Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
26Activity
×

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pengetahuan Guru SD Tentang Bimbingan Konseling

Pengetahuan Guru SD Tentang Bimbingan Konseling

Ratings: (0)|Views: 16,199|Likes:
Published by Harry D. Fauzi

More info:

Published by: Harry D. Fauzi on Jan 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/11/2013

pdf

text

original

 
harrydfauzi@gmail.com
1
Bab IPENDAHULUANA.
 
Latar Belakang Masalah
Bimbingan dan konseling yang dahulu dikenal dengan namaBimbingan dan Penyuluhan (
Guideance and Conseling 
), merupakan bagiantak terpisahkan dari sebuah sistem pendidikan. Sebagai sebuah sistem,kehadirannya diperlukan dalam upaya pembimbingan sikap perilaku siswaterutama dalam menghadapi perubahan-perubahan dirinya dari anak-anak menuju jenjang usia yang lebih dewasa.Pada kenyataannya, bimbingan dan konseling ini menjadi sebuahsimbol yang sering tidak berfungsi secara optimal. Pada hampir semuasekolah, fungsi bimbingan dan konseling hanya muncul jika seorang siswamenghadapi permasalahan yang memang krusial, seperti perkelahian, penyalahgunaan obat terlarang, kenakalan-kenakalan di luar batas, sertahal-hal lain yang berada di luar batas kewajaran. Akibatnya, bimbingan dankonseling dalam pandangan siswa menjadi semacam ”polisi sekolah” yangakan bertindak jika siswa melanggar tata tertib sekolah. Di sisi lain, wargasekolah lainnya seperti kepala sekolah, guru-guru, dan para staf sekolahlain selalu menunjuk guru bimbingan dan konseling jika didapati adanyasiswa yang memiliki permasalahan atau terlibat kasus tertentu.Terlepas dari predikat guru bimbingan dan konseling, pada dasarnyaguru adalah jabatan profesional yang harus dipertang-gungjawabkan secara
 
harrydfauzi@gmail.com
2
 profesional pula. Guru adalah jabatan yang memerlukan keahlian khusus.Sikap, perilaku dan pemikiran seorang guru harus tercermin dalamidealismenya. Oleh karena itu, pemahaman atas jabatan guru pentingartinya dalam rangka mengabdikan dirinya terhadap nusa, bangsa dannegara. Jenis pekerjaan ini seharusnya tidak dapat dilakukan olehsembarang orang di luar lingkup pendidikan. Demikian pula halnya dengan jabatan fungsional guru bimbingan dan konseling yang sesung-guhnyahanya dapat dilaksanakan secara optimal oleh mereka yang memangmemiliki latar belakang kependidikan seperti itu. Jika suatu jabatanfungsional dilakukan oleh orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan dan keprofesian yang benar, maka sangat besar kemungkinannya terjadi penyimpangan peri-laku, penyimpangan kegiatan,dan penyimpangan penafsiran di luar batas kewajaran yang seharusnya.Itulah yang terjadi dalam ruang lingkup bimbingan dan konseling di tingkatsekolah dasar pada dewasa ini.Atas dasar pemikiran di atas, penulis merasa perlu melaku-kan penelitian tentang ”Tingkat Pemahaman Guru Sekolah Dasar tentangBimbingan dan Konseling sebagai Faktor yang Berpengaruh terhadapPembinaan Prestasi Belajar Siswa” sebagai studi deskriptif atas guru-gurukelas serta guru mata pelajaran Pendidikan Agama dan guru mata pelajaranOlah Raga di SD Negeri 1 Pawenang, Kecamatan Cianjur, KabupatenCianjur, tahun pelajaran 2005 – 2006.
 
harrydfauzi@gmail.com
3
B.
 
Batasan dan Rumusan Masalah1.
 
Batasan Masalah
Suyatna (2000:7) mengemukakan bahwa biasanya masalah yangditemukan dalam penelitian itu sangat luas dengan rangkaian yangmultikompleks.Agar penelitian dapat terfokuskan pada satu masalah yang dapatdikaji secara utuh, tidak melantur, serta atas pertim-bangan keterbatasan pengetahuan, waktu, serta pembiayaan, maka penelitian ini dibatasi pada hal-hal sebagai berikut.a.
 
Peran dan tugas guru sekolah dasar dalam melakukan bimbingandan konseling kepada siswa sesuai dengan tugas pokoknya. b.
 
Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru sekolah dasar dalammelaksanakan tugas sebagai tenaga bimbingan dan konseling.c.
 
Pengaruh pembinaan serta bimbingan guru terhadap peningkatan prestasi belajar siswa.
2.
 
Rumusan Masalah
Semua jenis penelitian apa pun akan dimulai dengan caramerumuskan masalahnya. Mengidentifikasikan masalah itu merupakan bagian yang paling sulit dalam proses penelitian. Yang harusdirumuskan bukan sekedar ruang lingkupnya saja, melainkan juga penjabaran masalahnya itu ke dalam bentuk khusus yang spesifik (Suyatna, 2000:7).

Activity (26)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Arwani All liked this
Dhika Arpeggio liked this
Enos Lolang liked this
mapparenta liked this
mapparenta liked this
Sundari Soeroso liked this
Shashi Nurcahya liked this
Pepenc Fendiroek liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->