Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
8Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
percaya diri 2

percaya diri 2

Ratings: (0)|Views: 349 |Likes:
Published by Esti Setyaningtyas

More info:

Published by: Esti Setyaningtyas on Jan 08, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/31/2010

pdf

text

original

 
7 Langkah Membangun Percaya Diri Yang Tak Tergoyahkan
 
 
 
 Selasa, 28 November 2006 11:09
KapanLagi.com
- Tak dapat dipungkiri kita semua pasti pernah mengalami rasa tak  percaya diri sesekali waktu. Adakalanya agak sulit untuk membangkitkan kembali rasa percaya diri itu sewaktu kita sedang membutuhkan. Sebenarnya ada latihan sederhanayang dapat dipraktekkan untuk mendapatkan rasa percaya diri Anda agar kembali ke jalurnya secepat mungkin saat dibutuhkan. Berikut kami sampaikan tujuh langkahmembangun rasa percaya diri yang tak tergoyahkan.1.
Perhatikan Postur Tubuh
- Mungkin kedengarannya ini tak memiliki hubungandengan rasa percaya diri yang kita bicarakan ini, tetapi sebenarnya bagaimana sikapduduk atau berdiri Anda, mengirimkan pesan tertentu pada orang-orang yang ada disekekliling Anda. Jika pesan tersebut memancarkan rasa percaya diri, Anda akanmendapatkan tanggapan positif dari orang lain dan tentu saja ini akan memperbesar rasa percaya diri Anda sendiri. Jadi mulai perhatikan sikap duduk dan berdiri untuk menunjukan Anda memiliki rasa percaya diri.2.
Bergaulah Dengan Orang-Orang Yang Memiliki Rasa Percaya Diri DanBerpikiran Positif 
- Lingkungan membawa pengaruh besar pada seseorang. Jika Andaterus menerus berbaur dengan orang yang memiliki rasa rendah diri, pengeluh dan pesimis, seberapa besarpun percaya diri yang Anda miliki, perlahan tapi pasti akan pudar dan terseret mengikuti lingkungan Anda. Sebaliknya, jika Anda dikelilingi orang-orangyang penuh kebahagiaan dan percaya diri, makan akan tercipta pula atmosfir positif yangmembawa keuntungan bagi diri Anda.
 
3.
Ingat Kembali Saat Anda Merasa Percaya Diri
- Percaya diri adalah sebuah perasaan, dan jika Anda pernah merasakannya sekali, tak mustahil untuk merasakannyalagi. Mengingat kembali pada saat dimana Anda merasa percaya diri dan terkontrol akanmembuat Anda mengalami lagi perasaan itu dan membantu meletakan kerangka rasa percaya diri itu dalam pikiran.4.
Latihan
- Kapanpun Anda ingin merasakan rasa percaya diri, kuncinya adalah latihansesering mungkin. Bahkan Anda dapat membawanya dalam tidur. Dengan kemampuanyang terlatih, Anda tak akan kesulitan menampilkan rasa percaya diri kapanpun itudibutuhkan.5.
Kenali Diri Sendiri
- Pikirkan segala hal tentang apa yang Anda sukai berkenaandengan diri sendiri dan segala yang Anda tahu dapat Anda lakukan dengan baik. JikaAnda kesulitan melakukan ini, ingat tentang pujian yang Anda peroleh dari orang-orang -Apa yang mereka katakan - Anda melakukannya dengan baik? Sebuah gagasan bagusuntuk menuliskan semua ini, hingga Anda bisa melihatnya lagi untuk mengibarkan rasa percaya diri kapanpun Anda membutuhkan inspirasi.6.
Jangan Terlalu Keras Pada Diri Sendiri
- Jangan terlalu mengkritik diri sendiri, jadilah sahabat terbaik bagi diri Anda. Namun, saat seorang teman sedang melalui masasulit, Anda tak akan mau terlibat dalam masalahnya hingga menguras emosi Anda sendirikan? Tentu saja Anda tak mau. Pebicaraan yang positif dapat berubah jadi senjata terbaik untuk menaikan rasa percaya diri, jadi pastikan Anda menanam kebiasaan ini, jangan biarkan permasalahan orang lain membuat Anda jadi terpuruk.7.
Jangan Takut Mengambil Resiko
- Jika Anda seorang pengambil resiko, Anda pastiakan temukan kalau tindakan ini mampu membuahkan rasa percaya diri. Tak ada yanglebih bermanfaat dalam menumbuhkan rasa percaya diri layaknya mendorong diri sendirikeluar dari zona nyaman. Selain itu, tindakan ini juga berfungsi bagus untuk mengurangirasa takut Anda akan ha-hal yang tak Anda ketahui, plus bisa dari pembangkit rasa percaya diri yang luar biasa.
Memupuk Rasa Percaya Diri
 
OlehJacinta F. Rini
 
Team e-psikologi
Jakarta, 16 Oktober 2002
 
Pernahkah anda mengalami krisis kepercayaan diri atau dalam bahasa sehari-hari"tidak pede" dalam menghadapi suatu situasi atau persoalan? Saya yakin hampirsetiap orang pernah mengalami krisis kepercayaan diri dalam rentangkehidupannya, sejak masih anak-anak hingga dewasa bahkan sampai usia lanjut.Ruang konseling di website inipun banyak diwarnai dengan pertanyaan seputarkasus-kasus yang berhubungan dengan krisis kepercayaan diri tersebut. Sudah tentu,hilangnya rasa percaya diri menjadi sesuatu yang amat mengganggu, terlebih ketikadihadapkan pada tantangan atau pun situasi baru. Individu sering berkata pada dirisendiri, “dulu saya tidak penakut seperti ini....kenapa sekarang jadi begini ?” ada
 
juga yang berkata: "kok saya tidak seperti dia,...yang selalu percaya diri...rasanyaselalu saja ada yang kurang dari diri saya...saya malu menjadi diri saya!”
 
Menyikapi kondisi seperti tersebut diatas maka akan muncul pertanyaan dalam benak kita:mengapa rasa percaya diri begitu penting dalam kehidupan individu. Lalu apakah kurangnyarasa percaya diri dapat diperbaiki sehingga tidak menghambat perkembangan individu dalammenjalankan tugas sehari-hari maupun dalam hubungan interpersonal. Jika memang rasakurnag percaya diri dapat diperbaiki, langkah-langkah apakah yang harus dilakukan?Pertanyaan-pertanyaan inilah yang akan saya jawab dalam artikel ini.
 
Kepercayaan Diri
 
Kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untukmengembangkan penilaian positif baik terhadap diri sendiri maupun terhadaplingkungan/situasi yang dihadapinya. Hal ini bukan berarti bahwa individu tersebut mampudan kompeten melakukan segala sesuatu seorang diri, alias “sakti”. Rasa percaya diri yangtinggi sebenarnya hanya merujuk pada adanya beberapa aspek dari kehidupan individutersebut dimana ia merasa memiliki kompetensi, yakin, mampu dan percaya bahwa dia bisa –karena didukung oleh pengalaman, potensi aktual, prestasi serta harapan yang realistikterhadap diri sendiri.
Karakteristik
 
Karakteristik atau ciri-ciri Individu yang percaya diri
 
Beberapa ciri atau karakteristik individu yang mempunyai rasa percaya diri yangproporsional, diantaranya adalah :
 
Percaya akan kompetensi/kemampuan diri, hingga tidak membutuhkan pujian,pengakuan, penerimaan, atau pun rasa hormat orang lain
Tidak terdorong untuk menunjukkan sikap konformis demi diterima oleh orang lainatau kelompok
Berani menerima dan menghadapi penolakan orang lain – berani menjadi diri sendiri
Punya pengendalian diri yang baik (tidak
moody 
dan emosinya stabil)
Memiliki
internal locus of control
(memandang keberhasilan atau kegagalan,tergantung dari usaha diri sendiri dan tidak mudah menyerah pada nasib atau keadaan sertatidak tergantung/mengharapkan bantuan orang lain)
Mempunyai cara pandang yang positif terhadap diri sendiri, ornag lain dan situasi diluar dirinya
Memiliki harapan yang realistik terhadap diri sendiri, sehingga ketika harapan itutidak terwujud, ia tetap mampu melihat sisi positif dirinya dan situasi yang terjadi.
Karakteristik atau ciri-ciri Individu yang kurang percaya diri
 
Beberapa ciri atau karakteristik individu yang kurang percaya diri, diantaranya adalah:
 

Activity (8)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
rodzul87 liked this
Izul D'aisyz liked this
Sri Handayani liked this
Josep Moris liked this
Izha Ana liked this
HajiEka liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->