Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
37Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perbedaan Model Pembelajaran

Perbedaan Model Pembelajaran

Ratings: (0)|Views: 2,143 |Likes:
Published by hudasmpn2

More info:

Published by: hudasmpn2 on Jan 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2013

pdf

text

original

 
PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN
Pengembangan perangkat pembelajaran adalah serangkaian proses ataukegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran berdasarkan teori pengembangan yang telah ada.Menurut van den Akker dan Plomp (Hadi, 2001: 4) mendeskripsikan penelitian pengembangan berdasarkan dua tujuan yaitu (1) pengembangan untumendapatkan prototipe produk, (2) perumusan saran-saran metodologis untuk  pendesainan dan evaluasi prototipe tersebut.Richey and Nelson (Hadi, 2001: 4) mendefiniskan Penelitian pengembangansebagai suatu pengkajian sistematis terhadap pendesainan, pengembangan danevaluasi program, proses dan produk pembelajaran yang harus memenuhi kriteriavaliditas, praktikalitas dan efektivitas.Suatu produk atau program dikatakan valid apabila ia merefleksikan jiwa pengetahuan (state-of-the-art knowledge). Ini yang kita sebut sebagai validitas isi;sementara itu komponen-komponen produk tersebut harus konsisten satu sama lain(validitas konstruk). Selanjutnya suatu produk dikatakan praktikal apabila produk tersebut menganggap bahwa ia dapat digunakan (usable). Kemudian suatu produk dikatakan efektif apabila ia memberikan hasil sesuai dengan tujuan yang telahditetapkan oleh pengembang.Berikut akan diuraikan model-model pengembangan dari berbagai ahli sebagai berikut:a. Model Pengembangan Perangkat menurut KempMenurut Kemp (dalam, Trianto, 2007: 53) Pengembangan perangkatmerupakan suatu lingkaran yang kontinum. Tiap-tiap langkah pengembangan berhubungan langsung dengan aktivitas revisi. Pengembangan perangkat ini dimulaidari titik manapun sesuai di dalam siklus tersebut.Pengembangan perangkat model Kemp memberi kesempatan kepada para pengembang untuk dapat memulai dari komponen manapun. Namun karenakurikulum yang berlaku secara nasional di Indonesia dan berorientasi pada tujuan,maka seyogyanya proses pengembangan itu dimulai dari tujuan.Secara umum model pengembangan model Kemp ditunjukkan pada gambar  berikut:
 
Gambar 2.Model pengembangan sistem pembelajaran ini memuat pengembangan perangkat pembelajaran. Terdapat sepuluh unsur rencana perancangan pembelajaran. Kesepuluhunsur tersebut adalah:1.Identifikasi masalah pembelajaran, tujuan dari tahapan ini adalahmengidentifikasi antara tujuan menurut kurikulum yang berlaku dengan faktayang terjadi di lapangan baik yang menyangkut model, pendekatan, metode,teknik maupun strategi yang digunakan guru.2.Analisis Siswa, analisis ini dilakukan untuk mengetahui tingkah laku awal dankarateristik siswa yang meliputi ciri, kemampuan dan pengalaan baik individumaupun kelompok.3.Analisis Tugas, analisis ini adalah kumpulan prosedur untuk menentukan isisuatu pengajaran, analisis konsep, analisis pemrosesan informasi, dan analisis prosedural yang digunakan untuk memudahkan pemahaman dan penguasaantentang tugas-tugas belajar dan tujuan pembelajaran yang dituangkan dalam bentuk Rencana Program Pembelajaran (RPP) dan lembar kegiatan siswa(LKS)4.Merumuskan Indikator, Analisis ini berfungsi sebagai (a) alat untumendesain kegiatan pembelajaran, (b) kerangka kerja dalam merencanakanmengevaluasi hasil belajar siswa, dan (c) panduan siswa dalam belajar.5.Penyusunan Instrumen Evaluasi, Bertujuan untuk menilai hasil belajar,kriteria penilaian yang digunakan adalah penilaian acuan patokan, hal inidimaksudkan untuk mengukur ketuntasan pencapaian kompetensi dasar yangtelah dirumuskan.
 
6.Strategi Pembelajaran, Pada tahap ini pemilihan strategi belajar mengajar yang sesuai dengan tujuan. Kegiatan ini meliputi: pemilihan model, pendekatan, metode, pemilihan format, yang dipandang mampu memberikan pengalaman yang berguna untuk mencapai tujuan pembelajaran.7.Pemilihan media atau sumber belajar, Keberhasilan pembelajaran sangattergantung pada penggunaan sumber pembelajaran atau media yang dipilih, jika sumber-sumber pembelajaran dipilih dan disiapkan dengan hati-hati, makadapat memenuhi tujuan pembelajaran.8.Merinci pelayanan penunjang yang diperlukan untuk mengembangkan danmelaksanakan dan melaksanakan semua kegiatan dan untuk memperoleh ataumembuat bahan.9.Menyiapkan evaluasi hasil belajar dan hasil program.10.Melakukan kegiatan revisi perangkat pembelajaran, setiap langkah rancangan pembelajaran selalu dihubungkan dengan revisi. Kegiatan ini dimaksudkanuntuk mengevaluasi dan memperbaiki rancangan yang dibuat. b. Model Pengembangan Pembelajaran Menurut Dick & CareyPerancangan pengajaran menurut sistem pendekatan model Dick & Cerey, yangdikembangkan oleh Walter Dick & Lou Carey (dalam, Trianto, 2007: 61). Model pengembangan ini ada kemiripan dengan model yang dikembangkan Kemp, tetapiditambah dengan komponen melaksanakan analisis pembelajaran, terdapat beberapakomponen yang akan dilewati di dalam proses pengembangan dan perencanaantersebut. Urutan perencanaan dan pengembangan ditunjukkan pada gambar 4 berikut:

Activity (37)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dhewie Astutie liked this
Vincentius Sendy liked this
Namira Namy liked this
cchotib liked this
Gesty Retno Sari liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->