Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
347Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH ilmu pendidikan islam

MAKALAH ilmu pendidikan islam

Ratings: (0)|Views: 32,181 |Likes:
Published by dahlia

More info:

Published by: dahlia on Jan 09, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2013

pdf

text

original

 
Kata pengantar Dengan memanjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang telahmemberikan kesehatan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini. Beriringsalam tidak lupa kita panjatkan kepada Nabi Muhammad SAW yang telah membawa kitadari yang tidak tahu menjadi tahu sehingga kita bias membedakan anara baik dan buruk.Penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telahmembantu penyelesaian makalah ini.Makalah ilmu pendidikan islam yang berjudul tentang tanggungjawab pendidikanislam. Semoga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan yang tentunya memilikinilai-nilai kebaikan yang sangat tinggi.Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua. Kritik dan saran yangmembangun kami harapkan agar makalah ini lebih sempurna.
 
Bab I PendahuluanPendidikan islam mempunyai sejarah yang panjang dan pendidikan islam juga berkembang seiring dengan kemunculan islam itu sendiri. Pada masa awal itu tentu saja pendidikan formal yang sitematius belum terselenggara. Dan pendidikan yang berlangsung dapat dikatakan pendidikan informal karena pendidika islam pertama kali berlangsung dirumah sahabat ( daaral arqam ).Dalam UU system pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003 dijelaskan bahwa pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta diddik agar menjadimanusia yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME, berakhlak mulia, sehat berilmu,cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Hal ini juga senada dengan pendidikan islam yang bertujuan untuk membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta dapatmempertanggungjawabkan semua perbuatannya. Dari 2 tujuan pendidikan diatas kitatahu bahwa pendidikan itu bukanlah suatu hal yang mudah.Dikatakan bukan sebagai persoalan yang mudah karena pendidikan itu memilikitanggungjawab yang besar baik itu kepada Allah SWT maupun kepada alam.Tanggungjawab yang besar itu terwujud dalam hal membentuk kepribadian individu.Dengan terciptanya individu yang berkepribadian seperti yang tercanun dalam keduatujuan pendidikan diatas maka akan memberikan manfaat yang besar umumnya bagi bangsa dan Negara. Agar pendidikan itu sesuai dengan tujuannya semula makadiperlukan sebuah kerjasama antara orang tua, masyarakat, sekolah dan pemerintah.Mereka hendaknya bersama-sama memperhatikan pendidikan para generasi mudanya.Lebih lanjut dalam makalah ini penulis akan memaparkan bentuk-bentuk tangungjawabdan siapa saja yang bertanggungjawab terhadap pendidikan.
 
Bab II PembahasanA.Tanggung Jawab Keluarga terhadap pendidikan islamDidalam lingkungan keluarga,orang tua berkewajiban untuk menjaga,mendidik,memelihara,sertamembimbing dan mengarahkan dengan sungguh-sungguh dari tingkah laku atau kepribadian anak sesuai dengan syariat islam yang berdasarkan atas tuntunan atau aturan yang telah ditentukan di dakam al-qur’an danhadist.Tugas ini merupakan tanggung jawabmasing-masing orang tua yang harusdilaksanakan.pentingnya pendidikan islam bagi tiap-tiap orang tua terhadap anak-anaknya didasarkan pada sabda rasulullah SAW yang menyatakan bahwa setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitra.kedua orang tuanyalah yang menjadikannyanasrani,yahudi atau majusi(HR.bukhari)Pendidikan keluarga merupakan salah satu aspek penting,karena awal pembentukan dan perkembangan dari tingkah laku atau kepribadian atau jiwa seoranganak adalah melalui proses pendidikan dilingkungan keluarga.dilingkungan inilah pertama kalinya terbentuknya pola dari tingkah laku atau kepribadian seorang anak tersebut.pentingnya peran keluarga dalam proses pendidikan anak dicantumkandidalam al- Qur’an,yang mana Allah SWT berfirman dalam surah Al-furqon ayat74,yang artinya sebagai berikut:”dan orang-orang yang berkata:”ya tuhan kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati(kami),dan jadikan lahkamiimam bagi orang-orang yang bertakwa(Al-furqan:74)Selanjutnya,berhubungan dengan pentingnya peranan orang tua dalam pendidikan anak di dalam lingkungan keluarga ini juga dijelaskan Allah sesuaidengan firmannyadidalam surahAt-tamrin ayat 6, yang artinya sebagai berikut:

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->