Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Budi Utomo

Budi Utomo

Ratings: (0)|Views: 942 |Likes:
Published by Adien Gunarta
Sejarah Budi Utomo
Sejarah Budi Utomo

More info:

Published by: Adien Gunarta on Dec 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/31/2013

pdf

text

original

 
Budi Utomo didirikan oleh mahasiswa STOVIA dengan pelopor pendiri Dr.Wahidin Sudirohusodo dan Sutomo pada tanggal 20 Mei 1908 yang bertujuanuntuk memajukan Bangsa Indonesia, meningkatkan martabat bangsa danmembangkitkan Kesadaran Nasional. Tanggal 20 Mei 1908 biasa diperingatisebagai Hari Kebangkitan Nasional Indonesia.Sebagai suatu organisasi yang baik, Budi Utomo memberikan usulan kepadapemerintah Hidia Belanda sebagai mana berikut ini :1. Meninggikan tingkat pengajaran di sekolah guru baik guru bumi puteramaupun sekolah priyayi.2. Memberi beasiswa bagi orang-orang bumi putera.3. Menyediakan lebih banyak tempat pada sekolah pertanian.4. Izin pendirian sekolah desa untuk Budi Utomo.Pemerintah Hindia-Belanda mengesahkan Budi Utomo sebaga badan hukum yang sah karena dinilai tidak membahayakan, namun tujuan organisasi BudiUtomo tidak maksimal karena banyak hal, yakni :1. Mengalami kesulitan dinansial2. Kelurga R.T. Tirtokusumo lebih memperhatikan kepentingan pemerintahkolonial daripada rakyat.3. Lebih memajukan pendidikan kaum priyayi dibanding rakyat jelata.4. Keluarga anggota-anggota dari golongan mahasiswa dan pelajar.5. Bupati-bupati lebih suka mendirikan organisasi masing-masing.6. Bahasa belanda lebih menjadi prioritas dibandingkan dengan BahasaIndonesia.7. pengaruh golongan priyayi yang mementingkan jabatan lebih kuatdibandingkan yang nasionalis.Sebagian menilai, kelahiran organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908lalu sesungguhnya amat tidak patut diperingati sebagai Hari KebangkitanNasional, karena organisasi ini mendukung penjajahan Belanda, sama sekalitidak pernah mencita-citakan Indonesia merdeka, a-nasionalis, anti agama, danbahkan sejumlah tokohnya merupakan anggota Freemasonry Belanda(Vritmejselareen). Lebih jauh mereka menilai, dipilihnya tanggal 20 Mei sebagaiHari Kebangkitan Nasional, sesungguhnya merupakan suatu penghinaanterhadap esensi perjuangan merebut kemerdekaan yang diawali oleh tokoh-tokoh Islam. Sarekat Islam (SI) yang lahir 3 tahun terlebih dahulu dari BoediOetomo (BO), yakni pada tahun 1905, yang jelas-jelas bersifat nasionalis,menentang penjajah Belanda, dan mencita-citakan Indonesia merdeka, lebihtepat dijadikan tonggak kebangkitan nasional. Karena itu, sejarah kebangkitannasional yang selama ini mendasarkan pada peran Boedi Oetomo harusdipertanyakan kembali.
Menggalang dana
Kemudian kalau ditanyakan kenapa bukan dokter Wahidin? Memang menurutdokumen-dokumen kemudian sumber-sumber yang saya pelajari selamapaguyuban pengemban dan penerus cita-cita Budi Utomo, memang dokterWahidin itu bukan pendiri Budi Utomo. Tapi pada saat itu dokter WahidinSudirohusodo melakukan langkah-langkah usaha untuk menggalang danapendidikan atau Studie fonds.

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ahmadmaliki21 liked this
Puri Nak Sempati liked this
Katrok Jowo liked this
yakusacyberlink liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->