Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
65Activity
×

Table Of Contents

0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
tugas perkoperasian candera

tugas perkoperasian candera

Ratings: (0)|Views: 37,620|Likes:
Published by CANDERA

More info:

Published by: CANDERA on Jan 11, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/03/2013

pdf

text

original

 
PEMBAHASAN ITUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGURUSKOPERASI
PengurusPenguruskoperasi akoperasi adalah orang-orang yang bekerja di garis depan, merekadalah orang-orang yang bekerja di garis depan, mereka adalah otak dariadalah otak darigerakan koperasigerakan koperasidan merupakan salah satu faktor yangdan merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil tidaknyamenentukan berhasil tidaknyasuatu koperasisuatu koperasi..
Pengurus koperasi merupakan pemegang kuasa RA untuk mengelola koperasi.Pengurus koperasi merupakan pemegang kuasa RA untuk mengelola koperasi.
Tugas dTugas dan kewajiban pengurusan kewajiban penguruskoperasi akoperasi adalah memimpin organisasi dandalah memimpin organisasi danusahausaha koperasikoperasiserta mewakilinya di muka dan di luar pengadilan sesuai denganserta mewakilinya di muka dan di luar pengadilan sesuai dengan keputusan-keputusan rapat anggota.keputusan-keputusan rapat anggota. Menurut Leon Garayon dan Paul O. Mohn dalam bukunya “The Board of DirectionsMenurut Leon Garayon dan Paul O. Mohn dalam bukunya “The Board of Directions of Cooperatives” fungsi pengurus adalah:of Cooperatives” fungsi pengurus adalah: 
Pusat pengambil keputusan tertinggiPusat pengambil keputusan tertinggi
Pemberi nasihatPemberi nasihat
Pengawas atau orang yang dapat dipercayaPengawas atau orang yang dapat dipercaya
Penjaga berkesinambungannya organisasiPenjaga berkesinambungannya organisasi
SimbolSimbolKewenangan pengurus dalam koperasi yaitu, terdiri dari:Kewenangan pengurus dalam koperasi yaitu, terdiri dari:
mewakili koperasi di dalam dan di luar pengadilan,mewakili koperasi di dalam dan di luar pengadilan,
memutuskanmemutuskanpenerimaan dan penolakan anggota baru serta pemberhentian penerimaan dan penolakan anggota baru serta pemberhentian anggota sesuai dengan ketentuan dalam anggaran dasar,anggota sesuai dengan ketentuan dalam anggaran dasar,
melakukanmelakukantindakantindakandan upayadan upayabagi bagikepentingan dan kemanfaatan koperasikepentingan dan kemanfaatan koperasi sesuai dengan tanggungjawabnya dan keputusan rapat anggota.sesuai dengan tanggungjawabnya dan keputusan rapat anggota.Syarat-syarat Umum untuk pengurus adalahSyarat-syarat Umum untuk pengurus adalah1.1.Mempunyai sikap mental yang baik yang dapat dilihat dari prilaku sehari-Mempunyai sikap mental yang baik yang dapat dilihat dari prilaku sehari-hari.hari.2.2.Mempunyai pengetahuan tentang koperasiMempunyai pengetahuan tentang koperasi3.3.Mempunyai waktu untuk mengelola koperasiMempunyai waktu untuk mengelola koperasi
Tugas portopolio Mister candera (A1A108038
)
1
 
4.4.Pengurus merupakan pimpinan kolektif yang etrdiri atas beberapaPengurus merupakan pimpinan kolektif yang etrdiri atas beberapa anggota pengurus.anggota pengurus.Tugas dan kewajiban pengurus adalah:Tugas dan kewajiban pengurus adalah:
Pengurus bertugas mengelola koperasi sesuai keputusan RAT.Pengurus bertugas mengelola koperasi sesuai keputusan RAT.
Untuk melaksanakan tugas pengurus berkewajiban:Untuk melaksanakan tugas pengurus berkewajiban:1). Mengajukan proker 1). Mengajukan proker 2). Mengajukan laporan keuangandan pertanggungjawaban tugas.2). Mengajukan laporan keuangandan pertanggungjawaban tugas.3). Menyelenggarakan pembukuan keuanagn dan Inventaris.3). Menyelenggarakan pembukuan keuanagn dan Inventaris.4). Menyelenggarkan administrasi4). Menyelenggarkan administrasi5). Menyelenggarkan RAT.5). Menyelenggarkan RAT.Sedangkan ketentuan dalam Undang-Undang perkoperasian, BAB IX tentangSedangkan ketentuan dalam Undang-Undang perkoperasian, BAB IX tentang  pengurus koperasi di jelaskan sebagai berikut: pengurus koperasi di jelaskan sebagai berikut:
BAB VIII TENTANG PENGURUS KOPERASIBAB VIII TENTANG PENGURUS KOPERASI
Pasal 25Pasal 25Pengurus berkewajiban dan bertanggung jawab untuk:Pengurus berkewajiban dan bertanggung jawab untuk:1.1.Mengelola koperasi dan usahanya.Mengelola koperasi dan usahanya.2.2.Mengajukan rancangan rencana kerja serta rancangan rencana anggaranMengajukan rancangan rencana kerja serta rancangan rencana anggaran  pendapatan dan belanja koperasi.Menyelenggarakan rapat anggota koperasi. pendapatan dan belanja koperasi.Menyelenggarakan rapat anggota koperasi.3.3.Mengajukan laporan keuangan dan pertanggung jawaban pelaksanaanMengajukan laporan keuangan dan pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.tugas.4.4.Menyelenggarakan pembukuan keuangan dan inventaris secara tertib.Menyelenggarakan pembukuan keuangan dan inventaris secara tertib. Memelihara daftar buku anggota dan pengurus.Memelihara daftar buku anggota dan pengurus.5.5.Memimpin organisasi dan usaha koperasi, melakukan segala perbuatanMemimpin organisasi dan usaha koperasi, melakukan segala perbuatan6.6.hukum untuk dan atas nama koperasi dan mewakili koperasi dihadapanhukum untuk dan atas nama koperasi dan mewakili koperasi dihadapan dan diluar pengadilan.dan diluar pengadilan.7.7.Dapat meminta jasa audit kepada koperasi jasa audit atau akuntan publik.Dapat meminta jasa audit kepada koperasi jasa audit atau akuntan publik.
Tugas portopolio Mister candera (A1A108038
)
2
 
TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PENGELOLA (MANAJER)a. Manajer ;
Manajer adalah seorang tenaga profesional yang memiliki kemampuan sebagai pemimpin tingkat pengelola, yang diangkat dan diberhentikan oleh Pengurus setelahdikonsultasikan dengan Pengawas.Berhubung tugas manajer sangat berat maka hendaknya manajer yang diangkatmemenuhi beberapa persyaratan seperti
taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa,
sehat,
 jujur,
 berpendidikan cukup dan
 berpengalaman di bidang yang akan dikelolanya.
b. Tugas, fungsi dan tanggung jawab Manajer ;
1)Tugas manajer adalah mengkoordinasikan seluruh kegiatan usaha, administrasi,organisasi dan ketatalaksanaan serta memberikan pelayanan administratif kepadaPengurus dan Pengawas,2)Untuk melaksanakan tugas tersebut, manajer berfungsi :
Sebagai pemimpin tingkat pengelola,
Merencanakan kegiatan usaha, kepegawaian dan keuangan,
Mengkoordinasikan kegiatan kepala-kepala unit usaha, kepala sekretariatdan kepala keuangan dalam upaya mengatur, membina baik yang bersifattehnis maupun administratif 3)Berwenang mengambil langkah tindak lanjut atas kebijaksanaan yang telahditetapkan oleh Pengurus4)Bertanggungjawab kepada Pengurus melalui Ketua.
Tugas portopolio Mister candera (A1A108038
)
3

Activity (65)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
elaberma liked this
Ukhty Khadin liked this
Sido Alexander liked this
Hany Pratiwi liked this
Dwi Larasati liked this
hniaty liked this
Muh Ridwan Rdwan liked this
Maulana Dwi Sena liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->