Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
26Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
perubahan sosial

perubahan sosial

Ratings: (0)|Views: 4,959|Likes:
Published by aqucintakebebasan

More info:

Published by: aqucintakebebasan on Jan 07, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/09/2012

pdf

text

original

 
Perubahan sosial budaya
adalah sebuah gejala berubahnya struktur sosial dan pola budaya dalam suatu masyarakat. Perubahan sosial budaya merupakan gejala umum yangterjadi sepanjang masa dalam setiap masyarakat.Perubahan itu terjadi sesuai dengan hakikat dan sifat dasar manusia yang selalu ingin mengadakan perubahan.
Hirschman
mengatakan bahwa kebosanan manusia sebenarnya merupakan penyebab dari perubahan.Perubahan sosial budaya terjadi karena beberapa faktor. Di antaranyakomunikasi; caradan pola pikir masyarakat; faktor internal lain seperti perubahan jumlah penduduk, penemuan baru, terjadinya konflik  ataurevolusi; dan faktor eksternal seperti bencana alam dan perubahan iklim, peperangan,dan pengaruhkebudayaanmasyarakat lain. Ada pula beberapa faktor yang menghambat terjadinya perubahan, misalnya kurangintensifnya hubungan komunikasi dengan masyarakat lain; perkembangan IPTEK yanglambat; sifat masyarakat yang sangattradisional; ada kepentingan-kepentingan yangtertanam dengan kuat dalam masyarakat; prasangka negatif terhadap hal-hal yang baru;rasa takut jika terjadi kegoyahan pada masyarakat bila terjadi perubahan; hambatanideologis; dan pengaruhadat atau kebiasaan.
Komunikasi
adalah suatu  prosespenyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu  pihak kepada pihak lain agar terjadi saling mempengaruhi diantara keduanya. Padaumumnya, komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata (lisan
 
) yang dapatdimengerti oleh kedua belah pihak. Apabila tidak ada  bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakangerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkankepala, mengangkat bahu. Cara seperti ini disebut komunikasi dengan bahasa nonverbal
Masyarakat
(sebagai terjemahan istilah
 society
) adalah sekelompok orangyangmembentuk sebuahsistemsemi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata"masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya,sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar  entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitasyang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yanghidup bersama dalam satu komunitas yang teratur.Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagaisebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama.Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka berdasarkan kemaslahatan.Masyarakat seringdiorganisasikanberdasarkan cara utamanya dalam bermata pencaharian. Pakar ilmu sosial mengidentifikasikan ada: masyarakat pemburu, masyarakat pastoral nomadis, masyarakat bercocoktanam,dan masyarakat agrikultural intensif, yang juga disebut masyarakat peradaban. Sebagian  pakar  menganggap masyarakatindustri dan pasca-industri sebagai kelompok masyarakat yang terpisah dari masyarakat agrikultural tradisional.
 
Masyarakat dapat pula diorganisasikan berdasarkan struktur politiknya: berdasarkanurutan kompleksitas dan besar, terdapat masyarakat
,suku,
chiefdom
, danmasyarakatnegara.Kata
 society
berasal dari bahasalatin, societas, yang berarti hubungan persahabatandengan yang lain. Societas diturunkan dari kata socius yang berartiteman, sehingga artisociety berhubungan erat dengan kata sosial. Secara implisit, kata society mengandungmakna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalammencapai tujuan bersama.
Konflik 
berasal dari kata kerjaLatin 
configere
yang berarti saling memukul. Secarasosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain denganmenghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.Tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar anggotanya ataudengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan denganhilangnya masyarakat itu sendiri.Konflik dilatarbelakangi oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatuinteraksi.perbedaan-perbedaan tersebut diantaranya adalah menyangkut ciri fisik,kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya. Dengandibawasertanya ciri-ciri individual dalam interaksi sosial, konflik merupakan situasi yangwajar dalam setiapmasyarakatdan tidak satu masyarakat pun yang tidak pernahmengalami konflik antar anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.Konflik bertentangan denganintegrasi.Konflik dan Integrasi berjalan sebagai sebuah siklus di masyarakat. Konflik yang terkontrol akan menghasilkan integrasi. sebaliknya,integrasi yang tidak sempurna dapat menciptakan konflik.
Bentuk-bentuk Perubahan Sosial Budaya 
1.
 
Perubahan secara lambat dan Perubahan secara cepat (dilihat dari waktu)Perubahan secara lambat = evolusi, yaitu prubahan yang memerlukan waktu lama.Cirinya : memerlukan waktu lama, perubahannya kecil, perubahan tidak disadari olehmasyarakat, tidak diikuti oleh konflik atau tidak menimbulkan kekerasan. Ex: perubahan mata pencaharian masyarakatPerubahan secara cepat = revolusi, yaitu perubahan yang terjadi dalam waktu yangsangat cepat. Ciri-cirinya membutuhkan waktu singkat, perubahannya besar karenamenyangkut sendi-sendi pokok kehidupan, perubahan disadari/direncanakan,seringkali diikuti oleh kekerasan atau menimbulkan konflik. Ex: revolusi Indonesiatahun 1945, reformasi Indonesia tahun 1998, revolusi industri Perancis dan Inggris. 2.
 
Perubahan yang pengaruhnya kecil dan pengaruhnya besar.Perubahan yang pengaruhnya kecil adalah perubahan yang tidak membawa pengaruh
 
langsung bagi kehidupan masyarakat. Ex; perubahan mode pakaian, gaya potonganrambut, dsb.Perubahan yang membawa pengaruh besar adalah perubahan yang membawa pengaruh langsung terhadap kehidupan masyarakat karena perubahan yang terjadi pada unsure-unsur social budaya masyarakat. Ex: Industrialisasi membawa pengaruh pada hubungan kerja, lembaga kemasyarakatan, system pemilikan tanah, pelapisansocial, hubungan kekerabatan, dll. 3.
 
Perubahan yang dikehendaki/direncanakan dan perubahan yang tidadikehendaki/tidak direncanakanPerubahan yang dikehendaki/direncanakan= pembangunan adalah perubahan yangsudah diperkirakan sebelumnya oleh pihak-pihak tertentu yang ada dalammasyarakat. Perubahan yang tidak dikehendaki/tidak direncanakan adalah perubahanyang tidak diperkirakan sebelumnya. Biasanya perubahan tidak dihendaki munculsebagai dampak dari perubahan yang direncanakan. Secara garis besar perubahan social menyangkut perubahan dalam:a.kelompok social b.stratifikasi socialc.lembaga-lembaga sociald.interaksi social
 
Faktor Pendorong Perubahan Sosiala.Menurut Alvin Betrand: awal dari proses perubahan social adalah komunikasiyaitu penyampaian ide, gagasan, nilai, kepercayaan, keyakinan dsb, dari satu pihak ke pihak lainnya sehingga dicapai kata kesepahaman. b.Menurut David Mc Clelland: dorongan untuk perubahan adalah adanya hasratmeraih prestasi ( need for achievement) yang melanda masyarakatc.Prof. Soerjono Soekanto: Perubahan social disebabkan oleh factor intern dalammasyarakat itu dan factor ekstern.Faktor Intern antara lain:1)
 
Bertambah dan berkurangnya penduduk (kelahiran, kematian, migrasi)2)
 
Adanya Penemuan Baru:-
 
Discovery: penemuan ide atau alat baru yang sebelumnya belum pernah ada-
 
Invention : penyempurnaan penemuan baru-
 
Innovation /Inovasi: pembaruan atau penemuan baru yangditerapkan dalam kehidupan masyarakat sehingga menambah,melengkapi atau mengganti yang telah ada.Penemuan baru didorong oleh : kesadaran masyarakat akan kekuranganunsure dalam kehidupannya, kualitas ahli atau anggota masyarakat3)
 
Konflik yang terjadii dalam masyarakat4)
 
Pemberontakan atau revolusi Faktor ekstern antara lain:

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
ganieso liked this
beni_rawit liked this
Hen Dri Ansyah liked this
Djall Bin Usman liked this
Nazirah Mustafa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->