Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
0Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Amalan Harian Rasulullah Saw

Amalan Harian Rasulullah Saw

Ratings: (0)|Views: 2,494 |Likes:
Published by adam

More info:

Published by: adam on Jan 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/19/2013

pdf

text

original

 
HAYATI AMALAN HARIAN RASULULLAH SAW.|Kita semua menyedari bahawa hidup ini hanyalah sesaat..Ingatlah sesungguhnya HariAkhirat adalah alam kekal abadi . Oleh itu bersiap sedialah dengan bekalan yang sejati.Tidaklah hairan, mengapa orang Mukmin semakin hari semakin bertakwa. Karenamereka tahu dan sadar bahwa SEMAKIN HARI SEMAKIN DEKAT PERJUMPAANDENGAN ALLAH SWT. Sehingga hari-harinya dilalui dengan kesibukan untuk MEMPERBAIKI DIRI dengan amal. Soleh.Salah satu usahanya adalah melahirkan perbaikan dan kebajikan denganMENGAMALKAN SUNNAH HARIAN Rasulullah SAW.Rakan-rakan se-iman, marilah kita menghentikan sejenak aktiviti kita sehari-hari yangmenyibukkan diri, agar kita dapat sejenak waktu untuk BERHENTI, BERFIKIR,MERENUNG dan MENCONTOH teladan kita semua RASULULLAH SAW, melaluiAL-QOLAM singkat ” 7 Sunnah Harian NABI SAW ”, agar menjadikan hidup kita lebih bermakna, untuk mempersiapkan diri kita demi memenuhi sisa-sisa kehidupan kita.
1. Shalat Tahajud
Kita semua mengetahui, bahwa Shalat Tahajud adalah SHALAT TERAMAT PENTINGSETELAH SHALAT FARDHU (wajib) lima waktu. Kerana dengan shalat Tahajud AllahSWT akan MENGANGKAT MAQOM kehidupan manusia.Shalat Tahajud dilakukan diwaktu malam (setelah tidur) kerana di saat malam-sunyitersebut melakukan shalat akan LEBIH KHUSYUK dan bacaan di waktu dini hariLEBIH BERKESAN.Al-Isra : 79 ”Dan dari sebahagian malam hendaklah engkau bangun (tahajud), sebagaiAMALAN TAMBAHAN untukmu. Semoga Tuhanmu mengangkat (derajatmu) ketempat terpuji”.Abu Hurairah R.A meriwayatkan RASULULLAH SAW bersabda :”Tuhan kita turunSETIAP MALAM ke langit dunia pada SEPERTIGA MALAM terakhir, dan berfirman – Siapa yang BERDOA kepada-Ku PASTI AKU KABULKAN, siapa yang MEMOHONkepada-Ku PASTI AKU BERI, dan siapa yang MEMOHON AMPUN kepada-Ku,PASTI AKU AMPUNI !” (HR. Al-Jama’ah).Amr bin Al-Ash meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda :”Sedekat-dekat hamba kepada Allah SWT adalah PADA TENGAH MALAMTERAKHIR. Apabila engkau bisa termasuk golongan orang BERDZIKIR mengingatAllah SWT pada saat itu, maka lakukanlah ” (HR. Al-Hakim).Salman Al-Farisi meriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda :”Kerjakanlah shalat malam, sebab itu adalah KEBIASAAN ORANG SOLEH sebelum
 
kamu, JALAN MENDEKATKAN DIRI kepada Tuhan, PENEBUS KESALAHAN,PENCEGAH DOSA, serta PENGHALAU SAKIT ”.Subhanallah ! Demikian besarnya keutamaan Shalat Tahajud. Marilah kita mulai rutinlakukan !Pelaksanaan :- Shalat malam sebaiknya DILAKUKAN DI RUMAH, bukan di Masjid.- Bacaan shalat malam BOLEH NYARING dan juga BOLEH PELAN.- Jumlah rakaatnya MINIMAL 2 rakaat, 4, 8, dst, tidak terbatas.- Diakhiri dengan SHALAT SUNNAH WITIR 3 rakaat, ganjil.
2. Membaca & Mempelajari AL-QUR’AN
Rekan Muslim, terjadinya berbagai masalah kompleks dalam kehidupan pribadi,keluarga, organisasi, perusahaan dan bernegara, terjadinya karena semua bersumber kepada AL-QUR’AN TIDAK DIJADIKAN SEBAGAI PETUNJUK dan PEDOMANHIDUP.Kinilah saatnya kita ”kembali untuk mendalami” kitab yang bersumber dari Allah SWT!(bukan karangan manusia !) tersebut.Al-Qur’an sebaiknya dipelajari secara SISTEMATIS, diungkap maknanya, digalikandungannya dan isinya sebagai PEDOMAN HIDUP. Bahkan secara transendental- psikologis, Al-Qur’an harus didekati secara emosional, MELIBATKAN PERASAANdalam upaya menyelami makna terdalam dan hikmah tertinggi yang dimiliki.”Dan apabila dibacakan ayat-ayat Allah SWT yang maha Pemurah kepada mereka,mereka MENYUNGKUR, BERSUJUD dan MENANGIS” (QS. Maryam : 58)HR.Tirmidzi :”Al-Quran adalah kitab Allah SWT yang berisi SEJARAH UMAT sebelum kamu,BERITA UMAT sesudahmu, kitab yang MEMUTUSKAN/menyelesaikan urusan diantara kamu, yang nilainya bersifat PASTI & ABSOLUT. Siapa saja yang durhaka”meninggalkannya” pasti Allah SWT akan ”memusuhinya”. Siapa yang MENCARIPETUNJUK SELAIN AL-QUR’AN, PASTI AKAN TERSESAT. Al-Qur’an adalah taliAllah yang sangat kuat, PERINGATAN YANG BIJAKSANA dan JALAN YANGSANGAT LURUS”.
 
Langkah yang sebaiknya kita lakukan adalah dengan :- Membacanya- Mencatatnya- Menghafalnya- Memahaminya- MengamalkannyaPerlu diingat, bahwa Al-Qur’an baru terbukti menjadi petunjuk ketika adaKENYATAAN DALAM PRAKTEK KEHIDUPAN kita. Agar pendalaman Al-Qur’anyang kita lakukan semakin berimplikasi positif bagi kita dan manusia secara umum, makadalam MENGEKSPLOITASI isi, kisah, hikmah Al-Qur’an seharusnya kita belajar kepada para ulama yang sudah lebih awal dan lebih panjang menadaburi Al-Qur’antermasuk sejumlah tafsir dan karya tulis.Sedemikian pentingnya sebuah kandungan makna/isi Al-Qur’an, sampai Allah SWT berfirman :”Kalau sekiranya kami turunkan Al-Qur’an kepada sebuah gunung, pasti kamu akanmelihatnya TUNDUK TERPECAH-PECAH disebabkan TAKUT KEPADA ALLAHSWT. Perumpamaan itu Kami buat untuk manusia supaya mereka BERPIKIR ! ” (QS.Al-Hasyr : 21)
3. Shalat Shubuh Berjamaah di Masjid
Rasulullah SAW menyampaikan sebuah hadits di hadapan para sahabatnya, ketikamenanyakan salah seorang jamaahnya tidak terlihat dalam shaf shubuh berkali-kali :”Sungguh, shalat yang PALING BERAT BAGI ORANG MUNAFIK, adalah shalat Isyadan SHALAT SHUBUH. Sekiranya mereka mengetahui apa yang terkandung didalamnya, mereka pasti mendatangani keduanya, SEKALIPUN DENGANMERANGKAK ” (HR. Bukhari-Muslim).Banyak ulama hadits menilai tentang penjelasan hadits ini, di antaranya bahwa untuk menilai seseorang apakah sungguh-SUNGGUH BERIMAN atau malah MUNAFIK,maka dapat dilihat shalat shubuhnya.Shalat Shubuh merupakan satu di antara shalat wajib 5-waktu yang mempunyaiKEKHUSUS-AN dan memiliki KEUTAMAAN yang luar biasa.1.Merupakan SHALAT PALING UTAMA yang diwajibkan pada kaum Muslimin.(merupakan shalat yang sejak awal disyariatkan tetap 2-rakaat).2.ADZAN shubuh berbeda dengan adzan shalat wajib lainnya, dengan menambahkan’Ash-shaltu khairum minan naum’ – ”shalat itu lebih baik dari tidur, sebanyak 2 kali”.

Activity (0)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Devi Rovina liked this
Ana MAmi liked this
Ella Yuan liked this
Hendy Fathan liked this
amiaries liked this
Cassie Reihan liked this
Aprizon liked this
mded liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->