Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
157Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengorganisasian Dan Organisasi

Pengorganisasian Dan Organisasi

Ratings: (0)|Views: 12,706 |Likes:
Published by Al

More info:

Published by: Al on Jan 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/31/2013

pdf

text

original

 
Pengorganisasian Dan Organisasi
Pengertian Pengorganisasian dan Organisasi
Fungsi pengorganisasian berkaitan erat dengan fungsi perencanaan.karna pengorganisasian pun harus di rencanakan.Organizing berasal dari kata organize yang berarti menciptakan struktur dengan bagian – bagian yang di integrasikan sedemikian rupa, sehingga hubungannya satu samalain terikat oleh hubungan terhadap keseluruhannya. Organisasi diartikanmenggambarkan pola – pola, skema, bagan yang menunjukkan garis – garis perintah,edudukan karyawan, hubungan – hubungan yang ada, dan lain sebagainya.Organisasi hanya merupakan alat dan wadah tempat manajer melakukan kegiatan-kegiatannya untuk mencapai tujuan yang diinginkan.Hasil dari pengorganisasian adalah organisasi. Pengorganisasian diproses olehorganisator (manajer), hasilnya organisasi yang sifatnya statis. Jika pengorganisasian baik maka organisasi pun akan baikdan tujuan pun relatif mudah di capai.Beberapa pengertian pengorganisasian dan organisasi:
Drs. H. Malayu S. P. Hasibuan
Pengorganisasian adalah suatu proses penentuan, pengelompokan, dan pengaturan bermacam-macam aktifitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan, menempatkan orang-orang pada setiap aktifitas ini, menyediakan alat-alat yang diperlukan, menetapkanwewenang yang secara relatif didelegasikan kepada setiap individu yang akan melakukanaktifitas-aktifitas tersebut.
Drs. M. Manullang
Organisasi dalam arti dinamis (pengorganisasian) adalah suatu proses penetapandan pembagian pekerjaan yang akan di lakukan. Pembatasan tugas – tugas atau tanggung jawab serta wewenang dan penetapan hubungan-hubungan antara unsur-unsur organisasi,sehingga memungkinkan orang-orang dapat bekerja bersama-sama seefektif mungkinuntuk pencapaian tujuan. Secara singkat organisasi adalah suatu kegiatan diferensiasitugas-tugas.
Drs. Soekarno K.
Organisasi sebagai fungsi manajemen (organisasi dalam pengertian dinamis)adalah organisasi yang memberikan kemungkinan bagi manajemen dapat bergerak dalam batas-batas tertentu. Organisasi dalam arti dinamis berarti organisasi itu mengadakan pembagian kerja.Kesimpulan definisi di atas adalh bahwa pengorganisasian (organizing) adalh funsimanajemen, sifatnya dinamis dan merupakan proses untuk memeperoleh organisasi(organization) yang menjadi alat dan wadah manajer melakukan aktifitas-aktifitasnyadalam mencapai tujuan.
 
Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan
Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur, dan terkoordinasidari sekelompok orang yang bekerja sam dalam mencapai tujuan tertentu. Organiasihanya merupakan alat dan wadah saja.Prof. Dr. Mr. S. Prajudi Atmosudiroorganisasi adlah struktur tata pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antarasekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai suatu tujuan tertentuKenapa organisasi itu sangat penting dalam manajemen?Organisasi sangat penting dalam manajemen karena:1.Organisasi adalah syarat utama adanya manajemen tanpa organiasi manajemenini tidak ada.2.Organisasi merupakan wadah dan alat pelaksanan proses manajemen dalammencapai tujuan.3.Organisasi adalah tempat kerja sama formal dari sekelompok ornag dalammelakukan tugas-tugasnya.4.Organisasi mempunyai tujuan yang ingin dicapaiUnsur-unsur Organisasi1.Manusia (human factor), artinya organisasi baru ada jika ada unsur manusia yang bekerjasama, ada pemimpin dan ada yang di pimpin (bawahan)2.Tempat kedudukan, artinya organisasi itu baru ada, jika ada tempatkedudukannya.3.Tujuan artinya organisasi baru ada jika tujuan yang ingin di capai.4.Pekerjaan, artinya organisasi itu baru ada, jika ada pekerjaan yang akandikerjakan serta adanya pembagian pekerjaan.5.Struktur, artinya organisasi itu baru ada, jika ada hubungan dan kerjasama antaramanusia yang satu dengan yang lainnya.6.Tekhnologi, artinya organisasi itu baru ada jika terdapat unsur tekhnis.7.Lingkungan (environment external social system), artinya organisasi itu baru ada, jika ada lingkungan yang saling mempengaruhi misalnya ada sistem kerjasamasosial.
Hubungan-hubungan dalam organisasi
Penetapan hubungan dalam suatu organisasi merupakan salah satu syaratterciptanya kerjasama (teamwork), antara karyawan dengan karyawan, dan antaradepartemen dengan departemen.Hubungan-hubungan ini dalam suatu organisasi dapat digolongkan atas:1.Line relations2.Functional relations
 
3.Staff relations4.Coordination relations
Drs. H. Malayu S.P. Hasibuan
1.Hubungan vertikal, baik hubungan konkret maupun hubungan abstrak. Hubungankonkret, yaitu hubungan individu atasan dengan individu bawahannya. Hubunganabstrak, yaitu hubungan pekerjaan (bagian) yang satu dengan pekerjaan (bagian)lainnya yang diintegrasikan. Misalnya pada perusahaan garmen hubungan bagiangunting dengan bagian tukang jahit.2.Hubungan Horizontal, baik hubungan konkrit maupun hubungan abstrak.Hubungan konkret,yaitu hubungan antara individu karyawan yang sama golongansebagai akibat organisasi. Hubungan abstrak, yaitu hubungan pekerjaan (bagian)yang satu dengan pekerjaan (bagian) yang lain yang harus di koordinasi. Misalnyatukang gunting pakaian orang dewasa dengan tukang gunting pakaian anak-anak.Organisasi terdiri dari:1.Pengaturan yang berorientasi sasaran, orang-orang dengan tujuannya (goaloriented arrangement)2.Orang-orang yang berinteraksi dengan kelompok (psychosocial system)3.Orang dengan menggunakan pengetahuan dan tekhnik (technological system)4.Interaksi kegiatan-kegiatan yang terstruktur serta orang-orang yang bekerjasamadalam hubungan-hubungan yang berpola (struktur system)
ASAS-ASAS ORGANISASI
Agar organisasi menjadi baik,efektif, efisien, setrta sesuai kebutuhan,harus di dasarkan pada asas-asas:1.Principle of organizational objectives2.Principle of unity of objective3.Principle of unity of command4.Principle of the span of management5.Principle of elegation of authority6.Principle of parity of authority and responsibility7.Principle of responsibility8.Principle of departmentation (principle of division of work)9.Principle of personel placement10.Principle of scalar chain11.Principle of efficiency12.Principle of continuity13.Principle of coordinationTanda-tanda organisasi yang baik:1.Tujuan organisasi jelas dan realistis.2.Pembagian kerja dan hubungan kerja antara pekerjaan antara unit-unit, sub-subsistem atau bahagian-bahagian harus baik dan jelas.3. Organisasi itu harus menjadi alat dan wadah yang efektif dalam mencapai tujuan.4.Tipe organisasi dan strukturnya harus sesuai dengan kebutuahn perusahaan.

Activity (157)

You've already reviewed this. Edit your review.
Usman Pasuruan added this note
terimah kasih semoga sukses selalu
1 hundred reads
1 thousand reads
Benny Wee liked this
Andi Firman liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->