Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
42Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
CARA KERJA CPU

CARA KERJA CPU

Ratings: (0)|Views: 3,633 |Likes:
Published by dwi_tkj
Mengenal bagaimana cara kerja dari CPU
Mengenal bagaimana cara kerja dari CPU

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: dwi_tkj on Jan 06, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
CARA KERJA CPU (CENTRAL PROCESSINGUNIT)
Mikroprosesor
adalah suatu komponen (biasanya wujud fisiknya berupa chip)yang terdapat dalam suatu sistem komputer yang berfungsi sebagai unit pusatpemroses atau pengolah data dan istruksi. Dalam bahasa kasar seringdiistilahkan sebagai ‘otak’ komputer. Mikroprosesor ini umumnya terpasangpada motherboard. Penulisan kata mikroprosesor sering disingkat
 µP
atau
uP.
Istilah mikroprosesor juga disebut dengan nama
 prosesor 
atau
CPU (central  processing unit).
1.
KOMPONEN PROCESSOR
 Prosesor golongan x86 yang digunakan untuk PC, biasanya terdiri daribeberapa komponen penting, antara lain:o
Unit kontrol,
yaitu bagian
 
yang bertugas mengatur jalannyaprogram.o
Unit eksekusi,
yaitu bagian
 
yang melakukan operasi terhadap datayang terdiri dari:§
(
 Arithmetic Logical Unit 
= Unit Logika dan Aritmatika).Komponen ini berfungsi sebagai tempat memproses data dengancara memanipulasi informasi dan mengevaluasi hasilnya.ALUdapatmelakukan operasi-operasi tertentu, misalnya penjumlahan,perkalian, pengurangan, dan lainnya.Ø ALU sendiri terdiri dari device-device memori kecil yang dikenaldengan nama
register.
Pada register inilah informasi-informasidisimpan selama pemrosesan data sedang berlangsung.Ø ALU juga terdiri dari sirkuit-sirkuit untuk mengevaluasiinformasi. Misalnya
adder 
dan
comparator,
yang memanipulasidata sesuai instruksi yang terprogram§
FPU 
(
Floating Point Uni
).
Komponen ini berfungsi untukmemproses data berupa bilangan floating point.o Sekumpulan daftar yang dapat digunakan untuk menampung datamaupun hasil perhitungan yang belum selesai dengan sempurna.Komponen ini terkadang terdapat dalam CPU, tetapi tidak semuanya.Memoriinternal CPU, biasanya berupa
cache ,
seringkali disebut denganistilah
cache memori.
Sekarang ini, prosesor-prosesor modern sudahdilengkapi komponen ini. Sedangkan prosesor-prosesor lama, banyakyang tidak memilikinya.
2. CARA KERJA
SMK Muhammadiyah Sumpiuh | Dasar-dasar Komputer | CentralProcessing Unit (CPU)1
 
Cara kerja micro processor adalah menjalankan sekumpulan instruksi mesinyang memberitahu processor apa yang harus dilakukan. Berdasarkan instruksitersebut, mikro processor melakukan tiga hal dasar: 1) Menggunakan ALU(Arithmetic Logic Unit) untuk melakukan operasi matematis sepertipenambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Mikro processor modernmengandung floating point unit yang dapat melakukan operasi yang sangatkompleks pada angka yang besar. 2) Memindahkan data dari satu lokasi memorike lokasi lainnya. 3) Mengambil keputusan dan melompat ke instruksi lain sesuaikeputusan itu.Secara sederhana cara kerja prossesor intinya adalah menerima umpan atauperintah masuk baik dari mouse, keybord ataupun alat penginput dataterhubung yang lain kemudian menerjemahkan atau memproses data perintahtersebut untuk kemudian mengeluarkan/meneruskan outputnya ke hardwareatau software terkait.
Ketika kita membeli komputer kadang kita suka ditanya mengenai masalahprocessor .. biasanya ketika membeli komputer (apalagi rakitan) kita ditanya“Bapak/Ibu akan menggunakan processor apa, mau Intel atau AMD ?” .. Kadangkarena gengsi dan malu kalo di sebut GAPTEK, maka kita bisanya langsung sajabilang Intel dong .. karena kebanyakan orang menggukanan processortersebut .. nah dari pada malu nanti sesat di rimba teknologi informasi .. adabaiknya kita tahu dan mengenal mengenai processor intel tersebut .. berikut iniada artikel yang membahas hal tersebut (Red. Deden)Dulu ukuran kecepatan CPU adalah clock speed (GHz), contoh: 3GHz lebih cepatdari 2GHz CPU. Semakin tinggi clock speed berarti CPU mampu memprosesinstruksi komputer semakin cepat. Sekarang ukuran kecepatan tidak hanyatergantung dari clock speed saja. Faktor lain yang mempengaruhi kecepatanadalah:
Dual-Core
mampu memproses beberapa aplikasi secara paralel. DenganHyper-Threading, beberapa tugas dijalankan melalui satu arus, tapidengan dual-core, tugas-tugas ini dipisah menjadi dua arus dan tiap arusdiproses sendiri-sendiri.
Hyper-Threading
(HT) memungkinkan 2 pekerjaan untuk dijalankanpada saat yang sama (paralel). Dengan HT, anda bisa menjalankanbeberapa aplikasi sekaligus tanpa merasakan lagging/lamban.
L2 Cache
: memori kecepatan tinggi tempat menyimpan data yang seringdipakai oleh CPU. RAM juga memori tetapi aksesnya lebih lamban. PCdengan L2 Cache yang besar memungkinkan lebih banyak data yang bisadiakses dari memori ini sehingga keseluruhan sistem bekerja lebih cepat.Cache ini disebut juga secondary cache dan mempunyai chip sendiri;sedangkan primary cache biasanya didalam CPU itu sendiri. Ukurangcache ada yang 512Kb sampai 2Mb atau lebih.
Front Side Bus
: Mempengaruhi kecepatan data transfer dari CPU ke RAMdan graphics card dan sebaliknya. PC dengan FSB yang tinggi cocok untukgames dan digital media.SMK Muhammadiyah Sumpiuh | Dasar-dasar Komputer | CentralProcessing Unit (CPU)
 
2
 
Execute Disable Bit
: Menurunkan ancaman sekuriti dari virus sepertimemory buffer overflow dimana aplikasi anti-virus tidak bisamenanggulangi.
Enhanced Intel
SpeedStep
: Menyediakan kemampuan yang maksimal jika diperlukan dan mengurangi jika tidak. Lebih sering dipakai di laptopatau notebook untuk mengirit penggunaan listrik dari baterai.
Extended Memory
64
(64-bit): Sistem dengan 32-bit CPU mempunyaimaksimum kapasitas 4GB untuk RAM. Untuk menjalankan aplikasi yangbesar dan memerlukan memori lebih besar dari 4GB, data extra akanditulis di hard-disk sehingga memperlamban prosesnya.Merek dan Jenis Intel CPU:
Intel Atom
Itanium 2SMK Muhammadiyah Sumpiuh | Dasar-dasar Komputer | CentralProcessing Unit (CPU)3

Activity (42)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
challidaria liked this
st_sulaiman16037 liked this
Dusti Erli liked this
thueadtya liked this
Efni Sesnita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->