Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
9Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kemerdekaan Bangladesh

Kemerdekaan Bangladesh

Ratings: (0)|Views: 2,585|Likes:
Published by scriph

More info:

Published by: scriph on Jan 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2012

pdf

text

original

 
TUGAS ASIA SELATANBANGLADESH
OLEH:
1.IIS KRISTANTO (151060085)2.LILIK WINARTO (151060119)3.DESI AYU DWIJAYANTI (151070231)4.KARTIKA (151070218)5.GERALD SANJAYA ( 15106006.7.
8.
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN POLITIK UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL ‘V’ YOGYAKARTA
 
Kemerdekaan Bangladesh
Republik Rakyat Bangladesh (bahasa Bengali) adalah sebuah negara diAsia Selatan yang berbatasan dengan India di sebelah timur laut, Myanmardi tenggara dan Teluk Benggala di selatan. Bersama-sama dengan BenggalaBarat di India, Bangladesh terdiri dari kawasan etnik dan linguistik Benggali.Bangladesh secara harfiah bermakna "Negeri Bengali". Bagaimanapun, asalkata "Bangla" atau "Benggala" tidak diketahui. Ibukota dan kota terbesarBangladesh ialah Dhaka. Bangladesh merupakan salah satu negara yangterpadat penduduknya di dunia. Luas wilayahnya kira-kira sebesar Pulau Jawa, Madura dan Bali yang digabung menjadi satu.Perbatasan Bangladesh ditetapkan oleh Pemisahan India pada tahun1947 ketika negara ini merupakan sayap timur Pakistan (Pakistan Timur)yang dipisahkan dari sayap barat sejauh 1.600 kilometer. Walaupunmempunyai agama yang sama, jurang etnik dan linguistik antara keduasayap diperburuk lagi oleh sebuah pemerintahan yang ditempatkan diPakistan Barat yang bersikap tidak peduli. Ini menyebabkan kemerdekaanBangladesh pada tahun 1971 selepas peperangan berdarah yang didukungoleh India. Tahun-tahun yang menyusul kemerdekaan ditandai dengan huru-hara politik dan korupsi. Bangladesh memiliki tiga belas kepalapemerintahan yang berlainan, dua dari tiga belas terbutuh, dan sertasekurang-kurang terjadi empat kudeta militer.Bangladesh mempunyai jumlah penduduk yang kedelapan terbesar didunia, tetapi kawasan negara ini sebanyak 144.000 kilometer persegiditempatkan pada tingkat ke-93 di dunia. Oleh itu, Bangladesh merupakansalah satu negara yang terpadat di dunia. Negara ini ialah negara yangmempunyai jumlah orang Islam yang ketiga terbesar di dunia, tetapi jumlahini masih kurang sedikit dibandingkan dengan bilangan orang Islam yangmerupakan kelompok minoritas di India.
 
Secara geografis, Bangladesh dikuasai oleh Delta Gangga-Brahmaputra yang subur. Negara ini mengalami banjir angin musimtahunan, dan siklon kerap terjadi. Bangladesh adalah salah satu anggotapendiri SAARC, BIMSTEC, serta anggota OKI dan D8.
Sejarah
Perang Kemerdekaan Bangladesh (Bengali: Muktijuddho), adalahkonflik bersenjata antara Pakistan Barat (kini Pakistan) dan, Pakistan Timur(kini Bangladesh) dan India, yang menyebabkan didirikannya negaraBangladesh. Perang ini berlangsung dari tanggal 26 Maret sampai 16Desember 1971 dengan Pakistan Barat melancarkan operasi militer terhadappenduduk, pelajar dan personel bersenjata di Pakistan Timur untukmenghancurkan perlawanan mereka menuju kemerdekaan dari Pakistan.Bantuan India terhadap Mukti Bahini menyebabkan konflik bersenjata antaraIndia dan Pakistan (Perang India-Pakistan 1971). Tentara militer India danMukti Bahini menaklukkan pasukan Pakistan Barat di Pakistan Timur. Setelahperang ini, Pakistan Timur merdeka sebagai negara yang kini disebutBangladesh.Pada Agustus 1947, pembagian India melahirkan negara baru yangdisebut Pakistan. Pakistan terdiri dari wilayah yang mayoritas penduduknyaberagama Muslim. Dalam negara Pakistan, terdapat dua wilayah yang secarageografis dan budaya terpisah, salah satunya berada di ujung baratsubbenua India, sedangkan yang lainnya berada di ujung timur. Keduawilayah ini terpisah oleh ribuan mil teritori India. Zona Barat umumnya (jugasecara resmi) disebut Pakistan Barat, dan zona Timur (Bangladesh modern)disebut Benggala Timur, dan nantinya, Pakistan Timur. Secara umum terlihatbahwa Pakistan Barat lebih dominan secara politik dan mengeksplotasi Timur secara ekonomi, menyebabkan banyak keluhan.

Activity (9)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Rifky Caem liked this
Jasmin Blanc liked this
bebekoon liked this
lucy_anggri liked this
afrizafitriani liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->