Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
47Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Rokok

Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Rokok

Ratings: (0)|Views: 7,145|Likes:
Published by Taufik Hidayat
GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG BAHAYA ROKOK
GAMBARAN PENGETAHUAN REMAJA TENTANG BAHAYA ROKOK

More info:

Published by: Taufik Hidayat on Dec 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/15/2013

pdf

text

original

 
 9
BAB IITINJAUAN TEORIA. Konsep Dasar Remaja1. Pengertian
2
. Karakteristika. Umur 
Umur yaitu usia individu yang terhitung mulai saat dilahirkansampai saat berulang tahun. Semakin cukup umur maka tingkatkematangan dan kekuatan seseorang akan lebih matang dalamberpikir dan bekerja (Nursalam, 2001)Kusmayanti (2005) mengatakan bahwa semakin meningkat umur maka presentase berpengatahuan semakin baik karena disebabkanoleh akses informasi, wawasan dan mobilitas yang masih rendah. Halini dikuatkan oleh pendapat Hurlock (2002), bahwa semakinmeningkatnya umur tingkat kematangan dan kekuatan seseorangdalam berfikir dan bekerja akan lebih matang.
b. Pendidikan
Tingkat pendidikan yang rendah mengakibatkan kurangnyapengetahuan dalam menghadapi masalah. Pengetahuan ini diperolehbaik secara formal maupun informal. Remaja yang mempunyai tingkatpendidikan yang lebih tinggi, umumnya terbuka menerima perubahanatau hal-hal baru guna pemeliharaan kesehatannya (Depkes RI,1996).
 
10
 
Pendidikan juga akan membuat seseorang terdorong untuk ingintahu, mencari pengalaman sehingga informasi yang diterima akanmenjadi pengetahuan (Azwar, 2000).Pendidikan adalah upaya persuasi atau pembelajaran kepadamasyarakat agar masyarakat mau melakukan tindakan- tindakan ataupraktek untuk memelihara (mengatasi masalah) dan meningkatkankesehatannya. Perubahan atau tindakan pemeliharaan danpeningkatan kesehatan yang dihasilkan oleh pendidikan kesehatan inididasarkan pengetahuan dan kesadarannya melalui prosespembelajaran, sehingga perilaku tersebut diharapkan akanberlangsung lama (
long lasting 
) dan menetap (langgeng) karenadidasari oleh kesadaran. Memegang kelemahan dan pendekatankesehatan ini adalah hasil lamanya, karena perubahan perilakumelalui proses pembelajaran yang pada umumnya memerlukan waktulama ( Notoatmodjo, 2007 ).
B. Bahaya rokok1. Kandungan zat dalam rokok
  Asap rokok terdiri dan 4.000 bahan kimia dan 200 di antaranyabersifat racun. Antara lain karbon monoksida (GO) dan polycyclicaromatic hydrocarbon yang mengandung zat-zat pemicu terjadinyakanker (seperti tar, benzopyrenes, vinyl chlorida, dan nitroso-nor-nicotine). Di samping itu, nikotin dapat menimbulkan ketagihan, baik padaperokok aktif maupun perokok pasif. Para perokok aktif dan pasif berisikoterkena batuk dengan sesak nafas 6,5 kali dibanding bukan perokok.
 
11
 
Industni rokok selalu berusaha menyangkal bukti-bukti epidemiologistentang dampak merokok mi pada kesehatan manusia.Nikotin merupakan alkaloid yang bersifat stimulan dan pada dosistinggi beracun. Zat mi hanya ada dalam tembakau, sangat adiktif, danmempengaruhi otak/susunan saraf. Dalam jangka panjang, nikotin akanmenekan kemampuan otak untuk mengalami kenikmatan, sehinggaperokok akan selalu membutuhkan kadar nikotin yang semakin tinggiuntuk mencapai tingkat kepuasan dan ketagihannya. Sifat nikotin yangadiktif ini dibuktikan dengan adanya jurang antara jumlah perokok yangingin berhenti menokok dan jumlah yang berhasil berhenti. Survei padaanak-anak sekolah usia 13² 15 tahun di Jakarta menunjukkan bahwalebih dan 20% adalah perokok tetap dan 80% di antaranya ingin berhentimerokok tetapi tidak berhasil.Karbon monoxida, sejenis gas yang tidak memiliki bau. Unsur inidihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arangatau karbon. Zat ini sangat beracun. Jika zat ini terbawa dalamhemoglobin, akan mengganggu kondisi oksigen dalam darah. Ammonia, merupakan gas yang tidak berwarna yang terdiri darinitrogen dan hidrogen. Zat ini sangat tajam baunya dan sangatmerangsang. Begitu kerasnya racun yang ada pada ammonia sehinggakalau disuntikkan (baca: masuk) sedikit pun kepada peredaraan darahakan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.Formic acid, sejenis cairan tidak berwarna yang bergerak bebasdan dapat membuat lepuh. Cairan ini sangat tajam dan menusuk baunya.Zat ini dapat menyebabkan seseorang seperti merasa digigit semut.

Activity (47)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Putri W Lestari liked this
Odingk liked this
Ayu Imud added this note|
tanks
Iant Retalica liked this
Benze Smile liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->