Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
76Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH protokol jaringan

MAKALAH protokol jaringan

Ratings: (0)|Views: 5,526 |Likes:
Published by junaidi

More info:

Published by: junaidi on Dec 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/21/2013

pdf

text

original

 
MakalahProtokolJaringan
2009
BAB IPENDAHULUAN1.1 Latar
 Belakang 
Model OSI menyediakan secara konseptual kerangka kerja untuk komunikasi antar computer, tetapi model ini bukan merupakan metode komunikasi. Sebenarnya komunikasidapat terjadi menggunakan protocol komunikasi. Di dalam konteks jaringan data, sebuah protocol adalah suatu aturan formal dan kesepakatan yang menentukan bagaimana computer  bertukar informasi melewati sebuah media jaringan. Sebuah protocol mengimplementasikansalah satu atau lebih dari lapisan – lapisan OSI. Sebuah variasi yang lebar dari adanya protocol komunikasi, tetapi semua memelihara pada salah satu aliran group: protocol LAN, protocol WAN, protocol jaringan dan protocol routing.Protocol LAN beroprasi pada lapisan fisik dan data link dari model OSI sertamendefinisikan komunikasi dari macam – macam media LAN. Protocol WAN beroprasi pada ketiga lapisan terbawah dari model OSI dan mendifinisikan dari macam – macamWAN. Protocol routing adalah protocol lapisan jaringan yang bertanggung jawab untuk menentukan jalan dan pengaturan lalu lintas. Akhirnya protocol jaringan terdiri dari berbagai protocol dari lapisan teratas yang ada dalam sederetan protocol.
1.2 Batasan Masalah
Dari latar belakang yang muncul maka perlu diberikan suatu batasan masalah,masalah yang kami angkat yakni tentang protocol dalam sebuah jaringan.
1.3 Tujuan
Adapun penulisan makalah ini dapat memenuhi sasaran yang jelas dan terarah makaterlebih dahulu harus memiliki tujuan yang tepat.Adapun tujuan tersebut antara lain :
Sebagai pedoman uji presentasi akhir semester.
Sebagai sarana pembelajaran mata kuliah jaringan komputer.
My website www.june.mw.lt 1
 
MakalahProtokolJaringan
2009
BAB IIPEMBAHASAN
2.1 Definisi protokol
Protokol adalah suatu aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada dalam sebuah jaringan komputer, misalnya mengirim pesan, data, informasi dan fungsi lain yang harus dipenuhioleh sisi pengirim (transmitter) dan sisi penerima (receiver) agar komunikasi dapat berlangsungdengan benar.Selain itu protokol juga berfungsi untuk memungkinkan dua atau lebih komputer dapat berkomunikasi dengan bahasa yang sama.Hal – hal yang harus dipehatikan dalam protokol adalah sebagai berikut:
Syntax, merupakan format data dan cara pengkodean yang digunakan untuk mengkodekansinyal.
Semantix, digunakan untuk mengetahui maksud dari infomasi yang dikirim dan mengoreksikesalahan yang terjadi dari informasi tadi.
Timing, digunakan untuk mengetahui kecepatan transmisi data.
2.2 Fungsi protokol
Secara umum fungsi dari protokol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan penerimadalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar dengan kehandalan yang tinggi.Sedangkan fungsi protokol secar detail dapat dijelaskan sebagai berikut:
Fragmentasi dan reassemblyFungsi dari fragmentasi dan reassembly adalah membagi informasi yang dikirim menjadi beberapa paket data pada saat sisi pengirim mengirimkan informasi tadi dan setelahditerima maka si penerima akan menghubungkan lagi menjadi paket berita yang lengkap.
EncaptulationFungsi dari encaptulaton adalah melengkapi berita yang dikirimkan dengan address, kode – kode koreksi dan lain – lain.
Connection ControlFungsi dari connection control adalah membangun hubungan komunikasi dari transmitter dan receiver, dimana dalam membangun hubungan ini termasuk dalam hal pengiriman datadan mengakhiri hubungan.
My website www.june.mw.lt 2
 
MakalahProtokolJaringan
2009
Flow controlFungsi dari flow control adalah mengatur perjalanan data dari transmitter ke receiver 
Error ControlDlam pengiriman data tak lepas dari kesalahan, baik itu dalm proses pengiriman maupun pada waktu data itu diterima. Fungsi dari error control adalah mengontrol terjadinyakesalahan yang terjadi pada waktu data dikirimkan.
Transmission serviceBerfungsi untuk member pelayanan komunikasi data khususnya yang berkaitan dengan prioritas dan keamanan serta perlindunagan data.
2.3 Susunan Protokol
Protokol jaringan disusun dalam bentuk lapisan – lapisan (layer). Hal ini mengandung artisupaya jaringan yang dibuat nantinya tidak menjadi rumit. Di dalam layer ini, jumlah, nama isi danfungsi setiap layer berbeda – beda. Akan tetapi, tujuan dari setiap layer ini adalah memeberi layananke layer layer yang ada di atasnya. Susunan dalam layer ini menunjukkan tahapan dalammelakukan komunikasi.Antara setiap layer yang berdekatan terdapat sebuah interface. Interface ini menentukanlayanan layer yang dibawah kepada layer yang diatasnya. Pada saat merencanakan sebuah jaringan,hendaknya mempertimbangkan bagaimana menentukan interface yang tepat yang akan ditempatkandiantara dua layer yang bersangkutan.Sebuah himpunan layer dan protokol disebut arsitektur jaringan. Sebuah arsitektur harusterdiri dari infomasi yang cukup memungkinkan suatu implementasi menulis program ataumembentuk perangkat keras pada setiap layer-nya.
My website www.june.mw.lt 3

Activity (76)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Adie ChAndra liked this
AddisonGiovanni liked this
Agus Oka Gunawan liked this
Angzou liked this
Yayi Purnama liked this
Lina Susanti liked this
Nani Rostika liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->