Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
93Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
HIDROGEN DAN UNSUR LAINNYA

HIDROGEN DAN UNSUR LAINNYA

Ratings: (0)|Views: 4,043 |Likes:
Published by trianggono

More info:

Published by: trianggono on Jan 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/15/2013

pdf

text

original

 
HIDROGEN
Hidrogen
hydrogenium
hydro
: air,
 genes
: membentuk)adalahunsur kimia  padatabel periodik  yang memiliki simbol
H
dannomor atom1. Padasuhu dan tekanan standar ,hidrogen tidak berwarna, tidak berbau, bersifatnon-logam,ber valensi  tunggal, dan merupakangas diatomik  yang sangat mudahterbakar .Dengan massa atom1,00794 amu, hidrogen adalah unsur teringan di dunia.Hidrogen juga adalah unsur palingmelimpahdengan persentase kira-kira 75% dari total massaunsur alam semesta.
Kebanyakan bintangdibentuk oleh hidrogen dalam keadaan plasma. Senyawa hidrogen relatif langka dan jarang dijumpai secara alami di  bumi,dan biasanya dihasilkan secara industri dari berbagai senyawahidrokarbonsepertimetana. Hidrogen juga dapat dihasilkan dari air melalui proseselektrolisis, namun proses ini secara komersial lebihmahal daripada produksi hidrogen dari gas alam.
Isotophidrogen yang paling banyak dijumpai di alam adalah protium,yang inti atomnyahanya mempunyai proton tunggal dan tanpaneutron. Senyawa ionik hidrogen dapat bermuatan positif (kation
 
) ataupun negatif (anion). Hidrogen dapat membentuk senyawa dengan kebanyakan unsur dan dapat dijumpai dalamair dansenyawa-senyawa organik . Hidrogen sangat penting dalam reaksi asam basayang mana banyak reaksi ini melibatkan pertukaran proton antar molekulterlarut. Oleh karena hidrogen merupakan satu-satunya atom netral yang  persamaanSchrödingernyadapat diselesaikan secara analitik, kajian pada energetika dan ikatan atomhidrogen memainkan peran yang sangat penting dalam perkembanganmekanika kuantum.
Sifat kimia
Kelarutan dankarakteristik hidrogen dengan berbagai macam logam merupakan subyek yang sangat penting dalam bidangmetalurgi(karena  perapuhan hidrogen dapat terjadi pada kebanyakan logam
) dan dalam riset pengembangan cara yang aman untuk meyimpan hidrogensebagai bahan bakar.
Hidrogen sangatlah larut dalam berbagai senyawa yang terdiri darilogamtanah nadir danlogam transisi
 dan dapat dilarutkan dalam logamkristalmaupun logamamorf .
Kelarutan hidrogen dalam logam disebabkan oleh distorsi setempat ataupun ketidakmurniandalamkekisi hablur logam.
Pembakaran
 Hidrogen sangatlah mudah terbakar di udara bebas. Peristiwa meledaknya pesawat Hindenburg   pada tanggal6 Mei 1937.
 
Gas hidrogen sangat mudah terbakar dan akan terbakar pada konsentrasi serendah 4% H
2
diudara bebas.
 Entalpipembakaran hidrogen adalah -286 kJ/mol
. Hidrogen terbakar menurut persamaan kimia:2 H
2
(g) + O
2
(g) → 2 H
2
O(l) + 572 kJ (286 kJ/mol)
Ketika dicampur dengan oksigen dalam berbagai perbandingan, hidrogen meledak seketikadisulut dengan api dan akan meledak sendiri pada temperatur 560 °C.
 Lidah api hasil pembakaran hidrogen-oksigen murni memancarkan gelombang ultraviolet dan hampir tidak terlihat dengan mata telanjang. Oleh karena itu, sangatlah sulit mendeteksi terjadinya kebocoranhidrogen secara visual. Kasus meledaknya pesawat Hindenburgadalah salah satu contoh terkenal dari pembakaran hidrogen.
Karakteristik lainnya dari api hidrogen adalah nyala api cenderungmenghilang dengan cepat di udara, sehingga kerusakan akibat ledakan hidrogen lebih ringan dariledakan hidrokarbon. Dalam kasus kecelakaan Hidenburg, dua pertiga dari penumpang pesawatselamat dan kebanyakan kasus meninggal disebabkan oleh terbakarnya bahan bakar diesel yang bocor.
H
2
bereaksi secara langsung dengan unsur-unsur oksidator lainnya. Ia bereaksi dengan spontandan hebat pada suhu kamar denganklorindanfluorin, menghasilkan hidrogen halida berupa hidrogen kloridadanhidrogen fluorida.
Aras tenaga elektron
 Gambaran atom hidrogen yang menampakkan diameter atom dua kali lebih besar dari jari-jarimodel Bohr (citra tidak berskala).Aras tenaga keadaan dasar elektron pada atom hidrogen adalah −13.6eV,yang ekuivalen dengan fotonultraviolet kira-kira 92nm.
Aras tenaga hidrogen dapat dihitung dengan cukup akurat menggunakanmodel atom Bohr yangmenggambarkan elektron beredar mengelilingi proton dengan analogi Bumi beredar mengelilingimatahari. Oleh karena diskretisasimomentum sudutyang dipostulatkan pada awalmekanika kuantumoleh Bohr, elektron pada model Bohr hanya dapat menempati jarak-jarak tertentu sajadari proton dan oleh karena itu hanya beberapa energi tertentu saja yang diperbolehkan.
Deskripsi atom hidrogen yang lebih akurat didapatkan dengan perlakuan mekanika kuantummurni menggunakan persamaan Schrödinger atau dengan perumusanintegral lintasan Feyman  untuk menghitungrapat kementakanelektron di sekitar proton.
Bentuk-bentuk molekul unsur
 
 Jejak pertama yang terlihat pada hidrogen cair di dalam  bilik gelembungdiBevatron Terdapat dua jenis molekul diatomik hidrogen yang berbeda berdasarkan spinrelatif inti.
Dalam bentuk ortohidrogen, spin dari dua proton adalah paralel dan dalam keadaan triplet; dalam bentuk  parahidrogen, spin-nya adalah antiparalel dan dalam keadaan singlet. Pada keadaanstandar, gas hidrogen terdiri dari 25% bentuk para dan 75% bentuk orto, juga dikenal dengansebutan "bentuk normal".
Rasio kesetimbangan antara ortohidrogen dan parahidrogentergantung pada termperatur. Namun oleh karena bentuk orto dalamkeadaan tereksitasi, bentuk ini tidaklah stabil dan tidak bisa dimurnikan. Pada suhu yang sangat rendah, hampir semuahidrogen yang ada adalah dalam bentuk parahidrogen. Sifat fisik dari parahidrogen murni berbeda sedikit dengan "bentuk normal".
Perbedaan orto/para juga terdapat pada molekul yangterdiri dari atom hidrogen seperti air dan metilena.
Antar bahan yang tidak dikatalis antara H
2
para dan orto meningkat seiring dengan meningkatnyatemperatur; oleh karenanya H
2
yang diembunkan dengan cepat mengandung banyak hidrogendalam bentuk orto yang akan berubah menjadi bentuk para dengan sangat lambat.
Nisbahorto/para pada H
2
yang diembunkan adalah faktor yang perlu diperhitungkan dalam persiapandan penyimpanan hidrogen cair: antarubahan dari bentuk orto ke para adalah eksotermik dan dapat menghasilan bahang yang cukup untuk menguapkan hidrogen cair tersebut danmenyebabkan berkurangnya komponen cair.Katalis untuk antarubahan orto-para, seperti misalnya senyawa besi, sering digunakan selama pendinginan hidrogen.
Sebuah bentuk molekul yang disebutmolekul hidrogen terprotonasi, atau H
3+
, ditemukan padamedium antarbintang (Interstellar medium) (ISM), dimana ia dihasilkan dengan ionisasi molekulhidrogen darisinar kosmos.Molekul ini juga dapat dipantau di bagian atas atmosfer planet Yupiter . Molekul ini relatif cukup stabil pada lingkungan luar angkasa oleh karena suhu danrapatan yang rendah. H
3+
adalah salah satu dari ion yang paling melimpah di alam semesta ini,dan memainkan peran penting dalam proses kimia medium antarbintang.
Bentuk monoatomik 
Atom H, juga disebut
hidrogen nasen
atau
hidrogen atomik 
, diklaim eksis secara fana namuncukup lama untuk menimbulkan reaksi kimia. Menurut klaim itu, hidrogen nasen dihasilkansecara
, biasanya reaksi antara sengdenganasam, atau dengan elektrolisispadakatoda. Sebagai molekul monoatomik, atom H sangat reaktif dan oleh karena itu adalah reduktor yanglebih kuat dari H
2
diatomik, namun pertanyaan kuncinya terletak pada keberadaan atom H itusendiri. Konsep ini lebih populer di bidang teknik dan di literatur-literatur lama.

Activity (93)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
rosse liked this
Wenny D'crown liked this
Harisya Muchni liked this
Riyo Santana liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->