- nang seperti penerbitan visa,pener- bangan, dan keuangan. Jadi, fungsi kementerian seperti kondektur orkestra, di antaranya dia meminta Menteri Perhubungan meningkat- kan kursi penerbangan.Jika terjadi kekurangan kapasitas transportasi, polisi diminta agar tidak ada bom dan Menteri Keuangan diminta un- tuk dana promosi.Jadi kementerian adalah pelobi pihak-pihak lain untuk mendukung pariwisata. Saya sampaikan, Kementerian Pariwi- sata yang dipimpin Jero Wacik me-

miliki kinerja yang sangat bagus. Kerja sama kita telah membuahkan banyak kemajuan yang positif.

Apa keunggulan BPPI?

BPPI lebih fleksibel dalam pro- gram dan pendanaan. Misalnya, larinya turis dari Thailand, akibat kondisi politik di sana, bisa ditarik ke Indonesia jika ada promosi untuk itu. BPPI ini bisa memindahkan program promosi dari satu tempat ke tempat lain dengan pertimba- ngan kondisi. Sementara di kemen- terian itu tidak bisa dilakukan. Jika anggaran sudah dialokasikan untuk promosi ke satu tempat, dana itu tidak bisa dipindahkan untuk pro- mosi di tempat lain.Selain itu,tidak semua uang Dewan berasal dari APBN, ada sebagian dari swasta, yang penting diaudit dan mengikuti aturan perundang-undangan yang berlaku. Misalnya dana APBN ha- nya bisa untuk sewa 10 stan promosi, padahal kebutuhannya lebih ba- nyak, swasta bisa berkontribusi.

Peran BPPI dan industri ba-
gaimana?

BPPI harus bekerja sama de- ngan industri. Di luar negeri BPPI menyediakan lahan promosi di negara yang memiliki potensi wis- man. Adapun yang jualan adalah industri; maskapai jualan tiket, agen perjalanan jualan paket wisata, hotel jualan kamar. Masing- masing sudah punya peran sendiri. Industri yang menggunakan lahan akan diukur kinerjanya, tidak bisa jualan diganti dengan yang bisa.

Berapa kontribusi BPPI ke
pariwisata?

Jika sudah ada, tahun depan bisa menambah 1 juta wisman.Kita bikinr o a d m a p pariwisata 2030. Tahun 2015 kontribusi bisa naik jadi 10% dari PDB. Pada 2030, kita sudah jadi 10 besar di tengah- tengah Brasil, China, Rusia, dan India. Saya percaya itu bisa terjadi. Sumbangan pariwisata kita bisa naik jadi 15% dari PDB. Kalau sudah begitu, kita sudah menjadi tulang punggung perekonomian negara. Kita bisa capai itu jika

mulai dari sekarang dan saya per- caya itu. Dengan segala kemampu- an akan kita lakukan.

Anda optimistis sekali?

Itu keyakinan saya.Tapi, ini ada syarat tambahan, yaitu situasi eko- nomi, politik, dan keamanan harus kondusif. Pertumbuhan ekonomi yang stabil dan meningkat bisa men- dorong pariwisata tumbuh lebih tinggi. Dalam pertemuan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani saya mengatakan harapan mudah- mudahan kasus Century tidak me- rembet ke mana-mana. Saya me- minta kasus ini diselesaikan secepat- nya supaya keadaan ekonomi stabil dan bisa membantu pariwisata.

Kenapa butuh promosi?

Pariwisata itu bergantung pada promosi dan promosi itu uang. Kita akan kelola dana itu seefektif mungkin. (Di antaranya untuk) pe- ngenalan produk, misalnya paket Toraja dan Bali. Kita juga perlu

consumer show, yaitu kita jualan di
luar negeri.
Nggak cukup bermodalkan
alam yang indah?

Tidak cukup, sebab pariwisata itu citra dan jualannya impian.Anda bisa mengatakan suatu tempat itu bagus jika Anda sudah mendatangi- nya. Sebelum datang, Anda tidak bisa katakan itu bagus. Harus terus diingatkan karena Anda ingin orang datang. Tunjukkan ke orang-orang keindahan Indonesia. Malaysia misalnya, saya jamin jika Anda ke sana pasti kecewa. Tapi pengemas- an promosi pariwisata mereka luar biasa bagus. Dia bayar konsultan mahal.

Satu-satunya yang membuat Anda bahagia adalah Malaysia negaranya teratur,aman,bersih dan orangnya cukup sopan. Anda tidak takut keluar dan tidak ada pe- meriksaan seperti di hotel-hotel kita. Namun, di luar itu, Anda mau lihat apa? Atraksi wisata kita jauh di atas Malaysia. Kalau kita pergi ke luar negeri, negara seperti Pales- tina, Iran, dan Irak yang dilanda perang saja berpromosi secara aktif.

Saat saya berwisata di Yerusalem, saya ingin salat di Masjid Al-Aqsa. Pemandu wisata mengatakan bahwa kami punya waktu hingga pukul 3.30 karena pukul 4 nanti ada perang. Meski perang, mereka berpromosi secaragencardandapat menarik wisatawan. Kita negara yang relatif lebih baik kenapa tidak melakukan promosi?

Promosi ke mana tahun depan?
India, Eropa, danTimurTengah.
Berapa dana yang dibutuhkan
BPPI?

Untuk awal Rp200\u2013300 miliar. Sebagai perbandingan, Singapura mengalokasikan USD100 juta, hasilnya menarik 16 juta turis, Thailand USD60 juta dapat 11 juta turis, Malaysia USD100 juta dapat 22 juta. Kita juga bisa kalau kita mau. STB itu dimulai dengan 2 miliar dolar Singapura (5-6 triliun). Kita tidak perlu triliunan karena kita mengerti bahwa pendidikan, kesehatan, dan sektor lain juga membutuhkan anggaran.

Bagaimana tanggapan peme-
rintah atas dana promosi ini?

Untuk meyakinkan itu ke men- teri-menteri perekonomian se- tengah mati.Waktu kita minta ang- garan turis, mereka bilang buat apa anggaran, wong kita diam- diam saja mereka datang. Saat menghadap Menteri Keuangan Sri Mulyani,dia mengatakan buat apa BPPI, kenapa perlu dana banyak? Saya katakan bahwa pabrik itu butuh bangun dulu, uji coba pro- duksi dua tahun dan tahun ketiga baru mulai jualan, itu pun harus bertahap. Tapi, kalau pariwisata objeknya sudah ada, pantai dan Borobudur, tinggal mengundang turis untuk datang. Dalam dua tahun ini kita sudah impor minyak dan ekspor gas, kita tidak bisa me- nutupi impor ini. Dalam 10 tahun lagi, bisa-bisa kita sudah tidak punya kayu dan minyak. Apa yang kita punya, menurut saya, kita punya pariwisata.

(ahmad senoadi/
yanto kusdiantono)

Pertumbuhan sektor pariwisata Indonesia terus
meningkat.Tahun ini saja diperkirakan kunjungan
wisatawan asing/mancanegara (wisman) mencapai
6,4 juta dengan devisa sebesar USD7,3 miliar,
sedangkan wisatawan domestik mencapai 211 juta
dengan devisa sebesar Rp120 triliun.

Pertumbuhan Sektor Pariwisata Makin Kinclong
Perhotelan Masih Jadi Core Bisnis

Dalam pengembangan
pariwisata diperlukan
sejumlah inovasi dan
kreativitas agar terus
bisa bersaing.
Contohnya Hotel Sahid
Jakarta dalam beberapa
tahun terakhir terus
bersolek agar tampil
lebih menarik.

Kita memiliki obyek
wisata yang luar biasa.
Raja empat, Wakatobi,
Bunaken, Derawan,
dan Mentawai adalah
pantai yang tiada
tandingannya.

FOTO-FOTOSI
/RATMANSURA
TMAN
SI/RATMANSU
RATMAN
hal03 12/26/09 10:35 PM Page 5

Activity (7)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Bimbo Bimbi liked this
mmarantina liked this
hgkgh liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->