Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
15Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
si digital - 29122009

si digital - 29122009

Ratings: (0)|Views: 2,536 |Likes:
Published by sheva_jsc3219

More info:

Published by: sheva_jsc3219 on Dec 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/04/2013

pdf

text

original

JAKARTA(SI) \u2013 Para menteri dan

pimpinan lembaga tinggi negara kini bisa berkendara lebih nya- man. Mulai kemarin mereka telah menggunakan mobil dinas baru, sedan Toyota Crown seri Royal Sa- loon 3.000 cc. Mobil ini mengganti- kan mobil dinas sebelumnya,Toyo- ta Camry,yang sudah lima tahun di- pakai menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) I.

Menteri Sekretaris Negara Su- di Silalahi menjelaskan, pergan- tian mobil dilakukan karena kon- disi mobil dinas yang lama sudah sering keluar masuk bengkel. \u201cUsia pakai kendaraan selama li- ma tahun itu sudah menunjukkan ketidakefektifan lagi. Apalagi ke- marin kelasnya Camry, saya mera- sakan sering ke bengkel,\u201dkatanya.

Sudi berharap pengadaan mo- bil dinas baru ini tidak dibesar- besarkan, karena hal ini merupa- kan sesuatu yang lumrah dan digu- nakan untuk bekerja.Apalagi tipe mobil dinas ini hampir sama de- ngan Toyota Camry, mobil dinas sebelumnya.

Toyota Crown seri Royal Saloon juga telah lama digunakan oleh para pejabat di daerah setingkat panglima kodam dan kapolda.\u201cJa- di ini jangan dibesar-besarkan ya. Ituk a n(pengadaan mobil) sudah program,\u201d harap Sudi.

Direktur Indonesia Budgeting Center (IBC) Arif Nur Alam menye- salkan kebijakan pengadaan mo- bil dinas baru bagi pejabat negara. Menurutnya, hal tersebut menun- jukkan tata kelola keuangan nega- ra masih buruk. \u201cIni merupakan preseden buruk. Ternyata sampai saat ini Pemerintah masih mem- prioritaskan anggaran untuk fasi- litas pejabat ketimbang diperun- tukkan bagi kebutuhan masyara- kat luas,\u201d ujarnya, kepadaSe putar

Indonesiadi Jakarta kemarin.
Beberapa menteri dan pimpin-

an lembaga legislatif kemarin su- dah terlihat menggunakan mobil generasi ke-13 dari Toyota Crown ini. Saat acara penyerahan Peng- hargaan Pemerintah di Bidang In- dustri (Upakarti) 2009 di Istana Negara, misalnya, sejumlah men- teri Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II datang dengan mobil pro- duksi Jepang 2008 yang mereka terima pada Minggu (27/12) lalu.

Menteri yang terlihat meng- gunakan Toyota Crown Royal Sa- loon antara lain Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekono- mian Hatta Rajasa, Menteri Perta- nian Suswono, Menteri Perindus-

trian MS Hidayat dan Me-

neg Ristek Suharna Surapranata. Menteri Koperasi dan UKM Sya- rief Hasan siang kemarin masih menggunakan kendaraan pribadi, Mercedes berpelat RI 36.

Menteri Perindustrian MS Hi- dayat menganggap mobil barunya biasa saja. Dia bahkan merasa le- bih senang menggunakan mobil pribadinya. \u201cJelas masih enak Mercy sayadong,\u201d ujarnya singkat. Meski demikian, Ketua Kadin ini tidak akan mengembalikan mobil tersebut kepada negara karena mobil ini merupakan jatahnya un- tuk bekerja selama menjadi men-

teri dalam jajaran KIB II.

Hatta Rajasa juga sudah terli- hat menumpangi mobil baru ini. Saat ditemui wartawan di Kantor Menko Perekonomian, Jalan La- pangan Banteng, Jakarta Pusat, dia mengaku kurang nyaman de- ngan mobil tersebut karena lebih kecil dan sempit dibanding mobil dinas sebelumnya.Menurut Hatta, fasilitas barunya sebagai menteri itu tidak seperti yang dibayang- kan. \u201dOrang itu mengira mobilnya yangg e d e. Tapi ini bukan,\u201d kata Hatta.

Sejumlah pimpinan DPR/MPR

juga terlihat menggunakan mobil Toyota Crown baru. Begitulah Ke- tua DPR Marzukie Ali, dan Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso. Marzukie Ali yang dikonfirmasi wartawan menilai kebijakan pem- berian mobil baru merupakan hal wajar. \u201cWajarlah, mobil yang seka- rang (digunakan,Toyota Camry) su- dah lima tahun (digunakan),\u201d ujar- nya. Dia juga menegaskan bahwa mobil pribadinya masih lebih bagus daripada mobil dinas barunya.

Ketua MPR Taufik Kiemas me- nyatakan akan menerima mobil dinas baru.

HARIdemi hari sepanjang 2009 te-

lah kita lalui. Ada dinamika politik yang membanggakan, ada pula yang memuakkan. Tiga hari lagi kita akan memasuki 2010, tahun yang penuh tantangan, khususnya bagi penguasa negeri. Sampai per- tengahan 2010 politik di tingkat pusat pemerintahan masih akan penuh gonjang-ganjing terkait skandal Bank Century.Pada tingkat lokal, adanya 248 Pilkada langsung di seluruh Indonesia menambah suasana dinamis politik Indonesia.

Akankah politik Indonesia sta- bil pada 2010? Akankah Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Ka- sus Bank Century membuat putus- anwin-win solutiondi antara pemi-

lik kartel-kartel politik? Ataukah hasil jalur hukum tata negara di DPR yang dipadu jalur hukum pi- dana melalui Komisi Pemberan- tasan Korupsi (KPK) itu akan me-

ngarah pada pemakzulan (im-
peachment) penguasa negeri? Ber-

bagai pertanyaan itu masih tersim- pan di benak rakyat, pengamat po- litik dan penguasa.

Nuansa damai tampak nyata saat kita melaksanakan pemilu le- gislatif ketiga kalinya dan pemilu presiden/wakil presiden langsung di era reformasi. Pemilu legislatif yang berlangsung 9 April 2009 dan pemilu presiden/wakil presiden pa- da 8 Juli 2009, berlangsung nyaris tanpa tumpahan darah setes pun, kecuali akibat kecelakaan pada masa kampanye. Ini menunjukkan betapa rakyat Indonesia telah benar-benar dewasa dalam melak- sanakan hak-hak demokrasi. Ka-

laupun nama-nama mereka tidak masuk daftar pemilih tetap (DPT), baik pada masa pemilu legislatif maupun pemilu presiden, mereka hanya dapat mengelus dada tanpa melakukan keonaran politik. Jika pun ada yang tidak ikut memilih, mereka juga tidak mau sesumbar se- bagai bagian dari golongan putih ka- rena ketidakpercayaan mereka pa- da sistem pemilu yang amburadul.

Yang patut dicela dari dua per- helatan demokrasi itu antara lain berikut ini.Pertama, profesionalis- me Komisi Pemilihan Umum (KPU) amat diragukan. Para anggota KPU lebih mengutamakan jalan-jalan ke mancanegara ketimbang menye- lesaikan secara tuntas DPT yang

bermasalah.Kedua, DPT bermasa- lah menimbulkan tanda tanya be- sar apakah Pemilu 2009 benar- benar jujur dan adil.Ketiga, siapa yang memenangkan tender peng- adaan teknologi informasi untuk KPU juga menimbulkan persoalan bukan hanya dari sisi finansial, me- lainkan juga dari sisi politik, khu- susnya apakah data yang diungkap- kan KPU absah atau meragukan.

Analisis akhir dari dua per- helatan politikakbarditahun2009 itu ialah rakyat sudah amat dewasa dalam berpolitik, namun masih banyak kelemahan dalam pelaksa- naan dua pemilu nasional di usia demokrasi yang ke-11 tahun.

JAKARTA(SI) \u2013 Komisi Pembe-

rantasan Korupsi (KPK) mulai me- ngintensifkan penyelidikan kasus Bank Century. Lembaga antiko- rupsi itu kemarin memeriksa man- tan Direktur Pengawasan Bank I Bank Indonesia (BI) Zainal Abidin dan Pengawas Bank pada Direkto- rat Pengawasan Bank I BI Hisbullah.

Zainal Abidin tiba di Gedung KPK pukul 10.00 WIB dan menja- lani pemeriksaan hingga pukul 22.10. Dia mengaku ditanya pe- nyelidik KPK mengenai tugas- tugas pengawasan bank secara umum. \u201cYa, secara umumlah ten- tang tugas-tugas kegiatan peng- awasan,\u201d ujar Zainal seusai peme- riksaan di Gedung KPK, Jakarta, tadi malam.

Dia menolak berkomentar le- bih banyak tentangprosespencair- an dana talangan (bailout) Bank Century yang jumlahnya men- capai Rp6,7 triliun.

Wakil Ketua KPK Haryono Umar menuturkan, KPK akan te- rus memeriksa sejumlah pihak un- tuk mengungkap kasus Century. Pemeriksaan dimulai dari pejabat pengawasan bank karena mereka dianggap mengetahui hal-hal yang terjadi pada Bank Century. \u201cHari ini penyelidikan secara intensif mulai dilakukan KPK,\u201d kata Har- yono di Jakarta kemarin.

Kasus BankCenturydidugater- jadi lantaran lemahnya pengawas- an bank sentral. Audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menilai bahwa BI tidak bersikap tegas dalam berbagai pelanggaran yang dilakukan Bank Century.

Sementara itu, Panitia Khusus (Pansus) Hak Angket Kasus Bank Century memastikan akan me- manggil pemilik Bank Century Ro- bert Tantular pada akhir Januari mendatang.

Polri harus meningkatkan ke- amanan di lingkungan markas be- sar. Selain itu, mereka harus bisa meningkatkan pelayanan terha- dap publik.

Kriminolog Universitas Indone- sia (UI) Erlangga Masdiana meni- lai, secara yuridis perbuatan yang dilakukan Iras merupakan tindak- an kriminal. Meski demikian, dia memahami secara sosiologis kiner- ja kepolisian belum optimal.

Akibatnya, ada sebagian ma- syarakat yang menanggapi ke- tidakoptimalan tersebut dengan kekerasan secara langsung mau- pun tidak langsung seperti penye- rangan dan pembentukan opini. \u201dProblem kepolisian memang se- perti itu. Oleh sebab itu, polisi ha-

rus bekerja optimal dan harus bisa memberikan rasa adil,aman ke-pa- da masyarakat secara seimbang,\u201d ujarnya saat dihubungi harianSe-

putar Indonesia(SI) kemarin.

Pembakaran mobil Wakil Irwa- sum Irjen Pol Rismawan yang te- ngah diparkir di Mabes Polri di- lakukan karena Iras kecewa upaya hukumnya tidak direspons polisi. Peristiwa yang terjadi sekitar pu- kul 11.55 WIB tersebut sempat membuat panik sebagian anggota kepolisian yang bertugas dan me- ngakibatkan mobil berwarna abu-abu dengan nomor 30-00 yang tengah diparkir tepat di de- pan gedung ruang rapat utama Mabes Polri ha-

ngus terbakar.

Menurut Budi, 59, salah se- orang saksi mata,sebelum melaku- kan aksinya, pelaku sempat terli- hat duduk di bawah pohon tidak jauh dari mobil Toyota Camry milik pejabat di lingkungan Mabes Pol- ri.Tak lama kemudian,tiba-tiba pe- laku langsung menuangkan botol berisi bensin ke kaca bagian bela- kang dan kanan mobil. \u201cSaya kira dia nyiram air, baru mau di-sam-

perin, pelaku sudah menyulutkan
api,\u201d katanya.

Seusai melampiaskan kemarah- annya, pelaku langsung berjalan keluar melalui pintu samping Ba- dan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri. Sementara itu, petu- gas yang melihat kejadian itu lang- sung memindahkan mobil di seki- tar lokasi kejadian dan memadam- kan api dengan menggunakan ta- bung pemadam kebakaran ringan.

Petugas bernama Bripka Agus mengatakan, pelaku langsung di- amankan berikut barang buktinya

berupa dua botol air mineral ukur- an 600 ml dan korek api dan mobil yang terbakar untuk kepentingan penyidikan. Saat ini, pelaku diba- wa ke Mapolres Jakarta Selatan

untuk dimintai keterangan.

Iras Tambunan,35,pelaku pem- bakaran mengaku kesal karena upaya hukumnya tidak direspons. Wanita yang bekerja sebagi guru di

salah satu yayasan pendidikan ini mengaku mendapat tindak keke- rasan dan perlakuan tidak menye- nangkan.

JAKARTA(SI) \u2013 Pembakaran terhadap mobil milik Wa-

kil Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri Irjen
Pol Rismawan di Mabes Polri oleh Iras Tambunan, 35,
bisa diartikan sebagai peringatan bagi kepolisian.

SUMBER REFERENSI TERPERCAYA
29
\u201cUntuk benar-benar menjadi besar, seseorang harus
berdampingan dengan orang lain, bukan di atas orang lain.\u201d
Charles de Montesquieu (1689\u20131755),
politikus dan filsuf Prancis
NO. 1630/TAHUN KE 5
QUOTE OF THE DAY
Polisi Sweeping
Petasanhal. 2

PIHAK kepolisian melarang
penggunaan petasan selama
perayaan malam Tahun Baru.
Bahkan kepolisian akan
melakukan razia dan

sweepingpetasan
di sejumlah wilayah.
Gubernur Ditunjuk
Mendagrihal. 4

KETUA Dewan Perwakilan
Rakyat (DPR) Marzuki Alie
mengusulkan agar
gubernur tetap ditunjuk
oleh menteri dalam
negeri (mendagri).

Demokrat Evaluasi
Mitra Koalisihal. 5

PARTAI Demokrat segera
mengevaluasi partai politik
pendukung koalisi
pemerintah yang dinilai
sudah melampaui batas
dalam menyikapi kasus
Bank Century.

Menunggu Terobosan
(Lain) MKhal. 6

SULIT dibantah, sepanjang
2009 sepak terjang
Mahkamah Konstitusi (MK)
benar-benar menyita
perhatian publik.

Chrishal. 7

KALAU saya boleh memilih
sendiri, siapa manusia
Indonesia yang layak kita
nobatkan sebagai tokoh
penting di tahun 2009,
dengan tak berpikir lagi
saya akan menyebut:
Chris John. Kenapa dia?

Kekerasan di Iran
Semakin Meluashal. 10

EKSKALASI kekerasan di Iran
terus meningkat usai bentrok
berdarah antara oposisi
dan aparat keamanan
yang menewaskan lebih
15 orang, termasuk
kemenakan Mir Hossein
Mousavi, Seyed Ali Mousavi.

Thailand Deportasi
4.000 Hmonghal. 9

MUSNAH sudah harapan
4.000 etnis Hmong yang
mengharapkan suaka dari
Pemerintah Thailand.
Negeri Gajah Putih
kemarin mulai mendeportasi
mereka ke Laos.

Aditjondro Dinilai
Cari Sensasihal. 8

KETUA DPP Partai
Demokrat Anas Urbaningrum
menilai George Junus
Aditjondro menulis buku

Membongkar Gurita
Cikeashanya untuk
mencari sensasi.

HOTEL jadi salah
satu tujuan utama
kaum urban untuk
menghabiskan ma-
lam Tahun Baru.
Lengkap, karena se-
mua hiburan ada. Bi-
sadinner, atau club-

bingsampai pagi.
SELASA 29 DESEMBER 2009
Selebrasi Tahun Baru
di Hotel Mewah
Uji Nyali The Reds

MENTAL Liverpool diuji
saat menantang Aston Villa
di Villa Park hari ini. Hasil akhir
akan membuktikan apakah
pasukan Rafael Benitez itu benar-benar
telah keluar dari keterpurukan.

Hal. 21
Dari Tahun Kebohongan Menuju Tahun Ujian

Menteri
Dapat Jatah
Mobil Baru

Dephut Target
Hijaukan 500.000
Hektare Hutanhal. 12

DEPARTEMEN Kehutanan
(Dephut) menargetkan peng-
hijauan kembali 500.000 hek-
tare hutan yang rusak. Upaya
menghijaukan hutan yang
rusak adalah salah satu bagian
dari delapan program Dephut.

KPK Mulai
Periksa
Pejabat BI
bersambung ke hal 11
IKRAR
NUSA BHAKTI

Profesor
Riset Bidang
Intermestic
Affairs LIPI

DIBAKAR:Sejumlah orang berupaya memadamkan api yang membakar mobil dinas Wakil Inspektur
Pengawasan Umum Polri Irjen Pol Riswaman yang diparkir di halaman Markas Besar Polri, Jakarta, kemarin.
SI/SUCIPTO
Mobil Jenderal Dibakar di Mabes
Polisi Diharapkan Memperbaiki Pelayanan
bersambung ke hal 11
bersambung ke hal 11
bersambung ke hal 11
REFLEKSI 2009 PROYEKSI 2010
SI/MASYHUDI
Hal01-11-29-Desember 12/29/09 8:06 AM Page 1

JAKARTA (SI) \u2013 Manajemen bus Transjakarta memutuskan
memangkas jam operasional pada malam tahun baru, 31 Desember
2009. Bus Trans hanya akan beroperasi hingga pukul 18.30 WIB,
biasanya beroperasi hingga pukul 22.00.

Pemangkasan jam operasional bus ini untuk mengantisipasi
membeludaknya orang yang diperkirakan akan memenuhi jalanan
ibu kota untuk merayakan malam tahun baru. \u201dPada malam
menjelang tahun baru, biasanya di jalurbuswaydipadati kendaraan
dan masyarakat yang ramai mendatangi tempat-tempat
penyelenggaraan acara menyambut pergantian tahun, sehingga bus
Trans terhambat,\u201d ungkap Kepala BLU Transjakarta Busway Daryati
Asrining Rini di Jakarta kemarin.

Menurut dia, berdasarkan pengalaman tahun lalu, di beberapa titik
koridorbuswaydiadakan acara-acara menyambut Tahun Baru. Sejak
sore hari masyarakat sudah mulai ramai bergerak menuju lokasi dan
arus lalu lintas mulai padat. Akibatnya, jalur bus Trans tidak dapat dilalui.
Daripada terjebak kemacetan, BLU memutuskan untuk memangkas
jam operasional. (nugroho)

Hindari Macet, Jam Operasional
Busway Dipangkas

TEGAL (SI) \u2013 PT Kereta Api (KA) Daerah Operasional (Daop) 4 Jawa Tengah akan menyiapkan 24 kereta cadangan sebagai antisipasi melonjaknya penumpang pada libur panjang Tahun Baru 2010.

Pengawas Urusan Kereta (PUK) Wilayah Tegal Deprianso
mengatakan, puluhan kereta cadangan itu baru akan dioperasikan
jika kondisinya sangat dibutuhkan. \u201dAda 24 kereta cadangan. Kalau
seandainya dibutuhkan, kereta ini bisa dikeluarkan untuk
mengangkut penumpang,\u201d jelas Deprianso di Tegal kemarin.

Menurut dia, kereta cadangan tersebut siap dikirimkan ke Semarang
dan stasiun lain yang membutuhkan di wilayah Daop 4. Kereta
cadangan tersebut saat ini masih berada di bengkel, Balai Yasa Tegal.
Sebelumnya, kereta cadangan ini mengalami kerusakan sehingga
butuh perbaikan di Balai Yasa. Untuk mengantisipasi kecelakaan,
Deprianso mengungkapkan, PT KA telah memasang sejumlah alat
peringatan dini perlintasan sebidang (PPDS) berupa sirene otomatis di
beberapa titik perlintasan kereta api (KA) tanpa palang pintu. Menurut
dia, di wilayah Daop 4 memang banyak ditemukan PPDS tanpa palang
pintu. Kondisi ini sangat berbahaya. (kastolani)

PT KA Daop 4 Siapkan
24 Kereta Cadangan

MANADO (SI) \u2013 Wakil Presiden (Wapres) Boediono dijadwalkan
mengikuti ibadah Natal bersama jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi
Utara (Sulut) serta tokoh masyarakat dan tokoh agama.

\u201dJika tidak ada aral melintang, ibadah Natal bersama Wapres
digelar 28 Desember 2009 pukul 17.00 Wita di Gubernuran Bumi
Beringin Manado,\u201d kata Kepala Biro Pemerintahan dan Humas
Pemprov Sulut Roy Tumiwa di Manado kemarin.

Wapres dalam kunjungan kerja selama dua hari di Manado diharap-
kan dapat memberikan arahan penting tentang perlunya kebersamaan
dan hidup toleransi antarumat beragama di daerah. Apalagi Sulut
sangat dikenal dengan daerah yang menjunjung tinggi sikap toleransi
antarumat beragama, sehingga sulit untuk disulut oleh siapa pun.

\u201dRencana kedatangan Wapres ke Sulut sudah dimatangkan,
hanya saja siapa-siapa pejabat tinggi yang mendampinginya ke Sulut
belum diketahui,\u201d ungkapnya. Sebelumnya juga Wapres dijadwalkan
akan berdialog dengan sejumlah siswa teladan di SMA I Manado,
serta akan meresmikan pembangunan pelabuhan perikanan
internasional di Kota Bitung. (ant)

JAKARTA (SI) \u2013 Anggota Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (FPPP)
Ahmad Yani mengapresiasi kesigapan Kepolisian Republik Indonesia
(Polri) dalam mengamankan perayaan Natal 2009. Dia berharap,
kesigapan Polri juga ditunjukkan dalam pengamanan malam Tahun
Baru dan hari-hari besar lainnya.

\u201dKami mengapresiasi kesigapan Polri dalam memberikan suasana
aman saat perayaan Natal. Kami harap kesigapan ini berlanjut,
misalnya untuk tahun baru maupun hari-hari besar lain seperti Idul Fitri

dan lainnya,\u201d kata Yani kepadaSeputar Indonesiadi Jakarta kemarin.
Secara khusus anggota Komisi III DPR ini mengapresiasi langkah
pengamanan yang dilakukan oleh Polda Sumatera Selatan. Bahkan
Kapolda Sumsel Irjen Pol Hasyim Irianto turun ke lapangan dengan
melakukan keliling kota untuk mengamankan Natal, Kamis (24/12),

di Kota Palembang dan sekitarnya. (ahmad baidowi)
FPPP Apresiasi Kesigapan Polri
Amankan Natal
Wapres Akan Hadiri Natal
Bersama di Sulut
PERNAK-PERNIK
NATAL & TAHUN BARU
2
SELASA 29 DESEMBER 2009
SEPUTAR INDONESIA
GENTA NATAL
YOGYAKARTA(SI) \u2013 Dinas Per-

hubungan (Dishub) Kota Yogya- karta melarang kendaraan ber- motor melintas di sepanjang Jalan Malioboro saat perayaan perganti- an tahun nanti. Alat transportasi yang diizinkan melintas jalan ini hanyalah sepeda.

Selain Jalan Malioboro, ada empat titik lain yang juga dilarang dilintasi kendaraan bermotor, Ja- lan Ahmad Yani,Jalan Senopati,Ja- lan Trikora, serta kawasan titik nol kilometer. Mengenai waktu pe- nutupan,Kepala Seksi Pengendali- an Operasi Dishub Kota Yogya- karta Udiyono menyatakan belum bisa mengumumkan. \u201dHingga saat ini masih dikoordinasikan dengan Kepolisian Kota Besar Yogya- karta,\u201d ungkap Udiyono di Kom- pleks Balai Kota Yogyakarta,

kemarin.

Pengunjung dari dalam dan luar kota yang mengendarai mobil dan motor dapat memarkirkan kendaraan mereka di tempat-tem- pat yang telah disediakan.Ydiyono menyebutkan, Tempat Khusus Parkir (TKP) Ngabean, Alun-Alun Utara, sekitar Jalan Sudirman, Pasar Kranggan, dan sekitar Jalan Mangkubumi. \u201dKami akan me- ngerahkan juru parkir resmi. Tarif parkir yang dikenakan pun sesuai ketentuan yang berlaku,\u201d ujarnya.

Ketentuan tarif parkir di Kota Yogyakarta telah diatur dalam Perda No 18/2009 tentang per- parkiran. Menurut Udiyanto, tarif yang dikenakan adalah Rp1.000 untuk sepeda motor dan Rp2.000 untuk mobil. \u201dKami akan mener- junkan 50 petugas untuk meng-

awasi parkir. Selain di tempat- tempat yang disediakan Dishub, juga dimungkinkan ada tempat parkir dadakan yang dikelola oleh masyarakat sekitar,\u201dkata Udiyono.

Malam perayaan pergantian tahun di Kota Yogyakarta kali ini berbeda dari sebelumnya. Peme- rintah Kota (Pemkot) Yogyakarta telah menyiapkan beberapa ke- giatan.AdaMidnight Year Bike Ride

\u201dSego Segawe Go Green\u201d. Sebuah

kegiatan yang melibatkan ribuan pesepeda dari berbagai komuni- tas. Kemudian, pertunjukan musik,peragaan busana batik,tari- tarian, dan happening art base on

bicycle.

Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto mengatakan, perayaan pergantian malam Tahun Baru nanti akan memberikan warna dan

kesan berbeda dari tahun sebelum- nya. Jika sebelumnya tiap malam Tahun Baru Kota Yogyakarta selalu dipadati kendaraan bermotor, tahun ini akan dipadati ribuan pesepeda.

\u201dSilakan bergabung dengan kami secara berkelompok atau dengan keluarga. Pemkot akan menjadikan pesepeda adalah warga nomor satu. Mereka bisa melewati jalan manapun,\u201d kata Herry.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yulia Rustianingsih menargetkan, kegiatan ini akan mendatangkan sekitar 5.000 wisatawan, terutama wisatawan penggemar sepeda. \u201dSudah ba- nyak yang konfirmasi ingin ikut acara ini dari luar kota,\u201d kata Yulia.

(abdul malik mubarak)
MALAM TAHUN BARU
Malioboro Bebas Kendaraan Bermotor

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Boy Rafli Amar mengatakan sudah memerintah- kan seluruh polres dan polsek di jajaran Polda Metro Jaya untuk membersihkan peredaran dan penggunaan petasan. \u201dKami me- mang melarang penggunaan mer- con atau petasan untuk perayaan malam tahun baru, seandainya di- temukan, maka akan kami tindak pelakunya,\u201d ancam Boy di Jakarta kemarin.

Selain memberikan perintah ke seluruh polres dan polsek,Polda Metro Jaya akan bekerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyosialisasikan larangan ini. Bahkan, Pemprov DKI Jakarta juga akan membantu melakukan razia di beberapa titik peredaran petasan.

Tindakan razia dans w e e p i n g juga sudah dilakukan di beberapa lokasi di Jakarta. Pemerintah Kota Jakarta Selatan sejak beberapa hari lalu menerjunkan timnya un- tuk merazia pedagang kembang api dan petasan. Kepala Suku Dinas Polisi Pamong Praja Jakarta Selatan Jurnalis mengatakan, se- suai perintah Gubernur DKI Ja- karta, polisi pamong praja sudah melakukans w e e p i n g dan razia di lokasi-lokasi penjualan kembang api dan petasan di wilayah selatan Jakarta.

Menurut dia,swepingdipusat-

kan di pasar-pasar tradisional. \u201dKarena di pasar-pasar itulah petasan dan kembang api dijual,\u201d

katanya. Jurnalis me- nyatakan, dalam ke- giatan tersebut pihak- nya melibatkan pol- sek setempat untuk penegakan hukum. Semua petasan yang berhasil disita akan

langsung dimusnahkan.Pasar yang menjadi sasaranswe ping dan razia adalah Pasar Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Ciputat, Pasar Minggu, dan Cilandak.

\u201dKami tidak pilih kasih. Siapa pun yang menjual, akan kami tindak,\u201d katanya. Menurut Jurnalis, petasan-petasan yang beredar di Jakarta sebenarnya berasal dari luar daerah. Petasan ini biasanya dipasok dari Parung, Bogor, Jawa Barat. Karena itu, selain merazia

pasar dan penjual, Jurnalis juga
akan menerjunkan tim untuk

memeriksa setiap kendaraan yang memasuki wilayah Ja- karta, terutama ken- daraan-kendaraan yang dicurigai memuat petas- an dan kembang api.

Larangan menggu-
nakan petasan juga di-

keluarkan Polres Kara- wang. \u201dKami meminta masyarakat Karawang yang akan merayakan pesta tahun baru nanti bisa men- jaga keamanan dan ketertiban dengan tidak menyalakan petas- an,\u201d kata Kepala Bagian Operasi Polres Karawang AKP Haryo Tejo di Karawang kemarin.

Menurut dia, menyalakan petasan pada perayaan malam Tahun Baru cukup membahayakan karena terdapat percikan api.Tapi di Karawang ini, menyalakan kem-

bang api masih diperbolehkan. Polres Karawang juga memboleh- kan masyarakat untuk menggelar pawai atau konvoi baik mengguna- kan sepeda motor, mobil tertutup, dan mobil bak terbuka.

Namun, perayaan malam Tahun Baru dengan pesta kembang api dan pawai tetap harus dilakukan dengan tertib. Untuk mengantisi- pasi pengamanan, Polres Karawang akan menurunkan 422 personel. Para personel itu akan disebar di beberapa titik keramaian di sekitar Karawang, terutama lokasi-lokasi yang dijadikan sebagai tempat perayaan malam Tahun Baru. \u201dDari 422 personel itu, ada pula petugas yang mengatur lalu lintas, sehingga mereka bisa meminimalisasi terjadinya kemacetan pada malam tahun baru,\u201d ujarnya.

Razia petasan juga dilakukan
Polres Majalengka. Wakapolres

Majalengka Kompol Udin Zae- nudin mengatakan,raziapetasanini merupakan bagian dari Operasi Lilin Lodaya dalam rangka meng- amankan perayaanNataldanTahun Baru.

\u201dKegiatan inimenjadisalahsatu bagian dari pengamanan Natal dan Tahun Baru. Sebagai langkah antisipasi atas tindakan kriminal, kami menggelar operasi pekat (penyakit masyarakat),\u201d kata Udin kepadaSeputar Indonesiakemarin.

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Sumut Kombes Pol Baha- rudin Djafar mengatakan, peng- gunaan petasan jelas dilarang. Bahkan penggunaan kembang api pun tetap harus mengantongi izin dari Mabes Polri, terutama kem- bang api yang memiliki ukuran dan daya ledak besar.

(helmi syarif/taofik
hidayat/haris dasril/ant)
JAKARTA(SI) \u2013 Pihak

kepolisian melarang
penggunaan petasan
selama perayaan malam
Tahun Baru. Bahkan
kepolisian akan
melakukan razia dan
sweeping petasan
di sejumlah wilayah.

Polisi Sweeping Petasan
Kendaraan Masuk Jakarta Akan Diperiksa
Dishub KBB Siapkan
125 Personel
BANDUNG(SI) \u2013 Dinas Perhu-

bungan Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menerjunkan 125 per- sonel untuk pengamanan perayaan malam Tahun Baru 2010. Seluruh personel tersebut difokuskan pada 2 titik konsentrasi, yaitu di sekitar Padalarang dan Lembang. \u201dKami menerjunkan 125 personel yang disiapkan mengantisipasi ke- ramaian pada pergantian tahun nanti, mengingat KBB, khususnya Lembang, adalah salah satu tem- pat favorit bagi warga untuk me- nunggu perubahan tahun,\u201dungkap Kepala Dinas Perhubungan KBB Tjatja Mulyono.

Menurut dia, personel yang di- siapkan adalah petugas yang mem- bantu pihak kepolisian dan telah melaksanakan tugas pengamanan Natal sejak 24 Desember 2009\u20132 Januari 2010. Sebagian besar per- sonel itu akan dikonsentrasikan di sekitar Lembang mulai dari per- batasan wilayah dengan Kota Ban-

dung di Setiabudi hingga Tangku- banperahu. Dia memperkirakan, kendaraan yang akan masuk wi- layah Lembang pada malam per- gantian tahun nanti lebih dari 20.000 unit.

Untuk mengantisipasi ke- macetan akibat meningkatnya volume kendaraan, polisi akan memberlakukan sistem buka tu- tup jalur. \u201dPerkiraan kami ken- daraan yang masuk Lembang pada perayaan tahun baru nanti jumlah- nya bisa meningkat 20%,\u201d pa- parnya.

Kepala Seksi Lalu Lintas Bam- bang Surya mengatakan, ada bebe- rapa jalur alternatif di Lembang yang bisa digunakan untuk me- mecah kemacetan. Di antaranya jalur Pagerwangi dan Puncrut. \u201dRekayasa jalan tetap akan diberlakukan, namun sifatnya situasional tergantung kondisi yang terjadi,\u201d paparnya.

(adi haryanto)
Libur Natal,Arus di Pantura Naik 5%
BREBES (SI) \u2013 Selama libur Natal

2009 arus kendaraan yang me- lintasi jalur pantai utara (pantura) Pulau Jawa meningkat hingga 5%. Peningkatan arus ini didominasi oleh kendaraan pribadi.

Akibatnya, di beberapa titik jalur pantura terjadi kemacetan dan antrean kendaraan. Misalnya di jembatan Sungai Pemali dan pertigaan Pejagan, Kecamatan Tanjung, Brebes. \u201dKepadatan ken- daraan ini karena ada perbaikan dan pelebaran jalan di pertigaan Tanjung,\u201d ungkap Kasatlantas Pol- res Brebes AKP Matrius di Brebes kemarin.

Matrius memantau arus ken- daraan dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah yang mulai mening- kat sejak Kamis (24/12) siang. Pun- caknya terjadi pada Jumat (25/12) siang. Peningkatan arus balik dari Jawa Tengah menuju Jakarta ter- jadi pada Minggu (26/12). Pening- katan jumlah kendaraan itu me- nyebabkan jalur pantura padat. Namun, kondisi itu tidak sampai memacetkan jalur pantura.

\u201dPerkiraan kami ada sekitar 25.000 kendaraan yang memadati jalur pantura selama libur Natal. Untuk libur tahun baru, kemungkinan juga akan sama,\u201d katanya.

Karena itu Polres Brebes sudah menyiapkan jalur alternatif meng- hadapi kemungkinan terjadinya lonjakan arus kendaraan dari arah Jakarta maupun sebaliknya pada liburan panjang tahun baru 2010. Jalur alternatif yang disiapkan yakni jalur Kersana-Ciledug, Ka- bupaten Cirebon, Jawa Barat. Jalur alternatif itu akan digunakan jika kelak terjadi kemacetan di jalur utama pantura.

Menurut Matrius, jalur alter- natif itu disediakan bagi pemudik dari arah Yogyakarta maupun Se- marang.Para pemudik dari arah Ja- karta tetap melewati jalur pantura. Alasannya, jalur tol Pejagan-Kanci hingga saat ini belum bisa di- operasikan.

Kepala Balai Pelaksana Teknis (BPT) Bina Marga Jawa Tengah un- tuk wilayah Tegal, Hanung Triono, mengakui adanya beberapa

kegiatan perbaikan jalan di jalur pantura. Perbaikan ini meliputi pengerukan lapisan aspal dan menambal lubang jalan yang bisa membahayakan

keselamatan pengguna jalan. \u201dKami terus me- lakukan pemeliharaan jalan, ter- utama yang kondisi aspalnya rusak seperti di Jalan Martoloyo, Kota Tegal, dan pertigaan Tanjung, Bre- bes,\u201d ujarnya.

Sementara itu, Polwiltabes Se- marang akan memprioritaskan pengamanan di sejumlah titik ke- ramaian di Kota Semarang. Polwil- tabes Semarang akan menyiaga- kan 232 personel untuk pengaman- an tersebut. Selain itu, Polwiltabes Semarang juga akan mendirikan pos pengamanan terpadu untuk memantau situasi.

Pos pengamanan didirikan di beberapa titik rawan kemacetan dan kejahatan. Titik-titik yang rawan terjadi penumpukan massa, terlebih pada malam Tahun Baru itu seperti di kawasan Simpang- lima, Gombel, dan Pantai Marina.

(kastolani/muhammad oliez)
DITERTIBKAN:Penjualan kembang api di Jalan Zainul Arifin Medan mulai ramai jelang perayaan malam tahun baru. Pihak kepolisian akan
menertibkan dan merazia para pedagang kembang api agar tidak menjual petasan.
SI/RAHMADSU
RYADI
Hal02xxx 12/28/09 11:52 PM Page 2
TABUNGAN BRI
3
SELASA 29 DESEMBER 2009
SEPUTAR INDONESIA
hal03(IKL)nas 12/28/09 9:31 PM Page 5

Activity (15)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
budkusuma9832 liked this
Adnap Fu liked this
Rofiqotul Izzah liked this
Nita Rahayu liked this
Muhammad Idris liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->