Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
42Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
qanaah tasamuh

qanaah tasamuh

Ratings: (0)|Views: 5,210 |Likes:
Published by Ahmada

More info:

Published by: Ahmada on Dec 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/17/2012

pdf

text

original

 
a)Pengertian Qana’ahQana’ah adalah sikap rela menerima dan merasa cukup atas hasil yangdiusahakannya serta menjauhkan diri dari rasa tidak puas dan perasaan kurang. Qana’ah bukan berarti masa bodoh dan bermalas-malasan hidup serta tidak mau berusaha untuk mengingatkan kesejahteraan hidup. Orang yang memiliki sifat qana’ah memiliki pendirian bahwa apadiperoleh atau yang ada di dirinya adalah merupakan kehendak Allah SWT. Seperti yang dijelaskan oleh Allah SWT berikut ini.Artinya:7. Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari(nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih."
Fondasi Sifat Qona’ahFondasi yang utama dan pertama untuk menumbuhkan sifat ini adalah keyakinan yang benar.Keimanan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala, mengenal Allah dengan nama dan sifat-sifat- Nya berikut keagungan dan keindahan yang dikandungnya; keimanan yang mantap kepada hari akhir,keyakinan yang benar tentang takdir yang baik dan buruk; semua itu merupakan landasan utamauntuk menumbuhkan sifat dan karakter mental yang sangat mahal harganya ini.
 b)Fungsi Qana’ah dalam KehidupanQana’ah seharusnya menjadi sifat dasar bagi setiap Muslim karena sifat tersebutmenjadi pengendali agar tidak surut dalam keputusasaan dan tidak selalu maju dalamkeserakahan. Qana’ah berfungsi sebagai stabilisator dan dinamisator hidup seorangMuslim. Disamping sebagai stabilisator, qana’ah juga berfungsi sebagai dinamisator (kekuatan batin yang mendorong seseorang untuk meraih kemenangan hidup berdasarkankemandirian dengan tetap bergantung kepada karunia Allah SWT.)"Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru Kami, kemudian apabila kami berikan kepadanya nikmat dari Kami ia berkata: 'Sesungguhnya aku diberi nikmat ituhanyalah karena kepintaranku'. Sebenarnya itu adalah ujian, tapi kebanyakan mereka itutidak mengetahui" (QS. Az-Zumar (39):49).1.Imam 'Ali a.s. pernah ditanya tentang firman Allah Ta'ala: Maka sesungguhnyaakan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik (QS 16:97), Imam `Ali a.s.menjawab, “la adalah qana`ah (kepuasan).”2.Buah (hasil) dari qana'ah adalah kenyamanan.3.(Qana'ah adalah) menjaga apa yang ada di tanganmu lebih engkau cintai daripadameminta apa yang ada di tangan orang lain.

Activity (42)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Tofa Anak Ajaib liked this
Haviz Al Hukmiya liked this
Julian Fahrezaa liked this
Ebiiw Ewok liked this
Bayu Ramadhani liked this
Febry Tri Wahyoe liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->