Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
16Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teori Komunikasi Politik

Teori Komunikasi Politik

Ratings: (0)|Views: 2,599|Likes:
Published by y4nc3
tentang teori komunikasi dan pengertian komunikasi politik
tentang teori komunikasi dan pengertian komunikasi politik

More info:

Published by: y4nc3 on Dec 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/09/2012

pdf

text

original

 
Posted by: http://teorikomunikasi.vivinblog.info/2009/12/teori-komunikasi-politik/Komunikasi Politik 
Teori Komunikasi Politik 
Dalam komunikasi politik terdapat teori-teori yang berkaitan dengan komunikasi politik,secara garis besar teori ini terbagi pada dua macam yaitu teori kepribadian dan diri politik.Teori kepribadian dalam politik.Jumlah teori tentang kepribadian sama banyaknya dengan jumlah defenisinya. Padatulisan ini akan difokuskan pada beberapa saja diantaranya, tetapi lebih spesifik padayang memberikan gambaran tentang belajar politik.
1. Teori kebutuhan.
Teori kebutuhan mengemukakan bahwa manusia memiliki hierarki kebutuhan psikologis,rasa mana dan kepastian, kasih sayang, penghargaan diri, dan katualisasi diri. Perilakumanusia merefleksikan upaya untuk memenuhi kebutuhan ini. Kecuali jika orang telahmemenuhi kebutuhan pokok tertentu –kebutuhan akan makanan, pakain, rumah, energi,keturunan, dsb- sedikit seklai kemungkinan bahwa mereka akan berpikir, merasa atau bertindak secara politis. Orang hanya berbalik kepada politik hanya setelah memenuhikebutuhan pokok fisik dan sosial.Para perumus teori kebutuhan berargumentasi bahwa banyak diantara yang dipelajariorang tentang politik bergantung pada kepribadian yang diperoleh pada masa kanak-kanak sementara berusaha memenuhi kebutuhan pokok psikologis dan sosial pada masadini usianya.Tulis Knutson, betapa pentingnya pola kepribadian yang dipelajari anak sebelummemulai pendidikan formalnya. Sehingga “Kperibadian individu, sebagai mana dibentuk dalam tahun-tahun pertama usianya, akan merupakan sumber yang lebih pentingmeskipun kurang tampak dari ‘informasi, nilai, atau perasaanya di hadapkan kepada’ peraturan dasar yang pokok yang mengerjakan dan menghubungkan seluruh sistemkemanusiaan –sosial, politik, dan ekonomi –kepada ketimbang sosialisasi yang terjadi bersamaan dan di kemudian hari terwujudnya yang mempengaruhi dirinya. Ringkasnya,kebutuhan membuat anak itu menjadi bapak manusia politik.
2. Teori psikoanalitik.
Dua variasi yakni personal dan interpesoanal, bagaimana kepribadianmempengaruhi belajar dan perilaku politik.
 
Personal. Aliran personal dari teori psikoanalitik adalah tradisi Sigmund Freud. Freud berpendapat bahwa orang bertindak atas dasar motif yang tak disadarinya maupun atasdasar pikiran, perasaan dan kecenderungan yang disadari dan sebagaian disadari. Freud berpendapat tentang proses yang menjadi pokok berfungsinya kepribadian:(1) Id, yaitu proses orang yang berusaha memaksakan keinginnanya akan hal yangmenyenangkan.(2) Ego, alat yang digunakan untuk menliai sekitar orang itu, atau realitas.(3) Superego, yaitu gagasan orang diturunkan (biasanya melalui pengalaman denganorang tuanya) tentang apa baik dan buruk itu.Proses id mencari kesenangan dan perasaan benar atau salah, direfleksiakn didalamsuperego, sering berselisih. Ego menyeleseikan konflik ini melalui berbagai mekanisme pertahanan.Mekanisme ini mencakup represi (memaksakan kepercayaan nilai, dan pengharapan yangmengancam keluar dari kesadaran), pengalihan (mengalihkan reaksi emosional dari satuobjek ke objek yang lain), sublimasi (mencari cara yang dapat diterima untuk mengungkapkan dorongan yang dengan cara lain tidak diterima), rasionalsasi( memberikan alasan yang meragukan untuk membenarkan perilaku atau utnuk menghilangkan kekecewaan), regresi (kembali kepada perilaku yang tidak dewasa, pembentukan reaksi (beralih dari satu ekstrem kepada ekstrem yang berlawanan),introjeksi (memungut pendirian orang lain sebagai pendirian sendiri), atau identifikasi( meningkatkan rasa kuat, aman dan atau terjamin dengan mengambil sifat orang lain)Teori psikoanalitik yang dibawa ke dalam dunia politik ini mengemukakan bahwamekanisme pertahanan yang tidak disadari menghalangi belar politik yang adaptif.Interpersonal. Varian intrepersonal dari teori psikoanalitik sebagian besar berasal darikarya Harry Stack Sullivan. Dalam kata-kata Sullivan, “Keprinadian adalah pola yangrelatif kekal dari situasi interpersonal yang berulang yang menjadi ciri kehidupanmanusia.” Sullivan menerima pandangan bahwa manusia memiliki kebutuhan biologissebagai pembawaan. –kebutuhan akan makanan, air, kehangatan, dan pembuangan yangtidak diperlukan oleh tubuh. Tambahnya, bahwa manusia membutuhkan rasa aman dari pengalaman dengan orang lain yang membangkitkan kecemaan maupun jaminan pemuasan ketegangan yang bersifat biologis. Dan dalam mengurangi kecemasan danmemuasakan tuntutan bilogis orang sering terbentur pada hubungan sengan oarang lainyang rumit dan menyimpang.Dalam keadaan ini orang mengembangkan mekanisme pertahanan, atau apa yang olehSullivan disebut “operasi keamanan”., untuk memelihara rasa aman bersama sesamanya.Sullivan menekankan empat operasi yaitu:(1) Sublimasi, yang sama dengan mekanisme pertahanann yang diakui dalam teori Freud.
 
(2) Obsesionalime, yaitu kecenderungan gagasan atau dorongan untuk tumbuh begitumendesak dan mengganggu sehingga individu tidak dapat menghilangkannya darikesadaran (dalam beberapa hal, dorongan ini mengambil bentuk verbalime ritualisitk dengan sifat hampir magis.(3) Disosiasi, yaitu mekanisme untuk menjaga agar pikiran yang bertentangan tetapterpisah,(4) Keacuhan selektif dan lawannya, perhatian selektif, atau kebiasaan melihat apa yangkita ingin melihatnya dan menghindari informasi yang mengancam. disosiasi dankeacuhan selektif memilki gabungan langsung dengan komunikasi politik dan prosesopini.Selain itu para peneliti sosialisasi politik yang mengambil dari pemikiran Sullivan,mengemukakan bahwa salah satu cara utama anak-anak memperoleh kepercayaan dannilai politik ialah melalui proses pengalihan interpersonal.3. Teori Sifat.Teori-teori dalam kategori ini berfokus pada kecenderungan atau predisposisi yangmenentukan cara orang berprilaku. Setiap kepribadian mengandung seperangkat sifatyang unik dan individual. Oleh karena itu, orang dapat dibandingkan satu sama lain berdasarkan perbedaan sifat mereka –perbedaan yang diukur dengan skala yangmenujukan berapa banyak sari setiap sifat itu yang dimiliki seseorang.Contohnya sifat kepribadian yang diukur dengan skala seperti ini meliputi apakahseseorang mudah menyesuaikan diri atau kaku, emosional atau tenang, cermat atauceroboh, konvensional atau eksentrik, mudah cemburu atau tidak, sopan atau kasar, pembosan atau tekun, lembut atau keras, rendah hati atau sombong, dan lemah atau bersemangat. Sejumlah ilmuwan sosial menerangkan politik sebagai refleksi sifatkepribadian. Studi lain berusaha menentukan sifat yang mencakup kepribadiankonservatif.4. Teori tipe.Teori ini mengklasifikan orang ke dalam kategori-kategori berdasarkan karakteristik yangdominan atau tema pokok yang timbul berulangkali dalam perilaku politik mereka.Meskipun kebanyakan upaya untuk menguraikan kepribadian politik telah menerapkanteori tipe berfokus pada karakter dan gaya pemimpin politik, di sini perhatian kita adalah pada mereka yang etlah menggunakan teori tipe untuk memperhitungkan bagaimanakhalayak komunikasi politik belajar menanggapai dengan berbagai cara.Dalam teori ini berdasarkan perbedaan dalam pengaruh orang tua terhadap kepribadianseseorang terbadi pada beberapa tipe golongan, diantaranya:

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Eman Arsyad liked this
-Rebecca Rompas liked this
Zulfa ULinuha liked this
ancha_fadiarta liked this
helmi tebe liked this
ancha_fadiarta liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->