Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
30Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tugas makalah PKN

Tugas makalah PKN

Ratings: (0)|Views: 4,154 |Likes:
Published by aldihant

More info:

Published by: aldihant on Jan 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2013

pdf

text

original

 
Tugas makalah Pancasila Dan Kewarganegaraan
OLEH :
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMIFAKULTAS EKONOMI DAN BISNISUNIVERSITAS NEGERI GORONTALO2009
KELAS B
Bugirgo KemmeTris Asravoni Noor Setya ThalibSuparti
 
BAB IPENDAHULUANA. LATAR BELAKANG
Peraturan perundang-undangan (legislation) merupakan wujud dari politik hukum institusi Negara dirancang dan disahkan sebagai undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi.Secara parsial, dapat disimpulkan pemerintah dan bangsa Indonesia serius melawan danmemberantas tindak pidana korupsi di negeri ini. Tebang pilih. Begitu kira-kira pendapat beberapa praktisi dan pengamat hukum terhadap gerak pemerintah dalam menangani kasuskorupsi akhir-akhir ini.Gaung pemberantasan korupsi seakan menjadi senjata ampuh untuk dibubuhkan dalam teks pidato para pejabat Negara, bicara seolah ia bersih, anti korupsi. Masyarakat melalui LSM danOrmas pun tidak mau kalah, mengambil manfaat dari kampanye anti korupsi di Indonesia.Pembahasan mengenai strategi pemberantasan korupsi dilakakukan dibanyak ruang seminar, booming anti korupsi, begitulah tepatnya. Meanstream perlawanan terhadap korupsi jugadijewantahkan melalui pembentukan lembaga Adhoc, Komisi Anti Korupsi (KPK).Celahkelemahan hukum selalu menjadi senjata ampuh para pelaku korupsi untuk menghindar darituntutan hukum. Kasus Korupsi mantan Presiden Soeharto, contoh kasus yang paling anyar yangtak kunjung memperoleh titik penyelesaian. Perspektif politik selalu mendominasi kasus-kasushukum di negeri sahabat Republik BBM ini. Padahal penyelesaiaan kasus-kasus korupsi besar seperti kasus korupsi Soeharto dan kroninya, dana BLBI dan kasus-kasus korupsi besar lainnyaakan mampu menstimulus program pembangunan ekonomi di Indonesia.Mencari rizki dengan menjadi pegawai negeri maupun swasta adalah sesuatu yang halal. Akantetapi, fenomena yang kita saat ini, tidak jarang seorang pegawai menghadapi hal-hal yangharam atau makruh dalam pekerjaannya tersebut. Di antaranya, disebabkan munculnya suap,sogok menyogok atau pemberian uang diluar gaji yang tidak halal mereka terima.Akhir-akhir ini masalah suap semakin sering diperbincangkan seiring semakin bertambahnyakasus suap yang terjadi. Dalam praktik sehari-hari, suap-menyuap sudah begitu menyebar ke berbagai sendi kehidupan. Suap-menyuap tidak hanya dilakukan rakyat kepada pejabat negara(pegawai negeri) dan para penegak hukum, tetapi juga terjadi sebaliknya. Pihak penguasa ataucalon penguasa tidak jarang melakukan sedekah politik (suap) kepada tokoh-tokoh masyarakatdan rakyat agar memilihnya, mendukung keputusan politik, dan kebijakan-kebijakannya. Dalammakalah ini akan diulas dengan detail mengenai suap menyuap, sekaligus mengangkat salah satukasus suap yang terjadi pada saat penerimaan mahasiswa baru.
B. PERMASALAHAN
Untuk memudahkan punyusunan dan pemahaman makalah ini, maka kami susun beberaparumusan masalah, yaitu:Bagaimana korupsi mempengaruhi pembangunan ekonomi di Indonesia?Strategi apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir praktek korupsi tersebut?Bagaimana multiplier effect bagi efesiensi dan efektifitas pembangunan ekonomi di Indonesi.Apakah pengertian suap?Bagaimana dasar hukum tindak pidana suap?Apakah sanksi tindak pidana suap?
BAB IIPEMBAHASAN
 
A. Makna Tindak Pidana Korupsi
Jeremy Pope dalam bukunya Confronting Coruption: The Element of National Integrity System,menjelaskan bahwa korupsi merupakan permasalahan global yang harus menjadi keprihatinansemua orang. Praktik korupsi biasanya sejajar dengan konsep pemerintahan totaliter, diktator – yang meletakkan kekuasaan di tangan segelintir orang. Namun, tidak berarti dalam sistem sosial- politik yang demokratis tidak ada korupsi bahkan bisa lebih parah praktek korupsinya, apabilakehidupan sosial-politiknya tolerasi bahkan memberikan ruang terhadap praktek korupsi tumbuhsubur. Korupsi juga tindakan pelanggaran hak asasi manusia, lanjut Pope.Menurut Dieter Frish, mantan Direktur Jenderal Pembangunan Eropa. Korupsi merupakantindakan memperbesar biaya untuk barang dan jasa, memperbesar utang suatu Negara, danmenurunkan standar kualitas suatu barang. Biasanya proyek pembangunan dipilih karena alasanketerlibatan modal besar, bukan pada urgensi kepentingan publik. Korupsi selalu menyebabkansituasi sosial-ekonomi tak pasti (uncertenly). Ketidakpastian ini tidak menguntungkan bagi pertumbuhan ekonomi dan peluang bisnis yang sehat. Selalu terjadi asimetris informasi dalamkegiatan ekonomi dan bisnis. Sektor swasta sering melihat ini sebagai resiko terbesar yang harusditanggung dalam menjalankan bisnis, sulit diprediksi berapa Return of Investment (ROI) yangdapat diperoleh karena biaya yang harus dikeluarkan akibat praktek korupsi juga sulit diprediksi.Akhiar Salmi dalam makalahnya menjelaskan bahwa korupsi merupakan perbuatan buruk,seperti penggelapan uang, penerimaan uang sogok dan sebagainya.Dalam makalahnya, Salmi juga menjelaskan makna korupsi menurut Hendry Campbell Black yang menjelaskan bahwa korupsi “ An act done with an intent to give some advantageinconsistent with official duty and the right of others. The act of an official or fiduciary personwho unlawfully and wrongfully uses his station or character to procure some benefit for himself or for another person, contrary to duty and the right of others.” Undang-undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas dariKorupsi, Kolusi dan Nepotisme, pasal 1 menjelaskan bahwa tindak pidana korupsi sebagaimanamaksud dalam ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang tindak pidanakorupsi. Jadi perundang-undangan Republik Indonesia mendefenisikan korupsi sebagai salahsatu tindak pidana. Mubaryanto, Penggiat ekonomi Pancasila, dalam artikelnya menjelaskantentang korupsi bahwa, salah satu masalah besar berkaitan dengan keadilan adalah korupsi, yangkini kita lunakkan menjadi “KKN”. Perubahan nama dari korupsi menjadi KKN ini barangkali beralasan karena praktek korupsi memang terkait koneksi dan nepotisme. Tetapi tidak dapatdisangkal bahwa dampak “penggantian” ini tidak baik karena KKN ternyata dengan kata tersebut praktek korupsi lebih mudah diteleransi dibandingkan dengan penggunaan kata korupsi secaragamblang dan jelas, tanpa tambahan kolusi dan nepotisme.
1. Korupsi dan Desentralisasi
Desentralisasi atau otonomi daerah merupakan perubahan paling mencolok setelah reformasidigulirkan. Desentralisasi di Indonesia oleh banyak pengamat ekonomi merupakan kasus pelaksanaan desentralisasi terbesar di dunia, sehingga pelaksanaan desentralisasi di Indonesiamenjadi kasus menarik bagi studi banyak ekonom dan pengamat politik di dunia. Kompleksitas permasalahan muncul kepermukaan, yang paling mencolok adalah terkuangnya sebagian kasus-kasus korupsi para birokrat daerah dan anggota legislatif daerah. Hal ini merupakan fakta bahwa praktek korupsi telah mengakar dalam kehidupan sosial-politik-ekonomi di Indonesia.Pemerintah daerah menjadi salah satu motor pendobrak pembangunan ekonomi. Namun, jugasering membuat makin parahnya high cost economy di Indonesia, karena munculnya pungutan- pungutan yang lahir melalui Perda (peraturan daerah) yang dibuat dalam rangka meningkatkan

Activity (30)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dienda Arum liked this
Mardiati Aceh liked this
Rio Afdani liked this
rafasimah liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->