Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH RINGKASAN

MAKALAH RINGKASAN

Ratings: (0)|Views: 533 |Likes:
Published by Muhammad Nur

More info:

Published by: Muhammad Nur on Dec 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/20/2012

pdf

text

original

 
BAB 1KONSEP DASAR SISTEMA.PENDAHULUAN
Pada bab pertama ini akan dijelaskan bahwa teknologi hanya merupakan salahsatu dari empat elemen sistem informasi dalam organisasi. Untuk mengembangkansystem informasi, maka kita perlu memahami prinsip, teknik, dan catatan untuk analisis sistem dan desain sehingga kita akhirnya dapat memahami bagaimanamenganalisa keadaan bisnis yang secara logis menerapkan teknologi informasi untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Prinsip-prinsip ini perlu dikuasai oleh seorangmanajer atau pemakai sistem informasi disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut ini :1.Para manajer bisnis sangat mungkin mengembangkan sistem mereka sendiri.Untuk membangun sistem dengan
and-user 
yang berkualitas, seorang manajer harus menerapkan prinsip yang sama jika sistem tersebut dikerjakan oleh pihak lain.2.Seorang manajer bisnis memang mungkin saja bekerjasama atau berkonsultasidengan professional sistem. Untuk itu seorang manajer harus menguasai konsepsistem sehingga dapat mengkomunikasikan dan mengkonfirmasikan apa yangdiinginkan oleh perusahaan.3.Seorang manajer bisnis harus memahami konsep sistem untuk menguasai sisteminformasi.
B.KONSEP SISTEM
Sistem adalah seperangkat komponen yang saling berhubungan dan saling bekerja sama untuk mencapai beberapa tujuan. Sistem informasi adalah kumpulanhardware dan software komputer, prosedur, dokumentasi, formulir dan orang yang bertanggung jawab untuk memperoleh, menggerakkan, manajemen, distribusi datadan informasi. Proses ini yang harus diikuti dalam pengembangan suatu sistem yang baik disebut
 system analysis and design (SA&D)
. Proses SA&D ini didasarkan pada pendekatan sistem untuk mengatasi suatu masalah yang disebabkan oleh beberapa prinsip dasar sebagai berikut :
Seorang manajer harus tahu
apa (what)
yang dilakukan oleh suatu sistemsebelum membuat spesifikasi
bagaimana (how)
suatu sistem bekerja.
Memilih cakupan yang tepat atas keadaan atas keadaan yang dianalisa akan berpengaruh terhadap masalah apa yang bisa diatasi dan yang tidak.
Suatu masalah (atau sistem) sebenarnya terdiri dari beberapa masalah, sehinggastrategi yang tepat adalah mengurutkan masalah yang besar kemasalah yangkecil.1
 
Pemecahan suatu masalah antara satu bagian dengan bagian yang lain mengkinsekali berbeda, sehingga pemecahan altenatif yang menunjukan perspektif yang berbeda hendaknya dibuat dan diperbandingkan sebelum hasil akhir dipilih.
Masalah dan pemahamannya berubah ketika dilakukan analisa, sehinggaseorang manajer harus mengambil pendekatan bertahap terhadap pemecahanmasalah. Hal ini memungkinkan komitmen yang terus bertambah terhadap pemecahan masalah tertentu, dimana keputusannya adalah berlanjut atau tidak ketahap berikutnya.
C.KERANGKA KERJA ORGANISASIONAL DARI SUATU SISTEM
Ada beberapa macam kerangka macam kerangka kerja organisasional darisuatu sistem, namun yang terpenting adalah agar organisasi dapat bekerja efektif.Kerangka kerja yang dimaksud seperti pada gambar berikut adalah manusia,teknologi, tugas-tugas/prosedur, dan struktur organisasi. Hal yang harus diperhatikanadalah setiap kali mengubah satu karakteristik atau lebih dari empat komponen yangada, kita harus mempertimbangkan perubahan karakteristik yang lain. Contohsederhananya adalah kalau teknologi komputer dikantor berubah, maka orang dalamorganisasi tersebut harus pula berubah, dan mungkin cara merubahnya adalah dengandilakukan pelatihan ulang bagi pegawai. Kalau salah satu komponen organisasi berubah, dan komponen yang lain juga harus berubah, maka pertanyaannya adalahdalam kontek kepentingan organisasi, komponen manakah yang pertama kali diubah ? jawaban secara konkrit mungkin sangat sulit, namun jika teknologi berubah, makakita harus mempertimbangkan kompensasi perubahan tiga komponen lainnya. Kitadapat menggunakan perubahan ini untuk memaksa komponen lain untuk ikut berubah,dan kita dapat menggunakan perubahan teknologi agar terjadi inovasi yangmenguntungkan perusahaan. Gambar 1.1.
 Komponen Dasar dari Organisasi
D.KARAKTERISTIK SISTEM
2
 
Struktur OrganisasiTeknologiTugas / Prosedur Manusia
(People)
 
Untuk memahami atau mengembangkan suatu sistem, kita perlu membedakanunsur-unsur dari sistem yang membentuknya. Berikut ini karakteristik sistem yangdapat membedakan suatu sistem dengan sistem lainnya :
Batasan (Boundary)
: Penggambaran dari suatu elemen/unsur mana yangtermasuk di dalam sistem dengan sistem lainnya.
Lingkungan (Environtment)
: Segala sesuatu diluar sistem; lingkunganmenyediakan asumsi, kendala, dan input terhadap suatu sistem.
Masukan (Input)
: Sumberdaya (data, bahan baku, peralatan, energi) darilingkungan yang dikonsumsikan dan dimaipulasi oleh suatu sistem.
Keluaran (Output)
: Sumberdaya atau produk (informasi, laporan, dokumen,tampilan dilayar komputer, barang jadi) yang disediakan untuk lingkungansistem oleh kegiatan suatu sistem.
Komponen (Components)
: Kegiatan-kegiatan atau proses dalam suatusistem yang mentransformasikan input menjadi bentuk setengah jadi ataupunoutput. Komponen ini bisa subsistem dari sebuah sistem.
Interface
: Tempat dimana komponen atau sistem dan lingkungannya bertemuatau berinteraksi.
Penyimpanan (Stroge)
: Area yang dikuasai dan digunakan untu penyimpanan sementara dan tetap dari informasi, energi, bahan baku, dansebagainya. Penyimpanan merupakan suatu media penyangga diantarakomponen sistem yang memungkinkan komponen tersebut bekerja dengan berbagai tingkatan yang ada dan memungkinkan komponen yang berbeda dari berbagai data yang sama.
E.JENIS-JENIS SISTEM
Dalam teori sistem dapat dijumpai bukan satu dua, melainkan puluhan jenissistem yang diketengahkan oleh para ilmuan, namun yang erat kaitannnya dengansistem informasi nampaknya adalah apa yang ditampilkan oleh Gordon B. Davissebagai berikut :
Sistem Abstrak dan Sistem Fisik (Abstrak System and Physical System)
Sistem Abstrak 
Sistem Abstrak adalah susunan yang teratur dari gagasan-gagasan yangsatu sama yang lain berada dalam ketergantungan.
Sistem Fisik 
Sistem Fisik adalah suatu perangkat unsur yang secara bersama-sama beroperasi untuk mencapai suatu tujuan.
Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik (Deterministic System andProbabilistic System)
3

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
in_a_success liked this
Hapzah Kurozaki liked this
Deska Milik Gian liked this
ISKANDAR ARIFIN liked this
Habib Muhanny liked this
lukensaputra liked this
zulkandy liked this
005889 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->