Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
122Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
8 Standar Nasional Pendidikan Berdasar PP No. 19 Tahun 2005-F4

8 Standar Nasional Pendidikan Berdasar PP No. 19 Tahun 2005-F4

Ratings: (0)|Views: 11,836 |Likes:
Published by rudyhilkya
penjabaran 8 standar nasional pendidikan
penjabaran 8 standar nasional pendidikan

More info:

Published by: rudyhilkya on Jan 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/18/2013

pdf

text

original

 
Oleh Rudy Hilkya ( http://fisikarudy.blog.com)
Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistempendidikan di seluruh wilayah hukum Negara KesatuanRepublik Indonesia.
Standar Isi
1) Standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi yangdituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan, kompetensi bahankajian, kompetensi mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harusdipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.(1). Standar isi mencakup lingkup materi dan tingkat kompetensi untuk mencapai kompetensi lulusan pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.(2). Standar isi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) memuat kerangka dasardan struktur kurikulum, beban belajar, kurikulum tingkat satuan pendidikan,dan kalender pendidikan/akademik. Kurikulum untuk jenis pendidikan umum,kejuruan, dan khusus pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas:a. kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia;b. kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian;c. kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi;d. kelompok mata pelajaran estetika;e. kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan.Setiap kelompok mata pelajaran dilaksanakan secara holistik sehinggapembelajaran masing-masing kelompok mata pelajaran mempengaruhipemahaman dan/atau penghayatan peserta didik.(5) Semua kelompok mata pelajaran sama pentingnya dalam menentukankelulusan peserta didik dari satuan pendidikan pada pendidikan dasar danmenengah.
Standar Proses
2) Standar proses adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan denganpelaksanaanpembelajaran pada satu satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensilulusan.(1) Proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secarainteraktif, inspiratif, menyenangkan,menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, sertamemberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandiriansesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis pesertadidik.
 
Oleh Rudy Hilkya ( http://fisikarudy.blog.com)
(2) Selain ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dalam prosespembelajaran pendidik memberikan keteladanan.(3) Setiap satuan pendidikan melakukan perencanaan proses pembelajaran,pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian hasil pembelajaran, danpengawasan proses pembelajaran untuk terlaksananya proses pembelajaranyang efektif dan efisien. Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus danrencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuanpembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaianhasil belajar.
Standar Kompetensi Lulusan
3) Standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yangmencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.(1) Standar kompetensi lulusan digunakan sebagai pedoman penilaian dalampenentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.(2) Standar kompetensi lulusan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputikompetensi untuk seluruh mata pelajaran atau kelompok mata pelajaran danmata kuliah atau kelompok mata kuliah.(3) Kompetensi lulusan untuk mata pelajaran bahasa menekankan padakemampuan membaca dan menulis yang sesuai dengan jenjang pendidikan.(4) Kompetensi lulusan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dan (2) mencakupsikap, pengetahuan, dan keterampilan.(1) Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan dasar bertujuan untuk meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, sertaketerampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.(2) Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah umumbertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebihlanjut.(3) Standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan menengah kejuruanbertujuan untuk meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, ahklak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebihlanjut sesuai dengan kejuruannya.(4) Standar kompetensi lulusan pada jenjang pendidikan tinggi bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang berakhlak mulia, memiliki pengetahuan, keterampilan, kemandirian, dan sikap untuk menemukan, mengembangkan, serta menerapkan ilmu, teknologi, dan seni, yangbermanfaat bagi kemanusiaan.
 
Oleh Rudy Hilkya ( http://fisikarudy.blog.com)
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
4) Standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah kriteria pendidikanprajabatan dan kelayakan fisik maupun mental, serta pendidikan dalam jabatan.(1) Pendidik harus memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agenpembelajaran, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.(2) Kualifikasi akademik sebagaimana dimaksud pada ayat (1) adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh seorang pendidik yang dibuktikandengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuanperundang-undangan yang berlaku.(3) Kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar danmenengah serta pendidikan anak usia dini meliputi:a. Kompetensi pedagogik;b. Kompetensi kepribadian;c. Kompetensi profesional; dand. Kompetensi sosial.(4) Seseorang yang tidak memiliki ijazah dan/atau sertifikat keahliansebagaimana dimaksud pada ayat (2) tetapi memiliki keahlian khusus yangdiakui dan diperlukan dapat diangkat menjadi pendidik setelah melewati ujikelayakan dan kesetaraan.(5) Kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaransebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan (4) dikembangkan olehBSNP dan ditetapkan dengan Peraturan Menteri.
Penjelasan Pasal Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
Yang dimaksud dengan pendidik pada ketentuan ini adalah tenaga kependidikanyang berkualifikasi dan berkompetensi sebagai guru, dosen, konselor, pamong,pamong belajar,widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yangsesuai dengan kekhususannya serta berpartisipasi dalam menyelenggarakanpendidikan.Yang dimaksud dengan pendidik sebagai agen pembelajaran (learning agent)pada ketentuan ini adalah peran pendidik antara lain sebagai fasilitator,motivator, pemacu, dan pemberi inspirasi belajar bagi peserta didik.Yang dimaksud dengan
kompetensi pedagogik 
adalah kemampuan mengelolapembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik,perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, danpengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yangdimilikinya.Yang dimaksud dengan
kompetensi kepribadian
adalah kemampuankepribadian yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa, menjadi teladanbagi peserta didik, dan berakhlak mulia.

Activity (122)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
faridayid liked this
Nurul Huda liked this
adambitor1713 liked this
A'Putra Siareseven added this note
sipp..om
Fau Fauziah liked this
Dedi Kurniawan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->