Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
6Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Edisi 3

Edisi 3

Ratings:

5.0

(6)
|Views: 2,936 |Likes:
Published by Hilmi Setiawan
Redaksi.
Bebas. Tolong disebarluaskan.
Terima kasih
Redaksi.
Bebas. Tolong disebarluaskan.
Terima kasih

More info:

Published by: Hilmi Setiawan on Apr 08, 2008
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/08/2014

pdf

text

original

 
 EDUKASI 
 Lebih Dari Sekedar Berita
(Bersambung hal: 7, Tarif Turun)
HMJ TARBIYAH STAIN JEMBER
buletin-edukasi.blogspot.com
SENIN
31 MARET 2008TERBIT 8 HALAMANDUA MINGGUAN
SEJAK
tahun 1700, tembakau asal Jember sudah melanglang buanakepenjuru dunia. Cita rasa yang khasmembuat orang-orang di Kuba,Prancis dan Spanyol kepincut. Sampaisekarang, ketiga negara tadi masihsetia dengan tembakau Jember. Tetapisayang, ratusan bukit, salah satu faktorpendukung kualitas temabakau Jember, dari hari ke hari jumlahnyaterus berkurang.
Jalan-jalan......8
DUA ORANG
polisi dengan latarbelakang keluarga dan kepentinganyang berbeda berada dalam satu kasusyang sama. Polisi yang satu adalahmata-mata yang ditempatkan di saranggembong mafia Irlandia. Dan polisiyang satunya lagi adalah didikanpenjahat yang sengaja ditempatkan dikepolisian sebagai mata-mata dansumber informasi. Adu trik untukmengelabui keluar dari kedua tokohuntuk tetap menjadga jati dirinyasesungguhnya. 
Layar Tancap......7
edukasi_jbr@yahoo.com
REKREASI
sekarang tidak hanyamengunjungi pantai, gunung dankolam renang. Kini, bagi orang-orangyang berdompet tebal. Tujuantamasyanya bertambah. Ya, kinimereka bisa melakukan plesir keruang angkasa. Mereka bisa menikmati jutaan bintang yang tersebar di langitlepas.
Ilmu dan Teknologi......6
DI DUNIA
sosial kita seringmenjumpai beragam bentuk ekspresimanusia. Ada yang kelihatan selalubahagia, walaupun ada sebuahpermasalahan yang dihadapi.Selanjutnya ada orang yang terus danterus mengeluh karena orang laintidak sesuai dengan dirinya. semua ituadalah buah dari kondisi mentalseseorang. Lantas, seberapa sehatmental kita?
Opini......4
TARIF IKLAN
1 Halaman: Rp. 40.0001/2 Halaman: Rp. 25.5001/3 Halaman: Rp. 18.0001/4 Halaman: Rp. 13.0001/6 Halaman: Rp. 8.000
(Bersambung hal: 7, SEGERA WUJUDKAN)
EDISI II
AD/ART KOPMA MENYIMPANG
EDUKASI –
Pembahasan masalahkeanggotaan, menjadi perbincanganyang hangat antara KOPMA, TimEvaluasi dan DINKOP Jember.
Foto: Istimewa
Segera Wujudkan Sekolahan Gratis
ANDREA HIRATA
Berita baik selanjutnya, beberapawaktu ke depan, kita tidak hanya bisamenikmati Laskar Pelangi versi cetak.Karena saat ini, Mira lesmanadengan timnya sedang melakukanriset di Belitung untuk persiapanmenggarap Laskar Pelangi versi layarlebar.Kita tunggu saja, apakah filmLaskar Pelangi kelak dapat me-nyaingi kehebohan film Ayat-ayatCinta yang sama-sama diangkat darisebuah nivel.Sejak awal, nama Andrea Hiratamemang identik dengan tetralogi
Laskar Pelangi
yang laris manis itu.Bagi Andrea, mengerjakan novel
Sukses dengan tetralogi Laskar Pelangi, Adrea Hiratakebanjiran rejeki. Royalti dari penjualan novel Laskar Pelanginya yang mencapai 400.000 eks, bakal ia gunakanuntuk mendirikan sekolah gratis di tanah kelahirannya,Belitung.
Laskar Pelangi
bukan perkara sulit.Apalagi cerita itu merupakan kisahAndrea pribadi.Demikian juga de-ngan novel kedua dantiga yang juga bagiandari tetralogi
Laskar Pelangi
, yakni
Sang Pemimpi
dan
Endesor 
diselesai-kan Andrea cukup dalam hitunganminggu. Namun untuk novel pa-mungkasnya, Andrea mengakumengalami kesulitan.Novel yang diberi judul
 MaryamahKarpov
itu sudah berbulan-bulanbelum selesai. Novel itu menjadi kisahakhir dari petualangan Andrea.Kesulitan merampungkan novelterakhirnya itu disebabkan ia sulitmempelajari perempuan. ‘’Saya tahusatu hal tentang perempuan, yakniperempuan itu tidak seperti merekatampaknya. Sigmund Freud jugabegitu. Semakin banyak dia menelitiperempuan, semakin dia tidak tahutentang perempuan,’’ ujar Andrea
Hasyim:
Anggota KOPMA yang tercatat ada 90 orang
SEMINAR NASIONAL GAGALPak Satpam,
memberikan penjelasan kepada dua orang calon peserta, terkait penggagalan seminar nasional pendidikan(23/3). Dari pantauan EDUKASI, ada sekitar 20 orang yang terlanjur datang di STAIN Jember. Mereka menyayangkansikap panitia yang tidak memberi informasi terlebih dahulu, jika seminarnya digagalkan.
Foto: Hilmi/Edukasi
Tarif Turun Hingga40 persen
(Bersambung hal: 7, AD/ART)
 JAKARTA:
Mulai 1 April tarif teleponseluler akan turun 20 hingga 40persen. Penurunan tarif tersebutberlaku untuk semua operator teleponseluler.Kebijakan penurunan tarif teleponseluler ini disampaikan MenteriKomunikasi dan Informatika Muham-mad Nuh, sebelum mengikuti rapatterbatas di kantor Presiden Kamis (28/2). “Penurunan tarif telepon selulerdiberlakukan menyu-sul penurunantarif interkoneksi antar operatortelepon seluler.Angka penurunan sekitar 20Di dalam AD/ART KOPMAdijelaskan, anggota KOPMA terdiridari lima macam. Yaitu: AnggotaPartisipan, Anggota Biasa, AnggotaIstimewa, Anggota Kehormatan, danAnggota Luar Biasa. (pasal 6)Padahal, menurut Yahya, Penyu-luh dari Dinas Koperasi (DINKOP),keanggotaan kperasi itu terdiri daridua macam, Anggota Biasa danAnggota Luar Biasa.Lebih lanjut ia menjelaskan jikaAD/ART itu harus mengacu padaundang-undang yang lebih tinggi.Dalam hal ini, undang-undang yangdi pakai adalah UU PerkoperasianNo. 25 Tahun 1992.“Jika kita memakai AD/ART yangtidak sesuai, resikonya sangat besar.
SMS CENTER
085236417669
 
KUPAS KAMPUS
2
- HMJ Tarbiyah
 EDUKASI 
- Senin 31 Maret 2008
40 Buku Raib
Foto: Farhan/Edukasi
Tumpukan Sampah,
di salah satu sudutgedung UKM STAIN Jember. Janji PK IIuntuk menempatkan satu orang
cleaning cervice 
sampai sekarang belum terwujud.Tetapi anehnya, ada beberapa maha-siswa yang menjadikan gedung UKMsebagai tempat tinggal, lengkap denganbeberapa jemuran dan kasur lipat.
Kebersihan Gedung UKM
Training of Research
HMJ Tarbiyah
EDUKASI –
Kenapa remaja? Benar karena pada masaini, manusia berada pada titik paling produktif. Tidakhanya produktif di sisi intelektualnya. Para remaja juga produktif di sisi reproduksi.
Foto: Hilmi/Edukasi
Nonton Bareng,
film Ayat-ayat Cinta dalam rangkaian Pekan Ilmiah 2008 BEM STAIN Jember (18/3) menyedot banyakperhatian mahasiswa. Namun sayang, film yang diputar adalah film bajakan. Kejadian ini berarti menambah panjangdaftar pembajak film yang disadur dari novel dengan judul yang sama, karangan Habiburrahman itu.
NONTON BARENG AYAT-AYAT CINTA
Selain meninggalkan kesan baik,karena telah mencetak mahasiswa-mahasiswa kreatif melalui beberapaperlombaan. Pekan Ilmiah 2008 (6-23/3) juga menyisakan kesan buruk.Dari perhitungan jumlah bukuterakhir, BEM kehilangan sekitar 40 buku.Buku titipan dari beberapa penerbit itu raibtanpa bekas. Panitia menengarai, pe-nyebab dari semua itu adalah kelelalaianpanitia.Setiap hari, tidak semua panitia dapatmejaga buku. Pasalnya, mereka disi-bukkan dengan tugas PPL II. Ada yangmenjadi guru, pegawai bank, dan war-tawan, sesuai dengan jurusan masing-masing.Sementara itu, BEM menilai danasebesar Rp. 3.500.000 yang digelontorkankampus untuk acara ini terlalu kecil.“Untuk mengantisipasi kecilnya ang-garan, panitia berusaha mencari bantuandengan pihak lain,” ujar Asnawan.
(nik)
Gara-gara telat membayar biayabulanan. Layanan siaran Indovision diDigital Library STAIN Jember macet.Beberapa bulan terakhir mahasiswa tidakbisa mennyerap informasi dari channel-channel kelas dunia, seperti CNN,Reuters, dan ESPN.“Mengenai kapan mahasiswa bisamenikmati lagi layanan Indonovision, itumenunggu pelunasan tunggakan biayabulanannya,” ujar Muchlis, KepalaPerpustakaan STAIN Jember.“Tetapi Digital Library tidak hanyaIndovision saja. Masih ada beberapalayanan yang bisa dinikmati mahasiswa.Diantaranya, VCD-VCD keislaman danIPTEK,” tambahnya. (hil)
Nunggak Bulanan,Indovision Diblokir
Pentingnya PengetahuanKesehatan Reproduksi Remaja
Khusna Amal,
salah satudari tim P3M yang menjadipelatih dalam
Training of Research 
HMJ TarbiyahSTAIN Jember (28/30),sedang berdiskusi denganpeserta pelatihan.Gebrakan kedua anak-anak HMJTarbiyah STAIN Jember 2007-2008 kembalidatang. Di bawah koordinasi BidangLITBANG (Penelitian dan Pengembangan),HMJ menggelar Pelatihan Penelitianselama tiga hari berturut-turut (28-29/3).Pelatihan yang dipusatkan di GedungPascasarjana STAIN Jember ini, cukupmenyedot perhatian mahasiswa. Tercatatsebanyak 21 mahasiswa yang mengkutipelatihan ini. Uniknya, tahun angkatan daripara peserta beragam. Ada yang dari se-mester II, IV dan VI.“Dengan adanya peserta yang terdiridari beberapa tingkatan angkatan ini, sayaharap terjadi perukaran ilmu di antaramereka,” ujar Nukman Hakim, SekretarisLITBANG HMJ Tarbiyah.Sementara itu, panitia menunjuk timdari P3M (Pusat Penelitian dan Pengab-dian Masyarakat) STAIN Jember untukmenjadi pelatih dalam kegiatan yangbertajuk ‘Mencetak Peneliti Handalsebagai Wujud Tri Dharma PerguruanTinggi’. Tim ini terdiri dari, Khusna Amal,Saiful Anam dan Anis Inayati.Dari tema yang diusung, pengurus HMJTarbiyah optimis setelah acara tersebutakan lahir peneliti-peneliti handal di STAINJember.“Sebagai Follow Up pelatihan kali ini,kami akan bimbing untuk mengikuti RisetKolektif Mahasiswa yang bakal segeradiumumkan kapan pelaksanaanya,” tuturFarhan, Ketua LITBANG HMJ TarbiyahSTAIN Jember.“Kemarin waktu pembukaan, pimpinanyang diwakili oleh PK III (Pembantu KetuaBidang Kemahasiswaan) juga menyambutbaik acara ini. Bu titik menyayangkan hasilpenelitian mahasiswa yang tema-temanyahanya itu-itu saja. Tidak ada yang beranimenggambil tema lain,” tambahnya.(***)
CEREMONIAL CAMPUS
CEREMONIAL CAMPUS
Adalah kolom khusus yang bakalmemuat laporan agenda kegiatanmahasiswa di STAIN Jember.Untuk itu, kirimkan laporankegiatan kalian selengkap-lengkapnya. Di Redakasi BuletinEDUKASI HMJ Tarbiyah.
Foto: Farhan/Edukasi
Oleh karena itu, menjaga kesehatanalat-alat reproduksi bagi remaja adalahtindakan yang sangat dianjurkan. Tetapisayang, selama duduk di bangku sekolah,pendidikan tentang Kesehatan Repro-duksi Remaja (KRR) sangat minim,bahkan tidak ada.Akibatnya, ada kasus yang menyebut-kan anak sekolahan terjangkit virus HIV.Wah, kalau sudah begini jadi gawat. Bisa-bisa nyawa menjadi taruhannya. Tentusaja penyakit yang berkaitan dengankesehatan reprodukasi kita tidak hanyaAIDS. Banyak sekali jenis PenyakitMenular Seksual (PMS) yang setiap sat bisamengancam kita, para generasi muda.Penyebabnya pun juga beragam, bisakarena jamur, protozoa, virus, bakteri danektoparasit.Seperti Trikomoniasis (TricchomonasVaginalis - Protozoa). Gejala penyakit inikeputihan encer, kuning kehijauan danberbau busuk. Sedangkan vulva bengkak,gatal, berbusa, kemerahan yang membuatkita tidak nyaman.Komplikasi yang mungkin dari penya-kit ini adalah, kelahiran bayi prematur danmemudahkan penularan virus HIV. Tetapikita tidak perlu cemas. Penyakit ini bisadobati. Pengobatan yang bisa dilakukanadalah pengobatan pasangan ‘FenomenaPimpong’.Selain Trikomoniasis yang disebabkanoleh protozoa, jenis PMS yang membaha-yakan adalah Siphilis (TrponemaPallidium-spirocheta). Gejala yang mun-cul gara-gara penyakit ini adalah, lukapada kemaluan tanpa rasa nyeri, biasanyatunggal, bercak merah pada tubuh,kelainan jantung, pembuluh darah, kulitdan gangguan syaraf.Pada stadium lanjut, penyakit tadi bisamengakibatkan kemandulan atau inferti-litas. Tindakan pencegahan yang bisa kitaambil antara lain, tidak menggunakansabun pembersi, karena banyak mengan-dung zat kimia, dan yang lebih utama tidakmelakukan seks menyimpang.
(lia)
 
MANCANEGARA
 EDUKASI 
- Senin 31 Maret 2008
HMJ Tarbiyah -
3
Dhaka
- Nobel perdamaian yang ia terima,merupakan buah dari usahanya dalammengentaskan kemiskinan. Sebagailulusan yang baru kembali dari sebuahuniversitas terkemuka di Amerika, sangprofesor tentu saja berpikir bagaimanamenerapkan subsidi atau intensif untukmenggerakkan perekonomian mereka.
EDUKASI –
Linangan air mata turutmewarnai penyerahan NobelPerdamaian kepada MuhammadYunus 2 tahun silam di Oslo,Norwegia.
KKKKKeeeeegigihangigihangigihangigihangigihanSangSangSangSangSangPPPPPoooooesor esor esor esor esor 
Muhammad Yunus,
menerima Nobel Perdamaian atas jasanya mengentaskankemiskinan di Dhaka, Bangladesh. Tahun 1976 ia mendirikan Grameen Bank,sebuah bank untuk kaum papa yang memberikan pinjaman tanpa jaminan.
Foto: Bjoern Sigurdsoen/AFP/Getty Images
Perjalanan Yunus memperbaikiperekonomian warga. Dimulai ketika iabertemu dengan sorang wanita berusia 21tahun, sedang membuat sebuah kursibambu. Si wanita asal Jobra itu, bersandarpada dinding yang terbuat dari tanahuntuk menyelesaikannya.Yunus penasaran, berapa keuntu-ngan yang bakal diperoleh wanita ituuntuk sebuah kursi. Ternyata menge- jutkan, laba yang diperoleh hanya dua
cent.
Di Dhaka, uang sebesar itu tidak seberapauntuk hidup sekeluarga, bahkan untukseorang diri sekali pun.Kalau untuk makan saja tidak cukup,bagaimaana untuk membeli pakaian,rumah, atau membayar uang sekolahuntuk tiga anak yang menjadi tanggu-ngannya?Dalam bukunya Bank for the Poor,Yunus baru sadar jika mereka sebenarnyatidak membutuhkan modal dalam jumlah
Dunia anak-anak adalah duniakegembiraan, kepolosan, dankebahagiaan serta dipenuhi denganharapan dan impian yang manis.
Namun, bila meninjau dari standarkehidupan internasional, saat ini seba-gian besar anak-anak dunia merupakanmakhluk yang terluka dan terzalimi.Kehidupan masa kecil yang seha-rusnya penuh keindahan, mereka laluidengan kepahitan. Di usia dini, merekasudah harus menjalani kehidupandengan cara pikir dan cara pandang orangdewasa.Karena tidak mengenal cara untukmempertahankan dirinya, anak-anakmenjadi sasaran pertama dari kekejaman,perang, ketidakadilan, kemiskinan,penyakit, dan berbagai masalah lain yangmelanda dunia. Bagaimanakah kondisianak-anak sekarang, yang merupakanabad teknologi dan komputer? Apakahkemajuan teknologi yang dicapai umatmanusia seiring dengan kemajuan dalamkehidupan anak-anak?
Muhammad Yunus
Siapa yang tidakpercaya dan merasatidak bisa, hendaknya jangan menghalangi yangmerasa bisa danmampu.
yang besar.“Betapa malunya saya terhadap dirisendiri. Mereka telah terperangkap padakemiskinan. Padahal, yang merekaperlukan tidak seberapa, dan saya sendirimampu membantunya,” ujar Yunus.Ujung pangkal permasalahan kemis-kinan yang melilit penduduk Jobra,terletak pada ketidakmampuan merekamemenuhi jaminan untuk mendapatkanpinjaman.“Karena mereka tak punya jaminan,akibatnya akses ke dunia perbankan puntertutup. Jadi wajar jika mereka menjadisasaran empuk para tengkulak danrentenir,” jelas alumnus UniversitasChittagong ini.Hasil hitungan yang dihimpun timnya,wanita tadi hanya membutuhkan 22 cent.Begitu pula dengan yang lain, jumlahmodal yang mereka butuhkan tidak jauhbeda.Setelah di data ada 42 orang yangmem-buhkan bantuan modal, denganakumulasi modal sebesar 856 taka, ataukurang dari US$27.“Saya tidak memerlukan pemerintahuntuk membantu menyediakan modalusaha mereka,” tambahnya.Akhirnya, tahun 1976 Yunus men-dirikan sebuah bank yang memberikankredit tanpa jaminan. Bank itu bernamaGrameen Bank ‘Bank for the Poor’.Tanpa dinyana, ternyata kaum miskinmerespon begitu positif. Mereka percaya jika inilah jalan yang sudah lama merekatunggu. Para kaum papa merasa terbe-baskan. Padahal, dulu pasar ini adalahgarapan kaum rentenir.Sampai tahun 2004, bank ini telahmenyalurkan pinjaman mikro sebesarUS$4,5 miliar, dengan
recovery rate
sebesar99%. Lebih dari 3 juta orang telah menjadinasabah.Stephen Covey, dalam bukunya yangberjudul ‘The 8th habit’, mencatatGramenn Bank telah beroperasi di lebihdari 46.000 desa di Bangladesh, danmemperkerjakan sekitar 12.000 karyawan.Memasuki tahun 2004, Yunus mem-bidik pengemis menjadi nasabah GramennBank. Menurut dia, pengemis itu hidupmiskin, tetapi sebenarnya mereka maubekerja, yaitu mengemis.“Sekarang tinggal bagaimana kitamerubanya,” harap Yunus optimis tentangnasib rbuan pengemis yang hidup ditrotoar-trotoar jalan.Tidak disangka, dalam tempo 4 bulan,sudah 8.000 pengemis menjadi nasa-bahnya. Karena itulah, target di bulanApril yang semula “hanya” 10.00 nasabah.Dikoreksi menjadi 25.000 nasabahpengemis.
(E-1/sumber)
Meninjau Kondisi AnakSedunia
Bila kita lihat dengan seksama,meskipun berbagai konvensi duniaberkaitan hak anak-anak telah disusun,yang bertujuan untuk menyamakan hakanak-anak sedunia, tidak peduli apapungender, agama, ras, bahasa, dan bang-sanya, namun hak-hak mereka masih sajadilanggar.Setiap tahun hari Anak Seduniadirayakan, namun masih sangat banyakanak-anak yang tidak menerima hak asasimereka sebagaimana yang tertera dalamdokumen hak anak-anak PBB.Realitas menunjukkan bahwa hanyasebagian kecil saja dari anak-anak duniayang menikmati masa kecil dengankebahagiaan. Kepahitan kemiskinan,ratapan perang, airmata anak yatim,kesakitan akibat tindak kekerasan,diskriminasi ras dan gender, serta butahuruf, semuanya adalah beban yangmasih saja dipikul oleh sebagian besaranak-anak dunia.Kita lihat anak-anak Palestina merasa-kan mesiu lebih banyak dari susu ibumereka. Betapa banyak anak-anak yangharus bergabung dalam antrian yayasan-yayasan sosial untuk meminta makanandan sedekah demi memenuhi perut laparanak-anak yang terlibat dalam kancahperang itu? Apakah perbedaan antaraanak-anak ini dengan anak-anak lain dinegara maju sehingga mereka terpaksamenyaksikan kematian orang-orang yangmereka sayangi? Mereka hadir danmenjadi korban di medan perang,sementara para psikolog di negara-negarabarat mengingatkan bahwa anak-anakmereka tidak boleh menonton siarantelevisi yang memperlihatkan medanperang Irak akibat invasi AS.Menurut psikolog Barat itu, duniaperang bukanlah dunia yang harusdipertontonkan kepada anak-anak.Mereka agaknya lupa pada nasib anak-anak yang hidup di tengah perang itu,yang bukan sekedar menonton di televisi.Berlandaskan kepada laporan organi-sasi kesehatan sedunia WHO, setiap
(Bersambung hal: 8, Meninjau Kodisi)
Foto: Bay Ismoyo/AFP/Getty Images
Seorang ibu,
mengevakuasi anaknya ditengah genangan banjir. Masa kecil anak-anak yang seharusnya menyenangkan,tidak hanya hilang karena peperangan.Bencana alam pun bisa merampas haktersebut.
mereka. Anak-anak Irak kini banyak yangterserang kanker darah akibat senjatakimia yang digunakan dalam perang.Sebagian dari mereka menjadi cacatakibat terkena ranjau darat sisa-sisaperang. Anak-anak Libanon banyak yangkehilangan ayah yang gugur dalamperang. Anak-anak Afghanistan kehila-ngan tempattinggal yang han-cur akibatserangan pasu-kan asing.Kita harusbertanya,apakah dosaribuan

Activity (6)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
M Hilmi Setiawan added this note
terima kasih bos
megkris liked this
Yasman Harahap liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->