Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Makalah Pendidikan

Makalah Pendidikan

Ratings: (0)|Views: 1,304|Likes:
Published by arman_iscool

More info:

Published by: arman_iscool on Jan 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/30/2013

pdf

text

original

 
WAWASAN NUSANTARA DAN PEMBANGUNAN NASIONAL
Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuahnegaraadalahwilayah kedaulatan, di samping rakyatdan pemerintahanyang diakui. Konsep dasar  wilayah negara kepulauantelah diletakkan melaluiDeklarasi Djuanda 13 Desember  1957. Deklarasi tersebut memiliki nilai sangat strategis bagi bangsa Indonesia, karena telah melahirkan konsep Wawasan Nusantara yang menyatukanwilayah Indonesia.Laut  Nusantarabukan lagi sebagai pemisah, akan tetapi sebagai pemersatu bangsa Indonesia yang disikapi sebagai wilayah kedaulatanmutlak Negara Kesatuan Republik Indonesia.Ada bangsa yang secara eksplisit mempunyai cara bagaimana ia memandangtanah airnya beserta lingkungannya. Cara pandang itu biasa dinamakan wawasannasional. Sebagai contoh,Inggrisdengan pandangan nasionalnya berbunyi:"Britain rules the waves". Ini berarti tanah Inggris bukan hanya sebatas pulaunya,tetapi juga lautnya.Tetapi cukup banyak juga negara yang tidak mempunyai wawasan, seperti:Thailand,Perancis,Myanmar dan sebagainya. Indonesia wawasan nasionalnya adalah wawasan nusantara yang disingkat Wanus. Wsnus ialah cara pandang bangsa Indonesia berdasarkan PancasiladanUndang-Undang Dasar 1945tentang diri dan lingkungannya dalam eksistensinya yang sarwa nusantara dan penekanannya dalam mengekspresikan diri sebagai bangsa Indonesia di tengah-tengah lingkungannya yang sarwa nusantara itu. Unsur-unsur dasar wasantara ituialah: wadah (contour atau organisasi), isi, dan tata laku. Dari wadah dan isiwasantara itu, tampak adanya bidang-bidang usaha untuk mencapai kesatuan dankeserasian dalam bidang-bidang:
Satu kesatuan wilayah
Satu kesatuan bangsa
Satu kesatuan budaya
Satu kesatuanekonomi
Satu kesatuan hankam.Jelaslah disini bahwa Wanus adalah pengejawantahan falsafah Pancasila danUUD 1945 dalam wadah negara Republik Indonesia. Kelengkapan dan keutuhan pelaksanaan Wanus akan terwujud dalam terselenggaranya ketahanan nasionalIndonesia yang senantiasa harus ditingkatkan sesuai dengan tuntutan zaman.Ketahanan nasional itu akan dapat meningkat jika ada pembangunan yangmeningkat, dalam "koridor" Wanus.
Konsep geopolitik dan geostrategi
Bila diperhatikan lebih jauh kepulauan Indonesia yang duapertiga wilayahnyaadalah laut membentang ke utara dengan pusatnya di  pulau Jawa membentuk  gambaran kipas. Sebagai satu kesatuan negara kepulauan, secara konseptual,geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebutWawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. , sedangkan geostrategiIndonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan
 
keamanan. Dengan mengacu pada kondisi geografi bercirikan maritim, makadiperlukan strategi besar (grand strategy) maritim sejalan dengan doktrin pertahanan defensif aktif dan fakta bahwa bagian terluar wilayah yang harusdipertahankan adalah laut. Implementasi dari strategi maritim adalah mewujudkankekuatan maritim (maritime power) yang dapat menjamin kedaulatan danintegritas wilayah dari berbagai ancaman.
Wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia
 Nusantara (archipelagic) dipahami sebagai konsep kewilayahan nasional dengan penekanan bahwa wilayah negara Indonesia terdiri dari pulau-pulau yangdihubungkan oleh laut. Laut yang menghubungkan dan mempersatukan pulau- pulau yang tersebar di seanterokhatulistiwa.Sedangkan Wawasan Nusantara adalah konsep politik bangsa Indonesia yang memandang Indonesia sebagai satukesatuan wilayah, meliputi tanah (darat), air (laut) termasuk dasar laut dan tanahdi bawahnya dan udara di atasnya secara tidak terpisahkan, yang menyatukan bangsa dan negara secara utuh menyeluruh mencakup segenap bidang kehidupannasional yang meliputi aspek politik, ekonomi, sosial budaya, dan hankam.Wawasan Nusantara sebagai konsepsi politik dan kenegaraan yang merupakanmanifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia telah ditegaskan dalamGBHN dengan Tap. MPR No.IV tahun 1973. Penetapan ini merupakan tahapan akhir  perkembangan konsepsi negara kepulauan yang telah diperjuangkan sejak Dekrarasi Juanda tanggal 13 Desember 1957.
Pengertian dan hakekat wawasan nusantara
Wawasan Nusantara adalah cara pandang Bangsa Indonesia terhadap rakyat, bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat, lautdan udara di atasnya sebagai satu kesatuan Politik, Ekonomi, Sosial, Budaya danPertahanan Keamanan.Secara umum wawasan nasional berarti cara pandang suatu bangsa tentang diridan lingkungannya yang dijabarkan dari dasar falsafah dan sejarah bangsa itusesuai dengan posisi dan kondisi geografi negaranya untuk mencapai tujuan ataucita cita nasionalnya. Sedangkan arti dari wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya berdasarkan Pancasiladan UUD 1945 serta sesuai dengan geografi wilayah nusantara yang menjiwaikehidupan bangsa dalam mencapai tujuan atau cita – cita nasionalnya. Dengandemikian wawasan nusantara berperan untuk membimbing bangsa Indonesiadalam penyelengaraan kehidupannya serta sebagai rambu rambu dalam perjuanagan mengisi kemerdekaan. Wawasan nusantara sebagai cara pandang juga mengajarkan bagaimana pentingnya membina persatuan dan kesatuan dalamsegenap aspek kehidupan bangsa dan negara dalam mencapai tujuan dan cita – citanya.Wawasan Nusantara merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri danlingkungan sekitarnya berdasarkan ide nasionalnya yang berlandaskan Pancasiladan UUD 1945 (Undang-Undang Dasar 1945) yang merupakan aspirasi bangsaIndonesia yang merdeka, berdaulat, bermartabat serta menjiawai tata hidup dalammencapai tujuan perjuangan nasional.
 
Wawasan Nusantara telah diterima dan disahkan sebagai konsepsi politikewarganegaraan yang termaktub / tercantum dalam dasar-dasar berikut ini :
Ketetapan MPR Nomor IV/MPR/1973 tanggal 22 maret 1973
TAP MPR Nomor IV/MPR/1978 tanggal 22 maret 1978 tentang GBHN
TAP MPR nomor II/MPR/1983 tanggal 12 Maret 1983Ruang lingkup dan cakupan wawasan nusantara dalam TAP MPR ‘83 dalammencapat tujuan pembangunan nasionsal :
Kesatuan Politik 
Kesatuan Ekonomi
Kesatuan Sosial Budaya
Kesatuan Pertahanan KeamananKonsepsi Wawasan Nusantara tidak hanya menopang keutuhan Negara KesatuanRepublik INdonesia, merekatkan persatuan dan kesatuan, tapi juga secara tepatmengetengahkan jatidiri bangsa.Dengan menerapkan konsep Wawasan Nusantara,maka terbentuk dan terjalin kehidupan kebangsaan dan kenegaraan yang dijalinerat dari begi beragamnya kehidupan sosial, budaya, sejarah dan cita-cita
TUJUAN
Makalah wawasan nusantara ini mempunyai beberapa tujuan yaitu:
Menyelesaikan tugas yang diberikan oleh dosen mata kuliahKewarganegaraan.
Untuk mengetahui unsur – unsur dari wawasan nusantara.
Untuk mengetahui latar belakang filosofis dari wawasan nusantara.
Untuk mengetahui hakekat/makna dari wawasan nusantara.Mengapa Wawasan Nusantara Penting ?Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk yang terdiri dari berbagaisuku bangsa,agama ,ras. Bangsa Indonesia dalam membina dan membangun ataumenyelenggarakan kehidupan nasionalnya, (baik pada aspek politik, ekonomi,sosial budaya dan pertahanan keamanan rakyat semestanya) selalumengutamakanpersatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah. Untuk itu pembinaan dan dan penyelenmggaraan tata kehidupan bangsa dan negaraIndonesia disususn atas dasar hubungan timbal balik antara falsafah, cita-cita dantujuan nasional, serta kondisi sosial budaya dan pengalaman sejarah yangmenumbuhkan kesadaran tentangkemajemukan dan kebhinekaannyadenganmengutamakan persatuan dan kesatuan nasional.Gagasan untuk menjamin persatuan dan kesatuan dalam kebhinnekaan tersebutdikenal dengan Wasantara, singkatan dari Wawasan Nusantara.Bangsa Indonesia menyadari bahwa bumi, air, dan dirgantara di atasnya sertakekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dandipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. Karena itu, dengankonsep wawasan nusantara bangsa Indonesia bertekad mendayagunakan seluruhkekayan alam, sumber daya serta seluruh potensi nasionalnya berdasarkankebijaksanaan yang terpadu, seimbang, serasi dan selaras untuk mewujudkankesejahteraan dan keamanan segenap bangsa dan seluruh tumpah darah dengantetap memperhatikan kepentingan daerah penghasil secara proporsional dalamkeadilan.

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nuwnu Astutie liked this
Subaedi Edi added this note
thaks atas infonya, hanya saja bagian bagian makalah masih perlu penyempurnaan, tapi ini sudah sgt membantu, tapi kok tak dpt di download
Ciaamik liked this
cat_m3on9 liked this
magatama liked this
DEa Nanda liked this
DEa Nanda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->