Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
216Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kumpulan Soal Dan Jawaban Konsep Dasar PKn

Kumpulan Soal Dan Jawaban Konsep Dasar PKn

Ratings:

3.5

(2)
|Views: 72,870|Likes:
Published by starainisa

More info:

Published by: starainisa on Jan 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/14/2014

pdf

text

original

 
Kumpulan Soal dan Jawaban
Diajukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Konsep DasarPendidikan KewarganegaraanDra. Hj. Entin Kartini M,Pd.Disusun oleh :NISA RIEZQYA FAHMINOVIA08032882 B
UNIVERITAS PENDIDIKAN INDONESIAPURWAKARTA2010
 
BAB IWarga Negara dan Pemerintah
1.
 
Bagaimanakah sikap seseorang yang disebut sebagai warga negara yang baik ?Warga negara yang baik adalah warga negara yang sadar akan hak dankewajibannya. Dia harus memiliki perilaku yang sesuai dengan prinsip-prinsipkewarganegaraan.2.
 
Apa yang dimaksud dengan konstitusi ? Sebutkan jenis-jenisnya !Konstitusi adalah hukum dasar bagi suatu negara. Ada dua jenis konstitusi,yaitu konstitusi tertulis dan konstitusi tidak tertulis.3.
 
Siapakah orang-orang yang termasuk dalam kelompok warga negara stelselactief menurut Pasal 144 UUDS ?Kelompok stelsel actief meliputi orang-orang Belanda yang dilahirkan diwilayah Indonesia atau pada saat penyerahan kedaulatan tanggal 27 Desember1949 bertempat tinggal di Indonesia selama minimal 6 bulan, sehingga merekamemiliki kesempatan untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia.4.
 
Apa itu hak repudiasi ?Hak repudiasi ialah hak warga negara untuk menolak menjadi warga negaraIndonesia.5.
 
Jelaskan tentang kewajiban negara terhadap warga negaranya !Dalam Pasal 1 Peraturan Penutup UU No. 62 Tahun 1958, disebutkan bahwakewarganegaraan ialah segala jenis hubungan dengan suatu negara yangmengakibatkan adanya kewajiban negara untuk melindungi orang yangbersangkutan. Jadi, negara wajib untuk melindungi warga negaranya di manapun mereka berada.6.
 
Ada beberapa cara untuk memperoleh kewarganegaraan Indonesia. Sebutkan !Kewarganegaraan Indonesia dapat diperloeh melalui kelahiran, pengangkatan,dikabulkan permohonan, pewarganegaraan, akibat perkawinan, turut ayah atauibu, dan pernyataan.7.
 
Jelaskan isi dari Pasal 2 UU No. 62 Tahun 1958 !
 
Pasal tersebut terbagi menjadi dua ayat, yaitu :(1)
 
Anak asing yang belum berumur 5 tahun yang diangkat oleh seorangwarga negara Republik Indonesia, memperoleh kewarganegaraan Republik Indonesia apabila pengangkatan itu dinyatakan sah oleh Pengadilan Negeridari tempat tinggal orang yang mengangkat anak itu.(2)
 
Pengangkatan sah oleh Pengadilan Negeri termaksud harus dimintakanoleh orang yang mengangkat anak tersebut dalam 1 tahun setelah Undang-Undang ini mulai berlaku.8.
 
Apa saja syarat yang harus dipenuhi pemohon untuk mengajukan permohonanpewarganegaraan ?Permohonan pewarganegaraan dapat diajukan jika pemohon telah berusia 18tahun atau sudah menikah, bertempat tinggal di Indonesia paling singkat 5tahun berturut-turut atau 10 tahun tidak berturut-turut, sehat jasmani danrohani, dapat berbahasa Indonesia serta mengakui Pancasila dan UUD RITahun 1945, tidak pernah melakukan tindak pidana dengan hukuman 1 tahunpenjara atau lebih, tidak berkewarganegaraan ganda, mempunyai pekerjaanatau penghasilan tetap, dan membayar uang pewarganegaraan ke kas negara.9.
 
Berdasarkan Pasal 7 UU No. 62 Tahun 1958, apa syarat yang harus dipenuhiseorang perempuan asing untuk menjadi warga negara Indonesia yangdisebabkan adanya perkawinan ?Perempuan asing yang ingin menjadi warga negara Indonesia tidak bolehmempunyai kewarganegaraan lain, dan suaminya dalam satu tahun setelahperkawinan tidak menyatakan keterangan melepaskan kewarganegaraanIndonesia.10.
 
Apa yang melatarbelakangi adanya peraturan mengenai kehilangankewarganegaraan Indonesia ?Peraturan tersebut ada untuk mencegah terjadinya bipatride dan menjaga agartidak ada warga negara Indonesia yang kurang atau tidak menghargaikewarganegaraannya.11.
 
Jelaskan pengertian pemerintah menurut Budiarjo !

Activity (216)

You've already reviewed this. Edit your review.
Sytie Hajar liked this
1 thousand reads
1 hundred reads
bukanaq liked this
toyib_cunil liked this
Shinta Dewy liked this
Dxla Nurlaila liked this
Khairul Anwar added this note|
de ngapain kamu
Putri Retno liked this
Ishaq Iqqa added this note|
saya sangat suka dengan jika semua yang tercantum didalam sini untuk yang bermamfaat bagi manusia terutama bagi yang suka membaca buku.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->