Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
266Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Petrologi batuan metamorf

Petrologi batuan metamorf

Ratings: (0)|Views: 12,581 |Likes:
Published by Arief Hidayat

More info:

Categories:Types, Research
Published by: Arief Hidayat on Jan 05, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/23/2013

pdf

text

original

 
BAB IPETROLOGI BATUAN METAMORF
Petrologi adalah bidang geologi yang berfokus pada studi mengenai batuan dan kondisi pembentukannya. Ada empat cabang petrologi, berkaitandengan tiga tipe batuan: beku, piroklastik, metamorf, dan sedimen. Kata petrologiitu sendiri berasal dari kata Bahasa Yunani petra, yang berarti "batu".
Petrologi batuan beku berfokus pada komposisi dan tekstur dari batuan beku (batuan seperti granit atau basalt yang telah mengkristal dari batulebur atau magma). Batuan beku mencakup batuan volkanik dan plutonik.
Batuan piroklastik adalah batuan yang terbentuk dari letusan gunung api(berasal dari pendinginan dan pembekuan magma) namun seringkali bersifat klastik.
Petrologi batuan sedimen berfokus pada komposisi dan tekstur dari batuansedimen (batuan seperti batu pasir atau batu gamping yang mengandung partikel-partikel sedimen terikat dengan matrik atau material lebih halus).
Petrologi batuan metamorf berfokus pada komposisi dan tekstur dari batuan metamorf (batuan seperti batu sabak atau batu marmer yang bermula dari batuan sedimen atau beku tetapi telah melalui perubahankimia, mineralogi atau tekstur dikarenakan kondisi ekstrim dari tekanan,suhu, atau keduanya).Petrologi memanfaatkan bidang klasik mineralogi, petrografi mikroskopis, dananalisa kimia untuk menggambarkan komposisi dan tekstur batuan. Ahli petrologimodern juga menyertakan prinsip geokimia dan geofisika dalam penelitankecenderungan dan siklus geokimia dan penggunaan data termodinamika daneksperimen untuk lebih mengerti asal batuan. Petrologi eksperimentalmenggunakan perlengkapan tekanan tinggi, suhu tinggi untuk menyelidikigeokimia dan hubungan fasa dari material alami dan sintetis pada tekanan dansuhu yang ditinggikan. Percobaan tersebut khususnya berguna utuk menyelidiki
1
Petrologi batuan metamorf 
 
 batuan pada kerak bagian atas dan mantel bagian atas yang jarang bertahan dalam perjalanan kepermukaan pada kondisi asli.
1.Pengertian Batuan Metamor
Batuan metamorf adalah batuan ubahan yang terbentuk dari batuan aslinya, berlangsung dalam keadaan padat, akibat pengaruh peningkatan suhu (T) dantekanan (P) yang tinggi. Batuan metamorfosa disebut juga dengan batuan malihanatau ubahan, demikian pula dengan prosesnya, proses malihan. Prosesmetamorfisme atau malihan merupakan perubahan himpunan mineral dan tekstur  batuan, namun dibedakan denag proses diagenesa dan proses pelapukan yang jugamerupakan proses dimana terjadi perubahan. Proses metamorfosa berlangsungakibat perubahan suhu dan tekanan yang tinggi, diatas 200
°
C dan 300 Mpa (mega pascal), dan dalam keadaan padat. Sedangkan proses diagenesa berlangsung padasuhu dibawah 200
°
C dan proses pelapukan pada suhu dan tekanan normal, jauhdibawahnya, dalam lingkungan atmosfir.Preses metamorfosa dapat didefinisikan sebagai:”Perubahan himpunan mineral dan tekstur batuan dalam keadaan (fasa) padat(solid slate) pada suhu diatas 200
°
C dan tekanan 300 Mpa”.Batuan metamorf memerlukan perhatian tersendiri, karena perubahannya berlangsung dalam keadaan padat. Saat lempeng-lempeng tektonik bergerak danfragmen kerak bertabrakan, batuan terkoyak, tetarik (extended), terlipat,terpanaskan dan berubah dengan cara yang kompleks. Tetapi meskipun batuansudah mengalami perubahan dua kali atau lebih, biasanya bekas atau bentuk  batuan semula masih tersimpan, karena perubahannya terjadi dalam keadaan padat. Padat tidak seperti cair atau gas cenderung untuk menyimpan peristiwa- peristiwa (events) pengubahannya. Diantara kelompok batuan, batuan metamorf merupakan yang paling kompleks, tetapi juga paling menarik karena didalamnyatersimpan semua cerita yang telah terjadi pada kerak bumi.
2.Proses metamorfisme
Proses metamorfisme, meliputi:
2
Petrologi batuan metamorf 
 
1.Proses perubahan fisik yang menyangkut struktur dan tekstur oleh tenagakristaloblastik (tenaga dari sedimen-sedimen kimia untuk menyusunsusunan sendiri).2.Proses-proses perubahan susunan mineralogi, sedangkan susunankimianya tetap (isokimia) tidak ada perubahan komposisi kimiawi, tapihanya perubahan ikatan kimia.
Tahap-tahap proses metamorfisme:1.
 Rekristalisasi
Proses ini dibentukoleh tenaga kristaloblastik, di sini terjadi penyusunankembali kristal-kristal dimana elemen-elemen kimia yang sudah adasebelumnya.2.
 Reorientasi
Proses ini dibentuk oleh tenaga kristaloblastik, di sini pengorientasiankembali dari susunan kristak-kristal, dan ini akan berpengaruh pada tekstur dan struktur yang ada.3.
 Pembentukan mineral-mineral baru
Proses ini terjadi dengan penyusunan kembali elemen-elemen kimiawiyang sebelumnya sudah ada.a.Dalam metamorfosa yang berubah adalah : tekstur dan asosiasimineral, yang tetap adalah komposisi kimia dan fase padat (tanpamelalui fase cair). b.Teksturnya selalu mereflesikan sejarah pembentukannya.c.Ditinjau dari perubahan P & T, dikenal :1)Progresive metamorfosa : perubahan dari P & T rendah ke P & Ttinggi.2)Retrogresive metamorfosa : perubahan dari P & T tinggi ke P & Trendah.Kondisi yang mengontrol metamorfosa/mempengaruhirekristalisasi dan tekstur.
3
Petrologi batuan metamorf 

Activity (266)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Rhino Kriswanto liked this
Arifin Pinpin liked this
RaVy Selamanya liked this
Vania Kadmaer liked this
ghazalli1994 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->