Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
42Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Laporan Perbaikan Pembelajaran

Laporan Perbaikan Pembelajaran

Ratings: (0)|Views: 7,036|Likes:
Published by syafda
laporan perbaikan RPP dengan pembelajaran
laporan perbaikan RPP dengan pembelajaran

More info:

categoriesTypes, Research, Science
Published by: syafda on Jan 10, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/08/2012

pdf

text

original

 
1A.
PENDAHULUAN
Dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan yang menjadi fokus utama pembelajaran adalah peserta didik. Selaras dengan kebijakan pembangunannasional yang menekankan pada pengembangan sumber daya manusia. Maka peserta didik dengan segala potensi yang ada dan kebutuhan yang sesuai dengantuntunan pendidikan yaag relevan dengan kemajuan zaman. Maka harus padadiupayakan segala macam persiapan untuk menanamkan konsep dasar pesertadidik dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada agar memperoleh pengalaman belajar berupa pengetahuan, keterampilan serta nilai - nilai sikapyang diperlukan dalam kehidupan sehari - hari.Pengalaman belajar yang diperoleh oleh peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran tidaklah sama, sangat bervariasi sesuai dengan perkembangan intelegensi yang dimiliki masing - masing. Ada yang cepatmemahami materi ada yang lambat juga ada yang mengalami kesulitan, mungkinhal itu disebabkan oleh faktor intern dan faktor ekstern. Bagi peserta didik yanglambat belajar atau yang mengalami kesulitan dalam belajar perlu mendapat perhatian khusus dalam belajar. Begitu juga bagi peserta didik yang cepatmenerima materi yang disajikaa perlu diberikan pengetahuan yang berupa pengayaan.Keberhasilan seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran,apabila sebahagian besar siswa dapat menguasai materi yang disampaikan sertadapat merubah sikap dan tingkah lakunya ke arah yang lebih baik, dengan buktinilai yang diperoleh dan ketuntasan belajar siswa tsrsebut mencapai lebih 70%.
 
2Dalam semester satu tahun pelajaran 2009 / 2010 penulis melaksanakanPenelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDN 15 Pulai Anak Air Kelas IV dan Vdalam suatu proses pembelajaran, ternyata hasil yang diperoleh belum mencapaitarget yang diinginkan. Keberhasilan pembelajaran dilaksanakan dinyatakandengan nilai ketuntasan belajar. Pada pembelajaran pertama mata pelajaran IlmuPengetahuan Alam kelas V dengan siswa 16 orang, yang sudah mencapai tingkat penguasaan materi dengan ketuntasan belajarnya mancapai 70% hanya 5 orang.Pada pembelajaran ke dua mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IVdengan jumlah siswa 14 orang, yang sudah mencapai tingkat penguasaan materidengan ketuntasan belajarnya mencapai 70% ke atas hanya 6 orang, siswa yanglain hanya memperoleh nilai dibawah target bahkan ada yang jauh dibawah targetdiharapkan.Berdasarkan fakta tersebut, maka untuk meningkatkan penguasaan siswaterhadap materi pelajaran dengan mengacu pada pengelolaan pembelajaran yang berkualitas melalui pengalaman belajar melibatkan siswa secara langsung agar  pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Disamping untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran juga untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah pemantapan kemampuan profesional (PDGK 4501) pada program S1 PGSD yangsedang penulis hadapi.Laporan ini penulis buat berdasarkan penelitian proses pembelajaran dandibantu oleh teman sejawat untuk meneliti dari segala proses pelaksanaan pembelajaran. Laporan ini sesuai dengan kemampuan penulis dan kemampuanteman sejawat dalam meneliti proses pembelajaran yang berlangsung denganmengadakan lembaran observasi yang telah disepakati sebelumnya.
 
3Maka berdasarkan catatan yang dibuat disaat merancang rencana pembelajaran sampai pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran dan hasil pelaksanaan observasi, diskusi dengan teman sejawat serta supervisor.Pelaksanaan perbaikan pembelajaran dilakukan 3 siklus untuk mata pelajaran IPAdan Bahasa Indonesia.Berdasarkan kemampuan dalam mengobservasi proses pembelajaran yang berlangsung. Laporan ini membuat kata pengantar, daftar isi, pendahuluan, perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan perbaikan pembelajaran, temuan, danhasil diperoleh serta kesimpulan saran untuk dapat ditindaklanjuti.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->