Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
50Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KEMISKINAN

KEMISKINAN

Ratings: (0)|Views: 1,960 |Likes:
Published by CANDERA

More info:

Published by: CANDERA on Dec 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2013

pdf

text

original

 
KEMISKINAN, KETIMPANGAN, DAN PEMBANGUNANA. KEMISKINAN
1.Why?
Kemiskinan dialami oleh semua negara di dunia
Permasalahan klasik di negara miskin: pertumbuhan versus distribusipendapatan
Penyebaran kemiskinan tidak merata di NSB
kemiskinan berbeda dengan ketimpangan distribusi pendapatan.
2.WHAT?
kemiskinan absolut:
diidentifikasikan jumlah penduduk yang hidup di bawah gariskemiskinan tertentu
Didasarkan pada pada konsumsi, terdiri dari dua elemen:
Pengeluaran yang diperlukan untuk membeli standar giziminimum dan kebutuhan mendasar lainnya
Jumlah kebutuhan lain yang sangat bervariasi
Garis kemiskinan (poverty line):
Rp/kapita/bulan
Desa vs kota
kemiskinan relatif:
pangsa pendapatan nasional yang diterima oleh masing-masinggolongan pendapatan
Dibandingkan lingkungan di mana tinggal
kemiskinan kultural
kemiskinan struktural
3.SEBERAPA BESAR TINGKAT KEMISKINAN TERJADI
Menggunakan cara Headcount Index: menghitung jumlah miskin sebagaiproporsi dari populasi
 
cara Poverty Gap: menghitung transfer yang akan membawapendapatan setiap penduduk miskin hingga tingkat di atas garis kemiskinanpenduduk miskin dan tingkat kemiskinan yang berkesinambungan cukup cepat(Booth, 1992). Pertama, ketidakseimbangan dalam kawasan pedesaan menurunantara tahun 1981 dan 1987. Kedua, garis kemiskinan pedesaan yang ditetapkanoleh BPS dalam kenyataan bertambah lebih lambat antara tahun 1981 dan 1987dibanding indeks harga pedesaan yang digunakan.Hal ini merefleksikan fakta bahwa harga bahan makanan pokok, khususnyaberas, meningkat kurang cepat sejak tahun 1981 dibandingkan dengan harga-harga lainnya.Studi yang dilakukan oleh Sumarto (2002) dari SMERU Research Instituteberdasarkan survei yang dilakukan atas 100 desa selama periode Agustus 1998hingga Oktober 1999. Hasil studinya menemukan bahwa:
Terdapat hubungan negatif yang sangat kuat antara pertumbuhan dankemiskinan. Artinya, ketika perekonomian tumbuh, kemiskinan berkurang;namun ketika perekonomian mengalami kontraksi pertumbuhan,kemiskinan meningkat lagi.
Pertumbuhan tidak mengurangi kemiskinan secara permanen. Walaupunterjadi pertumbuhan dalam jangka panjang selama periode sebelum krisis,banyak masyarakat yang tetap rentan terhadap kemiskinan.
Pertumbuhan secara kontemporer dapat mengurangi kemiskinan. Sehinggapertumbuhan yang berkelanjutan penting untuk mengurangi kemiskinan.
Walaupun terjadi pertumbuhan dalam jangka panjang, namun tidakmengurangi kemiskinan secara permanen. Sejumlah besar masyarakattetap rentan terhadap kemiskinan. Oleh karena itu, manajemen kejutan(management of shocks) dan jaring pengaman harus diterapkan.
Pengurangan ketimpangan mengurangi kemiskinan secara signifikan.Sehingga sangat penting untuk mencegah pertumbuhan yangmeningkatkan ketimpangan.
 
Memberikan hak atas properti dan memberikan akses terhadap kapitaluntuk golongan masyarakat miskin dapat mengurangi kesenjangan,merangsang pertumbuhan, dan mengurangi kemiskinan.
A. PENGERTIAN KEMISKINAN
Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi kekurangan hal-hal yang biasauntuk dipunyai seperti makanan , pakaian , tempat berlindung dan air minum, hal-hal ini berhubungan erat dengan kualitas hidup .Kemiskinan dipahami dalam berbagai cara. Pemahaman utamanya mencakup:
Gambaran kekurangan materi, yang biasanya mencakup kebutuhanpangansehari-hari,sandang, perumahan, dan pelayanan kesehatan. Kemiskinan dalam arti ini dipahami sebagai situasi kelangkaan barang-barang dan pelayanan dasar.
Gambaran tentang kebutuhan sosial, termasukketerkucilan sosial,ketergantungan, dan ketidakmampuan untuk berpartisipasi dalammasyarakat. Hal ini termasukpendidikandaninformasi. Keterkucilan sosial biasanya dibedakan dari kemiskinan, karena hal ini mencakup masalah-masalah politik dan moral, dan tidak dibatasi pada bidang ekonomi.
Gambaran tentang kurangnyapenghasilandankekayaanyang memadai. Makna "memadai" di sini sangat berbeda-beda melintasi bagian-bagianpolitikdanekonomidi seluruh dunia.
MENGUKUR KEMISKINANKemiskinan Absolut
Kemiskinan absolut adalah sejumlh penduduk yang tidak mampumendapatkan sumber daya yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar.Kemiskinan absolut mengacu kepada sejumlah penduduk yang hidup dibawah & quot; garis kemiskinan internasional & quot; atau yang kurang daritingkat pendapatan minimum tertentu

Activity (50)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ali Ashari liked this
Risal Rinofah liked this
Amad Bahsin liked this
Novi Mubyarto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->